RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara cek Codename Android, Cara lihat Codename Android, Cara mengetahui Codename Android, Arti Codename Android, Kegunaan Codename Android, Pengertian Codename Android, Mengetahui informasi product Android, Cara lihat Codename Android dengan aplikasi, Cara cek Codename Android dengan CMD, Cara cek Codename Android dengan Windows

Smartphone Android memang menjadi salah satu barang yang sangat umum kita jumpai sekarang ini, benar saja Smartphone Android seakan sudah menjadi salah satu barang wajib untuk beberapa lapisan masyarakat modern, karena sifat dan fungsinya yang memang sangat bisa diandalkan.

Umumnya Smartphone Android itu bukan hanya bisa digunakan untuk melakukan Komunikasi secara digital saja, melainkan lebih dari itu, karena Samrtphone Android yang ada saat ini, sudah bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan.

Sebut saja seperti keperluan untuk hiburan, meringankan pekerjaan, penyaluran hobi serta bakat dan Smartphone Android juga bisa digunakan untuk bisa menghasilkan penghasilan tambahan ataupun dibisniskan.

Nah, dengan banyaknya manfaat dari Smartphone Android tersebut, maka wajar saja jika penggunaan Smartphone Android sekarang ini memang sangat umum untuk dijumpai, terlebih harga dari Smartphone Android tersebut yang sangat variatif dan mudah dijangkau oleh hampir semua lapisan masyarakat.

Seperti yang kalian ketahui, Smartphone Android itu memang menjadi jenis Smartphone terpopuler saat ini, hal ini terjadi karena pada dasarnya pihak Google selaku pengembang dari OS Android tersebut, memang benar-benar totalitas dalam membuat OS yang sejalan dengan kemauan pasar.

Selain itu, karena OS Android tersebut bersifat Open Source, maka tidak mengherankan jika saat ini kita bisa melihat banyak sekali Inovasi canggih dengan teknologi mutakhir yang ada pada beberapa jenis Smartphone Android hasil buatan dari Brand besar.

Tentu saja, kita sebagai pengguna yang akan sangat diuntungkan melalui hal ini, lalu hal yang tidak kalah menarik lainnya adalah Komunitas pada Smartphone Android itu sudah benar-benar besar.

Kalian bisa dengan mudah mencari dan menggunakan beragam hal menarik dan unik yang bisa kalian temukan dalam Komunitas Smartphone Android tersebut.

Menariknya, setiap Brand Smartphone Android dari beragam seri tersebut, memang memiliki Forum atau Komunitasnya tersendiri, sehingga kalian bisa dengan mudah mencari sesuatu yang spesifik untuk digunakan pada Smartphone Android yang kalian miliki tersebut.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, pada faktanya Smartphone Android sekarang ini ada banyak sekali jenis dan variantnya, beberapa Smartphone Android itu memang memiliki tampilan dan fitur yang sama.

Tetapi, sebenarnya kalian bisa dengan mudah mengidentifikasi antar Smartphone Android tersebut, dengan cara apa?

Mudah saja, kalian hanya perlu mengetahui Codename dari Smartphone Android terkait!

Lalu, apa sih Codename pada Smartphone Android tersebut? kenapa bisa menjadi penting?


Codename pada Smartphone Android


Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, pada faktanya kalian bisa dengan mudah membedakan antar Smartphone Android dari Codename yang digunakan pada Smartphone Android terkait.

Untuk kalian ketahui, setiap Smartphone Android itu memiliki Codename yang berbeda-beda dan tidak sama satu dengan yang lainnya.

Penggunaan Codename sendiri sudah jelas untuk memberikan identitas pada Smartphone Android terkait, mungkin penggunaan Codename tersebut memang menjadi salah satu syarat dalam pendaftaran produk Smartphone Android baik secara Lokal ataupun International.

Codename sendiri jelas saja berbeda dengan nama Brand ataupun seri dari Smartphone Android terkait.

Umumnya, Codename itu digunakan untuk memberikan identitas pada Hardware dan Software yang digunakan pada Smartphone Android tertentu secara spesifik.

Codename pada Smartphone Android sendiri bisa berupa bentuk kata-kata yang abstrak, barisan angka saja, kombinasi antara huruf dan angka ataupun diberi nama secara jelas, untuk contoh mudahnya kalian bisa memahaminya lewat contoh Codename dibawah ini :


  • tshdf
  • 8865
  • gp01
  • sagitarius


Memang tidak ada ketentuan pasti untuk pemberian identitas pada Codename Smartphone Android tersebut, tetapi kenyataannya setiap Smartphone Android yang resmi dijual, baik dalam pasar Lokal ataupun International, semuanya wajib menggunakan Codename.

Karena Codename itu sendiri adalah sebuah pemberian identitas unik yang biasanya diperlukan untuk mengidentfikasi jenis Product Smartphone Android, selain dari informasi terkait Brand dan seri.

Lalu, pertanyaannya adalah apa sih pentingnya penggunaan Codename tersebut? dan kenapa kalian harus mengetahui informasi Codename yang ada pada Smartphone Android yang kalian gunakan saat ini?


Pentingnya Codename Android


Pada pembahasan diatas, sudah kami jelaskan apa itu Codename pada Smartphone Android dan kenapa Codename tersebut digunakan.

Lalu, kalian sebagai pengguna apakah harus tahu terkait Codename di Smartphone Android yang kalian gunakan?

Jawabannya, bisa harus dan tidak, sebenarnya kalian tidak harus tahu terkait penggunaan Informasi Codename tersebut pada Smartphone Android yang kalian gunakan saat ini, itu jika kalian adalah pengguna Smartphone Android biasa saja dan bukan pengguna Advanced.

Namun, penggunaan informasi Codename tersebut akan menjadi sangat penting untuk para pengguna Smartphone Android Advanced, kenapa?

Karena dengan mengetahui Codaname dari Smartphone Android yang kalian gunakan, maka kalian bisa dengan mudah mencari Resource apapun yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk kalian seperti :


  • Penggunaan Tool khusus
  • Firmware
  • Custom ROM / Kernel / Recovery
  • Tutorial
  • File Mod


Nah, pada faktanya ketersediaan Resource yang kami sebutkan diatas itu semuanya ditandai dengan Codename, sehingga jelas saja pada kondisi itu nama dari Seri Smartphone Android ataupun Brand tidak akan disebutkan lagi.

Jika, kalian tidak tahu informasi Codename di Smartphone Android yang kalian gunakan tersebut, maka jelas saja kalian pasti akan kebingungan dalam mencari Resource yang bisa kalian gunakan untuk beragam keperluan.

Jikapun ada, maka Resource tersebut pasti akan tesedia secara terbatas, sehingga biasanya para Professional itu pasti akan menggunakan Codename untuk menyebutkan suatu product Smartphone Android.

Sebut saja, seperti penggunaan beberapa Tool khusus seperti Benchmark ataupun Tool untuk Maintenance ataupun Repairing, percaya saja semuanya hampir menggunakan Codename untuk menyebut identitas dari Smartphone Android secara spesifik.

Itulah kenapa, penggunaan informasi Codename tersebut akan menjadi sangat penting, bahkan teramat penting untuk kalian ketahui, demi kelancaran dalam menggunakan Smartphone Android yang kalian gunakan saat ini tentunya.

Lalu, apakah ada cara untuk bisa mengetahui Codename dari Smartphone Android yang digunakan tersebut?

Jelas sekali ada, namun perlu kalian ketahui, untuk bisa mengetahui Codename dari Smartphone Android itu tidak bisa hanya dilihat dari Dus Box Smartphone Android ataupun dari Alamat Website resmi Product Smartphone Android terkait.

Karena, pada faktanya untuk mengetahui Codename dari suatu Smartphone Android itu, memang memerlukan cara yang bisa dibilang cukup teknis.

Lalu, cara apa saja yang bisa digunakan untuk melihat informasi Codename pada Smartphone Android tersebut?


Cara Cek Codename semua Smartphone Android


Sebenarnya ada begitu banyak cara untuk bisa melihat informasi Codename yang ada pada sebuah Smartphone Android, bisa itu menggunakan sebuah Aplikasi (APK) khusus, menggunakan Tool khusus pada OS Windows / Linux ataupun menggunakan cara-cara tertentu guna untuk mendapatkan informasi yang ada pada Smartphone Android terkait tersebut.

Tentu saja, disini kami punya caranya dan sekali lagi, cara yang kami sebutkan dibawah ini hanyalah salah satu cara dari beberapa cara yang bisa kalian gunakan.

Namun, kami pastikan 2 cara yang akan kami jelaskan dibawah ini, sudah cukup untuk bisa mengetahui terkait jenis informasi Codename yang ada pada Smartphone Android yang kalian miliki.

Kalian tidak perlu khawatir, karena 2 cara dibawah ini bisa kalian ikuti dengan sangat mudah, karena prosesnya yang instant dan tentu saja dengan hasil yang maksimal.

2 cara yang kami maksud dibawah ini, ialah menggunakan 2 media yang berbeda, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Langsung menggunakan Smarphone Android dengan Aplikasi khusus
  2. Menggunakan Command Prompt di Komputer Windows


Selanjutnya, agar studi kasus ini terpercaya dengan hasil yang bisa kalian harapkan, maka disini akan kami praktekan cara yang akan kami jelaskan dibawah ini untuk mencari Codename dari 4 Smartphone dibawah ini, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Redmi Note 8
  • Vivo V17 Pro
  • Asus Zenfone Max Pro M1
  • Xiaomi Redmi Note 3 Pro


Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, pada faktanya Codename dari tiap Smartphone Android itu berbeda-beda, mari kita buktikan pada studi kasus dibawah ini.


Cara melihat Codename Android dengan APK khusus


Baiklah, kita akan mulai pembahasan pertama kita kali ini, seperti yang telah kami sebutkan diatas, cara pertama ini bisa kalian praktekan dengan sangat mudah, karena bisa langsung dijalankan di Smartphone Android yang sedang kalian gunakan sekarang ini.

Informasi Codename yang bisa ditampilkan Aplikasi satu ini 100% akurat, selama masa percobaan kami dengan banyak Smartphone Android.

Aplikasi ini berhasil menampilkan Codename sebenarnya dari Smartphone Android tersebut, dengan persentase 100%, sehingga artinya cara pertama ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian, agar bisa mengetahui informasi Codename yang ada pada Samrtphone Android yang sedang kalian gunakan sekarang ini.

Menariknya, Aplikasi ini tersedia secara gratis dari Google Play Store dengan Size yang sangat kecil, artinya Kouta Internet Data kalian tidak akan banyak tersedot habis.

Aplikasi yang kami maksud disini adalah bernama Device ID, untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambaran Aplikasinya dibawah ini :

Cara cek Codename Android, Cara lihat Codename Android, Cara mengetahui Codename Android, Arti Codename Android, Kegunaan Codename Android, Pengertian Codename Android, Mengetahui informasi product Android, Cara lihat Codename Android dengan aplikasi, Cara cek Codename Android dengan CMD, Cara cek Codename Android dengan Windows

Jika kalian malas untuk mencarinya, silahkan langsung saja kunjungi URL Link dibawah ini :


Setelahnya, silahkan Download dan Install di Smartphone Android kalian, lalu buka Aplikasi tersebut.

Secara cepat, informasi yang ingin kalian ketahui, bisa ditampilkan dari Aplikasi tersebut, untuk melihat Codename tersebut, kalian bisa melihatnya pada bagian Informasi Device Codename yang ditampilkan oleh Aplikasi Device ID tersebut.

Hasilnya, bisa kalian lihat sendiri pada 4 jenis Smartphone Android berbeda yang kami uji coba kali ini, berikut adalah Codename yang bisa diketahui :

Cara cek Codename Android, Cara lihat Codename Android, Cara mengetahui Codename Android, Arti Codename Android, Kegunaan Codename Android, Pengertian Codename Android, Mengetahui informasi product Android, Cara lihat Codename Android dengan aplikasi, Cara cek Codename Android dengan CMD, Cara cek Codename Android dengan Windows
(Vivo V17 Pro)

Cara cek Codename Android, Cara lihat Codename Android, Cara mengetahui Codename Android, Arti Codename Android, Kegunaan Codename Android, Pengertian Codename Android, Mengetahui informasi product Android, Cara lihat Codename Android dengan aplikasi, Cara cek Codename Android dengan CMD, Cara cek Codename Android dengan Windows
(Redmi Note 8)

Cara cek Codename Android, Cara lihat Codename Android, Cara mengetahui Codename Android, Arti Codename Android, Kegunaan Codename Android, Pengertian Codename Android, Mengetahui informasi product Android, Cara lihat Codename Android dengan aplikasi, Cara cek Codename Android dengan CMD, Cara cek Codename Android dengan Windows
(Asus Zenfone Max Pro M1)

Cara cek Codename Android, Cara lihat Codename Android, Cara mengetahui Codename Android, Arti Codename Android, Kegunaan Codename Android, Pengertian Codename Android, Mengetahui informasi product Android, Cara lihat Codename Android dengan aplikasi, Cara cek Codename Android dengan CMD, Cara cek Codename Android dengan Windows
(Xiaomi Redmi Note 3 Pro)

Seperti yang kalian lihat pada studi kasus diatas, bisa kita ketahui bahwa ke-4 Smartphone Android yang kami uji coba tersebut, memiliki Informasi Codename yang berbeda-beda, berikut adalah detailnya :

  • Redmi Note 8 (Ginkgo)
  • Vivo V17 Pro (1910)
  • Asus Zenfone Max Pro M1 (ASUS_X00T_2)
  • Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Kenzo)

Dari hasil yang sudah kami gambarkan diatas, maka bisa kita buktikan sendiri, bahwa setiap Smartphone Android itu memiliki Codename yang berbeda-beda satu sama lainnya dan tidak akan pernah sama.

Lalu, bagaimana jika Smartphone Android kalian sedang mengalami masalah, seperti sedang Brick dan Bootloop, otomatis menggunakan Aplikasi diatas adalah hal yang mustahil untuk dilakukan?

Maka, tenang saja masih ada cara lain untuk bisa mengetahui Codename dari Smartphone Android terkait, tetapi cara selanjutnya ini mesti menggunakan media Perangkat Komputer berbasis OS Windows untuk bisa mengetahui Codename yang dimaksud.


Cara melihat Codename Android dengan CMD Windows


Sebenarnya, cara ini tidak kami rekomendasikan, karena memang terbilang sedikit cukup rumit, jika Smartphone Android kalian baik-baik saja, maka silahkan gunakan cara pertama yang sudah kami jelaskan diatas saja.

Namun, jika kondisi diatas tidak memungkinkan untuk kalian lakukan, maka kalian tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan cara dibawah ini, yaitu dengan cara menggunakan Command Prompt Windows.

Cara ini menggunakan kemampuan Fastboot dan Command Lines khusus untuk kemampuan Fastboot Android, sehingga cara ini jelas saja akan bersifat teknis.

Selain itu, kalian disini juga memerlukan Driver khusus, yang bernama Fastboot Driver agar kalian bisa memasukan perintah Fastboot yang akan kami sebutkan dibawah ini nanti.

Maka dari itu, pastikan kalian memasangkan Fastboot Driver terlebih dahulu pada Komputer / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang ini, silahkan gunakan satu dari beberapa Fastboot Driver yang sudah kami sediakan dibawah ini :


Karena menggunakan Fastboot, apakah perlu kondisi Unlock Bootloader sebelum menggunakan cara ini?

Jawabannya, tidak perlu! karena disini kita hanya akan mencongkel informasi saja dan tidak menginstall atau merubah apapun dari File Partisis System, sehingga kalian bisa mempraktekan cara ini kapanpun kalian mau, meski Smartphone Android kalian belum Unlock Bootloader.

Lalu, ada persyaratan lain yang harus kalian penuhi, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Kabel USB
  2. Smartphone Android yang sudah masuk ke Mode Fastboot
  3. Android USB Driver Universal sudah terpasang di OS Windows

Jika kalian belum memiliki Android USB Driver Universal seperti yang sudah kami sebutkan diatas, maka silahkan Download dan Install Android USB Driver Universal melalui halaman yang sudah kami sediakan dibawah ini :


Jika semua hal diatas sudah kalian persiapkan, maka kalian sudah siap untuk mencari tahu terkait informasi Codename pada Smartphone Android yang kalian gunakan saat ini, caranya bisa kalian ikuti dibawah ini :

  1. Pastikan Smartphone Android kalian sudah masuk ke Mode Fastboot (Download).
  2. Hubungkan Smartphone Android kalian ke Komputer / Laptop Windows dengan Kabel USB.
  3. Selanjutnya, silahkan buka Aplikasi Command Prompt Windows dan pastikan sudah kalian arahkan ke Folder Target Fastboot Driver, jika kalian tidak tahu caranya, silahkan ikuti cara dibawah ini :
  1. Jika, CMD sudah terbuka, silahkan masukan perintah Fastboot dibawah ini, untuk mengetahui apakah Smartphone Android kalian sudah terhubung dengan baik atau tidak.
fastboot devices
  1. Lalu, masukan lagi perintah dibawah ini, untuk mengetahui semua Informasi yang ada pada Smartphone Android yang kalian miliki :
fastboot getvar all
  1. Maka, akan banyak list informasi yang muncul, untuk Codenam sendiri, bisa kalian lihat pada bagian List bertuliskan "Product :" yang biasanya bisa kalian temukan dibagian akhir List yang tampil tersebut.
  2. Berikut adalah beberapa contoh Codename yang bisa diketahui dengan cara ini :
Cara cek Codename Android, Cara lihat Codename Android, Cara mengetahui Codename Android, Arti Codename Android, Kegunaan Codename Android, Pengertian Codename Android, Mengetahui informasi product Android, Cara lihat Codename Android dengan aplikasi, Cara cek Codename Android dengan CMD, Cara cek Codename Android dengan Windows
(Xiaomi Redmi Note 3 Pro)

Cara cek Codename Android, Cara lihat Codename Android, Cara mengetahui Codename Android, Arti Codename Android, Kegunaan Codename Android, Pengertian Codename Android, Mengetahui informasi product Android, Cara lihat Codename Android dengan aplikasi, Cara cek Codename Android dengan CMD, Cara cek Codename Android dengan Windows
(Redmi Note 8)

  1. Jika, kalian sudah mengetahui Codename dari Smartphone Android kalian, maka kalian bisa saja langsung melakukan Reboot dengan cara memasukan perintah dibawah ini :
fastboot reboot
  1. Setelahnya, Smartphone Adnroid kalian akan Reboot / Restart secara otomatis.
  2. Done!

Perlu kalian ketahui, cara cek Codename dengan menggunakan CMD di OS Windows diatas, nampaknya tidak begitu efektif untuk beberapa jenis Smartphone Android, karena bisa jadi informasi yang ditampilkan salah.

Sebagai contohnya, seperti yang sudah kami sebutkan diatas, Codename dari Smartphone Android Vivo V17 Pro adalah 1910, tetapi ketika menggunakan cara CMD Windows diatas, informasi yang ditampilkan justru berbeda, bisa kalian lihat sendiri :

Cara cek Codename Android, Cara lihat Codename Android, Cara mengetahui Codename Android, Arti Codename Android, Kegunaan Codename Android, Pengertian Codename Android, Mengetahui informasi product Android, Cara lihat Codename Android dengan aplikasi, Cara cek Codename Android dengan CMD, Cara cek Codename Android dengan Windows
(Vivo V17 Pro)

Informasi Product yang ditampilkan diatas adalah Informasi terkait jenis Codename untuk Processor yang digunakan dan bukan Codename dari Samrtphone Android tersebut, sehingga cara ini tentu saja tidak bisa diandalkan untuk menggali informasi Codename yang sebenarnya.

Namun, hal ini hanya berlaku untuk beberapa jenis Smartphone Android tertentu saja, untuk jenis Smartphone Android dengan Brand Xiaomi ataupun Redmi, kalian bisa mendapatkan informasi Codename yang akurat dari cara yang sudah kami jelaskan diatas.

**** Update : kalian bisa langsung menggunakan perintah fastboot getvar product untuk langsung melihat kebagian informasi Product Codename. ****

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, kami pastikan dengan menggunakan cara diatas, kalian sudah bisa mengetahui terkait informasi Codename yang ada pada Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini.

Sekali lagi, cara diatas hanyalah beberapa cara dari beberapa cara lain yang bisa kalian manfaatkan untuk bisa melihat informasi Codename dari Smartphone Android yang kalian miliki.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian harapkan terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot