RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla

Smartphone Android memang bisa kita andalkan untuk beragam hal, baik itu untuk menghibur diri, meringankan atau mempercepat perkerjaan agar cepat selesai, membantu untuk mengambil keputusan, mengontrol pola hidup dan tentu saja bisa digunakan untuk menyalurkan hobi tentunya.

Itulah kenapa jika kalian bisa memanfaatkan Smartphone Android dengan benar, maka sudah pasti kalian akan bisa memperoleh manfaat yang begitu besar dari Teknologi dan Inovasi yang telah dikembangkan.

Jika, kita membandingkan Teknologi pada Perangkat Seluler zaman dulu dan sekarang, maka sudah pasti akan sangat berbeda, karena dizaman dulu sebuah Perangkat Seluler memang hanya bisa digunakan untuk melakukan Komunikasi jarak jauh saja.

Mungkin hanya sedikit fitur Multimedia yang bisa kita gunakan, tetapi di era sekarang ini, Perangkat Seluler sudah berevolusi menjadi sebuah Perangkat Pintar yang dinamakan dengan Smartphone.

Bukan tanpa alasan memang kenapa Perangkat Seluler zaman sekarang disebut dengan "Smartphone", karena pada dasarnya Smartphone dizaman sekarang ini sudah bisa berjalan dengan kecerdasan buatan, karena disuntikannya sebuah Sistem Operasi pintar didalamnya.

Salah satu OS Mobile pintar dan populer yang banyak digunakan sekarang ini ialah OS Android, meski demikian, masih ada banyak OS Mobile pintar lain diluar sana, seperti iOS, Tizen dan lainnya.

Namun, jika kita berbicara terkait OS Mobile untuk Perangkat Pintar yang memang mudah untuk didapatkan, karena harga jualnya yang variatif, maka sudah pasti jawabannya adalah OS Android, karena Smartphone dengan OS Android tersebut tersedia dan bisa kalian dapatkan dalam beragam level Segmentasi pasar.

Dalam rentang harga kurang dari 1 jutaan pun, kalian sudah bisa membawa pulang Smartphone Android tersebut, hanya saja mungkin untuk Spesifikasi yang digunakan, mungkin hanya akan cukup untuk melakukan kegiatan yang ringan saja.

Jika kalian ingin menggunakan Smartphone Android yang bisa diandalkan untuk beragam situasi, maka idealnya paling tidak kalian harus menggunakan Smartphone Android kelas menengah, tentu dengan harga yang lumayan tentunya.

Karena sejatinya, semakin mahal sebuah Smartphone Android, maka sudah pasti akan dibekali dengan kemampuan Multitasking yang baik, karena dukungan Chipset Processor yang cepat dan pintar, lalu didukung dengan RAM dan Storage yang besar pula.

Maka dengan demikian, segala macam bentuk kebutuhan kalian bisa dengan mudah terpenuhi, salah satunya adalah sangat bisa diandalkan untuk membantu perkerjaan yang kalian lakukan, baik itu secara Indiviual ataupun secara berkelompok.

Selanjutnya, hal yang menarik yang bisa kita dapatkan dari Smartphone Android dizaman sekarang ini, adalah terkait Integrasinya yang bisa dikoneksikan keberagam Perangkat Pintar lain, sebut saja seperti Komputer Desktop dan Perangkat Wearable lain, dan Perangkat yang dihubungkan tersebut tidak harus memiliki OS Android tentunya.

Itulah kenapa sekarang ini sebuah Smartphone Android memang sudah menjelma menjadi barang yang wajib untuk dimiliki sebagian orang, termasuk kami sendiri.

Karena, disetiap harinya dalam kami melakukan perkerjaan kami yang berbentuk secara berkelompok tersebut, maka perkerjaan tersebut akan sangat cepat untuk diselesaikan dengan adanya bantuan dari Smartphone Android.

Ya! dengan Smartphone Android perkerjaan kami bisa dengan mudah untuk diselesaikan, karena disini kami memanfaatkan kemampuan Network dari Smartphone Android untuk berbagi File (Copy / Paste) secara Wireless dan tanpa bantuan dari Bluetooth sedikit pun.

Lalu, hal apa yang kami manfaatkan untuk bisa berbagi File antar Perangkat secara Wireless tersebut, jika bukan menggunakan Bluetooth?

Maka, jawabannya sudah jelas, kami menggunakan FTP!


Apa itu FTP?


Sebenarnya Fitur FTP tersebut memang Populer digunakan pada Perangkat Komputer Desktop / Jaringan, solusi yang diberikan adalah kemudahan terkait untuk berbagai atau bertukar File secara langsung dari antar Perangkat Komputer yang terhubung ke satu jaringan yang sama.

Sehingga, dengan adanya Fitur FTP tersebut, maka akan membuat kalian seperti bisa menggunakan Remote PC, karena kalian tidak perlu menggunakan fitur seperti Bluetooth atau semacamnya untuk mengambil File yang kalian inginkan.

Cukup dengan FTP maka kalian bisa mengambil semua File dari Perangkat yang terhubung kejaringan yang sama dan tentu saja, kalian tidak memerlukan izin atau konfirmasi untuk bisa mengambil / menyalin File yang kalian inginkan tersebut.

Lalu, apa sih kepanjangan dari FTP dan bagaimana cara kerjanya?

  1. FTP adalah File Transfer Protocol yang memungkinkan penggunaanya untuk mengakses, memodifikasi atau menyalin data dari Perangkat terkait secara Wireless yang berada dijaringan yang sama.

Untuk cara kerjanya sendiri akan berjalan pada Protokol TLS / SSL yang sudah dijamin keamanannya, agar lalu lintas data yang kalain Transfer tidak akan bisa dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Secara umum penggunaan FTP tersebut menggunakan 2 buah komponen utama dalam pengerjaannya, yaitu adalah sebagai berikut :

  • FTP Server (Host)
  • FTP Client (Username & Password)

Jika, kalian bisa bisa mengantongi FTP Server berikut juga dengan FTP Client dari Perangkat terkait yang terhubung dalam satu jaringan yang sama (LAN / Wi-Fi), maka setelahnya kalian bisa dengan mudah untuk mengambil atau menyalin File apapun pada Perangkat terkait.

Lalu, kalianpun juga bisa menambahkan File ke Perangkat terkait (Upload) dengan sangat mudah tentunya, karena semuanya bisa dilakukan secara Wireless dari satu Perangkat saja.


Apakah Fitur FTP bisa digunakan pada Smartphone Android?


Seperti yang kalian ketahui, secara umum pembentukan dari OS Android itu sendiri adalah berdasarkan dari basis Linux OS, sehingga sudah jelas Fitur FTP tersebut bisa digunakan pada semua Perangkat Smartphone Android.

Selanjutnya, karena OS Android itu bersifat Open Source, maka sekarang ini kalian bisa dengan mudah untuk menjalankan FTP tersebut, meski kalian tidak mengerti terkait masalah jaringan sedikitpun.

Semua ini terjadi, karena sekarang ini ada beragam jenis Aplikasi Android FTP yang bisa kalian dapatkan secara gratis melalui Google Play Store dan beberapa Vendor / OEM Smartphone Android, sebenarnya juga sudah menyediakan fitur FTP tersebut secara default, sebut saja seperti Vivo.

Namun, jika Fitur FTP tersebebut tidak tersedia di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang, maka bukan berarti kalian tidak akan bisa menggunakan FTP tersebut, tetapi kalian masih bisa menggunakan Fitur FTP tersebut dengan mendownload aplikasi FTP khusus dari Google Play Store.


Apa bedanya FTP di Android dan di Komputer Desktop?


Secara umum tidak ada bedanya sama sekali, karena sama-sama menggunakan FTP Server dan FTP Client, maka disini bisa kita simpulkan, bahwa kalian bisa dengan mudah terkoneksi ke Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang melalui Perangkat Komputer Desktop (Windows) dengan kemampuan FTP secara penuh.

Seperti menambahkan file ke Storage Smartphone Android terkait, menyalin data / file dari Smartphone Android ke Komputer Desktop dan kalianpun bisa dengan mudah memodifikasi isi Direktori Storage Smartphone Android kalian secara Remotely dengan menggunakan FTP dari Perangkat Komputer Desktop tersebut.

Hebat bukan? ya, dengan adanya metode ini, maka perkerjaan kalian akan lebih cepat untuk diselesaikan, karena kalian tidak perlu lagi mengoneksikan Perangkat terkait dengan Bluetooth atau Kabel Data misalnya, kalau hanya untuk menyalin File terkait.

Cukup hanya dengan menggunakan FTP, maka kalian bisa dengan mudah mengontrol semua Direktori File Storage dari Perangkat Smartphone Android yang terkoneksi kejaringan yang sama, melalui Perangkat Komputer Desktop (PC / Laptop) yang kalian miliki sekarang ini.


Syarat menggunakan FTP di Android


Sebelum kalian menggunakan layanan Fitur FTP di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini, ada syarat yang harus kalian ketahui, agar Fitur FTP tersebut bisa berkerja dan sebenarnya hal ini sudah kami singgung diatas, yaitu adalah :

  1. Smartphone Android dan Komputer Desktop yang kalian gunakan sekarang, harus terhubung ke satu titik akses point yang sama, seperti terhubung ke jaringan Router / Mikrotik / Modem Internet yang sama atau terhubung ke Tethering Hotspot yang sama.

Selanjutnya, syarat setelah kalian sudah berada di titik akses point yang sama adalah tentu kalian harus menggunakan sebuah aplikasi FTP khusus baik itu pada Smartphone Android ataupun di Komputer Desktop .

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menggunakan alat (Software) untuk menjalankan FTP di Smartphone Android yang nantinya akan dihubungkan / dikelola oleh Komputer Desktop (Windows) dengan menggunakan alat dibawah ini.


WiFi FTP Server (Android)


Hal pertama yang harus kalian lakukan, ialah dengan mendownload Aplikasi FTP untuk Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini.

Aplikasi yang akan kita gunakan adalah WiFi FTP Server yang bisa kalian dapatkan secara gratis melalui Google Play Store.

Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla

Atau jika kalian malas untuk mencarinya, silahkah langsung tuju saja alamat link dibawah ini :


Perlu kalian ketahui, di Google Play Store itu ada banyak sekali Aplikasi FTP yang bisa kalian temukan, tetapi beberapa diantara Aplikasi FTP tersebut, hanya berbentuk "sampah" dan tidak bisa digunakan sama sekali.

Namun, berbeda dengan aplikasi WiFi FTP Server yang kami bagikan diatas, karena Aplikasi Android (APK) tersebut sudah terbukti bisa diandalkan untuk menjalankan Fitur FTP dan kami sendiripun selalu menggunakan Aplikasi ini untuk menjalankan FTP di Smartphone Android.

Kehebatan dari Aplikasi WiFi FTP Server tersebut, ialah karena pada aplikasi ini, kita bisa mendapatkan FTP Server dan FTP Client dengan hanya sekali sentuhan saja.

*** Aplikasi FTP Server ini hanya bisa digunakan untuk membuka Direktori di Internal Storage saja dan tidak bisa digunakan untuk membukan Direktori External Memory (SD Card). ***

Selanjutnya, kalian pun tidak perlu melakukan Konfigurasi apapun, tinggal jalankan dan masukan Host dan Client yang sudah diberikan.

Selanjutnya, kalian sudah bisa menjalankan fungsi FTP penuh di Smartphone Android tersebut, hanya saja setelah ini kalian pun juga perlu menginstall aplikasi FTP khusus pada OS Windows yang kalian gunakan, agar bisa terkoneksi ke Smartphone Android dengan jalur FTP tersebut.

Silahkan lengkapi alat untuk Komputer Desktop dibawah ini.


FileZilla (Windows)


Jika sebelumnya, kalian harus menggunakan aplikasi WiFi FTP Server untuk Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang, maka disini kita akan menggunakan aplikasi yang berbeda untuk Perangkat Komputer Desktop tersebut.

Karena disini kita akan menggunakan Aplikasi FileZilla yang memang merupakan sebuah aplikasi specialist untuk tujuan FTP tersebut.

Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla

Aplikasi FileZilla ini memang sudah sangat terkenal dan selalu menjadi andalan bagi banyak orang untuk melakukan tindakan FTP secara Instant dan mudah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena FileZilla ini memang memiliki fitur yang sangat lengkap dan tentu saja untuk navigasinya pun sangat mudah, tinggal Drag & Drop, maka File yang kalian inginkan bisa kalian dapatkan dengan mudah.

Silahkan Download dulu aplikasi FileZille terbaru untuk OS Windows dibawah ini :


Setelahnya, langsung saja Install aplikasi FileZilla tersebut dan ikuti cara dibawah ini, agar kalian bisa melakukan FTP dari Komputer Desktop ke Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini.

Perhatikan ini dulu sebelum kalian menginstall aplikasi FileZilla tersebut, yaitu aplikasi ini hanya bisa berjalan pada OS Windows 64-bit dan sudah Support untuk Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10, sehingga versi Windows 32-bit tidak didukung disini.


Cara FTP Android dengan FileZilla


  1. Silahkan buka aplikasi WiFi FTP Server di Smartphone Android.
  2. Setelahnya, tekan Start.
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla
  1. Disini kalian bisa mendapatkan informasi terkait FTP Server dan FTP Client, inilah yang akan kita gunakan di FileZilla nanti.
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla
  1. Selanjutnya, beralih ke Komputer Desktop, silahkan buka aplikasi FileZilla.
  2. Silahkan isi FTP Server (Server URL) yang sudah kalian dapatkan dari aplikasi WiFi FTP Server di Smartphone Android sebelumnya pada bagian ini :
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla
  1. Setelahnya, silahkan isi juga Username dan Password yang sudah kalian dapatkan dari aplikasi WiFi FTP Server pada kolom ini :
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla
  1. Kosongkan saja Port-nya.
  2. Silahkan tekan Quickconnect untuk melakukan sambungan FTP ke Smartphone Android.
  3. Jika sudah terkoneksi, maka akan muncul Log seperti ini :
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla

  1. Setelahnya kalian bisa melihat semua Folder dan File Direktori dari Smartphone Android terkait.
  2. Done!



Cara menyalin data (Download) dari Smartphone Android ke Komputer Desktop


Nah, jika kalian ingin menyalin data dari Smartphone Android kalian ke Komputer Desktop dengan FileZilla, maka kalian bisa dengan mudah melakukannya dengan cara Drag & Drop saja, berikut adalah caranya :

  1. Silahkan cari File yang ingin kalian Copy dari Direktori Smartphone Android.
  2. Jika, sudah silahkan Tekan dan pindahkan ke Folder mana kalian ingin meletakannya (Direktori Komputer Desktop).
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla
  1. Tunggu, hingga Proses Transfer berlangsung.
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla
  1. Jika sudah selesai, silahkan cek ke Folder terkait.
  2. Sekarang harusnya File yang di Transfer sebelumnya sudah muncul.
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla
  1. Done!



Cara memindahkan data (Upload) dari Komputer Desktop ke Smartphone Android


Sebenarnya, caranya sama saja seperti ketika kalian ingin menyalin data dari Smartphone Android ke Komputer Desktop yang kalian gunakan sekarang ini, yaitu cukup dengan cara Drag & Drop juga.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti cara dibawah ini :

  1. Silahkan cari File yang ingin kalian Copy dari Direktori Folder / File pada Komputer Desktop.
  2. Jika, sudah silahkan Tekan dan pindahkan ke Folder mana kalian ingin meletakannya (Direktori Smartphone Android).
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla
  1. Tunggu, hingga Proses Transfer berlangsung.
  2. Jika sudah selesai, silahkan cek ke Folder terkait.
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla
  1. Sekarang harusnya File yang di Transfer sebelumnya sudah muncul.
Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla
  1. Done!



Hal yang lain yang bisa dilakukan oleh FileZilla


Dari kedua cara diatas, sudah jelas tergambarkan bahwa kalian disini bisa melakukan perpindahan File dari Smartphone Android ke Komputer Desktop, ataupun sebaliknya.

Namun, pada dasarnya, kalianpun juga masih bisa melakukan hal lain, seperti memodifikasi isi Direktori File Host Server dengan Aplikasi FileZille tersebut, seperti menghapus File tertentu, menggubah Permission File tersebut secara Remotely (Hidden / Read Only), membuat Folder atau melakukan Rename terhadap suatu File atau Folder.

Cara FTP Android dengan FileZilla, FTP Android FileZilla, Android FileZilla, Cara menggunakan FTP Android FileZilla, FTP FileZilla Android, Cara menggunakan Android FileZilla, Cara Download File dari FileZilla, Cara Upload File Android ke FileZilla, FTP Server FTP FileZilla Android, FTP Client Android FileZilla, Cara Copy / Paste File Android dengan FileZilla, Cara settinga FTP Android dengan FileZilla

Intinya, dengan menggunakan aplikasi FileZilla tersebut, maka kalian bisa dengan mudah melakukan kontrol terhadap File Direktori pada Perangkat terkait secara Remotely dengan mudah dan cepat tentunya.


Koneksi FTP sering terputus? ini Solusinya


Kami yakin banyak diantara kalian mungkin akan menanyakan terkait permasalahan satu ini, karena sebelum ini kami juga sering mengalami hal serupa, yaitu terputusnya Koneksi FTP dari Smartphone Android ke Komputer Windows.

Yang jika kita lihat permasalahannya itu sudah pasti terletak pada aplikasi WiFi FTP Server yang telah kalin Install sebelumnya di Smartphone Android yang kalian miliki.

Benar saja, Aplikasi WiFi FTP Server tersebut tiba-tiba tertutup dengan sendirinya, ketika Smartphone Android masuk kedalam Mode Standby / Idle, hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, karena System OS Android menganggap aplikasi tersebut layak untuk di Shutdown, karena memang menggunakan Konsumsi Daya Baterai yang lumayan.

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya mudah saja, kalian hanya perlu melakukan 2 cara dibawah ini, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Kunci Aplikasi WiFi FTP Server agar tidak di "Kill" oleh System OS Android dan tetap bisa berjalan di App Background.
  2. Hilangkan opsi Restricted Optimization (Battery) pada Aplikasi WiFi FTP Server, agar System mengabaikan aplikasi ini, meski menggunakan Konsumsi Daya Baterai yang besar, aplikasi ini tetap bisa berjalan di App Background, tanpa di Shutdown secara paksa oleh System.

Dengan menggunaka 2 cara diatas, maka setelahnya Koneksi FTP tidak akan terputus lagi, meski Smartphone Android kalian berada dalam Kondisi Sleep, Standby ataupun Idle, mudah bukan?


Adakah cara yang lebih mudah dari ini?


Mungkin beberapa dari kalian akan kesulitan untuk bisa mengikuti cara yang sudah kami jelaskan diatas, tetapi sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk melakukan FTP tersebut pada Smartphone Android dan kalian tidak perlu menggunakan Aplikasi sejenis FileZilla tersebut.

Karena, disini aplikasi yang diperlukan pada Komputer Desktop ialah aplikasi Browser saja, seperti Google Chrome, FireFox, Edge atau lainnya.

Untuk aplikasi FTP yang digunakan pada Smartphone Android masih tetap sama saja, yaitu menggunakan WiFi FTP Server, seperti yang digunakan pada artikel Tutorial kali ini.

Bagaimana? jika kalian tertarik menggunakan Fitur FTP Android tersebut dengan hanya bermodalkan aplikasi Browser saja, silahkan ikuti Tutorialnya dibawah ini :


Hanya saja, cara diatas memiliki kekurangan, karena hanya menggunakan aplikasi Browser saja, maka disini kalian hanya bisa melakukan Download File saja dan tidak bisa melakukan Upload File ke Server Host utama.

Namun, cara tersebut akan sangat bermanfaat untuk kalian, jika yang kalian perlukan hanyalah untuk menyalin data dari Smartphone Android ke Komputer Desktop.

Tetapi, jika kalian ingin melakukan hal yang lebih Advanced, maka mau tidak mau kalian harus menggunakan metode FTP dengan Aplikasi FileZilla, seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Dengan demikian, berakhirlah sudah pembahasan kita kali ini, secara umum melakukan FTP di Android tersebut memang sama mudahnya seperti melakukan FTP di Perangkat Komputer Desktop.

Karena, cara kerja dari FTP di Android dan Komputer Desktop itu memang tidak berbeda, yaitu menggunakan FTP Server dan FTP Client, seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Apalagi ketika kalian melakukan FTP tersebut dengan Aplikasi sejenis FileZilla tersebut, maka sudah jelas disini kalian akan mendapatkan semua benefit lebih untuk bisa melakukan Koneksi secara Remotely ke Perangkat Smartphone Android terkait, untuk diambil atau dimodifikasi File / Foldernya.

Sehingga, cara yang telah kami jelaskan diatas, tentu saja akan sangat bermanfaat untuk kalian, apalagi jika kalian tergabung dalam suatu kelompok kerja dan diharuskan bertukar data setiap hari, karena terkait kerja sama team. Maka, solusi FTP ini adalah hal yang pasti akan sangat bisa kalian andalkan setelahnya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot