7/04/2020

Cara Transfer File via Bluetooth Android ke Windows 10

Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10

Kita yang hidup dizaman sekarang ini, tentu akan ditawarkan dengan beragam kemudahan yang tidak pernah bisa kita rasakan ditahun-tahun sebelumnya, karena memang pada dasarnya pertumbuhan teknologi memang kian cepat bertumbuh setiap saatnya.

Sebagai buktinya, sekarang ini mungkin kita akan mendapati banyak hal aneh yang sebelumnya tidak pernah kita kenali, tetapi banyak hal aneh tersebut yang ternyata memberi dampak positif yang besar terhadap kemudahan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari kita.

Smartphone Android sebagai contohnya, mungkin dulu teknologi semacam ini memang dianggap mustahil ada, karena sifatnya yang hampir menyerupai sebuah Perangkat Komputer, karena memang bisa diandalkan dalam berbagai hal dan memiliki sifat multifungsi yang tinggi.

Seiring kemajuan era Teknologi seperti sekarang ini, maka tidak menutup kemungkinan ada beragam inovasi bermanfaat lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk beragam tujuan, beberapa dari inovasi tersebut memang terbilang mahal.

Namun, ada juga beberapa Teknologi yang sangat bermanfaat yang nyatanya bisa kita nikmati secara mudah dan murah, salah satu contoh dari hal tersebut adalah Inovasi terkait penggunaan koneksi nikabel terkenal, yaitu adalah Bluetooth.

Untuk orang yang hidup diera sekarang ini, mustahil rasanya jika tidak mengenal Bluetooth tersebut, karena Teknologi ini memang bukanlah sebuah teknologi yang baru-baru ada, melainkan sudah ada lebih dari 10 tahun yang lalu.

Hanya saja, sekarang ini Teknologi Bluetooth tersebut, sudah sangat berkembang pesat, bukan hanya bisa digunakan untuk mengirim sebuah File secara Nirkabel saja lagi, melainkan lebih dari itu, sehingga wajar sekarang ini banyak perangkat Modern yang sudah menggunakan Bluetooth sebagai sebuah standard baru untuk permasalahan konektifitas.

Bluetooth sendiri tentu saja ada disetiap Smartphone Android, karena sekali lagi, Bluetooth itu memang sudah menjadi salah satu standard fitur yang harus ada pada Perangkat Pintar Modern seperti yang ada sekarang ini.

Mau itu, Smartphone Android mahal ataupun murah, fitur Bluetooth tersebut pasti selalu ada dan pasti akan memiliki manfaat yang besar dalam kasus penggunaannya.

Nah, dengan demikian, hal inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini, yaitu adalah permasalahan terkait Bluetooth pada sebuah Smartphone Android yang jika kita kerucutkan, maka pembahasan kali ini adalah terkait permasalahan dalam melakukan koneksi antara Smartphone Android dan Komputer Desktop berbasis Windows 10 dengan menggunakan fitur Bluetooth.

Namun, sebelum itu kenapa sih pembahasan terkait Bluetooth tersebut menjadi menarik? dan apa untungnya untuk kalian? maka, baiklah akan kita perdetail dulu pembahasan kita kali ini, sebelum masuk kepada topik utama kita.


Apa untungnya menggunakan fitur Bluetooth di Android?


Jika, kita berbicara terkait keuntungan tersebut, jelas saja fitur Bluetooth ini disertakan bukan tanpa alasan dan bukan hanya sekedar hiasan saja.

Melainkan, karena sejatinya fitur Bluetooth ini memang sangat bisa membantu dalam banyak hal, salah satu manfaat yang paling besar terkait penggunaan Bluetooth pada Smartphone Android adalah kalian bisa mengirimkan atau menerima File secara Nirkabel dari perangkat lain dengan mudah dan singkat.

Memang, cara kerja Bluetooth traditional memang hanya bisa mengirimkan dan menerima File dari Perangkat lain, tetapi bisa kalian bandingkan, kecepatan Transfer File menggunakan Bluetooth yang ada saat ini memang benar-benar lebih cepat dari fungsi Bluetooth yang ada pada era 10 tahunan yang lalu.

Selain itu, dizaman sekarang ini kenyataanya, kalian bisa menikmati beragam hal dengan hanya bermodalkan fitur Bluetooth yang ada pada Smartphone Android kalian.

Sebagai contohnya, kalian bisa menyambungkan Smartphone Android kalian ke Perangkat Audio, seperti Speaker Bluetooth, TWS dan lainnya, yang tentu saja semua ini akan lebih mudah dilakukan dari pada menggunakan sebuah Kabel.

Selain itu, dengan menggunakan Bluetooth kalian juga bisa membuat Smartphone Android kalian menjadi sebuah Remote Control dan yang paling menarik, kalian bisa menggunakan fitur Bluetooth tersebut untuk disambungkan ke Perangkat yang lebih canggih seperti Smartwatch contohnya.

Sehingga, semua event yang terjadi di Smartphone Android kalian, bisa langsung kalian ketahui, seperti Notifikasi, panggilan Telepon dan beragam hal lain, seperti informasi cuaca dan informasi penting lainnya.

Sehingga, jika kalian menganggap Bluetooth adalah sebuah fitur yang tidak penting dan terkesan kuno, maka kalian salah besar.

Karena, dizaman sekarang ini penggunaan fitur Bluetooth pada Smartphone Android tentu akan sangat dibutuhkan, mengingat banyak perangkat pendukung lain, yang memang menggunakan Bluetooth sebagai media koneksi utamanya.


Bluetooth bukan sebuah Teknologi yang kuno


Sebelum, kita masuk pada pembahasan utama kita, disini kami akan sedikit membuka mata kalian, terkait betapa hebatnya fitur Bluetooth yang ada saat ini.

Karena, banyak orang yang menganggap bahwa fitur Bluetooth di Smartphone Android adalah sebuah fitur yang kuno dan tidak memiliki banyak manfaat lagi untuk digunakan sekarang ini.

Perlu kami tegaskan sekali lagi, fitur Bluetooth yang ada pada Smartphone Android bukanlah sebuah fitur yang kuno dan tentu saja manfaat dari penggunaannya pun juga tetap kian besar.

Karena, Teknologi Bluetooth yang ada sekarang ini memang sudah benar-benar canggih, sebagai buktinya, saat ini Teknologi Bluetooth tersebut sudah berada di versi 5, yang artinya tentu saja dari segi fitur pasti akan sangat meningkat drastis dari yang ada pada versi ditahun-tahun sebelumnya.

Teknologi Bluetooth yang ada saat ini sudah bisa sangat diandalkan dalam kestabilan koneksinya, meski digunakan dari jarak jauh, sebut saja seperti jarak umum yaitu adalah 10 Meter, harusnya dalam jarak 10 Meter tersebut, koneksi Bluetooth pada generasi terbaru tidak akan putus nyambung lagi.

Selain itu, Teknologi Bluetooth yang ada pada Smartphone Android Modern itu, semuanya sudah Low Energy Consumption, artinya hemat daya bateari.

Jika kalian menggunakan fitur Bluetooth tersebut dan terhubung keperangkat lain, maka pastinya hanya akan sedikit sekali daya yang habis digunakan oleh fitur Bluetooth tersebut, sehingga kalian tidak perlu heran jika Smartphone Android kalian bisa terhubung seharian ke Perangkat Bluetooth lain seperti Smartwatch atau sejenisnya.

Maka, dengan beberapa penjelasan diatas, bisa kita simpulkan anggapan bahwa fitur Bluetooth tersebut adalah sebuah Teknologi yang kuno itu memang salah besar, secara umur fitur Bluetooth memang sudah ada sejak lama.

Namun, pastinya Teknologi Bluetooth tersebut tetap selalu dikembangkan setiap saat, agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan orang-orang modern seperti yang ada sekarang ini.

Nah, selesai sudah basa basi kita, baiklah kini kita akan masuk kedalam pembahasan utama kita, yaitu adalah bagaimana sih agar bisa melakukan Transfer File dari Smartphone Android ke Komputer Windows?

Namun, sebelum kalian masuk ke tahapan cara kerja Transfer File tersebut, pastikan dulu bahwa ada persyaratan utama yang harus kalian penuhi terlebih dahulu.


Syarat melakukan Transfer File dari Android ke Windows 10


Sebenarnya, melakukan Transfer File dari Android ke Windows 10 itu memang tidak memerlukan hal yang benar-benar teknis.

Namun, tetap saja ada persyaratan yang harus kalian penuhi, yaitu adalah Perangkat Komputer Windows 10 yang kalian gunakan tentu harus memiliki fitur Bluetooth beserta dengan Hardwarenya.

Umumnya, fitur Bluetooth tersebut pasti selalu ada disetiap Perangkat berjenis Laptop, namun teknologi Bluetooth tersebut memang akan sangat jarang ditemukan pada Perangkat Komputer Desktop.

Karena, umumnya Hardware Bluetooth tersebut tersedia secara terpisah, dalam artian kalian harus membeli Hardware Blutooth tersebut, kemudian pasangkan di PC Desktop yang kalian miliki, setelahnya baru kalian bisa menggunakan fitur Bluetooth tersebut.

Lalu, bagaimana untuk mengetahui apakah fitur Bluetooth tersedia atau tidak di PC Desktop Windows 10 yang kalian miliki?


Cara cek fitur Bluetooth di Windows 10


Jika, kalian merasa kurang yakin bahwa fitur Bluetooth ada atau tidak pada Perangkat Komputer Desktop berbasis Windows 10 yang kalian miliki, maka kalian bisa dengan mudah melihat ketersediaan fitur Bluetooh tersebut dengan mengikuti langkah dibawah ini :


  1. Buka Control Panel.
  2. Lalu, masuk ke menu Hardware and Sound.
  3. Kemudian masuk lagi ke Menu Device Manager.
  4. Sorot pada bagian Network Adapter.
  5. Jika, muncul List yang bertuliskan Bluetooth Device, maka harusnya fitur Bluetooth memang tersedia pada Perangkat Komputer Desktop yang kalian gunakan sekarang.
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Done.


Jika, fitur Bluetooth tersebut sudah kalian pastikan ada di Perangkat Komputer Desktop yang kalian miliki, maka kalian tentu bisa langsung melakukan Transfer File dari Android ke Windows 10 dengan mengikuti cara dibawah ini.


Cara Transfer File dari Android ke Windows 10


Perlu kami tekankan disini, kita tidak akan menggunakan Software pihak ke-3 dalam kasus ini, melainkan hanya menggunakan Software Bluetooth bawaan Windows 10 saja, karena hasilnya sudah lebih dari cukup.

Maka, disini kalian tidak perlu bingung lagi terkait penggunaan Software Bluetooth yang ada di OS Windows 10 tersebut, karena sejatinya fitur tersebut sudah tersedia secara default dan bisa digunakan siapa saja secara bebas, berikut adalah cara kerjanya.


  1. Siapkan File yang ingin kalian kirim dari Smartphone Android.
  2. Pastikan fitur Bluetooth di Smartphone Android dan PC Desktop sudah aktif.
  3. Setelahnya, di PC Windows, buka menu Bluetooth and Other Devices Settings.
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Jika sudah terbuka, silahkan masuk ke opsi Send or Receive Files via Bluetooth pada bagian samping.
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Setelahnya, silahkan pilih opsi Receive Files.
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini :
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Langkah selanjutnya, pada Smartphone Android kalian, silahkan kirim File yang ingin kalian kirim ke PC Desktop tersebut.
  2. Biasanya nama Bluetooth dari PC Windows tersebut adalah seperti DESKTOP-......
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Jika sudah terkoneksi, kalian akan bisa melihat proses Transfer File berjalan.
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Jika proses Transfer File sudah selesai, maka akan muncul tampilan seperti ini :
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Untuk direktori tempat File yang telah di Transfer tersebut, biasanya terletak pada Folder Document.
  2. Done!


Nah, bagaimana? mudah sekali bukan untuk bisa melakukan Transfer File dari Smartphone Android ke Windows 10? harusnya cara yang sudah kami jelaskan diatas itu bisa dengan mudah untuk diikuti siapa saja, karena memang disini kita tidak memerlukan sebuah Software khusus atau hal teknis yang terkesan ribet.

Cukup dengan menggunakan Software Bluetooth bawaan OS Windows 10, maka kalian bisa dengan mudah melakukan Transfer File dari Android ke Windows 10 atau dari Windows 10 ke Smartphone Android.

Jika, kalian ingin melakukan Transfer File dari PC Desktop ke Smartphone Android, maka opsi yang harus kalian pilih pada Software Bluetooth di OS Windows 10 adalah Send Files dan bukan Receive Files.

Lalu, bagaimana jika proses Transfer File tidak bisa dilakukan atau terjadi Error? apakah ada solusinya? tentu saja.


Cara atasi gagal Transfer File Bluetooh Android ke Windows 10


Jika, kalian sudah mengikuti cara diatas, namun hasilnya gagal atau File yang ingin kalian Transfer dari Smartphone Android ke PC Desktop tidak bisa berjalan dengan semestinya, maka permasalahan tersebut pasti datang dari Koneksi Smartphone Android dan PC Desktop yang sebelum Sinkron atau selaras.

Maka, dari itu kalian mesti melakukan Pairing koneksi Bluetooth dulu anatar kedua Perangkat tersebut, caranya adalah sebagai berikut :


  1. Masuk pada Menu Bluetooth di Smartphone Android.
  2. Kemudian cari nama Bluetooth dari PC Windows tersebut, biasanya bernama DESKTOP-......
  3. Setelahnya, tekan nama Bluetooth tersebut dan pilih opsi Pair.
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Secara otomatis akan muncul Pop-up jendela di PC Windows kalian.
  2. Jika, muncul tampilan seperti ini, pilih saja opsi Yes.
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Jika, Perangkat berhasil terhubung, seperti ini :
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Maka, setelahnya kalian sudah bisa langsung melakukan Transfer File tersebut dengan cara yang sudah kami sebutkan diatas.
  2. Done!


Bagaimana? apakah cara diatas berhasil untuk kalian gunakan? jika belum, maka bisa dipastikan bahwa memang ada terjadi masalah pada fitur Bluetooth di Smartphone Android kalian, biasanya hanya terjadi Crash saja.

Maka, untuk mengatasi hal tersebut, kalian perlu melakukan Reset pada APK Bluetooth yang terinstall di Smartphone Android kalian, caranya adalah sebagai berikut :


  1. Silahkan, buka Aplikasi Settings.
  2. Masuk ke Menu Apps Manager (Beda Brand Smartphone mungkin berbeda juga penamaan dari Menu ini).
  3. Setelahnya, silahkan masuk ke System Apps dan cari file bernama Bluetooth.
  4. Jika, sudah silahkan lakukan Clear Cache dan juga Clear Data.
Cara kirim File dari Bluetooth Android ke Laptop, Cara Transfer File Bluetooth dari Android ke Komputer, Cara kirim File Bluetooth Android ke Komputer, Cara menggunakan Bluetooth di OS Windows, Cara Send File Android ke Laptop dengan Bluetooth, Kirim File dengan Bluetooth melalui Android ke OS Windows 10, Cara menerima File Bluetooth dari Android Windows 10
  1. Harusnya, setelahnya masalah Bluetooth yang Error di Smartphone Android kalian sudah bisa teratasi.
  2. Done.


Nah, dengan demikian harusnya permasalahan terkait gagalnya melakukan Transfer File dari Smartphone Android ke Komputer / Laptop dengan OS Windows via Bluetooth, sudah bisa terselesaikan sepenuhnya.

Melakukan Transfer File secara Bluetooth dari Smartphone Android ke Perangkat Komputer Desktop berbasis Windows 10 memang sangat praktis dan menyenangkan untuk dilakukan, karena disini kalian tidak memerlukukan Kabel USB lagi, kalau hanya sekedar untuk mengirim beberapa File.

Hanya saja, tentu ada batasan dan kekurangan yang umum terjadi pada penggunaan fitur Transfer File Bluetooth tersebut.


Kekurangan Transfer File secara Bluetooth


Perlu kalian ketahui disini, bahwa sebenarnya mau sebesar apapun File yang ingin kalian Transfer menggunakan fitur Bluetooth tersebut, proses Transfer File tersebut tetap akan bisa dilaksanakan, jika Storage masih mumpuni untuk menerima File Transfer tersebut.

Namun, hanya ada 1 kendala atau kekurangan dari metode Transfer File dari Bluetooth tersebut, yaitu adalah kecepatan Transfer Filenya yang tidak secepat ketika menggunakan Metode Transfer melalui Koneksi Wi-Fi ataupun menggunakan Kabel USB.

Sehingga, jika kalian ingin melakukan Transfer File dalam ukuran besar, sebut saja dengan Size 100MB hingga 1GB atau lebih.

Maka, menggunakan Transfer File via Bluetooth, sama sekali tidak ideal untuk kalian lakukan, karena tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama, hingga proses Transfer tersebut selesai untuk dilakukan.

Tetapi, jika Size File yang ingin kalian Transfer hanya berukuran tidak lebih dari 50MB, maka Transfer File menggunakan Bluetooth tersebut tetap akan memuaskan untuk dilakukan.

Nah, dengan demikian selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, kami harap semua wawasan dan pengetahuan yang kalian dapat dari artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa menjadi nilai tambah untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terwujud dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot