RILIS ARTIKEL TERBARU :

Kumpulan Tutorial Cara Redmi Note 8 Pro, Kumpulan Panduan Redmi Note 8 Pro, Buku Petunjuk Redmi Note 8 Pro, List Guide Redmi Note 8 Pro, Bacaan untuk Redmi Note 8 Pro, Forum Redmi Note 8 Pro, Artikel Redmi Note 8 Pro, Kumpulan Guide Redmi Note 8 Pro, List Guide Begonia, Tutorial Begonia, Koleksi Tutorial Redmi Note 8 Pro

Seperti yang telah kalian ketahui, sekarang ini Xiaomi melalui Sub-Brand Smartphone Android resmi mereka, yaitu Redmi, kembali merilis sebuah Smartphone Android baru yang datang dari variant Redmi Note Series.

Smartphone Android baru yang telah resmi dirilis oleh pihak Xiaomi ini, merupakan sebuah Smartphone Android suksesor dari versi Redmi Note Series sebelumnya, yaitu adalah seri Redmi Note 7.

Tidak tanggung-tanggung, ada beragam peningkatan dan pembaharuan yang datang pada seri Redmi Note Series terbaru ini, untuk serinya sendiri, jika sebelumnya adalah Redmi Note 7 Series, maka untuk yang sekarang ini sudah jelas akan mewakili nama Redmi Note 8 Series.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, ada beragam peningkatan pada seri terbaru variant lini Redmi Note 8 Series tersebut, terkhusus untuk seri Redmi Note 8 Pro, memang tidak usah diragukan lagi, karena memang memiliki Spesifikasi, Desain dan Fitur yang memang akan sulit untuk dikalahkan pada pasar Smartphone Kelas Menengah yang ada sekarang ini.

Betapa tidak? Smartphone Android Redmi Note 8 Pro ini hadir dengan Material Body Premium yang terbuat dari Kaca yang sudah dilapasi oleh pelindung terkenal yaitu Corning Gorilla Glass 5, selanjutnya Redmi Note 8 Pro ini juga dibekali oleh Processor MediaTek terbaru yaitu MediaTek Helio G90T dengan Konfigurasi RAM 6GB / 8GB.

Hal yang menarik lainnya adalah bahwa seri Redmi Note 8 Pro ini hadir secara resmi dengan membawa Setup 4 Kamera Utama sekaligus, yang mana salah satu fitur Kamera Utama tersebut, memiliki Resolusi 64MP, yang menjadikannya Smartphone Android pertama yang beredar dipasar Indonesia dengan menggunakan Resolusi Kamera 64MP, wow!

Inilah hal yang tidak kalah penting dari semua pembahasan diatas, yaitu karena Redmi Note 8 Pro ini faktanya tetap dijual pada Segment Pasa Kelas Menengah dan dengan harga jual yang tidak terlalu jauh berbeda dari variant Redmi Note 7.

Maka, sudah bisa dipastikan bahwa Smartphone Android Redmi Note 8 Pro ini, bakalan menjadi sebuah Smartphone Android Idola yang datang dari Kelas Menengah, karena jika kita lihat secara seksama dari Spesifikasi, Fitur dan Desain.

Sudah jelas, Redmi Note 8 Pro ini akan masuk kedalam Top 3 Best Value Android Smartphone, yang bisa kalian incar atau pertimbangkan sekarang ini.

Karena sudah diramalkan, bahwa pengguna dari Smartphone Android Redmi Note 8 Pro ini akan banyak dan kian menjamur nantinya, maka disini kami akan membuat sebuah Tutorial khusus terkait List Guide (Kumpulan Panduan) yang akan sangat bermanfaat untuk semua pengguna Redmi Note 8 Pro.

Dalam artikel ini kami akan membagikan beberapa Trick, Tutorial (Panduan) beserta Referensi yang nantinya akan sangat berguna untuk kalian para pengguna Smartphone Android Redmi Note 8 Pro tersebut.


Khusus untuk pengguna Redmi Note 8 Pro (Begonia)


Tetapi, sebelum kalian masuk kedalam pembahasan utama kita kali ini, kami hanya akan mengingatkan kalian sekali lagi, bahwa artikel List Guide yang kami buat dibawah ini, memang hanya khusus kami peruntukan untuk pengguna Redmi Note 8 Pro saja.

Karena seperti yang kalian ketahui, Redmi Note 8 Series ini memang hadir dalam 2 buah versi berbeda, dimana ada versi Reguler yaitu Redmi Note 8 biasa dan terdapat juga versi Superior yaitu adalah Redmi Note 8 Pro.

Kumpulan Tutorial Cara Redmi Note 8 Pro, Kumpulan Panduan Redmi Note 8 Pro, Buku Petunjuk Redmi Note 8 Pro, List Guide Redmi Note 8 Pro, Bacaan untuk Redmi Note 8 Pro, Forum Redmi Note 8 Pro, Artikel Redmi Note 8 Pro, Kumpulan Guide Redmi Note 8 Pro, List Guide Begonia, Tutorial Begonia, Koleksi Tutorial Redmi Note 8 Pro

Sehingga, pastikan kalian tidak salah dalam mengikuti Tutorial ini, karena sudah jelas bahwa Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro itu berbeda, jika kita lihat dari Spesifikasi yang digunakan, serta terkait pada Device Info-nya juga.

Maka dari itu, untuk beberapa panduan dan referensi dibawah ini, memang tidak bisa diterapkan pada seri Redmi Note 8 Reguler, karena jelas sekali ada perbedaan didalam Metode dan juga Bahannya.

Untuk lebih jelasnya, Redmi Note 8 Pro itu memiliki Informasi Codename Begonia dan Redmi Note 8 Reguler itu memiliki Codename Ginkgo, bagaimana sudah bisa membedakan?

Jika, kalian masih belum bisa membedakan terkait Perbedaan dan Perbandingan dari Redmi Note 8 vs Redmi Note 8 Pro tersebut, silahkan pelajari dan ketahui terkait Perbedaan Spesifikasi, Desain dan hal lainnya, yang bisa kalian lihat pada halaman dibawah ini :


Jika, kalian sudah bisa memastikan bahwa Smartphone Android yang kalian miliki saat ini adalah seri Redmi Note 8 Pro (Begonia), maka referensi dan beragam panduan dibawah ini memang khusus kami buatkan untuk pengguna seperti kalian.

Jadi, silahkan cari referensi mana yang kalian butuhkan, karena kami akan membuat artikel List Guide Redmi Note 8 Pro selengkap dan sebaik yang kami bisa.


Unlock Bootloader Redmi Note 8 Pro


Ini adalah referensi umum yang paling banyak dicari oleh para pengguna Smartphone Android Redmi Note 8 Pro, karena memang sejatinya Redmi Note 8 Pro itu secara default dijual dalam kondisi Locked Bootloader.

Sehingga, untuk bisa mendapatkan kondisi Unlock Bootloader tersebut, kalian harus melakukannya secara manual, dengan cara yang sudah direkomendasikan oleh pihak Xiaomi / Redmi secara resmi.

Jika, kalian membutuhkan referensi terkait Tutorial Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 Pro (Ginkgo) tersebut, maka silahkan ikuti tutorialnya pada halaman yang sudah kami buat dibawah ini :


Pada artikel diatas, juga sudah kami sertakan pengetahuan dasar terkait masalah Unlock Bootloader (UBL) tersebut, yang akan sangat berguna bagi para pengguna yang masih awam terkait hal teknis tersebut.


TWRP Redmi Note 8 Pro


Nah, selanjutnya hal yang biasa dicari oleh para pengguna Smartphone Android Redmi Note 8 Pro, setelah melakukan Unlock Bootloader dari cara diatas, ialah mencari Informasi dan Referensi terkait kemungkinan penggunaan Custom Recovery pada Redmi Note 8 Pro tersebut.

Custom Recovery yang kami maksud disini adalah TWRP, karena jenis Custom Recovery inilah yang memang paling populer dan paling bisa diandalak untuk beragam tujuan.

Jika, kalian ingin memasangkan TWRP pada Redmi Note 8 Pro (Begonia) silahkan ikuti tutorial dibawah ini :


Kalian tidak perlu khwatir, karena TWRP yang kami bagikan pada halaman tersebut itu sudah Stable dan sudah bisa digunakan secara normal, tanpa adanya Bugs yang berarti, sehingga langsung saja, di Implementasikan, jika memang kalian perlu terkait penggunaan TWRP tersebut.


ROOT Redmi Note 8 Pro


Selanjutnya, Informasi yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh para pengguna Smartphone Android Redmi Note 8 Pro adalah terkait masalah metode ROOT, apakah bisa dilakukan pada Smartphone Android Redmi Note 8 Pro atau tidak?

Maka, disini kami akan konfirmasi, bahwa kalian bisa melakukan ROOT pada Redmi Note 8 Pro, dengan cara mengikuti Tutorial Cara ROOT Redmi Note 8 Pro (Begonia) pada halaman tutorial yang sudah kami bahas lengkap dibawah ini :

  1. Cara ROOT Redmi Note 8 Pro

Cara ROOT diatas menggunakan metode Magisk ROOT dengan bantuan dari TWRP Recovery, jadi pastikan kalian mengikuti tutorial diatas sebaik dan sebenar mungkin, agar proses ROOT tersebut bisa berhasil.

Selanjutnya, dari halaman yang telah kami bagikan itu juga, kami sudah berikan sedikit pengetahuan tentang apa itu ROOT dan juga solusi terkait dalam beberapa masalah yang mungkin akan terjadi nantinya.


Flash / Fastboot Redmi Note 8 Pro


Pada faktanya, Redmi Note 8 Pro itu juga merupakan sebuah Smartphone Android yang sangat rentan terkena beragam masalah yang umum terjadi pada Smartphone Android kebanyakan, maka dengan demikian disini kami telah buatkan juga referensi untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul tersebut.

Yaitu adalah dengan melakukan Flash / Fastboot pada Redmi Note 8 Pro tersebut, cara ini memang cukup rumit untuk diikuti, sehingga perlu kehati-hatian dalam proses Flashingnya.

Jika, kalian membutuhkan referensi terkait metode Flash / Fastboot Redmi Note 8 Pro (Begonia) tersebut, silahkan ikuti panduan Tutorial Flash-nya pada halaman dibawah ini :


Untuk hasilnya, sudah kami jamin aman dan sukses, karena dasar kami membuat referensi diatas, ialah berdasarkan pada referensi yang sudah di rekomendiasikan secara resmi oleh pihak Xiaomi / Redmi dan juga berasal dari referensi jitu terkait metode Flash untuk Smartphone Android bermesin MediaTek, yang kita ketahui Redmi Note 8 Pro tersebut, menggunakan Chipset MediaTek Helio G90T.

Selanjutnya, pada metodenya pun kita juga akan menggunakan Firmware dan Tool Flash resmi dari pihak Xiaomi / Redmi, tetapi kalian sebenarnya juga tetap dapat melakukan Proses Flash / Fastboot Redmi Note 8 Pro dengan menggunakan aplikasi seperti SP Flash Tool, yang memang dibuat khusus untuk Smartphone Android bermesin MediaTek, sehingga kalian tidak perlu ragu untuk melakukan Flash tersebut, hanya saja asal syarat dan ketentuannya sudah kalian penuhi.


Tempat Download ROM dan Firmware resmi Redmi Note 8 Pro


Selanjutnya, disini kami juga akan memberitahukan kepada kalian, dimana kalian bisa mendapatkan resource dari ROM MIUI dan Fastboot ROM yang didistribusikan secara resmi oleh pihak Xiaomi.

Resource ini mungkin akan sangat kalian perlukan nantinya, jadi silahkan bookmark artikel ini, agar saat dibutuhkan nanti, kalian bisa dengan mudah untuk mencarinya.

Untuk tempat Download ROM MIUI Resmi untuk Redmi Note 8 Pro (Begonia), kalian bisa mengakses halaman dibawah ini :


Selanjutnya, untuk Fastboot ROM Redmi Note 8 Pro versi resmi dari Xiaomi / Redmi, kalian bisa mencarinya dari halaman dibawah ini :


Disini kami hanya mengingatkan sekali lagi, karena size dari ROM dan Fastboot ROM Redmi Note 8 Pro itu besar, pastikan ketika kalian sedang mendownload File ROM ataupun Fastboot ROM tersebut, tidak terjadi Corrupt pada File bersangkutan.

Karena akan sangat berbahaya untuk dipasangkan nantinya, jadi pastikan kalian cek dulu setelah selesai kalian download, apakah Corrupt atau tidak, jika Corrupt silahkan Download ulang File bersangkutan, hingga tidak Corrupt lagi.


Trick Download ROM & Fastboot ROM yang tidak bisa dengan IDM


Sebagian dari kalian, pasti akan melakukan Download ROM & Fastboot ROM Redmi Note 8 Pro tersebut dengan menggunakan IDM, bukan? terlebih jika kalian menggunakan Perangkat Komputer saat melakukan Download File ROM dan Firmware tersebut.

Hanya, saja sekarang ini ada terdapat kendala, yaitu ROM & Fastboot ROM Redmi Note 8 Pro, tidak bisa di Download dengan menggunakan IDM dan hanya bisa di Download dengan menggunakan Tool Download bawaan aplikasi Browser saja.

Lebih parahnya, kalian baru bisa melakukan Download tersebut, jika sudah menggunakan VPNtenang saja, kami punya solusi untuk hal ini.

Silahkan kalian ikuti Tutorial dibawah ini, agar bisa melakukan Download ROM & Fastboot ROM untuk Redmi Note 8 Pro dengan menggunakan IDM.



Custom ROM & Kernel Redmi Note 8 Pro


Selanjutnya, jika kalian ingin memasangkan Custom ROM atau Custom Kernel pada Smartphone Android Redmi Note 8 Pro yang kalian miliki, maka kalian bisa melakukannya dengan mudah dengan referensi yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Hal pertama yang kalian butuhkan adalah yaitu mencari File Custom ROM dan Custom Kernel terkait, yang akan kalian pasangkan pada Redmi Note 8 Pro.

Maka, untuk bisa mendapatkan resource yang kalian butuhkan, kalian harus masuk ke Forum pengembangan Smartphone Android Redmi Note 8 Pro tersebut, karena disanalah tempatnya Custom ROM dan Custom Kernel untuk Redmi Note 8 Pro berada.

Silahkan, akses Forum Komunitas Redmi Note 8 Pro dibawah ini, untuk mendapatkan resource yang kalian butuhkan.


Setelahnya, jika kalian ingin memasangkan Custom ROM pada Redmi Note 8 Pro tersebut, maka kalian bisa mengikuti referensi dibawah ini :


Selanjutnya, jika kalian ingin memasangkan Custom Kernel pada Redmi Note 8 Pro yang kalian gunakan sekarang, maka kalian bisa melakukannya dengan tutorial yang sudah kami tulis dibawah ini :


Pastikan, kalian menggunakan Custom ROM atau Custom Kernel yang sudah Stable, karena biasanya menggunakan Custom ROM & Kernel yang masih versi belum Stable, akan memunculkan banyak Bugs yang bisa jadi akan menimbulkan masalah yang serius nantinya.


Cara Masuk & Keluar Fastboot Mode Redmi Note 8 Pro


Selanjutnya, disini kami juga akan menjelaskan terkait fitur yang sangat penting yang harus kalian ketahui fungsinya, yaitu adalah Fastboot Mode.

Secara umum, semua Smartphone Android itu memiliki Mode Fastboot-nya masing-masing, karena Fastboot sendiri memang merupakan fitur default yang sudah ada di OS Android sejak lama.

Seperti namanya sendiri, Fastboot Mode pada Redmi Note 8 Pro tersebut, sangat berguna untuk melanjalankan fungsi Fastboot dari media Komputer Windows, karena jika Redmi Note 8 Pro tidak masuk ke Mode Fastboot ketika kalian hubungkan ke PC / Laptop Windows dengan Kabel USB.

Maka, sudah pasti kalian tidak akan bisa menggunakan kemampuan dari Fitur Fastboot tersebut, maka silahkan pelajari dulu cara masuk dan keluar dari Fastboot Mode yang ada pada Redmi Note 8 Pro tersebut.


Cara Masuk ke Fastboot Mode Redmi Note 8 Pro


  1. Matikan Smartphone Android Redmi Note 8 Pro (Power Off).
  2. Setelahnya, tekan Tombol Volume Down (-) dan Power bersamaan, hingga muncul tampilan yang bertuliskan Fastboot.
  3. Done!


Cara Keluar dari Fastboot Mode Redmi Note 8 Pro


  1. Tekan dan Tahan Tombol Power selama beberapa detik.
  2. Setelahnya Redmi Note 8 Pro akan secara otomatis Shutdown / Reboot ke Normal Mode lagi.
  3. Done!


Jika, kalian adalah pengguna Redmi Note 8 Pro baru dan masih awam terkait masalah Fastboot Mode pada Redmi Note 8 Pro tersebut, lebih baik kalian pahami dulu Informasinya secara detail pada halaman dibawah ini :


Setelah, kalian sudah mengerti terkait permasalahan dan keuntungan dari Fastboot Mode yang ada pada Redmi Note 8 Pro tersebut, setelahnya maka kalian bisa dengan mudah mengambil manfaat dari fitur Fastboot tersebut.


Cara Masuk ke Mode Mi Recovery & TWRP


Kami, disini juga akan memberitahukan kepada kalian terkait cara mengakses ke Menu Mi Recovery ataupun Mode Custom Recovery seperti TWRP.

Hal pertama yang harus kalian ketahui adalah kalian baru bisa mengakses Mi Recovery ketika Smartphone Android Redmi Note 8 Pro yang kalian miliki sudah dalam kondisi Unlock Bootloader, selanjutnya untuk bisa masuk ke Mode TWRP.

Maka, pastikan TWRP sudah terpasang pada Redmi Note 8 Pro yang kalian gunakan sekarang, caranya seperti yang sudah kami bagikan diatas.

Selanjutnya, agar bisa masuk atau mengakses Mode MI Recovery dan TWRP tersebut, kalian bisa menggunakan cara dibawah ini :


  1. Matikan (Power Off) Smartphone Android Redmi Note 8 Pro.
  2. Setelahnya, Tekan Tombol Volume Up (+) bersamaan dengan Tombol Power, tahan hingga masuk ke Mode Mi Recovery atau Mode TWRP.
  3. Done!


Untuk keluar dari Mode Mi Recovery atau Mode TWRP tersebut, kalian hanya perlu memilih opsi Reboot pada masing-masing Mode Recovery terkait, karena opsi ini sudah ada secara default untuk bisa kalian gunakan kapanpun.


USB Driver Redmi Note 8 Pro


Jika, kalian butuh resource USB Driver untuk Redmi Note 8 Pro, disini kami punya referensinya untuk kalian, kebutuhan USB Driver ini memang menjadi sangat mendesak diperlukan, ketika Smartphone Android Redmi Note 8 Pro kalian tidak bisa terbaca atau terkoneksi ke PC / Laptop OS Windows yang kalian gunakan.

Maka, saat inilah kalian perlu USB Driver untuk Redmi Note 8 Pro tersebut, disini kami akan bagikan USB Driver Universal untuk semua Smartphone Android Xiaomi ataupun Redmi, maka dalam artiannya Redmi Note 8 Pro juga bisa menggunakan USB Driver tersebut.

Silahkan Download USB Driver untuk Redmi Note 8 Pro, melalui halaman dibawah ini :


Selanjutnya, karean disini Smartphone Android Redmi Note 8 Pro menggunakan Processor dari MediaTek Helio G90T, maka kalian tentunya juga perlu menginstall USB Driver MediaTek dan juga harus mengintsall Driver USB pendukung untuk Chipset MediaTek tersebut di PC / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang.

Tujuan utamanya, agar Smartphone Android Redmi Note 8 Pro, bisa terkoneksi ke aplikasi khusus untuk tindakan Advanced seperti Debugging ataupun Flashing, silahkan Download MediaTek USB Driver untuk Redmi Note 8 Pro pada halaman dibawah ini :


Setelahnya, seperti yang sudah kami singgung diatas, kalian juga harus menginstall USB Driver pendukung untuk Processor MediaTek tersebut, karean USB Driver yang akan kami bagikan dibawah ini sifatnya sangat penting dan akan sangat dibutuhkan, ketika kalian ingin melakukan tindakan seperti Flash atau Fastboot pada Redmi Note 8 Pro tersebut.


Kalian, tidak perlu bingung, karena kami sudah sertakan semua intruksinya dengan lengkap pada masing-masing halaman USB Driver yang sudah kami bagikan diatas.


ABD & Fastboot Driver Redmi Note 8 Pro


Jika, kalian membutuhkan ADB dan Fastboot Driver untuk Smartphone Android Redmi Note 8 Pro, disini kami punya resourcenya, yang bisa kalian Download dan pakai kapanpun kalian mau.

Silahkan Download salah satu ABD dan Fastboot Driver koleksi kami dibawah ini :


Dengan demikian, selesai sudah pembahasan yang kami bawa pada artikel kali ini, kami disini memang berupaya untuk membuat sebuah artikel Referensi dan Resource untuk Redmi Note 8 Pro dengan sebaik mungkin, berdasarkan referensi dan resource yang dapat dipercaya.

Pastikan, semua Panduan atau Resource yang sudah kami bagikan diatas, bisa kalian Impelentasikan dengan sebaik dan sehati-hati mungkin.

Karena jika kalian, menggunakannya secara tidak hati-hati dan terkesan asal-asalan, maka bisa jadi Smartphone Android Redmi Note 8 Pro yang kalian miliki akan berpotensi rusak, karena beberapa Panduan dan Referensi diatas yang sudah kami bagikan tersebut, diantaranya ada yang bersifat vital untuk System OS.

Maka, pastikan kalian tahu apa yang ingin kalian lakukan dan terapkan, jika memang nantinya ada sebuah Referensi baru atau Panduan baru lagi, yang sifatnya akan sangat berguna untuk para pengguna Redmi Note 8 Pro.

Selanjutnya, artikel List Guide khusus untuk Smartphone Android Redmi Note 8 Pro ini, pasti akan kami update dan perbaharui secara berkala.

Akhir kata, semoga artikel kami yang sederhana diatas bisa bermanfaat untuk kalian, semoga kalian menemukan solusi dari permasalahan yang kalian hadapi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot