RILIS ARTIKEL TERBARU

Mode Fastboot Redmi, Cara masuk ke Mode Fastboot Redmi, Cara keluar dari Mode Fastboot Redmi, Muncul Fastboot Redmi, Masksud Fastboot di Redmi, apa itu Fastboot Redmi, Redmi muncul gambar kelinci, Redmi muncul gambar Robot, Redmi muncul tulisan Fastboot

Kalian pengguna Smartphone Android Redmi? pasti sebagian dari kalian tidak tahu, bahwa sebenarnya Brand Redmi itu merupakan Sub-Brand dari Xiaomi yang dulunya bernama Xiaomi Redmi Series dan sekarang ini sudah di pisah dan berdiri dengan nama Brand sendiri.

Tetapi, yang berbeda disini hanya nama Brand-nya saja, untuk Custom ROM yang di gunakan masih tetap sama menggunakan MIUI dan juga untuk Tools pendukung dan metode-metode yang di gunakan itu masih sama persis dengan Xiaomi.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa Redmi itu ya Xiaomi, yang berbeda hanya nama dan mungkin sasaran pasar / target pasar penjualannya juga berbeda.

Jika artinya Redmi itu sama saja seperti Smartphone Android Xiaomi, berarti segala sesuatu di dalam Smartphone ini juga sama? ya! benar sekali segala sesuatunya sama dan bisa di bilang sama persis, seperti yang akan kita bahas kali ini.

Pada artikel ini kita hanya akan khusus berkutat pada pembahasan Mode Fastboot yang ada pada semua seri Smartphone Redmi, mau itu bermesin Qualcomm Snapdragon, MediaTek ataupun Processor jenis lainnya jika ada nantinya.

Mode Fastboot di OEM Xiaomi itu masih tetap sama saja, yaitu gambar Kelinci sedang mempreteli sebuah Robot rusak, di Brand Redmi? sama saja!

Umumnya Mode Fastboot ini memang tidak di peruntukan untuk semua pengguna, karena memang di butuhkan pengetahuan khusus terkait bagaimana cara menggunakan Mode ini, maka wajar jika Mode ini di sembunyikan oleh pihak OEM Redmi dan tidak bisa diakses sembarangan atau harus memerlukan cara khusus agar bisa masuk ke Mode Fastboot Redmi tersebut.


Mode Fastboot Redmi


Sama seperti yang ada pada Smartphone Android Xiaomi lainnya, Mode Fastboot di Redmi juga memiliki User Interface yang sama persis dan juga kalian tidak akan menemukan menu navigasi apapun di dalam Mode Fastboot Redmi tersebut.

Karena seperti yang namanya sendiri "Mode" yang mempunyai arti sebagai sebuah Media / Jempatan untuk melakukan sesuatu, jadi bisa kita artikan bahwa Mode Fastboot Redmi ini memiliki fungsi sebagai sebuah Mode yang memang ditujukan untuk tindakan khusus, seperti kegiatan tindakan Flashing.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, Mode Fastboot Redmi itu identik dengan yang ada pada Smartphone Android Xiaomi, yaitu memiliki gambar seperti dibawah ini :

Mode Fastboot Redmi, Cara masuk ke Mode Fastboot Redmi, Cara keluar dari Mode Fastboot Redmi, Muncul Fastboot Redmi, Masksud Fastboot di Redmi, apa itu Fastboot Redmi, Redmi muncul gambar kelinci, Redmi muncul gambar Robot, Redmi muncul tulisan Fastboot

Jika, kalian mendapati gambar seperti ini, karena ketidak sengajaan kalian dalam memasukinya, maka tidak perlu panik, karena Mode ini memang ada dan saat ini kalian sedang berada pada Mode Fastboot Redmi.

Nah, maka dari itu artikel ini kami buat, karena Mode Fastboot Redmi ini bisa jadi menimbulkan masalah dan kepanikan bagi mereka yang tidak tahu atau tidak sengaja masuk ke dalam Mode tersebut.

Maka, pada artikel ini kita akan mengupas tuntas terkait hal tersebut. Namun, sebelumnya kalian harus tahu dulu apa sih Mode Fastboot Redmi tersebut dan apa saja kegunaannya.


Fungsi dan Pengertian Mode Fastboot Redmi


Sebenarnya semua Smartphone Android memiliki apa yang di sebuta dengan Mode Fastboot atau Mode Bootloader tersebut, karena Mode tersebut merupakan bagian dari OS Android dan selalu ada pada setiap OS Android.

Fastboot Mode sendiri adalah sebuah Mode yang hanya bisa diakses dengan cara khusus yang memang di tujukan untuk tindakan tindak lanjut seperti kegiatan Repairing, Maintenance dan juga Developing yang khusus untuk pengembangan sebuah OS Android secara keseluruhan.

Dengan Mode Fastboot ini, maka kalian akan bisa mengubah settingan ke tingkat yang lebih tinggi lagi dan tidak hanya sebatas ROM saja, tetapi bisa menjangkau ke tahap OS dan bahkan ke tingkat Bootloader.

Itulah kenapa fitur ini disembunyikan, karena untuk menggunakannya kalian harus cukup ilmu terlebih dahulu dan tidak bisa dikerjakan asal-asalan.

Untuk fungsinya sendiri Mode Fastboot ini berfungsi sebagai sebuah Media penghubung untuk melakukan tindakan langsung, seperti untuk melakukan :


  • Flash (Firmware secara utuh)
  • Modify (Flash Part seperti Boot atau System Image)
  • Unlock / Relock Bootloader


Namun, masih ada banyak hal yang bisa di lakukan dengan Mode Fastboot Redmi tersebut, tetapi biasanya kebutuhan akan Fastboot Mode tersebut pasti tidak jauh dari urusan Unlock Bootloader ataupun tindakan Flash.

Lalu, bagaimana dengan Mode Fastboot Redmi? sama saja, tujuan dan fungsinya ya memang seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Lalu, apa saja yang di butuhkan untuk bisa menggunakan Mode Fastboot Redmi tersebut?

Jika kita sudah berbicara kebutuhan berarti pasti ada bahan dan alat yang akan di gunakan, karena disini dalam pengaplikasiannya, Mode Fastboot Redmi ini hanya bisa di jalankan dengan bantuan Komputer dalam kasus ini adalah Komputer Windows (OS Windows).

Maka, sudah jelas kalian membutuhkan sebuah Driver khusus agar bisa menggunakan Fitur Mode Fastboot tersebut, di bawah ini akan kami jelaskan apa saja yang di perlukan agar bisa menggunakan fitur Mode Fastboot tersebut dan ini berkaitan dengan cara untuk kalian Masuk dan Keluar dari Mode Fastboot Redmi yang akan menjadi titik berat pembahasan kita.


Redmi USB Driver


Sebenarnya ini adalah bahan yang bersifat Optional saja, karena kalian baru benar-benar membutuhkan hal ini, jika Smartphone Android Redmi kalian tidak bisa terbaca pada PC Windows.

Dengan alasan OS Windows kekurangan Driver untuk bisa mengidentifikasi device yang terkoneksi melalui Kabel USB, jika kalian mengalami hal ini, maka silahkan Install dulu Redmi USB Driver di bawah ini pada OS Windows yang kalian gunakan.


Jika, koneksi Smartphone Android Redmi kalian baik-baik saja dan OS Windows bisa membaca koneksi yang telah kalian buat dengan Kabel USB, maka silahkan lanjutkan ke Section di bawah ini.


USB Debugging


Hal ini juga penting untuk kalian aktifkan sebelumnya, karena ini berkaitan dengan metode cara masuk ke Mode Fastboot Redmi tersebut, jika opsi USB Debugging tidak aktif, maka OS Android pada Smartphone Android Realme tidak akan mengijinkan perintah dari Source pihak ke-3 untuk melakukan eksekusi pada System OS Android.

Maka dengan demikian fitur USB Debugging ini harus aktif, jika kalian ingin menggunakan Mode Fastboot, jika tidak tahu caranya silahkan ikuti tutorial di bawah ini :


Setelahnya, hal yang perlu kalian penuhi adalah dengan menginstall alat utama untuk menjalankan fungsi Mode Fastboot tersebut pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang.


Fastboot Driver


Ini adalah hal paling penting agar kalian bisa menjalankan fitur Fastboot teresebut, yaitu adalah Fastboot Driver yang harus kalian pasangkan pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang.

Fastboot Driver sendiri adalah bagian dari komponen Android SDK yang bisa di dapatkan dan di gunakan secara terpisah, tanpa perlu mendownload Android SDK secara penuh, Fastboot Driver ini hanya bisa di jalankan ketika Smartphone Android Redmi kalian sudah berada pada Mode Fastboot.

Silahkan gunakan satu dari beberapa Fastboot Driver di bawah ini, kami sengaja mengemasnya dalam paketan ADB + Fastboot Driver, karena ADB juga akan sangat di perlukan pada pembahasan kita kali ini.


Jika, semua hal diatas terkait bahan dan alat untuk proses Masuk dan Keluar dari Mode Fastboot Redmi, maka kita sudah siap untuk masuk ke dalam pembahasan utama kita kali ini, silahkan ikuti dengan seksama.

Kami hanya akan langsung berbicara ke intinya saja dan kami sudah anggap kalian sudah memenuhi semua alat dan bahan yang sudah kami jelaskan diatas.


Cara Masuk ke Mode Fastboot Redmi


Untuk bisa masuk ke dalam Mode Fastboot Redmi, ada 2 buah cara yang bisa kalian lakukan, salah satunya adalah dengan kombinasi Tombol Khusus dan salah satu cara lainnya adalah dengan menggunakan ADB Driver.

Pastikan semua syarat diatas sudah kalian penuhi, jika kalian ingin masuk ke Mode Fastboot Redmi menggunakan fungsi ADB.


Cara 1 untuk Masuk ke Mode Fastboot Redmi



  1. Matikan Smartphone Android Redmi (Power Off).
  2. Tekan dan tahan Tombol Volumne Down (-) dan Power bersamaan.
Mode Fastboot Redmi, Cara masuk ke Mode Fastboot Redmi, Cara keluar dari Mode Fastboot Redmi, Muncul Fastboot Redmi, Masksud Fastboot di Redmi, apa itu Fastboot Redmi, Redmi muncul gambar kelinci, Redmi muncul gambar Robot, Redmi muncul tulisan Fastboot
  1. Tahan hingga muncul gambar kelinci memperbaiki robot dengan di barengi tulisan Fastboot.
  2. Selesai.


Cara 2 untuk Masuk ke Mode Fastboot Redmi



  1. Silahkan buka aplikasi CMD dan pastikan sudah terarah pada target Folder ADB Driver berada, jika tidak tahu silahkan ikuti cara di bawah ini.


  1. Hubungkan Smartphone Redmi ke PC Windows dengan kabel USB, pastikan USB Debugging sudah aktif.
  2. Selanjutnya pada jendela CMD, masukan perintah ini :
adb reboot bootloader
  1. Secara otomatis Smartphone Android Redmi kalian akan Reboot dan masuk ke dalam Mode Fastboot.
  2. Selesai.


*** Jika kalian menggunakan cara ke-2 ini, pastikan Smartphone Android Redmi kalian sudah bisa terbaca atau terkoneksi ke PC Windows, jika belum silahkan pasang dulu Redmi USB Driver diatas. ***

Saat ini, kalian sudah tahu cara untuk bisa masuk ke dalam Mode Fastboot Redmi, lalu bagaimana cara keluar dari Mode Fastboot Redmi tersebut?

Karena Mode Fastboot Redmi ini bisa jadi menimbulkan kepanikan bagi beberapa penggunannya, karena mereka secara tidak sengaja masuk ke dalam Mode tersebut.

Seperti yang sudah di jelaskan pada cara ke-1 untuk masuk ke Mode Fastboot tersebut, bisa jadi tombol Volume Down tertetakn saat melakukan Booting, maka tidak menutup kemungkinan Smartphone Android Redmi kalian akan masuk ke Mode Fastboot tersebut secara tidak sengaja.

Pada kasus ini, bukan berarti Smartphone Redmi kalian Error, tetapi dalam kasus tertentu memang ada juga beberapa masalah yang membuat Smartphone Android Redmi terus-terusan masuk ke Mode Fastboot, karena ada kerusakan di eMMC atau error pada tingkat Firmware.

Tetapi, kalau kalian tidak merasa melakukan apapun, lalu tiba-tiba muncul Mode Fastboot ini begitu saja, maka sudah besar kemungkinan, kalian secara tidak sengaja masuk ke dalam Mode Fastboot Redmi tersebut.


Cara Keluar dari Mode Fastboot Redmi


Sama seperti cara masuk ke Mode Fastboot tersebut, keluar dari Mode ini pun harus menggunakan cara khusus juga, karena di dalam Mode Fastboot Redmi, kalian tidak akan menemukan satupun menu Navigasi yang bisa kalian gunakan, maka untuk bisa keluar dari Mode Fastboot Redmi tersebut bisa dengan menggunakan 2 cara di bawah ini.


Cara 1 untuk Keluar dari Mode Fastboot Redmi


Cara pertama ini bisa di lakukan dengan sangat mudah, kalian hanya perlu Menekan dan Menahan Tombol Power selama Kurang Lebih 10 Detik, maka secara otomatis Smartphone Android Redmi kalian akan Reboot / Power Off dan akan langsung Booting ke Normal Mode lagi.


Mode Fastboot Redmi, Cara masuk ke Mode Fastboot Redmi, Cara keluar dari Mode Fastboot Redmi, Muncul Fastboot Redmi, Masksud Fastboot di Redmi, apa itu Fastboot Redmi, Redmi muncul gambar kelinci, Redmi muncul gambar Robot, Redmi muncul tulisan Fastboot


Cara 2 untuk Keluar dari Mode Fastboot Redmi



  1. Silahkan CMD dan pastikan sudah terarah pada target Folder Fastboot Driver berada, jika tidak tahu silahkan ikuti cara di bawah ini.


  1. Dalam keadaan masuk ke dalam Mode Fastboot Redmi, koneksikan Smartphone Redmi ke PC Windows dengan kabel USB.
  2. Selanjutnya pada jendela CMD, masukan perintah ini :

fastboot reboot

  1. Secara otomatis Smartphone Android Redmi kalian akan Reboot dan akan Booting ke Normal Mode.
  2. Selesai.


Nah, bagaimana? kami kira masalah Terjebak pada Mode Fastboot Redmi ini bisa di selesaikan dengan mudah, karena hal ini memang bukan menjadi sebuah masalah, seperti ada terjadi Error atau semacamnya.

Kecuali, Smartphone Android Redmi kalian, terus terusan masuk ke dalam Mode Fastboot tersebut, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa memang ada sesuatu yang serius sedang terjadi, maka dari itu penanganganan dari masalah ini juga berbeda.

Karena minimalnya solusi untuk masalah tersebut adalah dengan melakukan Flash dan paling parahnya kalian harus mengganti sebuah Hardware yang rusak, semoga kalian tambah ilmu dan semoga bermanfaat.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot