RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder

OS Android memang menjadi salah satu OS Mobile yang paling terkenal sekarang ini, dengan adanya Smartphone dengan System Operating Android, maka perkerjaan kita akan lebih dipermudah, sehingga pada hakikatnya sebuah Smartphone Android tidak lagi hanya untuk digunakan dalam kegiatan Komunikasi secara Nirkabel saja.

Tetapi, sudah jauh lebih dari itu, karena sebuah Smartphone Android itu sudah berubah menjadi sebuah Perangkat Pintar yang multifungsi yang bisa di manfaatkah untuk beragam keperluan, seperti untuk menikmati hiburan Multimedia, bermain games, menyalurkan hobi dan tentu saja akan memermudah pekerjaan yang dilakukan.

Umumnya, semua itu terjadi karena OS Android yang selalu berubah kian menjadi lebih canggih dan modern di setiap waktunya, sehingga wajar saja, jika saat ini keperluan akan penggunaan sebuah Smartphone Android, memang sudah setara seperti penggunaan Perangkat Komputer dalam kasus tertentu.

Salah satu alasan kenapa Smartphone dengan OS Android itu sangat menarik dan menjadi andalan banyak orang untuk meringankan pekerjaan, ialah terkait ketersediaan fitur dan aplikasi Android yang sangat melimpah.

Tidak bisa dihitung jumlahnya memang, tetapi kalau di Prediksi, sekarang ini mungkin ada ratusan ribu atau jutaan aplikasi Android yang memang bisa kalian gunakan untuk beragam tujuan dan sebagian dari aplikasi tersebut, jelas saja akan bisa membuat perkerjaan kalian menjadi lebih Efektif dan Efisien untuk diselesaikan, seperti aplikasi Office dan semacamnya.

Inilah salah satu hal yang membuat kenapa Smartphone Android itu menjadi sangat terkenal, karena pada faktanya banyak orang memang memerlukan hal yang ada pada OS Android itu sendiri, maka wajar jika pengguna dari Smartphone Android sekarang ini kian banyak.

Juga, telah digunakan diberbagai kelas dan kalangan, sesuai dengan tingkatan profesi atau tujuan masing-masing Individu.

Selanjutnya, hal yang memang menjadi bagian paling menarik dari Smartphone dengan OS Android itu adalah sifatnya yang Open Source.

Dengan adanya mekanisme Open Source tersebut, maka seperti yang terlihat sekarang ini, ada beragam jenis terbosan Inovasi dan teknologi baru yang hadir setiap tahunnya pada pengembangan OS Android tersebut.

Lalu, dengan adanya dukungan Open Source itu juga, sekarang ini OS Android juga sudah bisa dijalankan di Multi Platform, baik yang bersifat Dedicated ataupun Emulator, semua hal tersebut bisa dengan mudah kalian dapati dan gunakan sekarang ini.

Apalagi, jika kalian adalah seorang individu yang memang memiliki mobilitas tinggi terkait dengan penggunaan OS Android tersebut, maka pastinya kalian memerlukan sebuah Tool yang memang bisa digunakan untuk menjalankan Aplikasi Android dilintas Platform, seperti di OS Windows.

Hal tersebut sudah sangat memungkinkan untuk kalian lakukan sekarang ini, karena pada dasarnya saat ini memang ada banyak sekali jenis Emulator Android yang sudah bisa kalian gunakan dan kalian Install di Perangkat Komputer dengan OS Windows yang kalian gunakan sekarang ini.


Android Emulator (Windows)


Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada faktanya kalian bisa dengan mudah menjalankan aplikasi Android pada Perangkat Komputer dengan hanya bermodalkan OS Windows saja, yaitu dengan memanfaatkan Aplikasi Emulator Android yang sudah tersedia.

Umumnya, sekarang ini ada banyak jenis aplikasi Emulator Android yang bisa kalian gunakan, seperti Nox, BlueStacks, MEmu atau yang bersifat Dedicated seperti Remix OS yang memang berjalan dengan mekanisme Full Android version pada OS Windows dengan metode Dual Boot.

Aplikasi Emulator Android untuk OS Windows sekarang ini sudah bisa digunakan secara penuh oleh masyarakat umum, karena memang memiliki Fitur dan Performa yang sudah sangat baik.

Sehingga, tidak mengherankan jika banyak orang yang menggunakan aplikasi Emulator Android tersebut untuk beragam keperluan, seperti para Streamer yang menggunakan Aplikasi Emulator Android, untuk bermain Games Android di OS Windows yang bertujuan untuk menghasilkan Content.

Selanjutnya, ada juga pemanfaatan Aplikasi Emulator Android untuk menunjang pekerjaan secara Multitasking dalam satu Perangkat saja, maka inilah sebenarnya essensi utama dari pengguna Android Emulator pada OS Windows tersebut.

Tetapi, ada beberapa hal yang perlu kalian tahu, terkait dalam penggunaan Aplikasi Emulator Android di OS Windows, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Memerlukan alokasi RAM yang tidak sedikit, idealnya Aplikasi Emulator Android akan berjalan lancar, jika kalian mengalokasikan kapasitas RAM minima, 2GB untuk Aplikasi Emulator Android tersebut.
  2. Memerlukan Resource GPU yang memiliki performa bagus, biasanya hal ini diperlukan oleh para Gamers yang senang bermain Games Android di OS Windows dengan menggunakan Emulator Android.
  3. Harus menggunakan Processor yang cepat, pada faktanya Aplikasi Emulator Android itu memang agak berat untuk dijalankan secara mulus, maka dari itu, jika kalian ingin mulus dalam penggunaannya, maka kalian perlu sebuah Processor PC yang memiliki kecepatan yang terbilang diatas rata-rata, agar lancar untuk digunakan.
  4. Menggunakan versi OS Android Kuno, memang bukan menjadi hal yang harus kalian pikirkan sebelumnya, karena yang kalian butuhkan memang hanya agar Aplikasi Android berjalan bukan? maka versi OS Android pada aplikasi Emultor Android itu memang tidak terlalu dibutuhkan, umumnya sekarang ini aplikasi Emulator Android banyak menggunakan versi Android 4.4 (KitKat) dan 5.1 (Lollipop) saja.
  5. Sering Error! kalian harus memaklumi hal tersebut, karena pada dasarnya sifat alamian dari aplikasi Emulator memang seperti itu.


Namun, dalam kondisi umum, sebenarnya kalian sudah bisa menggunakan aplikasi Emulator Android tersebut dengan lancar dengan masalah yang minimal, asalkan kalian memang memiliki Spesifikasi Perangkat Komputer OS Windows yang layak dan baik tentunya.

Selanjutnya, pada pemanfaatan aplikasi Emulator Android tersebut juga ada 2 jenis tipenya, yang bisa kalian manfaatkan di OS Windows tersebut, yaitu adalah :


  1. Menggunakan aplikasi Emulator Android Khusus (Standalone Installer)
  2. Menggunakan Emulator Android yang menjadi bagian dari Sub APP / Fitur dari Aplikasi Windows bersangkutan (Third Party Emulator)


Nah, yang akan kita bahas kali ini ialah terletak pada Point ke-2, karena disini kita tidak akan menggunakan sebuah Aplikasi Emulator Android khusus yang berdiri sendiri.

Melainkan menggunakan Integrasi Extension langsung dari aplikasi Browser Google Chrome! mungkinkan untuk dilakukan? jelas saja mungkin, inilah yang akan menjadi titik berak pembahasan kita kali ini.


Emulator Android di Google Chrome (Windows)


Satu hal yang harus kalian ketahui, terkait pembahasan yang kami angkat kali ini, yaitu adalah Tutorial ini hanya bisa dijalankan pada aplikasi Browser Google Chrome khusus untuk Perangkat Komputer saja (penggunaan dalam kasus kali ini, khusus untuk OS Windows).

Sehingga, cara yang akan kami jelaskan dibawah ini, hanya akan bisa dijalankan pada Perangkat Komputer dengan aplikasi Browser Google Chrome saja, untuk OS selain OS Wndows, kami belum mencobanya, jadi kami tidak tahu hasilnya.

Lalu, apa bedanya dengan Aplikasi Emulator Android Windows pada umumnya?

Jika, kita mencari perbedaanya, maka sudah jelas sekali bawah metode yang akan kita gunakan sekarang ini, jauh berbeda dari penggunaan Aplikasi Emulator Android pada umumnya.

Karena disini kita tidak memerlukan sebuah Aplikasi Installer, karena kita hanya akan memanfaatkan fitur Extensions pada aplikasi Browser Google Chrome tersebut saja.

Sehingga, cukup hanya dengan sebuah aplikasi Browser Google Chrome Windows, maka kalian sudah bisa menjalankan Aplikasi Android dengan sangat mudah dan Instant.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kalian dapati, dalam penggunaan Emulator Android di Google Chrome tersebut :


  1. Cukup hanya menggunakan aplikasi Browser Google Chrome saja untuk bisa menjalankan APK Android.
  2. Memiliki Integrasi yang bagus dan Stabil.
  3. Cara Installasinya yang sangat mudah dan tidak rumit.
  4. Tidak memerlukan Settingan Advanced, setelah di Install Extensionnya, maka langsung bisa digunakan.
  5. Bisa dengan mudah kalian dapatkan, melalui Chrome Web Store secara Gratis.
  6. Bisa diandalkan untuk menjalankan hampir semua Aplikasi Android.
  7. Kalian juga bisa mengatur sendiri, Layout Device yang akan digunakan, seperti Layout Portrait ataupun Landscape.
  8. Bisa untuk menjalankan Aplikasi Android yang membutuhkan Koneksi Internet (Online) dan bukan hanya untuk aplikasi Android Offline saja.


Bagaimana? apakah kalian tertarik menggunakan apliklasi Emulator Android di Google Chrome tersebut?

Jujur saja, kami sendiri memang sudah lama menggunakan hal semacam ini, karena selain penggunaannya yang tidak terlalu rumit, kita disini hanya cukup menggunakan aplikasi Google Chrome saja, selain bisa dimanfaatkan untuk Browsing, kini kita juga bisa menjalankan aplikasi Android secara langsung, tanpa perlu menggunakan Aplikasi Emulator Android secara terpisah.

Tertarik? jika iya, maka kalian harus mengenal nama Extensions tersebut, yaitu adalah ARC Welder.


Apa itu ARC Welder untuk Google Chrome ?


Seperti yang sudah kami singgung diatas, kalian bisa dengan mudah menjalankan aplikasi Android dengan hanya bermodalkan aplikasi Browser Google Chrome yang telah terpasang di Komputer OS Windows yang kalian gunakan sekarang ini.

Untuk bisa menjalankan aplikasi Android tersebut, melalui Google Chrome, maka disini kalian memerlukan sebuah Tool Extensions khusus yang bernama ARC Welder.

Secara umum, ARC Welder ini memiliki mekanisme kerja dengan memanfaatkan fitur ARC (App Runtime for Chrome) yang memang menjadi sebuah Fitur unggulan di Chrome OS.

Namun, kalian tidak perlu khwatir, jika kalian tidak mengerti terkait masalah ARC pada Chrome OS tersebut, karena jika kalian memasang Extensions ARC Welder di aplikasi Google Chrome yang kalian gunakan.

Maka, secara otomatis, komponen ARC juga akan langsung terpasang pada aplikasi Google Chrome yang kalian gunakan, sehingga yang perlu kalian lakukan hanyalah memasangan Extensions terkait dan langsung saja digunakan, mudah sekali bukan?

Hanya, saja ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum menggunakan Extension ARC Welder tersebut pada aplikasi Google Chrome yang kalian gunakan, silahkan lanjutkan bacaan ini, ke scene selanjutnya.


Persyaratan dalam penggunaan ARC Welder di Google Chrome (Windows)


Karena extensions ini bersifat teknis, maka sudah pasti ada beberapa Requirement yang harus kalian penuhi, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Menggunakan Aplikasi Browser Google Chrome versi paling terbaru.
  2. Menyiapkan aplikasi (APK) Android yang nantinya akan dibuka melalui ARC Welder, kalian bisa mendownload aplikasi Android terkait secara Online, melalui banyak situs yang menyediakan Offline Installer APK Android, contoh APK Android yang telah kami Download adalah seperti ini, pastikan diletakan ditempat yang mudah untuk kalian temukan.
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Sebisa mungkin gunakan Spesifikasi Perangkat Komputer yang mumpuni, seperti Minimal RAM 4GB, OS Windows 64-bit dan paling tidak menggunakan Processor yang cukup cepat, meski tidak menggunakan GPU External.
  2. Memerlukan Size sebesar 100mb lebih, karena seperti yang sudah kami sebutkan diatas, dalam tahap Installasinya, ARC Welder ini juga akn secara otomatis, menginstall Fitur ARC untuk aplikasi Browser Google Chrome yang kalian gunakan, itulah kenapa disini kalian perlu menggunakan Data Internet sebesar lebih dari 100mb, kalau untuk ukuran size Extensions ARC Welder ini, hanya bersize 12mb saja.


Jika, kalian sudah paham terkait masalah Syarat dan Requirement diatas, maka kalian sudah bisa memasangkan Android Emulator di Google Chrome tersebut, dengan mengikuti cara dibawah ini.


Memasang Android Emulator di Google Chrome (Windows)



  1. Silahkan masuk ke Chrome Web Store dan Download Extension bernama ARC Welder, agar lebih cepat, kalian bisa langsung membuka alamat URL ini https://chrome.google.com/webstore/detail/arc-welder/emfinbmielocnlhgmfkkmkngdoccbadn
  2. Langsung saja, di Install ke Google Chrome dan selesaikan proses Download dan Installnya.
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Done! saat ini aplikasi ARC Welder telah selesai terpasang di Google Chrome yang kalian gunakan sekarang ini.


Lalu, bagaimana cara menggunakannya? berikut adalah langkah dalam penggunaanya.


Cara menggunakan ARC Welder Google Chrome



  1. Silahkan masuk ke Chrome Apps atau kunjungi URL ini chrome://apps
  2. Disini kalian akan melihat sebuah Apps yang bernama ARC Welder.
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Silahkan buka Apps tersebut.
  2. Setelahnya akan muncul, pemberitahuan seperti ini, silahkan cari tempat untuk peletakan direktori file dan folder ARC Welder, dengan memilih opsi Choose.
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Tekan Select Folder, jika kalian sudah menentukan lokasi untuk direktori Extensions ARC Welder.
  2. Setelahnya, akan muncul gambar seperti ini, untuk membuka aplikasi Android, silahkan tekan Opsi Add your APK.
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Selanjutnya, silahkan cari Aplikasi Android (APK) yang telah kalian Download sebelumnya, dan tekan Open.
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Tunggu hingga ARC Welder selesai melakukan Load APK tersebut.
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Setelahnya akan muncul halaman Konfigurasi Layout, silahkan kalian sesuaikan saja sendiri, seperti apakah ingin dijalankan pada tipe jenis Tablet atau Phone, lalu dengan Orientasi Portrait (Tegak) atau Landscape (Rebahan).
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Jika, sudah kalian Setting, untuk menjalankan APK Android terkait, silahkan tekan Opsi Test.
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Setelahnya, aplikasi Android akan terbuka.
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Selanjutnya, silahkan gunakan aplikasi Android tersebut seperti biasa.
Cara membuka aplikasi Android di Google Chrome, menjalankan aplikasi Android tanpa Emulator, menjalankan apk Android dengan aplikasi Chrome, menjalankan apk Android dengan aplikasi Browser, Membuka APK Android dengan ARC Welder, Google Chrome ARC Welder, Cara menggunakan ARC Welder, Cara Menginstall ARC Welder, Cara Download ARC Welder
  1. Done!


Apakah bisa untuk aplikasi Android yang membutuhkan koneksi Internet? jawabannya sangat bisa! karena Studi Kasus yang kami jalankan diatas, ialah untuk menjalankan Aplikasi Android yang memang membutuhkan Koneksi Internet agar bisa berkerja.

Bagaimana? mudah sekali bukan pemanfaatan Android Emulator Tersebut pada aplikasi Browser Google Chrome?

Ya! kami pastikan cara ini dapat berkerja dengan baik, asalkan kalian sudah menggunakan aplikasi Google Chrome (Windows) versi paling terbaru dan kalian juga menggunakan PC / Laptop dengan Spesifikasi yang cukup.

Hanya saja, sebenarnya ada kekurangan dari Android Emulator untuk Google Chrome tersebut, ialah sebagai berikut :


  1. Freeze (mungkin karena RAM yang habis atau Processor yang crash).
  2. Loading yang terlalu lama (terkesan berat saat melakukan Load APK).
  3. Ada beberapa Aplikasi (APK) yang tidak bisa dibuka, contohnya adalah seperti aplikasi Playstore yang memang membutuhkan Aplikasi Core tambahan.
  4. Tidak direkomendasikan untuk digunakan untuk bermain Games, karena tidak ada fitur Advanced untuk penggunaan Custom Button dan memang tidak maksimal untuk menjalankan Graphic yang berat.
  5. Tampilan Layout yang mungkin terpotong dan tidak bisa di Scroll kebawah.


Memang perlu diakui bahwa sejatinya kalau terkait urusan Performa ARC Welder ini memang jauh dibawah aplikasi Emulator Android yang Standalone atau khusus.

Karena pada dasarnya tujuan penggunaan Emulator Android di Google Chrome ini hanya untuk ditujukan agar bisa membuka sebuah Aplikasi Android (APK) secara Instant dan cepat.

Tetapi, untuk penggunaan Advanced seperti untuk bermain Games Online atau Games yang berat, nampaknya ARC Welder tidak bisa mengakomodasi hal tersebut.

Hanya saja, jika kalian memang tidak memerlukan tindakan berat dalam penggunaan Android Emulator di OS Android dan kalian ingin agar aplikasi Android mudah untuk dibuka tanpa perlu memasang Aplikasi Android Emulator khusus.

Maka, Extensions ARC Welder untuk Google Chrome (Windows) tersebut, bisa menjadi pilihan paling baik yang bisa kalian dapati sekarang ini.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan dapat terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot