RILIS ARTIKEL TERBARU

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Smartphone Android sekarang ini memang sudah berevelusi menjadi sebuah Perangkat Pintar yang bisa diandalkan dalam beragam hal, bukan hanya untuk melakukan Komunikasi jarak jauh saja, melainkan dengan Smartphone Android kalian juga bisa menikmati beragam hiburan dan bisa juga untuk memudahkan pekerjaan dan menyalurkan hobi.

Selain itu, sekarang ini Teknologi dan Inovasi yang ada pada sebuah Smartphone Android juga sudah sangat canggih dan mutakhir, apalagi belakangan ini rata-rata Smartphone Android sudah dibekali dengan Mesin yang bisa berpikir sendiri, yang kerap dinamakan dengan Artificial Intelligence.

Sehingga, kata "Smartphone" itu memang sudah tercerminkan pada Smartphone dengan OS Android tersebut, karena Smartphone Android memang sudah menjelma menjadi sebuah Perangkat yang multifungsi.

Hal menarik lainnya yang ada pada sebuah Smartphone Android ialah variasinya yang sangat banyak, hal ini terjadi karena sifat OS Android yang Open Source, sehingga pihak Google selaku pengembang dari OS Android tersebut, memang mendistribusikan dan melisensikan kerjasama ke Produsen Smartphone Maker.

Maka, tidak mengherankan sekarang ini ada banyak sekali ragam dari Smartphone Android dengan berbagai jenis Desain, Brand Merek, Spesifikasi, Inovasi dan tentu saja Harga yang juga sangat variatif dan kompetitif.

Berlanjut kehal teknis lainnya, meski sama-sama menggunakan OS Android, faktanya Smartphone Android itu bisa berbeda, satu sama lainnya, umumnya perbedaan tersebut bisa kita lihat pada :

  • Segmentasi Kelasnya
  • Spesifikasi yang digunakan
  • Inovasi yang ditawarkan
  • Desain & Estitka
  • Branding

Sehingga, pasti saja setiap Smartphone Android itu tidak sama, apalagi yang sudah berbeda nama Brand, misalnya Smartphone Android Oppo dan Samsung, meski sama-sama menggunakan OS Android sebagai OS utamanya.

Faktanya kedua Brand Smartphone Android ini juga sangat berbeda, perbedaan tersebut datang dari hal yang sudah kami jelaskan diatas.

Selanjutnya, dari bagian Spesifikasi pun juga terlihat jelas terkait Kelas dari Smartphone Android tersebut, jika Smartphone Android tersebut, memiliki Segmentasi Pasar kelas atas, tentu Spesifikasi yang diusung tidaklah main-main.

Tetapi, jika Smartphone Android tersebut ditargetkan dikelas bawah (Entry-level), maka kalian harus pusa dengan Spesifikasi alakadarnya saja, dengan tanpa adanya sebuah Inovasi Teknologi yang mahal.

Jika dilihat dari Spesifikasi, maka kita bisa membedakan Smartphone Android satu sama lainnya, dengan beberapa Point dibawah ini :

  1. Jenis Processor dan kecepatannya
  2. Jumlah Kapasitas RAM dan Storage
  3. Fitur Kamera
  4. Inovasi tingkat lanjut, biasanya Exclusive buatan Produsen Smartphone Android terkait
  5. Build Quality
  6. Display Panel Layar

Dengan beberapa Point diatas, tentunya kalian bisa dengab mudah melakukan Identifikasi dari sebuah Smartphone Android, jika Spesifikasi yang digunakan pada Smartphone Android tersebut tergolong "Premium".

Maka, bisa kalian asumsikan bahwa Smartphone Android tersebut paling tidak berada dikelas Menengah Keatas minimalnya, tentu dengan harga jual yang cukup tinggi tentunya.

Selanjutnya, Spesifikasi yang Premium tersebut juga tidak bisa menjadi acuan bahwa Spesifikasi yang digunakan tersebut akan selamanya berfungsi dengan baik atau mampu memiliki Performa yang bagus dalam waktu yang lama.

Inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu terkait masalah salah satu Spesifikasi pada Smartphone Android, yaitu adalah terkait masalah Display Panel.

Seperti yang kalian ketahui, saat ini ada beragam jenis Display Panel yang digunakan pada Smartphone Android Modern sekarang ini, untuk lebih jelasnya, kalian bisa mengetahui Jenis dan Tipe Display Panel Layar di Smartphone Android dengan mengunjungi halaman dibawah ini :


Untuk lebih mempertegas pembahasan kita kali ini, maka kami hanya akan mebicarakan Solusi terkait masalah yang ada pada Display Panel OLED / AMOLED saja.


OLED / AMOLED (Android Display Panel)


Untuk kalian ketahui sebelumnya, OLED / AMOLED ini memang merupakan sebuah Display Panel Premium yang bisa menghasilkan gambar yang spektakuler, terang, detail dan kaya warna.

Sehingga, biasanya Display Panel ini memang hanya diperuntukan untuk Smartphone Android / Smartphone Non-Android dengan Segmentasi pasar minimal kelas menengah, karena biaya Produksinya memang agak mahal dibandingkan jenis Display Panel LCD (IPS / TFT).

Secara keseluruhan Panel Layar OLED / AMOLED tersebut memang sangat memuaskan untuk dimiliki dan digunakan, karena mata kalian akan sangat dimanjakan dengan kekayaan dan kejelasan warna yang ditampilkan secara nyata.

Maka wajar saja, jika banyak orang menyebutkan bahwa Panel Layar OLED / AMOLED tersebut, merupakan Display Panel terbaik untuk sebuah Perangkat Elekronik, karena memang benar-benar bagus dibandingkan dengan jenis Display Panel lainnya.

Untuk kelian ketahui sendiri, Display Panel OLED / AMOLED itu memiliki beberapa versi revisi, atau mudahnya bisa kita sebut dengan versi penyempurnanya, yaitu adalah sebagai berikut :

  • P-OLED
  • Super AMOLED
  • Dynamic AMOLED
  • Fluid AMOLED

Lalu, masing-masing versi Layar OLED dan AMOLED tersebut juga memiliki versi "Enhancement" lain seperti bertambahnya embel-embel "+" "Plus" atupun "Advanced", tetapi semua hal tersebut memang merupakan turunan dari Display Panel induk, yaitu adalah OLED.

*** AMOLED pun juga adalah turunan dari versi OLED yang sudah disempurnakan. ***

Apakah kalian tahu, jenis Display Panel revisi OLED apa yang paling banyak digunakan sekarang ini?

Jika, kalian tidak tahu jawabannya adalah Super AMOLED, sejatinya Super AMOLED memang menjadi Display Panel pilihan banyak Produsen Smartphone Android untuk bisa menghasilkan gambar yang sangat terang, detail dan kaya warna.

Hanya saja, meski Super AMOLED tersebut mendapat feedback yang sangat baik oleh penggunannya, tetap saja masih ada beragam Kekurangan dari Panel Jenis Super AMOLED tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian lihat detail Kekurangan dan Kelebihan Layar Super AMOLED pada halaman dibawah ini :


Lalu, tahukan kalian ada satu buah masalah yang memang benar-benar menjadi sebuah petaka dan dipastikan akan terjadi di Semua Smartphone Android dengan Layar OLED / AMOLED tersebut?

Ya! masalah tersebut adalah munculnya kasus Burn-in atau kerap yang disebut sebagai penyakit Layar Shadow AMOLED / OLED / Super AMOLED.

Inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu terkait masalah Burn-in atau Shadow tersebut, disini kami akan menjabarkan bagaimana cara untuk menghindari masalah tersebut, agar bisa diminimalisir kemunculannya.

Tetapi, sebelum itu kalian harus pahami dulu, apa sih itu OLED / AMOLED yang Burn-in atau Shadow?


OLED / AMOLED Burn-in (Shadow)


Satu hal yang harus kalian ketahui dari masalah yang mengesalkan ini, yaitu sifatnya yang Permanent atau tidak bisa diperbaiki, jika kalian tidak menggantikannya dengan Part Layar yang baru!

Tentu saja tidak ada yang suka dengan sebuah Kerusakan yang Permanent tersebut, apalagi dalam kasus ini munculnya di Layar Smartphone Android kalian, tentu saja akan membuat kalian tidak nyaman dalam memandangi Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Masalah ini hanya terjadi pada Smartphone Android ataupun Non-Android Smartphone dengan jenis Display Panel OLED dan turunannya seperti AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED dan lainnya.

Sehingga, jika kalian pengguna Smartphone Android dengan Display Panel LCD seperti IPS ataupun TFT, kalian tidak perlu khwatir, karena masalah Burn-in atau Shadow ini tidak akan terjadi pada Smartphone Android yang kalian gunakan.

Lalu, apa penyebab munculnya masalah Burn-in atau Shadow tersebut?

  1. Masalah Burn-in (Shadow) tersebut terjadi karena Pixel RGB pada Panel OLED / AMOLED tidak lagi berkerja secara responsif, karena memang sudah tidak mampu lagi menyalurkan warna yang seharusnya dan terkesan meninggalkan jejak / Bekas, inilah yang kerap disebut dengan Shadow tersebut.
  1. Selanjutnya, masalah Burn-in (Shadow) ini juga bisa muncul, karena Lapisan Kaca atas dari Panel OLED / AMOLED tersebut terbakar karena panasnya Pixel, umumnya ditemukan pada kasus pengguna yang selalu menggunakan opsi Full Brightness setiap saat, sehingga akan menimbulkan bekas cetak dengan warna merah kehitaman ataupun merah keunguan.

Untuk pemicu masalah ini ada beragam, bisa jadi terkait efek penggunaan yang tidak hati-hati dan tidak wajar dan bisa juga datang dari kecacatan Produk Layar Smartphone Android itu sendiri.

Kasus Burn-in atau Shadow ini bisa dikategorikan dengan tingkat masalahnya yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Burn-in (Shadow) kerusakan tingkat rendah, biasanya tidak begitu terlihat dan masih bisa tersamarkan.
  2. Burn-in (Shadow) kerusakan tingkat menengah, sudah bisa terlihat, tetapi dalam skala yang kecil dan warna Burn-in atau Shadow-nya tidak begitu pekat, terkesan masih Transparent.
  3. Burn-in (Shadow) kerusakan tingkat tinggi, tampilan Layar OLED / AMOLED pada Smartphone Android kalian sudah tidak layak pakai lagi, karena sudah tertutupi oleh masalah Burn-in atau Shadow yang terlihat sangat jelas dan mengganggu penglihatan.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat contoh tingkat kerusakan Layar OLED / AMOLED Burn-in atau Shadow pada gambar-gambar dibawah ini :

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android
Burn-in / Shadow tingkat rendah
OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android
Burn-in / Shadow tingkat menengah
OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android
Burn-in / Shadow tingkat menengah
OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android
Burn-in / Shadow tingkat tinggi

Menakutkan bukan?
kami pikir tidak ada satu dari kalianpun yang menginginkan hal ini terjadi, kami pun ogah jika mendapati masalah seperti ini, karena biaya perbaikannya akan mahal dan cenderung tidak menguntungkan.

Sehingga, sebelum masalah ini menimpa kalian, maka ada baiknya jika kalian menghindari masalah munculnya kasus Burn-in atau Shadow tersebut dengan beberapa saran yang telah kami buat dibawah ini.


Menghindari masalah Burn-in / Shadow di Layar OLED / AMOLED


Jika kalian khwatir terkait munculnya masalah Burn-in atau Shadow tersebut dalam waktu yang cepat, maka kalian bisa memperlambat munculnya masalah tersebut dengan beberapa Tips dibawah ini.

Kalian tidak perlu khwatir, jika kalian menggunakan beberapa saran kami dibawah ini, maka masalah Burn-in / Shadow tersebut tidak akan muncul dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun dan umumnya Display Panel Smartphone Android kalian tetap akan memiliki Performa yang baik untuk tahun-tahun berikutnya.

Kecuali, kalian menggunakan Smartphone Android berjenis Layar OLED / AMOLED dengan kualitas yang buruk ataupun ada kecacatan dalam Produksi, maka beberapa Tips dibawah ini, tidak akan bisa begitu membantu kalian. 

Apa saja hal yang harus kalian lakukan untuk menghindari masalah Burn-in / Shadow pada Smartphone Android dengan Layar OLED / AMOLED tersebut?

Silahkan ikuti semua yang kami sebutkan dibawah ini.


Hindari Full Brightness yang terlalu lama


Pemicu utama kemunculan kasus Burn-in / Shadow pada Layar OLED / AMOLED tersebut, memang sebagian besarnya datang dari fitur Brightness yang disetting ke Mode Full Brightness terlalu lama.

Sehingga, akan menyebabkan Pixel RGB pada Panel OLED / AMOLED menjadi Over-Action, setelahnya dipastikan akan muncul kasus Burn-in atau Shadow tersebut, kebanyakan kasus munculnya masalah Burn-in / Shadow tersebut memang muncul dari masalah ini.

Apalagi, jika kalian menggunakan Mode Full Brightness langsung disiang bolong dibawah sinar matahari langsung dengan durasi waktu yang sangat sering dan lama, maka yakin saja, dalam waktu dekat maka masalah Burn-in / Shadow tersebut akan muncul.

Itulah kenapa, kebanyakan masalah Layar OLED / AMOLED yang menjadi Burn-in / Shadow, bisanya banyak ditemui pada pengguna Smartphone Android yang memang lebih banyak menggunakan Smartphone Androidnya langsung dibawah terik matahari denga durasi yang panjang.

Sebenarnya, kalian tidak perlu khwatir untuk masalah ini, hal yang perlu kalian lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Setting Manual Brightness jika berada dibawah terik sinar matahari langsung, jangan Setting ke Full Brightness, setting dan sesuaikan saja dengan penglihatan kalian.
  1. Setting ke Mode Auto Brightness, jika kalian sudah tidak berada diluar ruangan atau sudah tidak lagi terpapar sinar matahari langsung, hal ini bertujuan agar Panel OLED / AMOLED menjadi Resposif dan Adaptable dengan beragam kondisi.
OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Selain itu melakukan kedua hal diatas juga akan sangat menguntungkan, karena Konsumsi Daya Battery pada Smartphone Android kalian bisa menjadi lebih irit tentunya.


Hindari penggunaan Visual yang Statis


Perlu kalian ketahui, biasanya masalah Burn-in / Shadow pada Smartphone Android dengan Layar OLED / AMOLED itu biasanya kerusakannya terpicu dikarenakan komposisi Visual pada Smartphone Android kalian yang sifatnya Statis dan sudah dibiarkan terlalu lama.

Seperti misalnya, kalian menggunakan Icon dengan peletakan yang sepert itu-itu saja, menggunakan Wallpaper dan Launcher yang juga itu-itu saja juga, maka masalah Burn-in / Shadow akan lebih besar kemungkinannya akan muncul.

Karena, masalah Burn-in / Shadow tersebut paling banyak terjadi dan muncul pada bagian Status Bar dan juga Navigation bar, kenapa?

Alasannya sederhana saja, karena peletakannya yang statis dan tidak berpindah atau berganti dari waktu-kewaktu.

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Maka dari itu, kalian bisa meminilisirkan masalah munculnya kasus Burn-in / Shadow tersebut dengan cara menghindari visul yang statis tersebut dengan cara :

  1. Secara rutin berganti Launcher.
  2. Rutin mengganti Wallpaper.
  3. Penggunaan Live Wallpaper akan lebih direkomendasikan, meski akan membuat Konsumsi daya baterai lebih besar.
  4. Secara berkala mengganti atau memindahkan peletakan Icon.
  5. Jika menggunakan fitur Always on Display (AOD), pastikan aplikasi AOD tersebut tidak memiliki Bugs atau Error.
  6. Jika memang bisa, silahkan gonta-ganti Themes, jika memang tersedia dan bisa dilakukan.

Dengan menerapkan hal diatas, maka potensi terjadinya kasus Burn-in / Shadow tersebut, akan drastis ter-minimalisir, karena pada kasus ini kalian tidak lagi menggunakan Tampilan Visual yang Statis lagi.


Atur Screen Time-out maksimal 30 Detik


Nah, ini juga menjadi salah satu hal penting, keterkaitannya akan sangat kuat dengan Static Visual yang sudah kami jelaskan diatas.

Maka dari itu, agar Layar Smartphone Android kalian tidak terlalu lama Stuck / Idel pada tampilan Visual yang tidak berubah (Karena memang tidak digunakan), maka lebih baik kalian melakukan Set Time Out maksimal ke 30 Detik, kurang dari itu, misalnya 15 Detik bahkan lebih baik lagi.

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Sehingga, setelah maksimal 30 Detik Smartphone Android kalian tidak digunakan / kondisi Idle, maka secara otomatis Smartphone Android kalian akan masuk pada Mode Sleep lagi, cara ini akan sangat besar dampaknya untuk meminimalisir terjadinya kasus Burn-in / Shadow.


Gunakan Dark Mode (Night Mode)


Ini adalah salah satu Trick untuk menghindari masalah Burn-in / Shadow pada Smartphone Android dengan jenis layar OLED / AMOLED tersebut.

Mekanisme utamanya adalah dengan membuat sebagian besar tampilan aplikasi / system OS Android menjadi hitam, karena seperti yang kalian ketahui, Layar OLED / AMLOMED tersebut akan sangat awet digunakan, jika kalian menggunakan Konfigurasi warna yang hitam secara dominan.

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android
OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android
OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Maka inilah yang akan kita manfaatkan, umumnya kalian bisa dengan mudah mengaktifkan Dark Mode tersebut, karena sejatinya fitur ini sudah ada secara Default pada OS Android 9.0 keatas.

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Tetapi, kalau kalian menggunakan versi Android lebih rendah, maka kalian bisa menggunakan aplikasi yang bisa kalian dapatkan secara gratis melalui Google Play Store dibawah ini.

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Umumnya, jika kalian mengaktifkan Dark Mode / Night Mode tersebut, maka beberapa aplikasi Android lain juga akan berubah warna menjadi Dark.

Keuntungan lainnya, selain akan memperpanjang usia pakai Layar OLED / AMOLED tersebut, cara ini juga akan membuat Konsumsi Daya Baterai menjadi sangat minimal dan irit.


Gunakan Icon, Themes dan Wallpaper OLED / AMOLED Friendly


Selanjutnya, jika kalian tidak bisa menggunakan fitur Dark Mode / Night Mode seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Maka, kalian tetap bisa meminimalisir munculnya kasus Burn-in / Shadow tersebut dengan cara menggunakan Themes dengan komposisi warna Hitam atau Dark Grey, jika memang bisa.

Selanjutnya, kalian juga harus menggunakan Icon Pack yang sudah mendapat Predikat OLED / AMOLED Friendly, karena umumnya jenis Icon ini akan memunculkan warna yang Soft, sehingga tidak terlalu menyiksa Layar OLED / AMOLED tersebut.

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android
OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android
OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Kalian bisa mendapatkan Icon Pack tersebut secara gratis dari Google Play Store dan umumnya hampir sebagian aplikasi Launcher untuk OS Android, memang sudah Support fitur Icon Pack tersebut.

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Selanjutnya, sebisa mungkin kalian juga menggunakan Wallpaper yang ramah untuk Layar OLED / AMOLED yang kalian gunakan, dengan menggunakan Wallpaper dengan warna hitam yang dominan.

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Jika, kalian bisa mengaktifkan Dark Mode / Night Mode di Smartphone Android yang kalian gunakan saat ini, maka kombinasi dengan Themes, Icon dan Wallpaper yang OLED / AMOLED Frinedly tersebut, akan menjadi kombinasi yang sangat baik dan akan bisa memperlama umur dari Layar OLED / AMOLED yang digunakan tersebut.


Sembunyikan Statusbar dan Navigation Bar


Seperti yang sudah kami singgung diatas, umumnya masalah Burn-in atau Shadow tersebut paling banyak muncul akibat dari tampilan Status Bar dan Navigation Bar yang memang bersifat Fixed / Static Visual.

Maka, kalian sebenarnya bisa saja menghindari hal tersebut dengan cara menyembunyikan Status Bar dan Navigation Bar tersebut, tetapi untuk Status Bar mungkin agak risih untuk disembunyikan, karena memang sangat diperlukan untuk melihat Jam dan Notifikasi.

Tetapi, tidak untuk Navigation Bar, ada 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk menghindari Burn-in / Shadow pada Navigation Bar tersebut, ialah sebagai berikut :

  1. Mengganti Style Icon Navigation Bar dan harus menggunakan Background Hitam.
  2. Membuat Navigation Bar auto-hide jika tidak sedang digunakan.
  3. Mengganti fungsi Navigation Bar dengan Gesture.

Kalau, kami sendiri lebih memilih menggunakan Gesture, karena selain bisa menghilangkan Navigation Bar Panel tersebut, menggunakan Navigation Gesture ini akan membuat Smartphone Android yang digunakan tampak lebih Modern dan kekinian.

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Selanjutnya, jika memang bisa, lebih baik Status Bar dan Navigation Bar Panel tersebut memang disembunyikan saja, jika tidak memungkinkan untuk menyembunyikan Statur Bar, paling tidak kalian bisa menyembunyikan Navigation Bar Panel tersebut.


Gunakan AOD yang berwarna dan selalu berpindah tempat


Seperti yang kalian ketahui, Layar OLED / AMOLED itu memang memiliki keunggulan untuk bisa menjalankan fitur Always on Display (AOD) secara maksimal dengan Konsumsi Daya Battery yang sangat minimal.

Apalagi, jika Smartphone Android terkait itu tidak memiliki fitur LED Notifikasi, maka sudah jelas fitur AOD ini akan menjadi andalan, karena memang bisa memunculkan Notifikasi secara Real Time.

Hanya saja, dari beberapa kasus masalah Layar OLED / AMOLED yang menjadi Burn-in / Shadow tersebut memang bisa muncul akibat penggunaan dari fitur AOD tersebut.

Alasannya sederhana saja, karena fitur AOD ini akan selalu aktif jika kondisi Smartphone Android Idle, maka sudah pasti jika fitur AOD yang digunakan tidak canggih dan dengan Kombinasi warna yang terang, maka sudah pasti akan memunculkan masalah Burn-in / Shadow jika digunakan dalam durasi waktu yang lama.

Masalah utamanya sama saja, yaitu akibat dari penggunaan Visual yang Statis, maka dari itu pastikan kalian menggunakan fitur AOD yang memiliki fungsi terus berpindah dalam setiap jamnya, agar tidak memunculkan Static Visual.

Selanjutnya, hindari penggunaan tampilan AOD dengan warna Solid, seperti misalnya warna Putih, Hijau, Merah, Biru dan lainnya.

Selalu gunakan warna kombinasi atau Gradient, jika tidak bisa atau fiturnya tidak tersedia, paling tidak gunakanlah Background berwarna, agar Pixel pada OLED / AMOLED tidak hanya fokus ke tampilan layar AOD yang Static tersebut.

OLED AMOLED Shadow Burn-in, Cara atasi agar AMOLED tidak Shadow, apa itu Shadow AMOLED, apa itu Shadow OLED, apa itu Burn-in AMOLED, apa itu Burn-in OLED, agar Android tidak Shadow, cara merawat layar Android, cara menghindari Shadow dan Burn-in AMOLED, Layar Super AMOLED Shadow, Contoh Layar Shadow Android, Kenapa muncul Shadow di layar Android, kenapa muncul bayangan di Layar Android

Meski demikian, hal ini akan membuat Konsumsi Daya Baterai lebih boros sedikit, dibandingkan dengan penggunaan AOD dengan tampilan yang sangat minimal.

Dengan demikian, berakhirlah sudah pembahasan kita kali ini, kami sarankan lebih baik kalian ikuti saja semua hal yang sudah kami sebutkan diatas, karena cara yang kami bagikan diatas memang bersumber dari saran para Professional.

Intinya, merawat dan menjaga Smartphone Android dengan jenis Layar OLED / AMOLED tersebut memang rada "Tricky" dan tidak bisa sebebas menggunakan Smartphone dengan layar IPS.

Tetapi, itulah harga yang harus kalian bayar jika ingin menikmati gambar visual yang benar-benar bagus dan memanjakan mata, melalui Display Panel OLED / AMOLED tersebut.

Selanjutnya, jika kalian bisa menerapkan hal diatas, maka paling tidak Layar OLED / AMOLED di Smartphone Android kalian akan bisa bertahan tanpa rusak paling tidak untuk 1-2 tahun kedepan atau lebih.

Karena, jika rusak terlalu dini, apalagi garansinya sudah habis / hangus atau tidak dijamin garansi, maka biaya reparasi untuk penggantian Part Layar OLED / AMOLED itu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, yaitu akan menghabiskan biaya hingga jutaan rupiah untuk satu Unit Display Panel saja.

Itulah kenapa, kalian harus benar-benar bisa merawat Layar OLED / AMOLED tersebut semaksimal mungkin, agar tidak merugikan kalian.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, ada yang kalian harapkan bisa terkabul dan juga semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot