RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara UBL Redmi 8, UBL Redmi 8 Olive, UBL Olive, Bootloader Redmi 8, Unlocking Redmi 8, Cara Unlock Bootloader Redmi 8, Panduan UBL Redmi 8, UBL Redmi 8, Tutorial UBL Redmi 8, Bootloader Redmi 8, Maksud UBL Redmi 8

Seperti yang kalian ketahui, pihak Xiaomi dengan Sub-Brand terbaru mereka, yaitu Redmi, kini telah merilis variant baru lagi pada seri Smartphone Android andalan mereka, yaitu Redmi dan tanpa embel-embel Note!

Ya! ini adalah seri Redmi biasa dan bukan dari lini seri Redmi Note yang baru-baru ini mereka rilis kepasaran, yaitu Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, untuk kelasnya sendiri seri Redmi reguler ini masih tetap akan menyasar Segmentasi Pasar Kelas Entry-Level.

Sehingga, untuk harga jualnya, tidak akan terlampau jauh berbeda dari variant lini seri Redmi sebelumnya, yaitu adalah Redmi 7 Series.

Sama seperti seri Redmi Note 8, pada lini seri Redmi Reguler ini juga hadir dengan angka "8" pada serinya, yaitu adalah bernama seri Redmi 8 yang dipastikan akan menjadi suksesor dari seri pendahulunya yaitu adalah Redmi 7.

Jika kita bicara pilihan Smartphone Android dengan harga paling bagus dengan Spesifikasi yang paling bagus tentunya dikelasnya, maka salah satu jawabannya adalah sudah pasti Redmi 8, karena seri lini Redmi itu memang tidak pernah mengecewakan, jika kita bandingkan dengan Produk Smartphone Kompetitor lainnya diharga yang sama.

Selanjutnya, jika pada seri Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro terdapat perubahan yang memang terbilang Significant, maka pada Redmi 8 Series pun juga seperti itu, hal besar yang bisa kalian lihat adalah terletak pada Desain Smartphone yang digunakan, yang jika kita lihat memang tidak seperti Smartphone Android kelas Entry-level pada umumnya.

Lalu hal yang tidak kalah menarik lagi adalah terkait urusan Spesifikasi yang sudah diupgrade dari seri pendahulunya, meski demikian jenis Update ini mungkin tidak terlalu besar perbedaannya.

Perlu kalian ketahui, Smartphone Android yang akan kita bahas kali ini ialah khusus seri Redmi 8 (Olive) saja dan bukan versi lainnya.

Karena, sekarang ini ada 2 buah versi Redmi 8 yang beredar dipasaran, yaitu adalah seri Redmi 8 dan Redmi 8A.

Nah, pada kesempatan ini kami hanya akan khusus berbicara terkait Metode Unlock Bootloader yang akan diterapkan pada Redmi 8 dengan Codename Olive saja, tetapi sebenarnya cara UBL yang akan kami jelaskan dibawah ini memang secara umum bisa digunakan pada semua Smartphone Android Xiaomi ataupun Redmi.

Namun, kami tetap membuat artikel ini menjadi khusus untuk Smartphone Android Redmi 8 saja, karena mungkin ada beberapa informasi yang memang khusus untuk seri Redmi 8 saja dan tidak bisa digunakan pada Smartphone Android Xiaomi / Redmi lainnya.


Tutorial UBL Khusus untuk Redmi 8 (Olive)


Sebelum kalian mengikuti Tutorial Unlock Bootloader Redmi 8 (Olive) dibawah ini, kami hanya mengingatkan sekali lagi, bahwa pada dasarnya Tutorial yang akan kami buat dibawah ini memang khusus untuk seri Redmi 8 saja dan tidak untuk seri Redmi 8A.

Karena, kedua seri ini memang terlihat cukup mirip dari penamaan dan juga untuk kelas pasarnya pun juga sama, yaitu sama-sama ditujukan untuk kelas Entry-level, itulah kenapa kami ingatkan lagi agar kalin tidak salah dalam mengikuti Tutorial yang akan kami tuliskan dibawah ini.

Jika, kalian bingung terkait seri Smartphone Android apa yang kalian pakai apakah Redmi 8 atau Redmi 8A, maka kalian bisa melihat Perbedaan dan Perbandingan Spesifikasi antara Redmi 8 dan Redmi 8A dibawah ini :


Setelah kalian sudah paham terkait jenis dan seri Smartphone Android yang kalian miliki, yaitu adalah seri Redmi 8 (Olive), maka kalian sudah bisa melanjutkan bacaan dibawah ini sampai selesai.

Pastikan semua informasi yang kami sajikan dibawah ini bisa kalian serap dengan benar dan tidak ada kesalahan dalam mengikuti Tutorial yang akan kami tulis dibawah ini, tetapi sebelum itu silahkan perkaya dulu pengertahuan kalian dengan beberapa informasi dibawah ini.


Maksud Unlock Bootloader


Hal pertama yang harus kalian pahami adalah semua Smartphone Android Redmi itu, tidak terkecuali seri Redmi 8 itu dijual dengan kondisi Locked Bootloader.

Jika, kalian ingin membuka Potensi penuh dari Smartphone Android Redmi 8 kalian, maka kalian harus melakukan UBL (Unlock Bootloader) dengan cara resmi yang sudah direkomendasikan oleh pihak Xiaomi / Redmi.

  1. Unlock Bootloader sendiri memiliki maksud terkait dengan tindakan pengguna dalam membuka kunci pada Bootloader, agar bisa dicustom dan agar tidak terbatas hanya kepada Standard Settings dari OEM saja.

Sehingga, kaitan Unlock Bootloader sangat terkait pada masalah Untung dan Rugi dalam melakukannya, untuk memhami Kekurangan dan Kelebihan Unlock Bootloader pada Redmi 8 tersebut, silahkan pelajari hal dasarnya dibawah ini.


Untung & Rugi UBL Redmi 8


Melanjutnya dari pembahasan diatas, disini kami akan menjelaskan sedikit terkait keuntungan jika kalian melakukan UBL pada Redmi 8 tersebut, yang Kelebihannya bisa kita rangkum pada Point dibawah ini :

  1. Untuk mengaktifkan fitur Fastboot
  2. Untuk mendapatkan akses ROOT
  3. Agar bisa menggunakan Custom ROMKernelRecovery (TWRP)
  4. Agar bisa merubah Settingan Standard dari OEM
  5. Agar bisa menggunakan beragam Mod dan Tweak untuk menunjang Performa secara Custom
  6. Penggunaan Smartphone Redmi 8 akan lebih Flexible, karena tidak dibatasi lagi
  7. Kalian bisa melakukan Repairing, seperti Flashing secara Individual

Jika, kita lihat dari Kelebihan terhadap Keuntungan dalam melakukan UBL pada Redmi 8 diatas, tentu saja kalian akan mendapatkan hal istimewa jika melakukan Unlock Bootloader tersebut.

Tetapi, pada dasarnya tetap ada Kekurangan yang bisa kalian temui, jika melakukan UBL tersebut dan ini sudah menjadi Konsekuensinya, apa saja Kekurangan UBL Redmi 8? berikut adalah Pointnya :

  1. Garansi Distributor / Resmi hilang
  2. System Keamanan pada OS akan sedikit lebih longgar
  3. Berisiko rusak, jika penggunaan tidak benar dan hati-hati

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, pada faktanya melakukan UBL pada Redmi 8 tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi kalau kami sendiri, maka kami akan memilih kondisi Unlock Bootloader.

Karena, dari kondisi memang akan sangat kami perlukan, lalu bagaimanakan dengan kalian?

Jika, kalian sudah menentukan untuk melakukan Unlock Bootloader pada Redmi 8, maka silahkan ikuti Guide (Panduan) dibawah ini.

Karena disini akan kami jelaskan secara lengkap dan rinci, terkait Persyaratan dan Cara kerja untuk melakukan UBL pada Redmi 8 tersebut, baiklah mari kita mulai pembahasan yang menjadi topik utama kita sekarang ini.

Pastikan semua, hal yang akan kami jelaskan dibawah ini, bisa kalian ikuti sepenuhnya, seperti Persyaratan Utama yang diperlukan dan Kondisi Ideal yang harus digunakan, karena faktor inilah sangat krusial untuk menentukan apakah kalian akan berhasil melakukan UBL pada Redmi 8 atau tidak.

Selanjutnya, jika memang setelahnya terdapat sebuah masalah, katakanlah Error, pada bagian bawah artikel ini, kami juga telah menyediakan referensi solusi dari beragam masalah yang mungkin nantinya akan kalian temui.

Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita masuk kedalam pokok pembahasan utama kita sekarang ini.


Buat Mi Account


Hal, pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan membuat Mi Account, melalui Smartphone Android Redmi 8 kalian terlebih dahulu, untuk membuatnya mudah sekali, kalian hanya perlu masuk ke Menu Settings >> Account dan buat Mi Account baru.

Jika, kalian sudah punya Mi Account, silahkan lanjutkan ke tahap yang selanjutnya.


Integrasi Mi Account


Disini, Point utama dalam melakukan Unlock Bootloader pada Redmi 8 adalah terkait masalah Integrasi Mi Acoount yang telah kalian miliki, karena kalian baru akan bisa melakukan UBL pada Redmi 8, jika Mi Account kalian sudah terintegrasi pada System MIUI.

Maka, berikut adalah langak dalam melakukan Integrasi Mi Account tersebut :

  1. Masuk pada alamat situs ini https://en.miui.com/unlock/ ,kemudian pilih atau tekan Button Unlock, seperti ini :
Cara UBL Redmi 8, UBL Redmi 8 Olive, UBL Olive, Bootloader Redmi 8, Unlocking Redmi 8, Cara Unlock Bootloader Redmi 8, Panduan UBL Redmi 8, UBL Redmi 8, Tutorial UBL Redmi 8, Bootloader Redmi 8, Maksud UBL Redmi 8
  1. Setelahnya silahkan Login dengan menggunakan Mi Account yang telah kalian miliki, pastikan Mi Account tersebut sama dengan yang sudah Login pada System Redmi 8.
Cara UBL Redmi 8, UBL Redmi 8 Olive, UBL Olive, Bootloader Redmi 8, Unlocking Redmi 8, Cara Unlock Bootloader Redmi 8, Panduan UBL Redmi 8, UBL Redmi 8, Tutorial UBL Redmi 8, Bootloader Redmi 8, Maksud UBL Redmi 8
  1. Jika, sudah Login, silahkan keluar saja dari Halaman situs tersebut dan lanjutkan tahap Integrasi selanjutnya.
  2. Selanjutnya, silahkan aktifkan Fitur Mode Developers dulu pada Redmi 8 yang kalian miliki dengan mengikuti panduan dibawah ini :
  1. Setelahnya, silahkan masuk ke aplikasi Settings dan cari menu Mode Pengembang (Developer Options)
  2. Silahkan centang / aktifkan dulu opsi Developer OptionsUSB Debugging dan OEM Unlock (Jika ada).
  3. Selanjutnya, silahkan masuk pada Menu Mi Unlock Status dan tekan Add Account and Device, jika berhasil terintegrasi, maka akan muncul pemberitahuan seperti ini :
Cara UBL Redmi 8, UBL Redmi 8 Olive, UBL Olive, Bootloader Redmi 8, Unlocking Redmi 8, Cara Unlock Bootloader Redmi 8, Panduan UBL Redmi 8, UBL Redmi 8, Tutorial UBL Redmi 8, Bootloader Redmi 8, Maksud UBL Redmi 8
  1. Jika, belum berhasil terasosiasi, silahkan coba terus, umumnya bisa memakan waktu hingga 48 Jam agar bisa terintegrasi.
  2. Setelah, berhasil melakukan Integrasi Mi Account, maka selanjutnya silahkan lengkapi kebutuhan dalam Metode UBL dibawah ini.



Download Mi Flash Unlock


Perlu kami tekankan disini, metode ini membutuhkan sebuah Perangkat Komputer dalam kasus ini adalah Komputer dengan OS Windows, sehingga pastikan kalian punya Media ini, karena tanpa adanya PC / Laptop, maka mustahil metode Unlock Bootloader ini akan bisa dijalankan.

Disini, kita perlu sebuah aplikasi khusus dan resmi yang telah dibuat oleh pihak Xiaomi / Redmi dalam untuk melakukan tindakan UBL tersebut, aplikasi tersebut bernama Mi Flash Unlock.

Silahkan Download dan gunakan aplikasi Mi Flash Unlock versi terbaru, dari halaman dibawah ini :


Setelahnya, langsung Install saja di PC / Laptop Windows yang kalian miliki.


Redmi USB Driver


Nah, agar Smartphone Android Redmi 8 kalian bisa terhubung ke PC / Komputer Windows, maka disini kalian memerlukan sebuah USB Driver khusus untuk Smartphone Redmi tersebut.

Sebenarnya, langkah ini Optional saja, tetapi untuk meminimalisir resiko kegagalan UBL, lebih baik kalian pasang saja dulu USB Driver Redmi tersebut, silahkan Download melalui halaman dibawah ini :



Fastboot Mode


Dalam metodenya, disini kalian memerlukan Mode Fastboot untuk bisa melakukan Unlock Bootloader tersebut dan ini sudah menjadi salah satu Syarat Utamanya, jika kalian bingung bagaimana cara Masuk ke Mode Fastboot pada Redmi 8 yang kalian miliki, silahkan ikuti tutorial dibawah ini :



Kondisi yang harus kalian penuhi


Sebenarnya, persyaratan utama dalam melakukan UBL pada Redmi 8 sudah selesai kami bahas diatas, tetapi hanya untuk memperjelas saja, bahwa kalian juga harus mengikuti kondisi Ideal dalam melakukan Unlock Bootloader tersebut, agar terhindar dari faktor resiko yang merugikan.

Sehingga, silahkan sebisa mungkin ikuti Rekomendasi Kondisi Ideal dibawah ini :

  1. Kapasitas Battery minimal 50%
  2. Menggunakan Kabel USB bawaan atau yang memiliki Kualitas yang baik
  3. Memiliki Koneksi Internet yang baik dan stabil
  4. Melakukan Disable Driver Signature Enforcement
  5. Pastikan Port USB pada Komputer / Laptop kalian tidak bermasalah
  6. Disarankan menggunakan OS Windows 64-bit (Optional)
  7. Pastikan semua Syarat diatas sudah terpenuhi

Stop sampai sini dulu! pastikan semua hal diatas sudah benar dan pastikan sudah kalian lakukan seperti yang sudah kami sebutkan dan jelaskan diatas, karena pada tahap akhir ini, kami tidak akan menjelaskan secara rinci lagi.

Karena kami hanya akan langsung pada Pointnya saja, sehingga jika kalian ingin mengikuti tutorial ini, tetapi kalian masih awam dalam melakukannya, pastikan kalian baca dulu semua Panduan yang sudah kami sebutkan dan jelaskan di awal tulisan artikel ini.

Jika, kalian sudah siap untuk melakukan Unlock Bootloader pada Redmi 8, silahkan ikuti panduannya dibawah ini :


Cara Unlock Bootloader Redmi 8 (Olive)


  1. Buka aplikasi Mi Flash Unlock (Run as Administator).
  2. Silahkan Login dengan Mi Account yang kalian miliki, pastikan Login dengan Mi Account yang sudah kalian Integrasikan pada tahap sebelumnya.
Cara UBL Redmi 8, UBL Redmi 8 Olive, UBL Olive, Bootloader Redmi 8, Unlocking Redmi 8, Cara Unlock Bootloader Redmi 8, Panduan UBL Redmi 8, UBL Redmi 8, Tutorial UBL Redmi 8, Bootloader Redmi 8, Maksud UBL Redmi 8
  1. Buat Redmi 8 kalian, masuk kedalam Mode Fastboot.
  2. Setelahnya, hubungkan Redmi 8 kalian ke PC / Laptop Windows dengan Kabel USB.
  3. Jika, Redmi 8 kalian sudah terbaca koneksinya di aplikasi Mi Flash Unlock.
  4. Silahkan lakukan UBL dengan menekan Tombol Unlock.
Cara UBL Redmi 8, UBL Redmi 8 Olive, UBL Olive, Bootloader Redmi 8, Unlocking Redmi 8, Cara Unlock Bootloader Redmi 8, Panduan UBL Redmi 8, UBL Redmi 8, Tutorial UBL Redmi 8, Bootloader Redmi 8, Maksud UBL Redmi 8
  1. Tunggu hingga proses selesai.
  2. Jika, sudah sukses melakukan UBL dengan aplikasi Mi Flash Unlock.
  3. Silahkan Reboot, Redmi 8 kalian.
  4. Booting pertama mungkin akan memakan waktu yang cukup lama.
  5. Done!


Proses Unlock Bootloader Gagal!


Jika, kalian menemukan masalah seperti ini, tidak perlu khwatir, karena biasanya memang sangat jarang ditemukan proses Unlock Bootloader pada Smartphone Xiaomi / Redmi, berhasil dalam 1 kali percobaan saja.

Sebenarnya hal ini wajar saja, karena System MIUI memerlukan beberapa waktu untuk mengalokasikan Data dari Smartphone Redmi 8 yang sudah kalian Integrasikan sebelumnya, sehingga waktu Ideal dari System MIUI ini untuk membaca dan melakukan Integrasi Mi Account kalian adalah berkiasar antara 36 Jam72 Jam360 Jam dan bahkan 720 Jam!

Sehingga, sabar saja dulu, biasanya masalah seperti ini memunculkan Status Error "Binding time too short, less than ...... ", jika menemukan Error Logs seperti ini, maka kalian hanya perlu menunggu saja hingga waktu Binding selesai. Setelahnya, dipastikan kalian sudah bisa melakukan Unlock Bootloader dengan kondisi seharusnya.

Tetapi, jika yang muncul bukan Error Binding Time? berarti terdapat masalah Teknis yang harus kalian perbaiki dulu.

Silahkan baca referensi untuk mengatasi Gagal Unlock Bootloader Smartphone Android Xiaomi / Redmi, pada halaman dibawah ini :


Silahkan, pelajari hal diatas, jika kalian menemukan beragam Error terkait metode Unlock Bootloader pada Smartphone Android Redmi 8 tersebut.

Seharusnya, artikel Referensi yang sudah kami bagikan diatas, itu sudah lebih dari cukup untuk mengatasi beragam masalah yang terjadi pada saat melakukan UBL pada Redmi 8.


Cara Cek Status Unlock Bootloader


Setelah kalian sukses melakukan metode Unlock Bootloader diatas, seharusnya sekarang ini Redmi 8 kalian sudah dalam kondisi Unlock Bootloader, tetapi jika kalian masih ingin memastikan Kondisi Bootloader pada Smartphone Android Redmi 8 yang kalian miliki.

Kalian bisa saja mengetahui Informasi dari Bootloader Redmi 8 dengan cara masuk pada aplikasi Settings, lalu masuk ke dalam Opsi Developer Options (Opsi Pengembang), setelahnya silahkan buka menu Mi Unlock Status.

Jika, pada menu tersebut bertuliskan This device is Unlocked, berarti kondisi Bootloader pada Redmi 8 kalian, memang sudah berkondisi Unlock Bootloader.

Selanjutnya, silahkan gunakan kondisi Unlock Bootloader ini dengan sebaik mungkin, seperti apakah kalian ingin memasang Custom Recovery (TWRP), melakukan ROOT atau melakukan tindakan Upgrade atau Flash, semua hal tersebut sudah bisa kalian lakukan dengan mudah melalui kondisi Unlock Bootloader tersebut.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, seperti yang sudah kami singgung diatas, melakukan UBL pada Redmi 8 itu mungkin tidak bisa dilakukan dalam satu kali langkah saja dan langsung berhasil, tidak seperti itu.

Karena ada beragam proses yang perlu kalian lewati dan sebagian dari proses tersebut bukanlah dalam kendali kalian, sehingga kalian harus menunggu untuk bisa sukses dalam melakukan UBL tersebut pada Smartphone Android Redmi 8 (Olive) yang kalian gunakan sekarang ini.

Selanjutnya, jika setelah waktu binding selesai dan kalian masih belum bisa sukses dalam melakukan UBL pada Redmi 8 tersebut, silahkan gunakan aplikasi Mi Flash Unlock versi terdahulu atau yang paling baru.

Jika kalian tetap bingung terkait hal tersebut, silahkan hubungi kami via Email yang sudah kami sertakan, kalau memang ada kesempatan dan kalian memang memiliki tata krama dalam bertanya, kami pastikan akan kami balas email yang kalian kirim tersebut.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, hal yang kalian inginkan bisa tercapai dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot