RILIS ARTIKEL TERBARU :

Jenis Pengamanan di Android, Macam jenis kuncian di Android, jenis-jenis System Security Android, apa saja keamanan di Android, apa itu Fingerprint Android, apa itu Keamanan Pola Pattern Android, apa itu Iris Scanner Samsung, apa itu Face Unlock, Keamanan di Android

Smartphone Android sudah menjelma menjadi sebuah Perangkat yang memang benar-benar pintar sekarang ini, karena setiap tahunnya Smartphone Android beserta OS Android-nya itu sendiri mendapatkan peningkatan yang sangat pesat di berbagai sektor.

Ada yang datang dari peningkatan Multimedia seperti Kamera, Speaker, Layar dan sebagainnya, lalu ada juga yang datang dari sektor Performance, seperti jumlah RAM yang semakin besar hingga Processor (CPU) dan GPU yang terus-terusan mendapatkan perbaikan dan pemutakhiran Teknologi.

Hingga, jadilah sekarang ini, Smartphone Android berubah menjadi sebuah perangkat yang memang dibutuhkan oleh banyak orang dari seluruh dunia untuk digunakan dalam berbagai macam hal, seperti Hiburan, Kerjaan dan Pengembangan.

Hal menarik lainnya dari Smartphone Android itu adalah, karena Smartphone ini tersedia untuk semua kelas Segment Pasar, artinya tersedia untuk semua Pangsa Pasar, seperti Pasar kelas bawah hingga kelas atas.

Maka, jangan heran jika saat ini banyak sekali pengguna dari Smartphone dengan OS Android tersebut yang datang dari berbagai kalangan usia, profesi dan ekonomi, karena kita hidup dizaman yang serba cepat dan digital, seperti sekarang ini.

Kebutuhan terkait sebuah Perangkat yang bisa diandalkan bukan hanya untuk berkomunikasi, tetapi untuk beragam hal lainnya, maka Smartphone Android adalah salah satu jawabannya, meski demikian masih ada beberapa Smartphone dengan OS berbeda, tetapi sekarang ini nampaknya memang Smartphone Android lah yang paling disukai.

Karena, selain harganya yang bervariasi, beragam Produsen Smartphone besar, seperti Samsung, LG, Asus, Sony juga ikut ambil bagian pada pasar ini, sehingga kita yang hidup dizaman sekarang ini, bisa dengan leluasa memilih Smartphone Android yang memang cocok untuk kebutuhan kita sekarang dan tentu saja bisa dengan mudah menyesuaikan Budget yang kita miliki.

Berkat adanya Mekanisme Open Source yang ada pada OS Android, maka sekarang ini kita bisa melihat beragam Inovasi Modern yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya ada dan sekarang sudah bisa kita gunakan.

Ada beragam Inovasi yang telah hadir sejak saat pertama OS Android ada hingga sekarang ini, sehingga sekarang ini dizaman Modern seperti ini, Smartphone Android sudah bisa mengadopsi banyak hal yang tidak bisa kita temukan sebelumnya.

Salah satu kemajuan dibidang Inovasi yang sangat bermanfaat sekarang ini, bukan hanya datang dari Inovasi Multimedia, Artificial Intelligence, dan Performance saja, melainkan ada hal yang tidak kalah penting dan menarik, yaitu adalah Inovasi dari sektor Security (Kemanan).


Android Security


Secara umum, fitur keamanan ini hampir dibutuhkan semua pengguna Smartphone Android yang ada dizaman sekarang ini, karena memang Privasi Data itu memang menjadi sesuatu yang mahal dan patut untuk dilindungi.

Sehingga, OS Android menjawab hal itu dengan menhadirkan beberapa macam System Keamanan yang bisa kalian gunakan, untuk melindungi (Protection) Smartphone Android kalian dari tangan-tangan yang nakal ataupun jahat.

Secara Default, OS Android itu memang sudah menyediakan beberapa opsi jenis Panel Keamanan tersebut, tetapi semakin majunya Teknologi sekarang ini, maka ada beberapa Inovasi baru lagi dibidang Security ini, agar bisa lebih menjamin keamanan dari Smartphone Android itu sendiri.

Sekali lagi, berterima kasihlah karena OS Android itu merupakan sebuah OS Mobile yang Open Source, karena sekarang ini ada kemajuan yang sangat pesar dibidang Kemanan untuk Smartphone Android tersebut.

Hal ini terjadi, berkat Inovasi yang datang dari Produsen Smartphone raksasa, seperti Samsung, Vivo dan lainnya.

Sehingga, saat ini kita tidak hanya akan mengandalkan System Keamanan dari segi Software OS Android saja, melainkan sekarang sudah ada dukungan dari Hardware khusus yang memang dibuat untuk memberikan pengamanan lebih terhadap Privasi kalian di Smartphone Android yang kalian miliki.

Lalu, apakah System Kemanan di Smartphone Android itu memang benar-benar penting dan dibutuhkan?

Banyak, orang yang memang tidak memperdulikan masalah ini, terlebih bagi mereka yang sudah bisa dikatakan sebagai generasi tua, mereka mungkin tidak memperdulikan masalah Keamanan pada Smartphone Android yang mereka miliki.

Tetapi, kalau dari segi Perspektif kami, maka System Keamanan ini memang harus selalu diaktifkan, karena dizaman sekarang ini, pencurian data secara Digital itu sangat mudah dilakukan oleh para penjahan Cyber, maka jika kalian lalai, kalian sendiri yang akan dirugikan.

Lalu, sepenting apasih System Kemanan di Smartphone Android tersebut?


Pentingnya System Keamanan di Smartphone Android


Seperti yang kalian ketahui, tidak ada System yang sepenuhnya aman sekarang ini atau sampai kapanpun, tetapi paling tidak kalian bisa menggunakan beragam opsi Keamanan yang mungkin akan bisa melindungi Data atau Privasi kalian, agar tidak mudah dicuri atau dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Google sendiri selaku sebagai pengembang OS Android, memang sangat serius terhadap masalah Keamanan pada OS Android yang mereka buat, terbukti hingga sekarang ini ada beberapa jenis opsi Keamanan yang ada secara default di OS Android yang bisa kalian gunakan.

Selain itu, System Keamanan yang telah dibuat oleh Google tersebut di OS Android memang sudah terbukti ampuh untuk bisa mengantisipasi pencurian data atau privasi secara langsung.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, faktanya Privasi itu memang menjadi sesuatu yang bernilai sangat mahal dan sangat layak untuk dilindungi, selain itu karena sekarang ini Smartphone Android  sudah menjadi sebuah alat yang wajib ada dan sangat dipercaya untuk beragam keperluan.

Maka, secara alamiah kebanyakan orang sekarang ini, menyimpan data baik itu data kerjaan, informasi perbankan, foto dan video pribadi langsung di Internal Storage pada Smartphone Android tersebut.

Sehingga, apa yang akan terjadi jika Smartphone tersebut bisa diakses dengan mudah oleh orang yang tidak memiliki kepentingan atau yang lebih parahnya Smartphone Android kalian dicuri oleh penjahat?

Tentu kalian akan sangat dirugikan, selain kalian rugi secara materil, kalian juga akan mengalami kerugian yang lebih besar, jika didalam Smartphone Android kalian terdapat Informasi atau File penting yang seharusnya tidak boleh diketahui oleh orang lain.

Dengan hal tersebut, maka wajar jika kita harus memperdulikan masalah System Keamanan yang ada pada Smartphone Android yang dimiliki.

Sehingga, meski dengan satu tingkat System Keamanan saja, katakanlah menggunakan Security System dari bawaan OS Android, maka paling tidak hal ini akan menghambat para penjahan untuk bisa mengakses Smartphone Android kalian.

Maka, jika kalian berpendapat bahwa System Keamanan di Smartphone Android itu tidak penting, maka coba pikir ulang lagi.

Dalam Smartphone Android yang kalian gunakan itu teradapat Email yang aktif, bayangkan jika Email tersebut terhubung ke semua Account Social Media yang kalian miliki, selanjutnya di dalam Smartphone tersebut terdapat sebuah SIM Card yang terhubung dengan aplikasi Mobile Banking.

Selanjutnya, masih seputaran terkait Email, bayangkan jika Email tersebut kalian koneksikan ke penyimpanan Cloud sebut saja Google Drive yang di dalam Drive Online tersebut tersimpan banyak Dokumen Pribadi kalian, lalu Smartphone Android kalian diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab?

Bayangkan saja, betapa ruginya kalian? maka disinilah kalian harus berpikir, karena orang-orang Modern zaman sekarang ini sudah sangat dipermudah dengan beragam Integrasi yang menguntungkan dan instant, jika hal ini dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka habislah kalian.

Sehingga, masalah System Keamanan ini memang dirasa sangat penting, sehingga wajar jika System Keamanan ini selalu menjadi topik yang harus dibahas serius oleh para Pengembang (Developer) dan Produsen Smartphone Android.

Untuk menjawab hal tersebut, maka sekarang ini ada kemajuan yang sangat pesat di Sektor System Security di Smartphone Android tersebut, salah satunya datang dari Inovasi para Produsen Smartphone Android dan satu lainnya datang dari pengembang OS Android itu sendiri, yaitu adalah Google.

Maka, sekarang ini ada 2 buah jenis Kategori System Security di dalam Smartphone Android Modern zaman sekarang ini, apa itu? berikut adalah penjelasannya.


Kategori Jenis System Security Android


Selanjutnya, kita sudah mulai dekat dengan pembasan utama kita, sebelumnya sudah kami singgung bahwa pada dasarnya Smartphone Android itu memiliki 2 buah Kategori System Keamanan yang berbeda.

Salah satunya datang dari OS Android itu sendiri dan satu lainnya datang dari Inovasi yang dibuat oleh para Produsen Smartphone Android.

Maka, jika kita klasifikasikan, terdapat 2 jenis System Keamanan pada Smartphone Android, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Software System Security
  • Hardware System Security


Nah, Klasifikasi diatas bisa kita artikan sebagai berikut :


  1. Software System Security adalah sebuah System Keamanan yang ada pada OS Android itu sendiri secara default, System Keamanan meliputi pengolahan atau rekayasa secara Software yang secara default sudah ada pada semua versi OS Android Modern sekarang ini.


Mekanismenya memang berbentuk Traditional, karena memang hanya diolah secara Software saja, seperti kalian harus membuat Password dan lainnya, jika Password tersebut salah dan System menolak, maka Smartphone Android tidak akan bisa dibuka, terlihat sederhana memang, tetapi System Security default dari OS Android ini sudah terbukti sangat sulit untuk dibobol.


  1. Hardware System Security adalah sebuah hasil Inovasi dari pada Produsen Smartphone Android, karena pada sektor ini, mereka menambahkan sebuah Dedicated Hardware yang berguna untuk memindai sesuatu yang hanya dimiliki oleh pengguna Smartphone Android itu sendiri.


Sehingga, jika dibandingkan, maka Keamanan System dari Dedicated Hardware ini akan jauh lebih tinggi dari Keamanan yang ada secara Software di Smartphone Android, karena level bobolnya itu hampir mustahil untuk dilakukan.

Selanjutnya, mari kita perkecil klasifikasi diatas menjadi 2 buah Kategori umum saja, agar kalian mudah untuk menerjemahkannya, maka dari 2 klasifikasi diatas, bisa kita ambil 2 Kategori yang akan menjadi pembahasan utama kita kali ini, yaitu adalah System Security berupa :


  • Software (Default OS Android / App)
  • Biometrics (Inovasi dari Produsen Smartphone Android)


Maka, disini kita sudah masuk kepada pembahasan utama kita kali ini, karena disini kita akan mengenal, apa saja sih System Security yang ada pada Smartphone Android di era sekarang ini, baik itu meliputi System Security default yang ada pada OS Android dan System Security berupa Biometrics yang menjadi System Security andalan untuk Smartphone Android modern sekarang ini.


Android Security (Default)


Perlu kami tegaskan, disini kami hanya akan berbicara terkait System Security Default saja yang ada pada OS Android, karena seperti yang kalian ketahui, sebenarnya kalian bisa dengan mudah menambah System Keamanan secara Software pada OS Android dengan cara mendownload dari aplikasi Google Play Store.

Tetapi, yang akan kami bahas kali ini adalah hanya terkait System Security Default saja, yang umumnya sudah ada disediakan disetiap versi OS Android dan bisa diakses melalui aplikasi Settings (Pengaturan) ditiap Smartphone Android.

Apa saja, System Security Default di OS Android tersebut? dan seberapa hebat System Security tersebut? silahkan simak pembahasan dibawah ini :


PIN


Ini adalah salah satu System Security default yang ada pada OS Android, umumnya kalian sudah pasti tahu terkait mekanisme PIN tersebut, ya! kalian diharuskan membuat beberapa digit angka yang nantinya akan digunakan untuk membuka Smartphone Android kalian.

Seberapa aman System Security ini? cukup aman tentunya, tetapi System Security PIN ini tidak begitu disukai oleh para pengguna Smartphone Android, karena memang mekanismenya kuno dan sudah digunakan sejak zaman Ponsel Jadul.

Selain itu, dengan System PIN ini, maka masih ada peluang Smartphone Android kalian bisa diakses, karena dengan hanya mengacak angka PIN, bisa jadi Smartphone Android kalian bisa dibuka dengan mudah, karena jenis System Security ini memang sebenarnya mudah ditebak polanya.


Password


Nah, hampir sama seperti PIN, tetapi System Security ini tidak hanya melibatkan angka saja, melainkan melibatkan huruf juga, sehingga jika tingkat Security bisa menjadi lebih tinggi, karena perpaduan dari angka hingga huruf.

Umumnya, mekanisme banyak disukai oleh pengguna Smartphone Android, selain aman, faktanya System Security Password ini juga akan sulit untuk dibobol, apalagi jika kalian memasukan Password yang random, maka kemungkinan Password akan dibobol itu kecil sekali.


Pattern (Pola)


Faktanya, System Security inilah yang menjadi System Security andalan pada OS Android dan andalan bagi hampir semua pengguna Smartphone Android yang ada saat ini, kalau bisa kita sebut, maka jenis System Security inilah yang menjadi Security System Exclusive yang ada pada OS Android.

System Keamanan ini hadir pada era Smartphone dengan Teknologi Layar Sentuh dan dipopularkan oleh OS Android, karena dengan adanya System Security ini, maka kalian tidak perlu lagi memasukan Password ataupun PIN.

Jenis Pengamanan di Android, Macam jenis kuncian di Android, jenis-jenis System Security Android, apa saja keamanan di Android, apa itu Fingerprint Android, apa itu Keamanan Pola Pattern Android, apa itu Iris Scanner Samsung, apa itu Face Unlock, Keamanan di Android

Cukup membuat Pola dititik yang sudah disediakan, maka kalian sudah bisa membuat System Keamanan yang jauh lebih aman dari Password ataupun PIN, karena jika sudah salah 3 kali dalam memasukan Pola (Pattern), maka secara otomatis Smartphone Android akan terkunci hingga beberapa waktu kedepan dan tidak bisa diakses sama sekali, meski dengan Pola (Pattern) yang benar.

Itulah mengapa System Security ini disukai banyak pengguna Smartphone Android, selain itu jenis System Security ini juga menjadi Sistem Keamanan Default pada OS Android, baik untuk System Security utama ataupun cadangan untuk pendukung System Security Biometrics yang akan kita bahas dibawah nanti.


Face Unlock


Hah? apakah tidak salah Face Unlock itu merupakan System Security Default yang ada pada OS Android? kami pikir banyak dari kalian mungkin akan beranggapan demikian, karena faktanya memang begitu.

Face Unlock yang ada sekarang ini adalah hasil pengambangan teknologi Face Unlock Traditional yang sudah ada sejak lama pada OS Android, kalau dari sejarahnya maka dari versi Android 4.0 fitur ini sudah disediakan oleh Google, tidak percaya? silahkan baca artikel ini dibawah ini :


Hanya saja, teknologi Face Unlock ini dulunya kurang begitu disukai, karena memang belum canggih, karena hanya mengandalkan Kamera Depan Smartphone Android saja, selanjutnya System Keamanan Face Unlock ini akan melakukan Scanning terhadap wajah kalian, jika dirasa cocok, maka Smartphone Android kalian akan bisa dibuka.

Jenis Pengamanan di Android, Macam jenis kuncian di Android, jenis-jenis System Security Android, apa saja keamanan di Android, apa itu Fingerprint Android, apa itu Keamanan Pola Pattern Android, apa itu Iris Scanner Samsung, apa itu Face Unlock, Keamanan di Android

Tetapi, ada banyak kekurangan dari System Security ini pada awalnya, yaitu tidak bisa digunakan ditempat yang minim cahaya dan bisa dibobol dengan mudah, melalui sebuah Foto ataupun kembaran dari pengguna Smartphone Android tersebut, bahwa bisa dibobol dengan menggunakan wajah dari saudara atau yang mirip-mirip.

Sehingga, setelahnya fitur Face Unlock ini sirna begitu saja dan kembali mulai digunakan lagi pada versi Android 7.0 Nougat, tetapi bukan Face Unlock Default yang lemah, sederhana dan mudah ditipu yang berasal dari OS Android lagi, melainkan datang dari Inovasi dengan bantuan Hardware khusus yang dikembangkan oleh para Produsen Smartphone Android.

Untuk lebih jelasnya, kalian akan memahmi teknologi Face Unlock Modern dengan System Biometrics Mutakhir yang akan kami bahas dibawah ini.


Android Biometrics Security System


Inilah salah satu kemajuan selain datang dari bidang Performance dan Camera yang paling bisa kita rasakan pada era Smartphone Android Modern sekarang ini, yaitu adalah terkait kemajuan di bidang Implementasi Hardware Security yang ada pada Smartphone Android.

Sehingg sekarang ini, rata-rata Smartphone Android yang dijual sekarang ini, minimal pada kelas Menengah ke bawah, sudah diserakan dengan fitur Biometrics Security System tersebut, sehingga System keamanan akan jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan System Security Default yang ada pada OS Android.

System Keamanan berbasis Biometrics ini adalah hasil Implementasi System Security Modern dan mutakhir, yang kini sudah bisa kalian nikmati dan gunakan di banyak Smartphone Android modern yang ada dipasaran sekarang ini.

Seperti namanya sendiri, System Biometrics ini memanfaatkan Karakteristik Biologi dari penggunanya, untuk di jadikan media atau Source untuk bisa mengakses sebuah Smartphone tersebut.

Sehingga dari teorinya sendiri, sudah jelas jika ini adalah Smartphone Android pribadi kalian dan sudah kalian aktifkan fungsi Biometrics Security, maka orang lain tidak akan bisa menggunakan Smartphone Android kalian.

Karena dari spesifikasi Biometrics jelas sekali setiap manusia itu memiliki karakteristik Biometrics yang berbeda-beda, sehingga jenis System Keamanan satu inilah yang paling bisa diandalkan diera serba canggih seperti sekarang ini.

Selanjutnya, faktanya sekarang ini ada beberapa jenis System Keamanan Biometrics pada Smartphone Android, apa saja kah itu?


Fingerprint Sensor


Ini adalah System Security Biometrics paling populer dan paling banyak digunakan di Smartphone Android sekarang ini, karena selain biaya Produksinya murah, jenis System Security ini juga dari segi penggunaan mudah sekali dalam digunakan, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Cara kerjanya sederhana saja, kalian hanya perlu meletakan jari tangan kalian pada sensor Fingerprint (Sidik Jari), setelahnya maka Smartphone Android kalian akan terbuka kuncinya dengan sangat cepat, kebanyakan teknologi Fingerprint sekarang ini sudah memiliki performa yang sangat cepat.

Jenis Pengamanan di Android, Macam jenis kuncian di Android, jenis-jenis System Security Android, apa saja keamanan di Android, apa itu Fingerprint Android, apa itu Keamanan Pola Pattern Android, apa itu Iris Scanner Samsung, apa itu Face Unlock, Keamanan di Android

Hanya butuh dalam hitungan Millisecond (MS) sejak jari tangan kalian ditempelkan pada Fingerprint Sensor, maka Smartphone Android kalian akan terbuka dengan sangat cepatnya.

Umumnya pada teknologi ini, kalian bisa menempatkan sebanyak 10 jenis sidik jari yang berbeda-beda.

Selanjutnya, sekarang ini ada 4 jenis Implementasi Fingerprint yang biasa digunakan, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Fingerprint Sensor yang tertanam pada bagian belakang Case Smartphone Android
  2. Fingerprint Sensor yang tertanam pada Tombol Dedicated Home Button
  3. Fingerprint Sensor yang ternanam pada Dedicated Power Button
  4. Fingerprint Sensor yang tertanam dibawah layar Smartphone Android (Under Display)


Khusus untuk jenis Fingerprint Sensor yang terletak dibawah layar Smartphone Android, ini adalah merupakan Teknologi paling mutakhir dari jenis Fingerprint Sensor untuk Mobile Smartphone, karena penggunaan dan Implementasinya yang sangat Modern.

Jenis Pengamanan di Android, Macam jenis kuncian di Android, jenis-jenis System Security Android, apa saja keamanan di Android, apa itu Fingerprint Android, apa itu Keamanan Pola Pattern Android, apa itu Iris Scanner Samsung, apa itu Face Unlock, Keamanan di Android

Selain itu, jenis Implementasi Fingerprint Sensor Under Display ini juga hanya bisa diterapkan pada Smartphone dengan jenis Layar OLED dan turunannya seperti AMOLED, sehingga rata-rata Smartphone Android yang menggunakan jenis Fingerprint Under Display ini adalah Smartphone dengan kelas Menengah hingga Atas saja.

Bingung terkait jenis Display Panel layar apa saja yang ada di Smartphone Android, serta keunggulan dan kekurangannya? silahkan pelajari dulu hal dibawah ini, agar kalian bisa mengerti apa yang kami maksud :


Selanjutnya, kita akan berbicara terkait fakta dari Fingerprint Sensor ini, pada kenyataannya Fingerprint Sensor ini memang tergolong sangat Powerful dan bisa diandalkan untuk opsi System Security utama pada Smartphone Android.

Namun demikian, tetap ada kekurangan dari jenis System Security Biomterics satu ini, yaitu Fingerprint Sensor biasanya tidak bisa digunakan, jika pada bagian Sensor itu kotor atau jari tangan kalian kotor akibat kotoran seperti debu, pasir, tinta tebal ataupun keringat.

Maka, jika Fingerprint Sensor tersebut tidak berfungsi, selanjutnya silahkan gunakan System Security Pattern (Pola) untuk membuka Smartphone Android kalian, karena seperti yang sudah kami singgung diatas, bahwa kenyataannya Pattern Security System itu merupakan sebuah System Security Cadangan utama pada seluruh Smartphone Android yang ada sekarang ini.

Tetapi, hebatnya meski Sensor Fingerprint tersebut tergores / baret baik itu halus ataupun berat, Sensor Fingerprint tersebut masih bisa berfungsi dengan normal.


Face Unlock (Hardware) / Face ID


Nah, ini yang sudah kita singgung diatas, yang memang sebelumnya telah lama muncul pada OS Android versi lama, yaitu tepatnya pertama kali ada pada versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich, tetapi jenis Face Unlock yang akan kita bahas sekarang ini sudah pasti berbeda dari Face Unlock bawaan OS Android dulu.

Karena, sekarang Face Unlock itu sudah menjadi sebuah Security System Biometrics yang umum digunakan pada Smartphone Android Modern sekarang ini, biasanya ditemukan pada Smartphone Menengah kebawah dan atas.

Cara kerjanya, memang sama saja seperti Face Unlock Traditional yang ada pada OS Android 4.0, yaitu Smartphone akan terbuka setelah memindai wajah dari pengguna Smartphone Android tersebut.

Jenis Pengamanan di Android, Macam jenis kuncian di Android, jenis-jenis System Security Android, apa saja keamanan di Android, apa itu Fingerprint Android, apa itu Keamanan Pola Pattern Android, apa itu Iris Scanner Samsung, apa itu Face Unlock, Keamanan di Android

Bedanya, sekarang ini Face Unlock di Smartphone Android sudah tidak bisa ditipu lagi, karena sudah menggunakan Implementasi Hardware khusus seperti Infrared (IR) dan juga 3D Face Texture.

Hardware utama yang digunakan tetap sama saja, yaitu Kamera Depan Smartphone Android, tetapi setelah didukung dengan Hardware yang mumpuni dan canggih, maka sekarang ini Face Unlock sudah bisa digunakan di dalam berbagai kondisi, mau itu gelap ataupun sangat terang.

Selanjutnya, Face Unlock zaman sekarang yang ada pada Smartphone Android itu tidak bisa lagi dibodohi dengan melalui sebuah Foto ataupun seorang kembaran dari pengguna tersebut, karena disini ada teknologi yang bernama 3D Sensor yang akan melakukan Scanning pada wajah kalian secara detail dan tepat.

Sehingga, teknologi ini seperti tanpa cela sekarang ini, selanjutnya response dan performance dari Face Unlock zaman sekarang juga sangat cepat, yaitu kurang dari 1 Detik, maka Smartphone Android kalian sudah bisa terbuka dengan otomatis.

Faktanya, adalah Face Unlock ini memang menjadi salah satu Solusi System Security yang paling hebat dan bisa diandalkan sekarang ini, karena hampir tanpa cela, karena adanya dukungan Hardware seperti 3D Scanning dan IR, sehingga meski kalian menggunakan sudut wajah yang berbeda ketika membukan Kunci (Lock Screen) Smartphone Android kalian.

Maka, fitur Face Unlock ini masih tetap akan bisa berkerja dengan maksimal, hal ini terjadi karena kebanyakan Smartphone Android yang ada saat ini sudah didukung dengan Teknologi Artificial Intelligence, sehingga Face Unlock ini benar-benar bisa diandalkan saat ini.

Hanya, satu saja kekurangan dari Metode Keamanan ini, yaitu adalah tidak akan bisa berfungsi jika Kamera Depan Smartphone Android kalian rusak, seperti berembun, baret besar pada bagian lensa dan lainnya.


Iris Scanner


Berbeda dengan Fingerprint Scanner dan Face Unlock, jenis System Security ini benar-benar sudah berada di level yang sangat jauh dan sangat canggih, bayangkan saja teknologi ini menerapkan komponen Biometrics dari Mata penggunannya.

Jenis Pengamanan di Android, Macam jenis kuncian di Android, jenis-jenis System Security Android, apa saja keamanan di Android, apa itu Fingerprint Android, apa itu Keamanan Pola Pattern Android, apa itu Iris Scanner Samsung, apa itu Face Unlock, Keamanan di Android

Sudah jelas, ini sangat keren dan sangat powerful tentunya, karena menurut Studi, setiap manusia yang hidup didunia ini, memiliki Karakteristik Iris mata yang berbeda-beda dan tidak sama.

Dengan demikian, inilah System Security paling canggih dan terbaik yang ada pada Smartphone Android dizaman sekarang ini, tetapi sayangnya fitur ini tidak banyak digunakan pada Smartphone Android pada umumnya.

Karena memang mahal dari segi Hardware dan Produksi-nya, sehingga hanya Smartphone Premium saja yang berani menggunakan Teknologi semacam ini, umumnya Teknologi ini di Populerkan oleh seri Smartphone Samsung Galaxy S dan Galaxy Note yang seperti kalian ketahui, ke-2 buah seri Smartphone Androi Samsung tersebut, memang ditujukan untuk Segment Pasar kelas atas saja.

Sejatinnya, fitur ini bisa diandalkan dalam beragam kondisi, karena memang dipadukan juga dengan Sensor Infrared.

Sehingga, jika kalian ingin tahu jenis System Keamanan apa yang paling aman dan Premium yang ada pada Smartphone Android sekarang ini, maka jawabannya adalah Iris Scanner Sensor!

Dengan demikian, itulah beberapa jenis System Keamanan yang bisa kalian temukan pada Smartphone Android yang ada sekarang ini, umumnya semakin canggih System Keamanan tersebut, maka harga jual dari Smartphone Android tersebut akan menjadi mahal pula.

Bagi orang awam, mungkin fitur-fitur tersebut bisa jadi menjadi hal yang membingungkan untuk digunakan, karena memang tidak tahu cara kerja dan fungsinya, maka disinilah kami memberikan edukasi pengetahuan untuk kalian.

Akan sangat sayang jika Teknologi Keamanan Modern dan Canggih seperti yang ada pada jenis Smartphone Android masa sekarang itu tidak digunakan sebaik mungkin.

Karena System Keamanan tersebut, apalagi yang berbasis kepada Biometrics Security itu sudah jelas bisa menjamin keamanan data dan privasi kalian yang ada pada Smartphone Android yang kalian miliki.

Karena artikel yang kami tulis ini merupakan sebuah artikel Edukasi, maka artikel ini akan terus kami Update, jika nantinya ada tersedia jenis System Security terbaru yang ada di Implementasikan pada Smartphone Android.

Sehingga, setelahnya kalian tidak menjadi bingung lagi terkait cara kerja dan mekanisme dari System Security tersebut.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa berguna untuk penambahan wawasan untuk kalian, akhir kata, semoga hari kalian menyenangkan. P.AW~DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot