RILIS ARTIKEL TERBARU

Mode Recovery Vivo, Cara Masuk ke Mode Recovery Vivo, Cara Akses Mode Recovery Vivo, Tool Recovery Vivo, Tekan Tombol Recovery Vivo, Tombol Kombinasi Recovery Vivo, Agar bisa menggunakan Recovery Vivo, Apa itu Recovery Vivo, Fungsi Recovery Vivo, Cara pakai Recovery Vivo, Cara menjalankan Recovery Vivo, Cara menuju menu Recovery Vivo, Cara masuk ke Menu Recovery Mode Vivo, Cara Recovery Vivo semua tipe, Recovery bawaan Vivo, Vivo Stock Recovery

Saat ini kita memang dengan mudah untuk menemukan banyak Smartphone Android yang dijual secara resmi dan bisa juga didapatkan dalam jalur "batam" ditanah air kita ini, ada beragam jenis Smartphone Android yang beredar ditanah air kita ini.

Baik, yang memiliki Brand ternama hingga Smartphone Android yang berjenis Underated atau dengan Merek yang terkesan tidak dikenali sebelumnya, hal ini tentu saja akan menjadi keuntungan tersendiri untuk kita.

Karena, kita bisa dengan bebas memilih dan membeli sebuah Smartphone Android yang bisa dengan mudah kita sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki, karena ada banyaknya variasi jenis dari Smartphone Android yang dijual tersebut.

Salah satu Brand Smartphone Android yang laris dijual ditanah air kita adalah Vivo, jika kalian belum mengetahui informasi ini, maka kalian harus tahu sebelumnya.

Itu adalah karena Vivo memang sudah menjadi salah satu Brand Smartphone Android yang masuk kedalam daftar Top 5 Best Selling Smartphone yang ada di Indoensia ini, dan didalam daftar 5 besar tersebut, Brand Vivo bisa bersaing dengan sangat ketat dengan Brand seperti Oppo, Xiaomi dan bahkan Samsung.

Hal ini sejalan lurus dengan fakta yang ada dilapangan, karena pada dasarnya pengguna Smartphone Android Vivo saat ini memang sudah kian menjamur dan terkesan selalu bertambah setiap harinya, salah satu hal yang membuat kondisi ini terjadi, ialah karena memang pada faktanya pihak Vivo memang bisa membuat dan menjual sebuah Smartphone Android yang berkualitas.

Selain itu, Smartphone Android buatan Vivo juga sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat kita sekarang ini, sebut saja contohnya seperti handal dalam urusan Photography dan Gaming, lalu Desain dari Smartphone Android Vivo itu juga terkesan sangat unik dan berkelas tentunya.

Nah, itu adalah fakta terkait kenapa Smartphone Android Vivo bisa berkembang sejauh ini ditanah air kita sekarang, tetapi lebih dari semua itu pihak Vivo bisa berhasil sukses dipasar kita ini, karena memang mereka sangat gencar untuk mengiklankan produk Smartphone Android mereka melalui beragam media.

Sebut saja seperti Iklan di Televisi, Banner dijalanan dan Iklan dari Smartphone Android Vivo tersebut banyak berseliwiran di Internet tentunya, lebih lanjut lagi sekarang ini Counter / Gerasi Resmi Smartphone Android Vivo tersebut memang hampir ada disetiap penjuru kota yang ada di Indonesia.

Lalu, hal paling menarik dari Smartphone Android Vivo selain dari Spesifikasi dan harganya tersebut, ialah karena pelayanan mereka yang maksimal, hal ini terbukti dengan banyak tersedianya Service Center untuk Smartphone Android Vivo tersebut yang memang telah tersebar dibanyak kota besar di Negara Indonesia ini.

Dengan kemudahan untuk beragam tindakan Klaim Garansi dan Pengajuan Service tersebut, maka disini kami berani bilang, bahwa pelayanan maksimal dari Pihak Vivo inilah yang menjadi salah satu alasan, kenapa banyak Konsumen yang lebih memilih Smartphone Android Vivo dibandingkan Brand lain, karena perspektif kami juga demikian.

Pada artikel kali ini, kami memang tidak akan berbicara terkait masalah seperti Klaim Garansi, Sepsfikasi dan Harga dari Smartphone Android Vivo tersebut.

Melainkan disini, fokus pembahasan kami disini ialah terkait masalah Teknis yang ada didalam Smartphone Android Vivo tersebut yang berhubungan dengan sebuah Tools yang sangat bermanfaat dan tentu saja letakanya akan tersembunyi.

Maka, pembahasan kita kali ini hanya akan fokus kesebuah Tool yang pastinya ada di hampir setiap Smartphone Android yang ada sekarang ini, yaitu adalah Tool Recovery!


Fungsi Tool Recovery Android


Mungkin banyak dari kalian yang masih awam terkait masalah Tool Recovery yang harusnya ada pada setiap Smartphone Android tersebut.

Nah, jika kalian adalah pengguna awam dan baru tahu bahwa sebenarnya di Smartphone Android yang kalian gunakan, terkhusus untuk Smartphone Android Vivo tersebut ada sebuah Tool Recovery yang pada faktanya memang tidak disediakan untuk pengguna pada umumnya.

Karena sifat dari Tool Recovery ini yang teknis, sehingga tentu saja kalian harus paham dulu kegunaan dan peran penting dari fungsi Tool Recovery tersebut.

Perlu kalian ketahui, kami pun pastinya tidak akan membuat artikel ini, jika memang Tool Recovery tersebut tidak layak atau tidak penting untuk dibahas, tetapi kami tetap menulis artikel sederhana ini, karena kami tahu bahwa penggunaan Tool Recovery pada Smartphone Android itu sangat penting.

Tool Recovery yang ada disetiap Smartphone Android itu akan memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu adalah untuk tujuan sebagai berikut :


  • Maintenance
  • Repairing
  • Upgrading


Sebenarnya, 3 fungsi diatas adalah fungsi utama dari Tool Recovery yang ada disetiap Smartphone Android tersebut.

Sehingga, tentu saja kalau kalian bertanya apa pentingnya Tool Recovery tersebut, maka sudah jelas kami akan mengatakan Tool Recovery itu akan sangat penting fungsinya, jika kalian bisa memanfaatkannya dengan benar.

Jika, pemanfaatannya benar, maka sudah pasti kalian akan diuntungkan dari berbagai aspek, seperti biaya perbaikan akan minim, karena bisa kalian perbaiki sendiri dan juga manfaat lainnya adalah kalian bisa dengan mudah mengontrol semua aktifitas yang ada di System OS Smartphone Android bersangkutan.

Seperti, jika Smartphone Android kalian melamban, maka kalian memerlukan tindakan Hard Reset, bukan tindakan Hard Reset biasa yang ada di menu Settings (Pengaturan), tetapi jauh lebih Advanced dari itu dan hal ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan Tool Recovery Android tersebut saja.

Lalu, masih ada banyak hal lain lagi yang bisa dilakukan oleh Tool Recovery pada Smartphone Android tersebut, bagaimana dengan Tool Recovery pada Smartphone Android Vivo? pada faktanya sama saja fungsinya.


Tool Recovery Vivo (Semua Tipe)


Nah, setelah kalian paham terkait penjelasan singkat diatas, maka akan kita lanjutkan lagi pembahasan kita kali ini, terkait dengan Smartphone Android yang menjadi titik fokus utama kita kali ini, yaitu adalah Smartphone Android Vivo!

Apakah Smartphone Android Vivo juga memiliki sebuah Tool Recovery?

Tentu saja punya dan sifatnya ini adalah default, yang bisa kita artikan bahwa Tool Recovery ini sejatinya sudah ada sejak awal pembelian dan sudah menjadi satu bagian didalam System OS Android yang sudah dimodfikasi oleh OEM Vivo tersebut yaitu adalah Custom ROM FuntouchOS.

Apakah Tool Recovery ini tersedia untuk semua Smartphone Android Vivo ?

Harusnya memang tersedia untuk semua Smartphone Android Vivo, karena dari yang kami tahu, dibeberapa Smartphone Android Vivo yang ada sekarang ini, semuanya memiliki Tool Recovery tersebut secara default yang sudah disuntikan ke System FuntouchOS.

Sehingga, jika Smartphone Android Vivo kalian masih orisinil, dalam artian tidak menggunakan Custom ROM lain selain Custom ROM resmi dari Vivo, yaitu FuntouchOS, harusnya Tool Recovery bawaan Vivo tersebut, tetap bisa kalian akses dan bisa kalian gunakan kapanpun.

Lalu, apa fungsi dari Tool Recovery Vivo tersebut?

Secara umum, kalian harus ketahui dulu, bahwa Tool Recovery yang ada di Smartphone Android Vivo secara defaultnya itu memang berjenis "Stock Recovery" yang tentu saja dalam fungsinya akan memiliki keterbatasan dan tidak akan memiliki banyak fitur seperti yang ada pada Custom Recovery lain, seperti TWRP.

Karena, secara default pihak Vivo menyertakan Tool Recovery bawaan ini adalah untuk bertujuan atau mempunyai fungsi sebagai berikut :


  1. Sebagai media untuk melakukan Update ROM FuntouchOS secara Otomatis / Manual
  2. Sebagai media untuk melakukan Soft / Hard Reset


Ya! Tool Recovery yang ada secara default di Smartphone Android Vivo memang hanya bisa digunakan untuk 2 hal itu saja, secara umumnya.

Tetapi, kami percaya sebenarnya Tool Recovery di Smartphone Android Vivo itu bisa digunakan untuk hal lain, tetapi mungkin masalah ini hanya bisa diketahui oleh orang-orang Vivo atau para Teknisi saja.

Sehingga, hal umum yang bisa kita gunakan dari Tool Recovery dari Smartphone Android Vivo tersebut, memang hanya 2 hal yang sudah kami sebutkan diatas saja.

Lalu, kapan Tool Recovery Vivo tersebut digunakan?


Pengguaan Tool Recovery Vivo


Lebih lanjut lagi, Tool Recovery di Smartphone Android Vivo tersebut, akan sangat berguna untuk dimanfaatkan kemampuannya, meski pada kenyataannya yang bisa kalian lakukan hanya terbatas akan 2 hal saja.

Tetapi, kedua hal tersebut tetap akan sangat bermanfaat dan akan bernilai besar jika bisa kalian gunakan secara maksimal.

Umumnya, Tool Recovery yang ada pada Smartphone Android Vivo tersebut akan sangat hebat dampak penggunaanya, ketika dalam kondisi sebagai berikut :


  1. Kalian ingin melakukan Hard Reset atau Soft Reset dengan jangkauan yang lebih Advanced.
  2. Bisa digunakan untuk memasang Firmware Vivo secara Offline.


Untuk masalah Soft / Hard Reset tersebut memang sudah kami singgung diatas, sehingga disini hal yang akan kami fokuskan adalah terkait fungsi Tool Recovery Vivo tersebut, sebagai sebuah Media untuk melakukan Upgrade ROM secara Offline.

Seperti yang kalian ketahui, di System Smartphone Android Vivo tersebut, kalian memang bisa melakukan Update secara otomatis, karena pada dasarnya fitur Update via OTA (Over The Air) memang sudah disediakan.

Tetapi, dalam beberapa kondisi kalian juga memerlukan teknik Update Firmware / ROM Vivo tersebut secara Offline, tentu saja kalian harus mendownload Firmware yang akan digunakan tersebut, lalu meletakannya di Internal Storage Smartphone Android Vivo yang kalian miliki.

Setelahnya, dengan Tool Recovery bawaan Vivo tersebut, kalian bisa melakukan Update ROM tersebut secara Full, tentu saja ada beragam keuntungan yang bisa kalian dapatkan dengan melakukan cara ini, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Clean Flash
  2. Bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah Bootloop dan Brick
  3. Bisa sebagai Solusi untuk mengatasi masalah Gagal Update via OTA
  4. Tipikal System FuntouchOS akan lebih Stabil, karena sifat Update ROM yang dilakukan dari Tool Recovery tersebuy ialah Full ROM dan bukan Patch ROM, seperti ketika melakukan Update secara OTA


Dengan beragam keuntungan diatas, meski pada kenyataannya fitur yang ada dalam Tool Recovery Vivo tersebut sangat terbatas, tetap saja kalian akan mendapatkan banyak hal positif dari penggunaan Tool Recovery Stoct Vivo tersebut.

Lalu, disini harus kami katakan kepada kalian, bahwa pada kenyataannya Tool Recovery Vivo itu tersembunyi dan hanya bisa diakses melalui cara tertentu saja.


Tool Recovery Vivo memang sengaja disembunyikan


Jika kalian adalah pengguna Smartphone Android baru atau pengguna awam yang baru saja tahu terkait masalah Tool Recovery yang ada pada OS Android tersebut, mungkin akan cukup bingung terkait hal ini.

Karena pada dasarnya Tool Recovery ini tidak akan bisa kalian temukan didalam System OS biasa, karena letaknya yang berbeda tentunya.

Dengan demikian, maka disini kalian tidak akan bisa menemukan Tool Recovery Vivo tersebut, baik pada Aplikasi Settings atau pada menu-menu yang ada pada Interface System FuntouchOS secara normal tersebut.

Fitur Tool Recovery Vivo tersebut, memang sangaja disembunyikan, karena pada dasarnya Tool ini memang tidak disediakan untuk pengguna yang tidak berkepentingan, sehingga Tool Recovery ini memang hanya akan bisa diketahui oleh pada pengguna Smartphone Android Vivo yang sudah Advanced saja.

Sebenarnya, sama saja seperti Tool Recovery dikebanyakan Smartphone Android lain, karena biasanya Tool Recovery itu memang tidak bisa ditemukan didalam Interface System utama, karena letaknya yang berlainan.

Secara umum, System dan Recovery itu terletak pada System Part yang berbeda, sehingga Tool Recovery ini sudah jelas tidak bisa dioperasikan di Interface System utama, sehingga jika kalian ingin menggunakan Tool Recovery tersebut, maka sudah jelas disini kalian akan berpindah Mode.

Yaitu, dari Mode Normal ke Mode Recovery, meski letak Partnya yang berbeda dari System, pada kenyataannya Tool Recovery ini memang erat kaitannya dengan System OS Android utama tersebut, karena dengan melalui Tool Recovery tersebut, kalian bisa dengan mudah langsung bersinggungan dengan System utama.

Sehingga, benar saja kalian bisa melakukan beragam hal, seperti melakukan Factory Reset atau menginstall / mengupdate ROM / Firmware terkait, yang sudah kami jelaskan diatas.

Jika, letak Tool Recovery Vivo tersebut tersembunyi, maka bagaimana cara mengaksesnya ?


Cara mengakses Tool Recovery Vivo


Sampailah kita pada pembahasan utama kita kali ini, yaitu adalah terkait cara untuk mengakses Tool Recovery yang ada pada Smartphone Android Vivo tersebut.

Disini kita akan menggunakan sebuah cara khusus yang tentu saja, ini adalah cara resmi yang sudah disediakan oleh pihak Vivo untuk bisa mengakses Tool Recovery tersebut.

Sebenarnya cara ini bisa diaplikasikan pada semua jenis Smartphone Android Vivo, terkhusus untuk Smartphone Android Vivo generasi terbaru, mungkin yang sudah dirilis dari 2 tahun yang lalu hingga sekarang, kami pastikan cara kerja untuk mengakses Tool Recovery Vivo tersebut, akan bisa berhasil untuk kalian lakukan.

Pada kasus ini, kami menggunakan Smartphone Android Vivo dengan seri V17 Pro dengan System OS FuntouchOS 9.1, meski kalian tidak menggunakan Smartphone Android Vivo yang sama dengan kami.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, cara kerja untuk masuk ke Mode Recovery Vivo tersebut akan sama saja, antar semua Smartphone Android Vivo tersebut.

Cara kerja yang kami maksud disini adalah dengan cara menekan kombinasi Tombol Khusus yang ada pada Smartphone Android Vivo terkait, baiklah tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah Tutorial Cara Masuk ke Mode Recovery Vivo (Semua Tipe) :


  1. Matikan (Power OFF) Smartphone Android Vivo kalian.
  2. Selanjutnya, silahkan tekan Tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan.
  3. Tahan Kombinasi Tombol tersebut selama 10 Detik hingga muncul Logo Vivo.
  4. Tetap Tahan Kombinasi Tombol tersebut, hingga Smartphone Android Vivo kalian masuk ke Mode ini :
Mode Recovery Vivo, Cara Masuk ke Mode Recovery Vivo, Cara Akses Mode Recovery Vivo, Tool Recovery Vivo, Tekan Tombol Recovery Vivo, Tombol Kombinasi Recovery Vivo, Agar bisa menggunakan Recovery Vivo, Apa itu Recovery Vivo, Fungsi Recovery Vivo, Cara pakai Recovery Vivo, Cara menjalankan Recovery Vivo, Cara menuju menu Recovery Vivo, Cara masuk ke Menu Recovery Mode Vivo, Cara Recovery Vivo semua tipe, Recovery bawaan Vivo, Vivo Stock Recovery
  1. Pada tampilan ini silahkan gunakan Tombol Volume Up (+) untuk Navigasi keatas dan Tombol Volume Down (-) untuk Navigasi kebawah, untuk Tombol Eksekusi / Action-nya adalah Tombol Power.
Mode Recovery Vivo, Cara Masuk ke Mode Recovery Vivo, Cara Akses Mode Recovery Vivo, Tool Recovery Vivo, Tekan Tombol Recovery Vivo, Tombol Kombinasi Recovery Vivo, Agar bisa menggunakan Recovery Vivo, Apa itu Recovery Vivo, Fungsi Recovery Vivo, Cara pakai Recovery Vivo, Cara menjalankan Recovery Vivo, Cara menuju menu Recovery Vivo, Cara masuk ke Menu Recovery Mode Vivo, Cara Recovery Vivo semua tipe, Recovery bawaan Vivo, Vivo Stock Recovery
  1. Silahkan pilih menu Recovery Mode untuk bisa masuk ke Tool Recovery Vivo.
  2. Smartphone Android Vivo kalian akan Reboot setelah ini dan setelahnya akan langsung masuk ke Mode Recovery Vivo secara otomatis.
Mode Recovery Vivo, Cara Masuk ke Mode Recovery Vivo, Cara Akses Mode Recovery Vivo, Tool Recovery Vivo, Tekan Tombol Recovery Vivo, Tombol Kombinasi Recovery Vivo, Agar bisa menggunakan Recovery Vivo, Apa itu Recovery Vivo, Fungsi Recovery Vivo, Cara pakai Recovery Vivo, Cara menjalankan Recovery Vivo, Cara menuju menu Recovery Vivo, Cara masuk ke Menu Recovery Mode Vivo, Cara Recovery Vivo semua tipe, Recovery bawaan Vivo, Vivo Stock Recovery
  1. Sampai disini, kalian sudah bisa berhasil untuk masuk ke Mode Recovery Vivo tersebut.
  2. Selanjutnya, silahkan lakukan apa yang ingin kalian lakukan.
  3. Untuk keluar dari Mode Recovery Vivo tersebut, kalian hanya perlu memilih Opsi Shut Down atau Restart.
  4. Setelah Restart / Shut Down, maka Smartphone Android Vivo kalian akan kembali masuk ke Normal Mode.
  5. Done!


Bagaimana? mudah sekali bukan untuk bisa mengakses Tool Recovery bawaan dari Smartphone Android Vivo tersebut.

Memang perlu kami akui, Fitur yang tersedia pada Tool Recovery Stock Vivo tersebut memang sangat terbatas, lalu juga Tool Recovery Vivo tersebut memang memiliki kekurangan lain, yaitu tidak support Touch Screen.

Sehingga, mau tidak mau, kalian harus puas dengan hal tersebut, tetapi jika kalian menginginkan sebuah Tool Recovery yang lebih Advanced dari pada penggunaan Tool Recovery bawaan Vivo tersebut.

Maka, kalian harus menggunakan Custom Recovery, yang jelas saja fiturnya akan lebih banyak dan lengkap, lalu juga sudah Support Touch Screen, sehingga kalian tidak akan kesusahan lagi untuk melakukan Navigasi didalam Mode Recovery tersebut.

Salah satu Custom Recovery terkenal dan memiliki fitur yang paling lengkap yang ada saat ini memang hanya TWRP saja, jika kalian berminat kalian bisa mencoba Custom Recovery TWRP tersebut, jika tidak tahu caranya silahkan ikuti Tutorial dibawah ini :


Meski demikian, ada beragam persyaratan yang dibutuhkan untuk pemasangan Custom Recovery tersebut pada Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan sekarang.

Jika, semua persyaratan sudah bisa kalian penuhi, maka harusnya kalian sudah bisa berpindah dari Tool Recovery bawaan Vivo ke Custom Recovery TWRP yang memiliki fitur yang lebih banyak dengan fungsionalitas yang lebih luas tentunya.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan sederhana kita kali ini, kami harap kalian bisa dengan mudah memahami apa yang sudah kami sampaikan diatas.

Jika, kalian tidak bisa atau tidak berani mengikuti apa yang sudah kami jelaskan secara singkat diatas, maka hal ini bisa kalian jadikan pengetahuan saja, karena pada dasarnya masih ada banyak hal menarik dan berguna di Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan sekarang.

Tentu saja semua hal tersebut tidak akan bisa ditemukan di penggunaan Smartphone Android Vivo yang biasa saja dan umumnya diperlukan hal-hal khusus untuk bisa menggunakan beragam hal menarik tersebut.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga kalian berhasil mengikuti Tutorial yang sudah kami jelaskan diatas dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot