RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara Hard Reset Vivo, Cara Factory Reset Vivo, Cara Full Wipe Vivo, Cara Reset Vivo dari Aplikasi Settings, Cara Reset Vivo dengan Recovery, Vivo Recovery Hard Reset, Cara Celar Cache Vivo, Cara Clear Data Vivo, Cara Format Data Vivo, Cara mengembalikan Settingan Vivo, Cara atasi Bootloop Vivo, Cara atasi Brick Vivo, Cara atasi Hang di Vivo, Cara Reset FuntouchOS Vivo, Cara Full Reset System Vivo, Cara Full Reset Firmware Vivo

Smartphone Android memang ada banyak sekali jenis dan macamnya sekarang ini, baik dari Brand Lokal ataupun Brand International sekalipun, kita bisa dengan mudah menemukan Smartphone Android tersebut bebas dijual ditanah air kita ini, baik dengan penjualan secara resmi ataupun distributor.

Keuntungan yang bisa kita peroleh dari hal ini adalah kita bisa dengan mudah untuk mencari Smartphone Android yang cocok untuk kita, sesuai dengan kebutuhan kita dan sesuai dengan isi kantong kita.

Karena sifat OS Android yang Open Source, maka sekarang ini banyak Brand Pembuat Smartphone, berlomba-lomba untuk ikut bergabung didalam bisnis yang sangat menguntungkan tersebut, yaitu dengan cara ikut mengimplementasikan OS Android pada Smartphone yang mereka buat.

Dampak positif dari hal ini ialah tentu kita bisa melihat beragam variasi dari Smartphone Android tersebut dengan beragam jenis Inovasi Teknologi yang menarik didalamnya.

Selain itu, Smartphone Android juga hadir disemua Segmentasi Pasar, baik itu kelas bawah, menengah hingga atas, itulah kenapa saat ini Smartphone Android memang menjadi sebuah Perangkat Pintar yang telah mendominasi pasar secara Global.

Memang tidak bisa dipungkiri, OS Android itu memang mudah untuk dinavigasikan dan dimengerti oleh siapa saja, selain itu Integrasinya yang Powerful juga menjadi daya tarik tersendiri, sehingga OS Mobile pintar satu ini memang bisa diandalkan untuk beragam hal.

Seperti untuk mempermudah perkerjaan, melakukan beragam jenis Komunikasi jarak jauh secara individual ataupun berkelompok, bisa digunakan untuk menyalurkan bakat serta hobi dan yang terpenting, dari sebuah Smartphone Android tersebut, maka kita bisa menikmati beragam hiburan dengan biaya yang murah tentunya.

Cukup dengan bermodalkan Internet, maka kita bisa menikmati beragam hiburan yang menarik, seperti melakukan Streaming Video, Bermain Games Online / Offline dan tentu saja kita bisa dengan mudah berdikusi dengan anggota forum atau grup, semua ini tentu saja akan sangat menyenangkan dilakukan diwaktu senggang.

Jika kita berbicara terkait salah satu Brand Smartphone Android yang populer ditanah air kita ini, maka salah satu jawabannya pasti adalah Vivo.

Ya! Brand Smartphone Android satu ini memang telah lama Exist secara resmi ditanah air kita ini, dengan promosi yang gencar mereka lakukan, sekarang ini Smartphone Android Vivo sudah bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan Global.

Karena Smartphone buatan Vivo tersebut memang sangat cocok untuk kebutuhan orang banyak, seperti untuk masalah Photography dan Gaming, tentu saja Smatphone Android Vivo adalah satu yang terbaik dikelasnya.

Berlanjut ke urusan Teknologi, tentu saja Inovasi yang diberikan oleh OEM Vivo juga tidak main-main, karena mereka telah menjadi Pionir dalam Teknologi Fingerprint in Display (Fingerprint dibawah layar).

Tentu, dengan prestasi tersebut Smartphone Android Vivo tidak bisa kita remehkan sekarang ini, terlebih kemampuan Fingerprint in display racikan pihak Vivo ini masih menjadi yang tercepat sekarang ini.

Dengan beragam hal diatas, maka wajar jika Brand Smartphone Android Vivo tersebut masuk kedalam daftar Top 5 Best Selling Android Smartphone ditanah air kita ini.

Tetapi, mau bagaimanapun hebatnya Smartphone Android Vivo tersebut, tetap saja masalah yang ada di Smartphone Android tersebut, tetap akan sama saja seperti pada Smartphone Android kebanyakan, karena sejatinya Smartphone Android Vivo memang menggunakan OS Android yang sama saja seperti Brand Smartphone Android lain.

Sehingga, masalah-masalah yang terjadi akan cukup mirip dan solusinya pun juga tetap akan sama saja, hal itu karena OS Android itu memang bukan menjadi OS yang sempurna, meski sudah sangat jauh berkembang dari dulu.


Masalah umum di OS Android


Tidak bisa dipungkiri memang, OS Android itu memang menjadi salah satu OS Mobile yang paling baik sekarang ini, hal itu ditunjang dengan beragam Inovasi Fitur canggih didalamnya dan juga performanya yang bisa diandalkan.

Hanya saja, tidak ada OS yang memang benar-benar sempurna, kata ini mungkin akan sangat cocok untuk menggambarkan kondisi OS Android tersebut.

Karena, seiring berjalannya waktu didalam penggunaan OS Android tersebut, maka Performa dari OS Android tersebut akan kian melambat, hal ini terjadi karena memang komponen Cache File yang sudah terlalu banyak, sehingga sudah pasti akan memperlambat kinerja System, karena akan memperberat Proses R/W dari System OS Android itu sendiri.

Selain itu, OS Android juga sangat sering memunculkan masalah yang identik yang hampir terjadi diseluruh Smartphone Android, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Random Reboot
  • Force Close
  • Overheat
  • Freeze / Hang
  • Bootloop
  • Brick / Stuck
  • Deap Dead (Matot)


Nah, masalah-masalah diatas adalah masalah yang sudah umum terjadi pada Smartphone Android yang ada dari dulu hingga sekarang, pemicunya pun beragam, bisa jadi karena System OS Anroid itu sendiri yang bermasalah dan bisa juga terjadi karena ulah dari pengguna Smartphone Android itu sendiri.

Lalu, bagaimana dengan Smartphone Android Vivo?

Pada kenyataanya, Smartphone Android dari Vivo juga tidak bisa terlepas dari beragam masalah yang sudah kami sebutkan diatas, minimal masalah yang muncul adalah Freeze, Force Close dan juga Random Reboot.

Ke-3 masalah tersebut adalah masalah paling ringan dan paling sering terjadi dihampir semua Smartphone Android dan tidak terkeculi juga untuk Brand Smartphone Android Vivo.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah semacam ini sangat mudah sekali, yang perlu kalian lakukan adalah dengan cara melakukan Hard Reset / Factory Reset, maka segala masalah ringan tersebut bisa terselesaikan dengan sangat mudah dan cepat tentunya.

Bagaimana Teknis dari tindakan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo ?


Maksud Hard Reset Vivo


Mudahnya kita bisa mengartikan tindakan Hard Reset atau Factory Reset tersebut dengan pengertian untuk mengembalikan semua Settingan System ke Settingan Pabrikan.

Dengan asumsi tersebut, maka seharusnya segala sesuatu terkait Aplikasi, Data, Cache dan Settingan yang telah kalian lakukan akan dihapus semuanya dan akan dikembalikan ke Pengaturan Standard dari OEM lagi.

Nah, cara ini tentu saja akan bisa mengatasi beragam masalah yang telah kami sebutkan diatas, karena dengan menggunakan cara ini, maka Firmware OS Android pada Smartphone Android Vivo akan kembali segar dan performanya akan kembali ke titik Prima.

Hanya saja, melakukan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo itu memang harus dilakukan dengan teliti, karena jika kalian salah memilih opsi, maka semua data di Internal Storage Smartphone Android Vivo kalian akan terhapus (Format All Data), tentu saja hal ini akan sangat merugikan, jika kalian melakukannya tanpa sengaja.

Karena, jika kalian sudah melakukan hal tersebut, maka semua data tersebut tidak akan bisa lagi dikembalikan, sehingga bisa kita artikan bahwa semua Data yang terformat tersebut akan hilang secara permanent.

Maka, perhatikan baik-baik hal ini, pihak Vivo pun sebenarnya sudah jelas memberikan 2 opsi tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Reset tanpa menghapus File Data di Internal Storage
  2. Reset sekaligus melakukan Format Data


Dalam kondisi tertentu, kalian memang diharuskan melakukan Hard Reset dengan jangkauan yang lebih luas, yaitu dengan cara memformat Internal Storage juga, hal ini dilakukan, ketika cara Hard Reset biasa tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi.

Lalu, kapan kita melakukan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo tersebut ?


Kondisi untuk melakukan Hard Reset Vivo


Sebenarnya kalian tidak perlu alasan khusus untuk melakukan Hard Reset tersebut, karena sejatinya melakukan Hard Reset secara berkala pada Smartphone Android Vivo kalian, hal itu akan mendatangkan dampak yang baik jika konsisten dilakukan dalam periode tertentu.

Selain untuk menjaga Stabilitas System OS, cara ini juga akan menghindarkan kalian dari beragam masalah pelik yang sudah kami sebutkan diatas, mudahnya disini kita akan melakukan pengendalian resiko, sebelum masalah tersebut muncul.

Tetapi, pada kenyataannya hanya sedikit orang saja yang memperhatikan dan melaksanakan Hard Reset secara Periodik tersebut, karena umumnya melakukan Tindakan Hard Reset baru akan dilakukan, jika masalah dibawah ini telah terjadi :


  1. Sering Freeze / Hang
  2. Kinerja FuntouchOS semakin lelet
  3. Sering mengalami Random Reboot
  4. Muncul masalah Blue Screen
  5. Muncul masalah berat seperti Bootloop dan Brick


Umumnya, para pengguna Smartphone Android Vivo baru akan melakukan Hard Reset tersebut, jika sudah mengalami masalah yang telah kami sebutkan diatas.

Memang kami akui, melakukan Hard Reset untuk mengatasi beragam masalah diatas, adalah solusi yang paling terbaik untuk bisa kalian lakukan, sebagai pertolongan pertama.

Tetapi, jika masalah tersebut belum muncul, kami tetap akan merekomendasikan kalian untuk tetap melakukan Hard Reset tersebut secara Periodik, seperti 1 atau 2 Bulan sekali dan kasus Hard Reset ini akan semakin sering untuk dilakukan secara ideal, jika kalian memang menggunakan Smartphone Android Vivo tersebut secara berat dan berlebihan daripada penggunaan Normal.

Lalu, bagaimana sih cara melakukan Hard Reset / Factory Reset pada Smartphone Android Vivo tersebut ?


Cara Hard Reset Vivo dengan mudah


Sampailah kita pada pembahasan utama kita kali ini, disini ada hal yang harus kalian ketahui sebelumnya, karena melakukan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo itu bisa dilakukan dengan 2 buah cara, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Dari Surface System (FuntouchOS System)
  • Dari Tool Recovery (Deep Hard Reset)


Umumnya, kedua cara diatas bisa kalian gunakan untuk melakukan Hard Reset di Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan sekarang dan seperti yang telah kami singgung diatas, kedua cara diatas sangat bisa diandalkan untuk mengatasi beragam masalah yang telah kami sebut sebelumnya.

Tetapi, masing-masing cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, untuk lebih jelasnya, akan kita bahas pada masing-masing Cara Hard Reset Vivo dibawah ini :


Hard Reset dari System OS (Normal)


Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk bisa kalian lakukan, karena disini kalian hanya perlu mengakses Aplikasi Settings dan setelahnya kalian sudah bisa langsung melakukan Hard Reset tersebut.

Perlu kalian ketahui, cara ini hanya akan melakukan Hard Reset pada tingkatan Surface System, artinya yang akan direset hanyalah terletak pada System OS utama saja.

Selanjutnya, cara ini juga memiliki 3 buah opsi yang bisa kalian pilih, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Reset All Settings (Aplikasi dan data tidak terhapus)
  2. Erase All Data Without Format (Tanpa Format, tetapi semua Aplikasi dan Settingan akan dikembalikan ke Standard OEM)
  3. Erase All Data (Semua akan di Format tanpa terkecuali)


Nah, kalian harus memahami ke-3 fungsi diatas dulu, sehingga bisa kalian sesuaikan dengan apa yang ingin kalian lakukan pada Hard Reset tersebut, akan lebih bijak jika kalian membuat Backup Data terlebih dahulu, sebelum melakukan Hard Reset tersebut, agar kalian tidak dirugikan setelahnya, oleh beragam hal yang tidak diinginkan.

Jika, kalian sudah siap untuk melakukan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo yang kalian miliki, maka silahkan ikuti cara dibawah ini :


  1. Buka Aplikasi Settings.
  2. Cari Menu More Settings.
Cara Hard Reset Vivo, Cara Factory Reset Vivo, Cara Full Wipe Vivo, Cara Reset Vivo dari Aplikasi Settings, Cara Reset Vivo dengan Recovery, Vivo Recovery Hard Reset, Cara Celar Cache Vivo, Cara Clear Data Vivo, Cara Format Data Vivo, Cara mengembalikan Settingan Vivo, Cara atasi Bootloop Vivo, Cara atasi Brick Vivo, Cara atasi Hang di Vivo, Cara Reset FuntouchOS Vivo, Cara Full Reset System Vivo, Cara Full Reset Firmware Vivo
  1. Lalu, pilih Menu Backup & Restore.
Cara Hard Reset Vivo, Cara Factory Reset Vivo, Cara Full Wipe Vivo, Cara Reset Vivo dari Aplikasi Settings, Cara Reset Vivo dengan Recovery, Vivo Recovery Hard Reset, Cara Celar Cache Vivo, Cara Clear Data Vivo, Cara Format Data Vivo, Cara mengembalikan Settingan Vivo, Cara atasi Bootloop Vivo, Cara atasi Brick Vivo, Cara atasi Hang di Vivo, Cara Reset FuntouchOS Vivo, Cara Full Reset System Vivo, Cara Full Reset Firmware Vivo
  1. Disini kalian bisa melihat beberapa opsi untuk Hard Reset.
  2. Silahkan sesuaikan dengan apa yang ingin kalian lakukan.
Cara Hard Reset Vivo, Cara Factory Reset Vivo, Cara Full Wipe Vivo, Cara Reset Vivo dari Aplikasi Settings, Cara Reset Vivo dengan Recovery, Vivo Recovery Hard Reset, Cara Celar Cache Vivo, Cara Clear Data Vivo, Cara Format Data Vivo, Cara mengembalikan Settingan Vivo, Cara atasi Bootloop Vivo, Cara atasi Brick Vivo, Cara atasi Hang di Vivo, Cara Reset FuntouchOS Vivo, Cara Full Reset System Vivo, Cara Full Reset Firmware Vivo
  1. Jika hanya untuk melakukan Reset Setting, pilih Reset All Settings saja.
  2. Jika, ingin Hard Reset yang Full silahkan pilih Opsi Erase All Data dan centang opsi Format Data.
  3. Jika, tidak ingin memformat Data, tetapi ingin melakukan Reset semua Aplikasi System dan Settings, hilangkan centang pada opsi Format Data.
Cara Hard Reset Vivo, Cara Factory Reset Vivo, Cara Full Wipe Vivo, Cara Reset Vivo dari Aplikasi Settings, Cara Reset Vivo dengan Recovery, Vivo Recovery Hard Reset, Cara Celar Cache Vivo, Cara Clear Data Vivo, Cara Format Data Vivo, Cara mengembalikan Settingan Vivo, Cara atasi Bootloop Vivo, Cara atasi Brick Vivo, Cara atasi Hang di Vivo, Cara Reset FuntouchOS Vivo, Cara Full Reset System Vivo, Cara Full Reset Firmware Vivo
  1. Setelahnya, silahkan tunggu hingga proses Hard Reset selesai.
  2. Done!


Bagaimana? cara ini adalah cara yang paling mudah untuk bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi pada kenyataannya cara ini juga memiliki kekurangan.

Yaitu adalah, cara ini tidak akan bisa dilakukan ketika Smartphone Android Vivo kalian sedang mengalami masalah seperti Freeze, Bootloop dan juga Brick, maka jika dalam kondisi seperti itu, cara yang kami jelaskan diatas, tidak akan bisa dilaksanakan.

Sehingga, cara yang akan kita gunakan selanjutnya adalah Cara Hard Reset dengan menggunakan Tool Recovery yang sudah secara resmi disediakan oleh pihak Vivo secara Default.


Hard Reset dari Tool Recovery (Advanced)


Ini adalah cara yang paling kami rekomendasikan kepada kalian, karena jika kita bandingkan, dengan melakukan Hard Reset dari Tool Recovery tersebut, jelas saja akan mendatangkan banyak keuntungan, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Bisa diakses kapan saja, meski FuntouchOS tidak bisa Booting.
  2. Tingkat Hard Reset yang dalam (Deep) yang bisa menyasar keseluruh Part dari Firmware terakit dan bukan hanya System saja, melainkan Partisi dan Kernel juga akan ikut direset.
  3. Solusi paling ideal untuk mengatasi semua masalah yang sudah kami sebutkan diatas.


Hanya saja, untuk melakukan hal ini, kalian perlu beberapa Trik agar bisa mengakses Tool Recovery Vivo tersebut.

Umumnya Cara Hard Reset dari Tool Recovery ini bisa dilakukan disemua jenis Smartphone Android Vivo tanpa terkecuali, asalkan masih menggunakan FuntouchOS.

Dalam metodenya sendiri, Tool Recovery Vivo tersebut, juga bisa melakukan Hard Reset dengan 2 buah opsi berbeda, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Clear Cache
  • Clear All Data


Nah, kehebatan dari Hard Reset dengan menggunakan Tool Recovery Vivo ini adalah kalian bisa melakukan Hard Reset untuk Cache saja, tanpa perlu menghapus Settingan, Aplikasi dan Data pada Internal Storage, maka hasilnya bisa akan lebih efektif dan efisien dibandingkan Hard Reset secara Full yang dilakukan pada Surface System, seperti yang sudah kami gambarkan diatas.

Juga, kalian pun juga bisa memanfaatkan Tool Recovery Vivo tersebut, untuk melakukan Hard Reset secara menyeluruh dengan jangankaun yang lebih luas, karena sifatnya yang Deep Reset, tentu saja Hard Reset dengan Tool Recovery Vivo ini akan jauh lebih hebat fungsinya dari pada menggunakan Metode Hard Reset yang umum dilakukan melalui Aplikasi Settings.

Lalu, bagaimana cara melakukan Hard Reset Vivo dengan Tool Recovery tersebut ?


  1. Silahkan, akses Tool Recovery Vivo dengan mengikuti cara dibawah ini :


  1. Setelah masuk ke Mode Recovery, pilih opsi Clear Data.
Cara Hard Reset Vivo, Cara Factory Reset Vivo, Cara Full Wipe Vivo, Cara Reset Vivo dari Aplikasi Settings, Cara Reset Vivo dengan Recovery, Vivo Recovery Hard Reset, Cara Celar Cache Vivo, Cara Clear Data Vivo, Cara Format Data Vivo, Cara mengembalikan Settingan Vivo, Cara atasi Bootloop Vivo, Cara atasi Brick Vivo, Cara atasi Hang di Vivo, Cara Reset FuntouchOS Vivo, Cara Full Reset System Vivo, Cara Full Reset Firmware Vivo
  1. Disini kalian akan mendapati 2 buah Opsi Reset, baik itu untuk Reset Cache saja, ataupun Full Reset.
  2. Silahkan pilih dan sesuikan dengan yang kalian butuhkan.
Cara Hard Reset Vivo, Cara Factory Reset Vivo, Cara Full Wipe Vivo, Cara Reset Vivo dari Aplikasi Settings, Cara Reset Vivo dengan Recovery, Vivo Recovery Hard Reset, Cara Celar Cache Vivo, Cara Clear Data Vivo, Cara Format Data Vivo, Cara mengembalikan Settingan Vivo, Cara atasi Bootloop Vivo, Cara atasi Brick Vivo, Cara atasi Hang di Vivo, Cara Reset FuntouchOS Vivo, Cara Full Reset System Vivo, Cara Full Reset Firmware Vivo
  1. Jika sudah, silahkan konfimasi tindakan tersebut dengan memasukan Password Pola.
  2. Setelahnya, proses Hard Reset akan berlangsung dengan sangat singkat.
  3. Jika, sudah silahkan lakukan Reboot / Restart dengan opsi yang sudah disediakan pada Tool Recovery Vivo tersebut.
  4. Booting pertama setelah Hard Reset akan cukup lama.
  5. Done!


Dengan demikian, disini kalian sudah selesai untuk bisa melakukan Hard Reset Smartphone Android Vivo dengan Tool Recovery tersebut.

Secara umum, ke-2 buah Tutorial Hard Reset diatas memang layak untuk dilakukan dan bisa memberikan dampak positif yang besar untuk kalian.

Hanya saja, kalau memang bisa, silahkan gunakan Cara Hard Reset Vivo dari Tool Recovery saja, karena sifatnya yang lebih dalam dan lebih efiktif untuk dilakukan.

Sekali lagi, disini kami akan memberikan rekomendasi kepada kalian, bahwa silahkan lakukan Hard Reset tersebut secara Periodik, hal ini bertujuan untuk menghindarkan Smartphone Android Vivo kalian dari beragam masalah rumit nantinya.

Selian itu, dengan Performa System yang terus terjaga dari penggunaan Hard Reset yang dilakukan secara Periodik, maka Hardware di Smartphone Android Vivo kalian, juga akan terjaga performa dan kesehatannya.

Sehingga, melakukan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo itu memang sangat worth it untuk dilakukan, apalagi jika kalian bisa konsisten untuk melakukannya dalam periode tertentu.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot