RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara FTP Android di Windows, Cara FTP Android tanpa FileZilla, FTP Android, Cara melakukan FTP Android, Pengertian FTP Android, Apa yang dimaksud FTP Android, Melakukan FTP Android di Windows, FTP Android Windows, FTP Android langsung di Explorer Windows

Zaman teknologi memang sudah sangat maju pesat sekarang ini, ada beragam hal hebat dalam bidang teknologi ini yang hadir dengan membawa manfaat yang besar bagi kehidupan kita sekarang ini, salah satunya adalah datang dari bidang Komunikasi dan Entertainment.

Benar sekali, salah satu Teknologi terbaik yang bisa kita nikmati sekarang ini, apalagi jika bukan sebuah Perangkat Pintar yang kerap kita sebut sebagai sebuah Smartphone.

Umumnya, sekarang ini memang ada banyak ragam Smartphone tersebut dan biasanya dibedakan dari OS yang digunakannya, maka sekarang ini ada penyebutan khusus untuk tipe-tipe Smartphone tersebut, contohnya seperti Smartphone Apple dengan iOS dan yang paling populer sekarang ini adalah Smartphone Android.

Mau tidak mau, kita memang harus mengakui, bahwa keberadaan Smartphone Android tersebut memang sangat fenomenal sekarang ini, karena kenyataan dilapangan telah mengatakan, bahwa banyak orang dari penduduk dunia, memang sebagiannya adalah pengguna aktif Smartphone Android tersebut.

Wajar hal ini terjadi, karena memang pada dasarnya Smartphone Android tersebut bisa hadir untuk sebuah Segmentasi level pasar, sehingga setiap orang dari beragam latar belakang profesi, tingkatan dalam masyarakat dan dari segala usia, memang bisa dengan bebas menggunakan Smartphon Android tersebut.

Karena sekali lagi, Smartphone Android adalah sebuah Perangkat Pintar yang memang hadir dalam setiap lini pasar yang bisa dijangkau, sesuai kemampuan para calon pembelinya.

Menariknya, dari tahun ketahun, Google selaku pengembang utama dari OS Android tersebut, memang selalu terus menerus memberikan pembaharuan yang mutakhir pada OS Android terbaru tersebut.

Tujuannya sudah jelas, agar bisa menyesuaikan dengan apa yang di inginkan oleh masyarakat modern dan tentu saja untuk penggunaan yang lebih luas.

Sehingga, tidak mengherankan jika Smartphone Android bisa menjadi sangat Populer seperti sekarang ini, terlebih lagi ada banyak Brand besar yang juga ikut membuat dan menjual Smartphone berbasis OS Android tersebut.

Maka, masyarakat bisa dengan mudah memilih Smartphone Android mana yang cocok untuk mereka beli, sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja Budget yang dimiliki.

Secara umum, OS Android memang sudah bisa kita katakan sebagai OS yang Modern, karena memang hadir dengan beragam fitur hebat dan canggih yang memang sebelumnya tidak pernah ada.

Seperti dari segi keamanan yang sekarang sudah umum menggunakan sistem keamanan biometrik, lalu sekarang OS Android sudah kian pintar dengan adanya dukungan dari kecerdasan buatan yang biasa kita sebut sebagi AI (Artificial Intelligence).

Lalu, ada banyak hal hebat lainnya yang bisa kita temukan pada Smartphone Android Modern yang ada sekarang ini.

Dengan semakin majunya teknologi yang diterapkan pada OS Android tersebut, maka penggunaan dari Smartphone Android tersebut akan lebih flexible, salah satunya sekarang kita sudah menggunakan Smartphone Android dengan penggunaan Kabel Penghubung secara minimal, apa maksudnya?

Tentu disini, kami berbicara terkait kabel yang sebenarnya, seperti penggunaan Kabel USB untuk melakukan Charging atau Transfer Data dan juga penggunaan Kabel untuk mendengarkan musik seperti Jack 3.5mm.

Sekarang, kalian bisa melakukan banyak hal secara Wireless atau bisa kita permudah, tidak akan menggunakan Kabel lagi, seperti teknologi pengisian daya baterai secara Wireless (Wireless Charging), lalu ada juga pengguaan Headset / Earbuds Bluetooth (TWS) hingga mode FTP yang akan bisa dimanfaatkan untuk melakukan Transfer Data langsung tanpa perlu menggunakan Kabel USB sama sekali.

Nah, pada pembahasan kali ini titik berat yang akan kita bahas adalah pada pemanfaatan fitur FTP yang ada pada Smartphone Android masa kini.

Lalu, apa sih fitur FTP yang ada di Smartphone Android tersebut?


Pengertian FTP Android


Jika, kalian adalah seorang yang memang paham dalam dunia Networking, maka istilah FTP ini mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari kalian, tetapi kalau kalian adalah seorang pengguna awam, maka disini kami akan jelaskan sedikit terkait fitur FTP yang ada pada Smartphone Android tersebut.


  1. FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol yang memang dirancang khusus untuk melakukan Transfer Data dari Client dan Server dijaringan yang sama, artinya disini yang kita perlukan hanyalah koneksi internet yang sama.


Maka, kebutuhan Koneksi Data akan penggunaan FTP pada Smartphone Android, misalnya ke Komputer Desktop sudah bisa terpenuhi.

Hebatnya lagi, dengan menggunakan FTP tersebut kalian bisa dengan mudah melakukan Transfer Data (Read / Write) seperti halnya menggunakan Koneksi dari Kabel USB melalui fitur MTP.

Tetapi, yang menjadikan FTP Spesial adalah karena disini kita sama sekali tidak membutuhkan bantuan dari Kabel USB, sehingga jelas saja penggunaan dari Smartphone Android akan jauh lebih Flexible, asalkan masih dalam lingkup satu jaringan Network yang sama.

Untuk cara kerja FTP di Smartphone Android itu sama saja seperti fitur FTP yang ada pada Perangkat Komputer Desktop, sehingga kalian tidak akan menemukan perbedaan mekanisme dari kedua Perangkat yang berbeda tersebut.


Model cara kerja FTP untuk Smartphone Android


Untuk kalian ketahui, artikel terkait FTP Android ini, bukanlah satu-satunya artikel FTP Android yang sudah kami tulis, melainkan sebelumnya kami memang sudah membuat 2 artikel khusus terkait penggunaan Fitur yang ada pada FTP Android tersebut.

Salah satu dari artikel yang kami buat sebelumnya adalah terkait pemanfaatan fitur FTP Android dengan menggunakan Aplikasi Browser yang bisa kalian lihat Tutorialnya pada halaman dibawah ini :


Lalu, satu lainnya kami juga sudah membuat kemampuan Full FTP Android dengan menggunakan Aplikasi FileZilla yang metode kerjanya dikhususkan untuk Perangkat Komputer Desktop, untuk Tutorialnya bisa juga kalian lihat dibawah ini :


Nah, untuk yang Tutorial yang akan kita bahas kali ini akan cukup berbeda dan akan semakin menarik, karena disini kami akan beritahukan cara menggunakan kemampuan penuh (Full) FTP Android di Perangkat Komputer Desktop berbasis OS Windows, tanpa bantuan dari Software khusus, seperti FileZilla.

Benarkah? ya! kalian bisa menggunakan fitur FTP Android tersebut secara penuh, untuk tindakan Copy / Paste, layaknya seperti sedang menggunakan Flashdisk atau Koneksi dari Kabel USB, langsung dari Windows Explorer.

Bagaimana caranya? tunggu dulu! ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, sebelum kalian bisa mengikuti Tutorial yang akan kami sampaikan dibawah ini.


Syarat menggunakan layanan FTP Android langsung dari Explorer Windows


Persyaratan utama untuk bisa menggunakan Fitur FTP di Android adalah kalian harus berada pada satu jaringan yang sama (Hotsopt / Router / Mikrotik) dengan yang digunakan pada Komputer / laptop Windows.

Kalian membutuhkan sebuah Aplikasi khusus FTP yang harus kalian Download dan Install pada Smartphone Android yang kalian miliki.

Aplikasi tersebut adalah WiFi FTP Server, kalian tidak perlu khawatir Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store, agar lebih cepat kalian bisa langsung mengunjungi alamat Link URL dibawah ini :


Pada Komputer Windows, kalian tidak memerlukan aplikasi apapun, yang kalian perlukan hanyalah fitur yang sering kalian gunakan, yaitu adalah File Explorer default pada OS Windows.

Disini, kami menggunakan OS Windows 10 sebagai media untuk uji coba kerja dari layanan FTP pada Smartphone Android tersebut.

Harusnya, cara ini juga akan bisa berhasil pada OS Windows lain, seperti OS Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan juga Windows 10.

Terakhir, pastikan Android Driver sudah ada pada Komputer / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang ini.

Karena, tanpa adanya Android Driver tersebut, maka koneksi yang kalian lakukan dari jalur FTP melalui Komputer Desktop ke Smartphone Android, mungkin tidak akan berhasil.

Untuk meminimalisir resiko kegagalan tersebut, silahkan Download dan Install Android Driver Universal dibawah ini :


Setelah semua persyaratan diatas sudah bisa kalian penuhi semuanya, maka sekarang kalian sudah bisa mempraktekan cara kerja FTP Android langsung pada Explorer Windows tersebut, silahkan ikuti caranya pada pembahasan dibawah ini.


Cara FTP Android langsung dari Explorer Windows


  1. Silahkan buka dulu Aplikasi WiFi FTP Server yang sudah kalian Download dan Install sebelumnya.
  2. Ingat! pastikan koneksi jaringan yang ada pada Smartphone Android dan Komputer Desktop OS Windows sama.
  3. Setelah itu, tekan menu Start pada Aplikasi WiFi FTP Server Android tersebut.
Cara FTP Android di Windows, Cara FTP Android tanpa FileZilla, FTP Android, Cara melakukan FTP Android, Pengertian FTP Android, Apa yang dimaksud FTP Android, Melakukan FTP Android di Windows, FTP Android Windows, FTP Android langsung di Explorer Windows
  1. Maka, akan muncul tampilan seperti ini :
Cara FTP Android di Windows, Cara FTP Android tanpa FileZilla, FTP Android, Cara melakukan FTP Android, Pengertian FTP Android, Apa yang dimaksud FTP Android, Melakukan FTP Android di Windows, FTP Android Windows, FTP Android langsung di Explorer Windows
  1. Silahkan sorot pada bagian Server URL.
  2. Setelahnya, silahkan buka Explorer Windows.
  3. Lalu, masukan Server URL pada bagian atas Explorer Windows seperti ini :
Cara FTP Android di Windows, Cara FTP Android tanpa FileZilla, FTP Android, Cara melakukan FTP Android, Pengertian FTP Android, Apa yang dimaksud FTP Android, Melakukan FTP Android di Windows, FTP Android Windows, FTP Android langsung di Explorer Windows
  1. Jika sudah, silahkan tekan Enter.
  2. Maka, harusnya OS Windows sekarang sudah bisa langsung masuk kedalam Direktori Internal Storage yang ada pada Smartphone Android terkait.
Cara FTP Android di Windows, Cara FTP Android tanpa FileZilla, FTP Android, Cara melakukan FTP Android, Pengertian FTP Android, Apa yang dimaksud FTP Android, Melakukan FTP Android di Windows, FTP Android Windows, FTP Android langsung di Explorer Windows
  1. Setelahnya, silahkan gunakan layaknya seperti sedang menggunakan sebuah Flashdisk.
  2. Done!


Kekurangan dari FTP Android


Meski secara keseluruhan fitur FTP di Smartphone Android itu sangat bermanfaat dari segi pengunaannya yang memang memberikan fleksibilitas tinggi, hanya saja masih ada beberapa kekurangan dari cara ini.

Kekurangan tersebut, memang bisa menjadi hal yang merepotkan untuk sebagian penggunannya, lalu apa saja kekurangan yang kami maksud tersebut?


  1. Fitur FTP Android hanya bisa digunakan untuk mengakses ketingkat Internal Storage saja, untuk External Storage Expansion, seperti SD Card, tidak akan bisa di Load melalui cara yang kami bagikan diatas.
  2. Kecepatan Copy / Paste File itu berdasarkan kecepatan Internet yang kalian miliki, jika Koneksi Internet yang kalian miliki lamban, maka proses Transfer Data yang kalian lakukan juga akan ikut lamban.
  3. Sering terjadi Disconnect pada FTP Server Android, mungkin penggunaan dari Aplikasi FTP Server pihak ke-3 yang kita gunakan diatas.


Meski ada beberapa kekurangan dari cara diatas, tetap saja metode diatas bisa akan sangat bermanfaat untuk kalian yang memang memerlukan perpindahan Data File yang cepat antar perangkat, tanpa perlu menggunakan satu buah Kabel USB apapun.

Hanya saja, kalau kami bisa menyarankan, usahakan jangan melakukan Transfer Data dengan jumlah kapasitas File yang besar, misalkan 1GB lebih, jika Koneksi Internet kalian cepat, maka hal ini bukan masalah.

Tetapi, kalau lamban? maka akan lebih bijaksana untuk menggunakan Koneksi dari Kabel USB, untuk kecepatan Transfer Data yang lebih cepat dan lebih bisa menghemat waktu kalian.


Solusi Koneksi FTP Server yang sering terputus


Jika kalian mengalami masalah Koneksi FTP Server yang sering terputus ketika menggunakan Aplikasi WiFi FTP Server yang kami bagikan diatas.

Maka, disini kami punya beberapa Trik atau Solusi untuk mengatasi masalah tersebut, satu hal yang harus kalian ketahui, permasalahan ini bukan datang dari Fitur FTP yang ada pada Smartphone Android kalian.

Melainkan datang dari Management Apps yang ada pada System OS yang diterapkan pada Smartphone Android terkait, untuk mengakali permasalahan ini mudah saja, kalian hanya perlu mengikuti beberapa cara dibawah ini saja :


  1. Jangan keluar dari Aplikasi WiFi FTP Server, pastikan layar selalu menyala dengan kondisi Aplikasi WiFi FTP Server terbuka, maka permasalahan Disconnect FTP Server pasti tidak akan terjadi.
  2. Hilangkan Restrict Apps Background di System OS pada Smartphone Android kalian, agar Aplikasi WiFi FTP Server bisa berjalan di Background Apps dan tidak otomatis ter-Shut Down.
  3. Kunci Aplikasi WiFi FTP Server yang sedang berjalan tersebut, umumnya OS Android yang ada sekarang ini memiliki fitur tersebut dan beberapa Custom ROM juga memiliki fitur Lock Apps tersebut, agar tidak ter-Shut Down ketika kalian keluar dari Aplikasi tersebut.


Nah, dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, dari apa yang sudah kami jelaskan diatas harusnya sudah sangat jelas terkait cara kerja dan pemanfaatan Fitur FTP yang ada pada sebuah Smartphone Android tersebut.

Hanya saja, sekali lagi fitur FTP di Android memang memiliki beberapa batasan, tetapi batasan atau kekurangan tersebut tetap masih bisa ditolerir, karena dari sudut pandang kami, permasalahan tersebut tidak akan ada apa-apanya dibandingkan manfaat yang akan kalian peroleh.

Selain itu, Aplikasi WiFi FTP Server bukanlah satu-satunya Aplikasi yang bisa digunakan untuk mengaktifkan layanan FTP Android tersebut.

Karena, diluar sana masih ada banyak sekali jenis Aplikasi FTP serupa, hanya saja untuk performanya tidak bisa kami ukur sekarang, karena jujur, kami selalu menggunakan Aplikasi WiFi FTP Server tersebut, ketika ingin menggunakan Layanan FTP yang ada pada Smartphone Android yang kami miliki.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD 

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot