RILIS ARTIKEL TERBARU :

cara ketahui tipe model Samsung Galaxy, cara ketahui kode Region firmware Samsung Galaxy

Smartphone Samsung Galaxy memang menjadi salah satu produk Smartphone Android yang paling banyak penggunannya, terkhusus untuk ditanah air kita ini.

Ada begitu banyak hal memikat para produk-produk Smartphone Samsung Galaxy tersebut, mulai dari harga jual yang sangat bersaing, kualitas yang bagus, pelayanan after market yang memuaskan, hingga dukungan Komunitas yang sangat besar.

Sehingga, baik kaum tua hingga muda, hampir semuanya menyukai produk Smartphone Android dari Samsung tersebut.

Berbicara soal kualitas sendiri, maka tidak ada yang perlu diragukan lagi pada produk-produk Brand satu ini, karena jam terbang mereka dalam bisnis Smartphone Android ini memang sudah benar-benar lama.

Kalian bisa bayangkan sendiri, Samsung itu sudah mulai menjual dan memasarkan Smartphone berbasis OS Android, dimana pada saat itu banyak produsen Smartphone yang enggan melakukannya.

Hingga OS Android bisa sepopuler sekarang ini, maka tentu Brand Smartphone Android dari Samsung tersebut akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, karena produk-produk Smartphone Android buatan mereka memang lebih dikenali dari pada produk Brand Smartphone Android kompetitor.

Meski tidak mendominasi seperti dulu lagi, nyatanya produk Smartphone Android dari Samsung itu memang masih memiliki pangsa pasar tinggi, selain itu juga target pasar dari produk Smartphone Android Samsung itu juga sangat luas sekali.

Tidak seperti kebanyakan Brand Smartphone Android lain, yang hanya menyasar kepada market dinegara tertentu saja, pihak Samsung sudah berada dilevel yang berbeda dimana level target pasar mereka adalah seluruh negara yang ada didunia ini.

Sehingga, untuk permasalahan Support, kredibilitas produk hingga kualitas dari produk Smartphone Android mereka itu sendiri, tentu tidak perlu diragukan lagi.

Selanjutnya, terkait masalah Komunitas sendiri, kami memang hanya akan bisa memuji saja disini, karena Komunitas dari Smartphone Android Samsung Galaxy itu sangat besar sekali.

Kalian akan mudah untuk menanyakan beragam hal dan dipastikan akan mendapat jawaban dari pertanyaan tersebut.

Lalu, juga dengan adanya dukungan Komunitas yang besar tersebut, maka untuk mencari beragam Resource akan menjadi sangat mudah dilakukan.

Seperti yang kalian ketahui, OS Android itu adalah sebuah OS Mobile yang Open Source, sehingga penggunaannya tentu akan lebih fleksibel dibandingkan Smartphone dengan OS yang tertutup.

Nah, jika kalian menggunakan Smartphone Android dari Samsung Galaxy tersebut, maka kalian akan bisa mengimplementasikan beragam hal menarik yang mungkin tidak bisa kalian dapatkan ketika menggunakan produk Smartphone Android Brand lain.


Resource yang begitu banyak


Mari kita perjelas pembahasan diatas, sejatinya terkait permasalahan Resource pada Smartphone Android Samsung Galaxy itu memang merupakan sebuah hal yang istimewa.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, faktanya Resource yang melimpah tersebut memang terjadi karena dukungan anggota Komunitas Smartphone Android Samsung Galaxy yang begitu banyak membernya.

Lalu, Resource apa saja sih yang bisa kita temukan?

Maka, jawabannya adalah hampir semua Resource yang bersifat penting bisa kalian dapatkan dengan mudah jika menggunakan Smartphone Android dari Samsung tersebut, beberapa Resource penting yang kami maksud diatas adalah sebagai berikut :

  • Firmware
  • ROM
  • Tool
  • Custom ROM / Kernel / Recovery
  • Rooting & Unlocking Guide
  • Mod System & Apps
  • dll.

Dengan berlimpahnya Resource penting yang kami sebutkan diatas, maka jika Smartphone Android Samsung Galaxy kalian mengalami masalah maka permasalahan tersebut akan sangat mudah untuk diselesaikan dengan cepat.


Resolving masalah yang cepat dan tepat


Seperti yang kalian ketahui Smartphone Android itu memang merupakan sebuah Perangkat Pintar yang rentan sekali terkena masalah.

Jika penggunaannya tidak benar atau berlebihan, maka biasanya akan muncul masalah-masalah tertentu, selain itu usia pakai juga turut andil besar dalam memunculkan beragam masalah-masalah tersebut.

Lalu, masalah-masalah apa saja sih yang sering muncul tersebut? maka gambaran masalah yang kerap muncul pada Smartphone Android Samsung Galaxy adalah sebagai berikut :

  • Bootloop
  • Brick
  • Stuck
  • Blue Screen
  • Black Screen
  • Deep Dead
  • Hang / Freeze
  • Degrade Performance
  • dll.

Namun, sekali lagi jika kalian menggunakan Smartphone Android dari Samsung tersebut, mengatasi permasalahan-permasalahan diatas akan mudah saja untuk dilakukan.

Karena Resource dan Tool yang diperlukan untuk mengatasi beragam permasalahan tersebut tersedia banyak dan mudah untuk kalian temukan.

Sehingga, keuntungannya adalah kalian tidak perlu keluar biaya untuk memperbaiki Smartphone Android Samsung Galaxy kalian, karena kalian bisa memperbaikinya secara mandiri.

Misalnya dengan melakukan Flashing ataupun dengan metode-metode tertentu.

Nah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas salah satu hal terkait permasalahan Resource yang ada pada Smartphone Android Samsung Galaxy tersebut, apa itu?


Firmware Samsung Galaxy


Ya! kita akan membahas permasalahan terkait Resource Firmware yang digunakan pada Smartphone Android Samsung Galaxy tersebut.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kalian tentu tidak akan kesulitan dalam mencari atau menemukan Firmware untuk Smartphone Android Samsung Galaxy yang kalian miliki.

Namun, yang menjadi permasalahannya adalah apakah Firmware yang sudah kalian temukan itu cocok untuk Smartphone Android Samsung Galaxy kalian?

Nah, ini pertanyaan besarnya, karena seperti yang kalian ketahui, satu buah jenis Smartphone Android Samsung Galaxy itu memang memiliki informasi jenis device yang berbeda-beda.

Setiap negara akan memiliki Kode atau Labelnya tersendiri pada penggunaan Resource Firmware tersebut.

Sehingga, tentu dalam penggunaannya kalian tidak boleh salah dalam mencari atau mendownload Firmware Samsung Galaxy yang nantinya mungkin akan kalian gunakan untuk tindakan Flashing.

Lalu, apa Kode Label seperti apa sih yang menjadi pembeda antar Firmware Samsung Galaxy dari berbagai negara tersebut?

Maka jawabannya adalah Kode Model Seri dan juga Region CSC.


Arti Kode Model seri dan juga CSC Samsung Galaxy


Secara umum, pihak Samsung memberlakukan kedua buah jenis Kode Identifikasi diatas dalam pendistribusian Firmware yang telah mereka rilis.

Lalu, sebenarnya apa sih Kode Model seri dan juga CSC tersebut?

Maka, akan kami jawab singkat saja, melaui pengertian dibawah ini :

  1. Kode Model Seri : adalah sebuah Kode untuk mengidentifikasikan suatu Model piranti, mudahnya Kode Model seri ini adalah Kode untuk Serial Number / Serial Build Smartphone Android Galaxy kalian, misalnya SM-111F atau SM-222B.
  1. Kode CSC : adalah sebuah Kode tertentu untuk mengidentifikasikan pendistribusian Firmware pada Region tertentu yang spesifik, misalnya Kode XID untuk Indonesia dan AUT untuk Austria, tentu saja jika kalian perangkat Smartphone Android Samsung resmi Indonesia, maka Kode CSC Firmware yang harus kalian gunakan juga yang harus berlabel Indonesia.

Bagaimana? apakah kalian sudah mengerti terkait ke-2 buah arti Kode diatas?

Sebenarnya, kalian sangat perlu untuk mengetahui arti ke-2 buah Kode diatas, karena dampak positif yang akan kalian terima adalah kalian akan bisa menemukan Firmware Samsung Galaxy yang tepat untuk Smartphone Android Samsung Galaxy yang kalian gunakan.

Sehingga, untuk resiko kegagalan terhadap tindakan Flashing atau permasalahan yang muncul pasca melakukan Flashing tidak akan terjadi lagi.

Lalu, pertanyaan utamanya adalah bagaiman sih cara kita untuk mengetahui Kode Model seri dan juga Kode CSC di perangkat Smartphone Android Samsung yang kita miliki?


Cara cek Kode Model seri dan CSC Samsung Galaxy


Sejauh ini adalah 2 buah cara yang bisa kalian manfaatkan untuk bisa mengetahui Kode Model seri dan juga Kode CSC di Smartphone Android Samsung Galaxy yang kalian miliki, sesuai dengan kondisi Smartphone Android Samsung kalian sendiri.

Kondisi yang maksud disini adalah 2 kondisi dibawah ini :

  1. Kondisi Normal
  2. Kondisi Perangkat tidak bisa diakses

Nah, untuk permasalahan Kondisi Perangkat tidak bisa diakses disini adalah seperti ketika Smartphone Android Samsung Galaxy kalian sedang mengalami masalah Brick ataupun Bootloop.

Maka, pada kondisi ini untuk mengakses Smartphone Android Samsung tersebut menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan, sehingga untuk bisa mengecek Kode Model seri dan juga CSC tersebut memang memerlukan pendekatan yang lebih khusus.

Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi kita akan membahas terkait kondisi yang pertama, yaitu kondisi dimana Smartphone Android Samsung Galaxy kalian bisa diakses dan digunakan secara Normal.


Cara cek Kode Model seri dan Region / CSC dari Dial Pad


Cara pertama ini memang sangat mudah untuk dilakukan, karena dengan mengikuti cara ini kalian akan bisa langsung mengetahui terkait Kode Model seri dan juga CSC langsung dari System OS Android Samsung Galaxy tersebut.

Langkah pertama ini, kita hanya perlu memanfaatkan Aplikasi Dial Pad / Phone default bawaan dari System OS, setelahnya kalian tinggal memasukan Kode pemanggilnya saja.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tata caranya :

  1. Buka Aplikasi Phone / Dial Pad.
  2. Selanjutnya, silahkan Ketik *#1234#.
cara ketahui tipe model Samsung Galaxy, cara ketahui kode Region firmware Samsung Galaxy
  1. Secara otomatis, akan muncul halaman dengan menampilkan Kode Mode Seri dan juga CSC tersebut, seperti ini :
cara ketahui tipe model Samsung Galaxy, cara ketahui kode Region firmware Samsung Galaxy
  1. Silahkan kalian sorot dan lihat pada Informasi CSC, yang muncul dalam kasus kami ini adalah Kode J600GOLE6BTB2.
  2. Dapat kita terjemahkan bahwa Kode J600G adalah Kode Model Seri dan Kode OLE adalah Kode CSC / Region Firmware.
  3. Done!

Bagaimana? mudah sekali bukan untuk bisa mengetahui Kode Model seri dan juga CSC pada Smartphone Android Samsung Galaxy tersebut?

Tetapi, untuk mengetahui ke-2 buah Kode penting diatas ketika Smartphone Android Samsung Galaxy kalian sedang tidak dalam keadaan Normal / Mati memang merupakan sesuatu yang cukup sulit.

Lalu, bagaimana cara agar bisa mengetahui Kode Model Seri dan CSC yang tepat, jika Smartphone Android Samsung Galaxy sedang dalam keadaan Mati atau tidak bisa diakses?


Melihat Kode Model Seri dan CSC secara Manual


Ya! kalian hanya bisa melihatnya secara manual, memang mungkin diluar sana ada cara yang lebih spesifik, misalkan mengambil informas dari Bootloader Samsung Galaxy tersebut.

Namun, kami kira ada yang yang lebih mudah dan tidak rumit, yaitu dengan melihat ke-2 Kode diatas secara manual.

Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana cara kita untuk bisa melihat ke-2 buah Kode diatas secara Manual? maka kalian bisa melihatnya dengan 2 buah cara dibawah ini.


Dari Dus Box Smartphone


Seperti yang telah kalian ketahui, setiap kita membeli sebuah Smartphone Android baru atau Second, pasti kita juga akan mendapatkan Dus Box dari Smartphone Android bersangkutan.

Nah, kita bisa memanfaatkan Dus Box ini untuk bisa melihat Kode Model Seri / Tipe dari Smartphone Android Samsung yang kita miliki.

Biasanya letak Kode Model Seri ini terletak dibelakang Dus Box tersebut, lebih jelasnya gambarannya seperti ini :

cara ketahui tipe model Samsung Galaxy, cara ketahui kode Region firmware Samsung Galaxy

Dapat kalian lihat sendiri, pada bulatan merah yang telah kami lingkari tersebut ialah merupakan Kode Model Seri dari Smartphone Android Samsung Galaxy tersebut dan pastinya Kode ini akan sangat tepat dan aman digunakan untuk mencari Firmware yang cocok untuk Smartphone Android Samsung Galaxy yang kalian miliki.

Lalu, bagaimana dengan Kode Region / CSC Firmware tersebut?

Sayangnya, kalian tidak akan bisa melihat Kode CSC Firmware melalui Dus Box tersebut, tetapi Dus Box ini juga akan sangat membantu untuk bisa mengidentifikasi Kode CSC Firmware yang bisa kita temukan dengan cara dibawah ini.


Melihat List Kode Firmware Region / CSC berbagai negara


Cara ini bisa kalian manfaatkan dengan menggunakan bantuan informasi yang tersaji dari Dus Box Smartphone Android Samsung Galaxy yang kalian miliki.

Silahkan kalian lihat lagi, pada Dus Box Smartphone Android Samsung Galaxy tersebut, silahkan lihat pada bagian Made in seperti ini :

cara ketahui tipe model Samsung Galaxy, cara ketahui kode Region firmware Samsung Galaxy

Nah, jika kalian sudah bisa menemukan dimana Produk Smartphone Android Samsung Galaxy kalian dibuat, maka kalian bisa dengan mudah menemukan Kode CSC untuk Firmware tersebut, dengan cara melihat List Kode Region Firmware / CSC melalui halaman List yang sudah kami buat dibawah ini :


Jika, kalian sudah menemukan Kode CSC yang spesifik, langkah setelahnya kalian bisa langsung mencari Firmware yang kalian butuhkan tersebut.

Seperti yang terlihat, jika ada beberapa Kode CSC yang tertera pada setiap negara tersebut, silahkan coba saja satu persatu.

Biasanya, setiap Firmware Samsung Galaxy itu hanya menggunakan satu buah Kode Region / CSC yang spesifik saja.

Bagaimana? mudah sekali bukan untuk menemukan Kode Model Seri dan Region / CSC untuk Firmware Samsung Galaxy tersebut?

Kami kira, ke-2 cara yang sudah kami jelaskan adalah cara yang paling ideal dan paling mudah untuk bisa kalian lakukan agar bisa menemukan Kode Model Seri dan Region yang tepat.

Sekali lagi, kami ingatkan jangan sampai salah dalam menggunakan jenis Firmware yang tidak sesuai dengan Region atau Mode Seri Smartphone Android Samsung Galaxy tersebut.

Karena akibatnya mungkin akan bisa merugikan kalian, sehingga silahkan lakukan dengan teliti agar tidak salah cari.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot