RILIS ARTIKEL TERBARU :

Beda Redmi 8 dan Redmi 8A, Perbandingan Redmi 8 dan Redmi 8A, Spesifikasi Redmi 8 dan Redmi 8A, Perbedaan Spesifikasi Redmi 8 dan Redmi 8A, Spec Redmi 8 dan Redmi 8A, Perbedaan Harga Redmi 8 dan Redmi 8A, Kelebihan Redmi 8 dan Redmi 8A, Kekurangan Redmi 8 dan Redmi 8A, Info Redmi 8 dan Redmi 8A

Sejak pihak Xiaomi memutuskan untuk membuat sebuah Sub-Brand baru dan terpisah dari Brand utama yaitu Xiaomi, kini Sub-Brand Redmi yang dulunya kita kenal dengan Xiaomi Redmi Series, sudah mulai untuk menunjukan taringnya lagi.

Setelah beberapa saat keberadaan dari Smartphone Xiaomi dikelas menengah dan bawah mulai redup, karena banyaknya kompetitor hebat sekarang ini, nampaknya sekarang Smartphone buatan Xiaomi kembali mulai berjaya lagi.

Tetapi, bukan dari Brand Xiaomi, melainkan dari Sub-Brandnya yaitu adalah Redmi, yang kini menjadi sebuah Sub-Brand Specialist untuk urusan Smartphone Android Kelas Menengah (Mid-Range) dan Bawah (Entry-level) yang dibuat oleh Produsen Smartphone Xioami secara khusus.

Setelah sebelumnya merilis seri terbaru dari Suksesor Redmi Note 7, yaitu Redmi Note 8 Series, kini pihak Redmi kembali merilis sebuah versi terendah dari variant lini Redmi tersebut, yaitu adalah Redmi 8 Series.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, jika Redmi Note 8 Series itu menyasar kelas Menengah, maka beda dengan Redmi 8 Series ini, karena pada dasarnya lini Smartphone Android ini akan menyasar ke kelas Entry-Level atau kelas bawah, tetapi tunggu dulu! meski berada di Segment pasar kelas bawah.

Namun, untuk urusan Spesifikasi juga sudah sangat baik, bahkan bisa dibilangh menjadi salah satu yang terbaik yang bisa kalian temukan saat ini.

Sama seperti Redmi Note 8 Series yang hadir dalam 2 buah versi berbeda, yaitu Redmi Note 8 biasa dan Redmi Note 8 Pro, pada Smartphone Android Redmi 8 Series ini juga hadir dalam beberapa variant seri.

Untuk sekarang Redmi 8 Series ini hadir dalam 2 buah seri yang bisa kalian miliki sekarang, yaitu adalah Redmi 8 dan Redmi 8A, maka pada pembahasan kita kali ini, kita akan membandingkan bagaimana sih Perbedaan dan Perbandingan antara Redmi 8 vs Redmi 8A tersebut?

Perbandingan ini memang khusus kami buat, karena memang ada banyak permintaan terkait hal ini, karena kalau kami teliti, pengguna dari Smartphone Entry-level, dizaman sekarang ini masih sangat banyak.

Menariknya, salah satu Smartphone Entry-level yang potensial sekarang ini, salah satunya adalah memang Redmi 8 Series, sehingga dapat diramalkan bahwa jenis Smartphone Android Redmi terbaru ini, akan menjadi salah satu seri yang akan masuk dalam daftar incaran.

Bagaimana tidak? seperti yang kalian ketahui, Redmi 8 Series ini memang merupakan sebuah Smartphone Android Suksesor dari Redmi 7 Series sebelumnya yang memang sudah cukup laku dipasaran.

Nah, pada Redmi 8 Series terbaru kali ini, tentu saja pihak Xiaomi, melalui Sub-Brand resmi mereka yaitu Redmi, telah melakukan peningkatan diberagam sektor, maka tentu saja Smartphone Android Redmi 8 Series ini akan sangat menarik untuk kita bandingkan antar versinya.


Persamaan Redmi 8 vs Redmi 8A


Disini kami akan menjelaskan gambaran umum terkait Persamaan Spesifikasi antara Redmi 8 vs Redmi 8A lebih dulu, hal ini kami maksudkan, agar kalian bisa mengetahui, apa saja sih hal yang sama dalam kedua Smartphone Android dari Redmi 8 Series tersebut?

  1. Hal pertama yang harus kalian ketahui adalah seperti yang sudah kami singgung diatas, Redmi 8 dan Redmi 8A ini sama-sama hadir untuk Smartphone Android Kelas Bawah (Entry-Level) sehingga harga jualnya tentu akan sangat terjangkau.
  1. Hal kedua yang harus kalian ketahui, pada seri Redmi 8 ini membawa Desain yang cukup mirip dengan seri Redmi Note 8 Pro, tetapi Redmi 8A hadir dengan Desain yang tampak lebih ringkas dan biasa saja.
  1. Hal ketiga yang perlu diketahui adalah, kedua Smartphone Android ini menggunakan Resolusi Layar dan Spesifikasi Processor yang sama, lalu kedua Smartphone Android terbaru dari Redmi 8 Series ini juga sudah sama-sama didukung dengan USB Type-C.
  1. Hal keempat yang harus kalian ketahui adalah, Smartphone Redmi 8 dan Redmi 8A ini sama-sama dibuat dengan Material Body Plastik (Polycarbonate).
  1. Hal terakhir yang harus kalian ketahui adalah kedua Smartphone Android Redmi 8 dan Redmi 8A tersebut, sama-sama menggunakan Kapasitas Baterai 5000mAh dan sudah di Support dengan teknologi Fast Charging.

Nah, dari Persamaan yang sudah kami jelaskan diatas, bisa kalian bayangkan sendiri, bahwa pada faktanya meski dijual secara resmi direntang harga yang kurang dari 2 Juta Rupiah, bukan berarti kedua Smartphone Android ini dapat diremehkan.

Karena, seperti yang telah kalian lihat, kedua Smartphone Android Redmi 8 dan Redmi 8A ini datang dengan konfigurasi yang lebih kekinian, untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat Perbedaan Spesifikasi Redmi 8 dan Redmi 8A dibawah ini.

Sehingga, kalian bisa membayangkan, sebenarnya kedua Smartphone Android baru dari Redmi ini memang cukup potensial dan tentu saja menjadi sebuah Smartphone Android yang Best Value tentunya.


Perbedaan Spesifikasi Redmi 8 vs Redmi 8A


Baiklah, kita akan mulai masuk pada pembahasan utama kita kali ini, yaitu terkait Perbedaan Spesifikasi antara Redmi 8 vas Redmi 8A, tetapi perlu kalian ketahui dulu bahwa sebenarnya ada sebuah Kasta dari kedua buah jenis Smartphone Android terbaru dari Redmi tersebut.

Yaitu adalah seri variant Redmi 8A itu memiliki Kasta yang lebih rendah dari lini seri Redmi 8, sehingga wajar saja jika kalian menemukan Spesifikasi Redmi 8A yang lebih rendah dari Redmi 8 Reguler.

Lalu, kenapa kami membuat perbandingan ini, jika sudah pasti bahwa Redmi 8 dipastikan lebih unggul?

Nah, disini kami hanya akan memperjelas maksud kami dalam membuat artikel perbandingan ini, yaitu karena sejatinya kedua Smartphone Android Redmi 8 dan Redmi 8A ini memang sangat menarik untuk kita bandingkan.

Pada rentang harga yang tidak terlalu jauh, pada faktanya bisa jadi Redmi 8A menjadi lebih Best Value dibandingkan dengan Redmi 8, karena disini perbandingan kita akan lebih berorientasi kepada aspek Budget for Best Value Entry-level Android Phone.

Maka, setiap perbedaan dari kedua buah Smartphone ini akan sangat layak dibandingkan, karena dari yang terlihat, memang sejatinya Redmi 8A itu memiliki Spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan Redmi 8.

Sehingga, dalam perbandingan kali ini, kami akan membaginya kebeberapa segment yang layak untuk dibandingkan, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Perbandingan Body dan Display
  2. Perbandingan Performance
  3. Perbandingan Kamera
  4. Perbandingan Spesifikasi Kunci lainnya

Dengan perbandingan yang terpisah tersebut, kami harapkan kalian bisa dengan mudah mengetahui dan mengidentifikasi perbedaan Spesifikasi tersebut, apakah penting untuk kalian atau tidak, karena disini uang kalian yang akan dipertaruhkan.

Jadi, sangat masuk akal jika kalian harus benar-benar cermat dalam memilih dan menentukan pilihan kalian, dari kedua buah jenis Smartphone Android Redmi 8 dan Redmi 8A tersebut.


Body & Display


Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada faktanya Redmi 8 dan Redmi 8A itu sama-sama menggunakan Material Body dari Plastik, lalu juga sama-sama menggunakan Poni kecil pada bagian layar utama, tetapi tentu saja, untuk konfigurasinya jelas berbeda, maka dari itu kalian bisa melihat perbedaannya dengan perbandingan dibawah ini :


Redmi 8 (Body & Display) :


  1. IPS Panel (Luas Layar 6.22"HD+, Ratio 19:9)
  2. Pelindung layar dari Corning Gorilla Glass 5
  3. Dimensi Body (156.5 x 75.4 x 9.4 mm)
  4. Berat keseluruhan (188g)
  5. Fingerprint Sensor (Tertanam pada bagian belakang Case)



Redmi 8A (Body & Display) :


  1. IPS Panel (Luas Layar 6.2"HD+, Ratio 19:9)
  2. Pelindung layar dari Corning Gorilla Glass 5
  3. Dimensi Body (156.5 x 75.4 x 9.4 mm)
  4. Berat keseluruhan (188g)
  5. Tidak ada Fingerprint Sensor


Pada Perbandingan pertama ini bisa kita lihat, bahwa sebenarnya Redmi 8 dan Redmi 8A ini memang memiliki Spesifikasi Body dan Display yang sama, tetapi Redmi 8 memiliki layar yang sedikit lebih besar dan juga memiliki keunggulan dimana terdapat fitur Fingerprint Sensor, yang tidak akan bisa kalian temukan pada seri Redmi 8A.


Performance (Performa)


Seperti yang sudah kami singgung diatas, faktanya Redmi 8 dan Redmi 8A itu memiliki jenis Spesifikasi Processor dan Kapasitas Baterai yang sama, tetapi juga terdapat perbedaan pada bagian Module Hardware yang lain, untuk lebih jelasnya, silahkan lihat perbandingan dibawah ini :


Redmi 8 (Performance) :


  1. CPU Chipset Qualcomm Snapdragon 439 (12nm)
  2. GPU Adreno 505
  3. RAM 3GB / 4GB
  4. Internal Storage 32GB / 64GB
  5. Battery Li-Po 5000mAh (Fast Charging 18W)



Redmi 8A (Performance) :


  1. CPU Chipset Qualcomm Snapdragon 439 (12nm)
  2. GPU Adreno 505
  3. RAM 2GB / 3GB
  4. Internal Storage 32GB
  5. Battery Li-Po 5000mAh (Fast Charging 18W)


Dari hasil perbandingan diatas, dapat kalian lihat bahwa yang menjadi pembeda utama dari kedua buah Smartphone Android Redmi 8 dan Redmi 8A dari aspek Performance itu hanya terletak pada jumlah RAM dan Internal Storage saja.

Jika kalian ingin membeli Redmi 8A dengan RAM 3GB, maka sudah jelas untuk urusan Performa akan sama persis, meliputi kecepatan dan kemampuan Multasking seperti yang ada pada Smartphone Android Redmi 8 versi RAM 3GB!


Kamera (Camera Module)


Selanjutnya, kita akan membandingkan Module Setup Kamera dari kedua buah Smartphone Android Redmi 8 dan Redmi 8A tersebut, seperti yang kalian ketahui, kemampuan Kamera pada suatu Smartphone Android itu memang menjadi pertimbangan yang paling sering untuk dipikirkan.

Karena Smartphone Android Redmi 8 dan Redmi 8A ini berada pada Segment Pasar Entry-level, maka sudah jelas untuk Spesifikasi Kameranya tidak akan sehebat Smartphone Android Kelas Menengah, apalagi Kelas Atas.

Tetapi, untuk hasilnya sendiri, Kamera dari Smartphone Android buatan Xiaomi itu nampaknya tidak pernah mengecewakan, berikut adalah perbandingan Spesifikasi Kamera dari Redmi 8 dan Redmi 8A tersebut :


Redmi 8 (Camera) :


  1. Selfie Camera 8 MP (f/2.0, 1.12µm, Video Recoding 1080p@30fps)
  2. Dual (2) Main Camera 12 MP (f/1.8, 1/2.55", 1.4µm, Dual Pixel, PDAF), 2 MP (Depth Sensor)
  3. Fitur Kamera Utama (HDR)
  4. Video Recording Resolution (1080p@30fps)



Redmi 8A (Camera) :


  1. Selfie Camera 8 MP (f/2.0, 1.12µm, Video Recoding 1080p@30fps)
  2. Single (1) Main Camera 12 MP (f/1.8, 1/2.55", 1.4µm, Dual Pixel, PDAF)
  3. Fitur Kamera Utama (HDR)
  4. Video Recording Resolution (1080p@30fps)


Pada perbandingan Spesifikasi Kamera dapat kalian lihat sendiri, bahwa sebenarnya Redmi 8 dan Redmi 8A itu sama-sama memiliki Konfigurasi Setup Kamera Selfie dan Utama yang sama, baik itu dari Resolusi, Fitur dan lainnya.

Yang membedakan hanya terletak pada Secondary Camer Module saja, dimana pada Redmi 8 kalian akan bisa memungkinkan untuk mengambil gambar foto dengan Background Blur, karena memang memiliki Kamera Depth Sensor.

Tetapi, Redmi 8A tidak bisa melakukan hal tersebut, karena tidak adanya dukungan Hardware Dual Kamera tersebut.


Spesifikasi Kunci lainnya


Selain ketiga perbandingan diatas, disini kami juga menyertakan perbandiang dari jenis Spesifikasi lain yang ada pada Redmi 8 dan Redmi 8A tersebut, perbandingan ini memang akan sangat berguna bagi mereka yang memang senang dengan hal detail lainnya.

Karena, bagi beberapa orang, detail kecil yang sebenarnya tidak terlalu berpengaruh kepada penggunaan utama pada Smartphone Android tersebut, bisa menjadi masuk kedalam pertimbangan utama mereka, maka disini kami juga akan membuat perbandingan terkait detail lain dari Redmi 8 vs Redmi 8A tersebut.


Redmi 8 (Other Spec) :


  1. MIUI 10 (Basis Android 9.0 Pie)
  2. Bluetooth 4.2
  3. USB Type-C
  4. Infrared Blaster
  5. FM Radio
  6. Micro SD Support (Hingga 512GB)
  7. Jack 3.5mm
  8. Dual SIM
  9. AI Face Unlock
  10. Aura Mirror Konsep Desain Body
  11. 2.5D Glass Display
  12. Tersedia 3 Variant Warna (Onyx Black, Sapphire Blue, Ruby Red)
  13. Mendapatkan Soft Case didalam Paket Pembelian



Redmi 8A (Other Spec) :


  1. MIUI 10 (Basis Android 9.0 Pie)
  2. Bluetooth 4.2
  3. USB Type-C
  4. Infrared Blaster
  5. FM Radio
  6. Micro SD Support (Hingga 512GB)
  7. Jack 3.5mm
  8. Dual SIM
  9. AI Face Unlock
  10. Aura Wave Grip Konsep Desain Body
  11. Tersedia 3 Variant Warna (Midnight Black, Occean Blue, Sunset Red)
  12. Tidak mendapatkan Soft Case pada pembelian


Itulah perbandingan dari Detail lain pada Redmi 8 dan Redmi 8A yang bisa kalian ketahui sekarang ini, memang tidak terlihat adanya perbedaan besar dari Spesifikasi Redmi 8 dan Redmi 8A tersebut.

Menariknya, disini adalah kedua Smartphone Android murah dari seri Redmi 8 Series ini sudah sama-sama menggunakan fitur USB Type-C, tentu saja hal ini masih sangat jarang untuk kita temui pada Smartphone Kelas Menengah, apalagi kelas Entry-Level.

Sehingga, detail kecil seperti USB Type-C tersebut, bisa jadi menjadikan kedua buah Smartphone Android dari Redmi 8 dan Redmi 8A ini menjadi incaran banyak orang, karena hal semacam ini memang hampir sulit untuk kita dapati sekarang ini.


Infographics Spesifikasi (Perbandingan)


Bingung dengan penjelasan terkait Perbandingan Spesifikasi Redmi 8 vas Redmi 8A diatas? maka kalian tidak perlu khwatir, karena disini sudah kami buatkan sebuah Gambar Infographics bagi kalian yang kesulitan untuk menerjemahkan Perbedaan Spesifikasi yang sudah kami tulis diatas.

Atau hal ini akan sangat berguna bagi kalian, yang memang malas untuk membaca Perbandingan yang sudah kami jelaskan sebelumnya, berikut adalah gambaran Infographics Spesifikasi Redmi 8 vs Redmi 8A :

Beda Redmi 8 dan Redmi 8A, Perbandingan Redmi 8 dan Redmi 8A, Spesifikasi Redmi 8 dan Redmi 8A, Perbedaan Spesifikasi Redmi 8 dan Redmi 8A, Spec Redmi 8 dan Redmi 8A, Perbedaan Harga Redmi 8 dan Redmi 8A, Kelebihan Redmi 8 dan Redmi 8A, Kekurangan Redmi 8 dan Redmi 8A, Info Redmi 8 dan Redmi 8A

Berapa kira-kira selisih perbedaan harga dari Redmi 8 dan Redmi 8A?


Perbedaan harga Redmi 8 dan Redmi 8A


Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, pada Kastanya sudah jelas Redmi 8A itu memiliki Kasta yang lebih rendah dari Redmi 8.

Maka, bisa kalian simpulkan bahwa harga dari Smartphone Android Redmi 8A itu tentu saja akan lebih murah dari Redmi 8 (Reguler), lalu berapa kira-kira selisih harga dari kedua buah Smartphone Android Entry-level yang menarik ini?

Selisih harganya adalah kisaran Rp.200.000 hingga Rp.400.000 saja, dimana tentunya harga dari Redmi 8 akan lebih mahal dari Redmi 8A, jika kita mengacu kepada harga resmi yang telah dirilis oleh pihak Redmi.

Selisih harga tersebut, memang masih masuk akal, karena Redmi 8 itu memang menyajikan Spesifikasi yang lebih lengkap dari Redmi 8A, seperti tersedianya fitur Fingerprint Scanner dan juga Konfigurasi Dual Kamera.


Kesimpulan dari kami


Melihat dari Perbandingan Spesifikasi diatas, tentu saja Redmi 8 dan Redmi 8A ini memang lebih menonjol dari pada Smartphone Android dari Brand lain.

Bayangkan saja, direntang harga kurang dari 2 jutaan, kalian bisa mendapatkan sebuah Smartphone Android dengan Desain kekinian, Layar Full Screen meski masih terdapat poni kecil, lalu memiliki Spesifikasi Processor yang tergolong mumpuni dan bisa diandalkan.

Terlebih kedua Smartphone Android ini sudah dilengkapi dengan fitur USB Type-C dengan Kapasitas Baterai besar yaitu 5000mAh.

Tentu saja, kedua Smartphone Android ini sangat layak untuk kalian beli dan masuk kedalam daftar buruan kalian.

Jika diharuskan memilih, maka jelas kami akan memilih Smartphone Android Redmi 8, karena memang memiliki beberapa keunggulan seperti Fingerprint Scanner dan Dual Kamera.

Namun, jika budget kalian terbatas, maka Redmi 8A juga menjadi pilihan terbaik, karena jika dilihat dari Spesifikasi, Redmi 8A hanya kalah dibeberapa aspek pendukung saja.

Meski, tidak punya fitur Fingerprint Scanner, kalian masih bisa mengandalkan AI Face Unlock yang juga sudah sangat canggih, selain itu siapa yang peduli dengan Soft Case gratisan?

Dengan selisih harga yang mencapi 300 ribuan dari seri Redmi 8, maka sudah jelas Redmi 8A ini sangat Worth it untuk dimiliki, karena dari apa yang kami lihat sekarang ini, Redmi 8A memang menjadi Smartphone Android paling baik untuk sekarang ini, jika kita lihat dari Produk Smartphone Android lain, direntang harga yang sama.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga kalian terbantu atas perbandingan yang telah kami buat diatas dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot