RILIS ARTIKEL TERBARU :

Tips membeli TWS, Cara memilih Earbuds TWS terbaik, Cara mencari Headset TWS terbaik, Tips membeli Headset Bluetooth terbaik, Apa yang diperhatikan saat membeli TWS, Hal penting di TWS, Earbuds TWS Android, Earbuds TWS iPhone, Masalah di Headset TWS

Kita sekarang ini sudah berada diera yang serba canggih dengan beragam kemajuan teknologi mutakhir yang kini sudah menjadi umum untuk kita lihat atau kita gunakan dalam keseharian kita, Smartphone adalah salah satu contoh nyata dari kemajuan era yang kita jajaki sekarang ini.

Dengan adanya sebuah Smartphone, maka kita bisa melakukan beragam hal yang tidak melulu terkait untuk kegiatan komunikasi saja, melainkan lebih dari itu, seperti untuk menikmati beragam hiburan menarik, bermain games, menyalurkan hobi serta bakat dan tentu saja Smartphone, juga bisa diandalkan untuk meringankan pekerjaan yang sedang kita lakukan sekarang ini.

Maka dengan demikian, tidak mengherankan sekarang ini, Smartphone menjadi sebuah alat yang memang selalu digunakan setiap saat oleh banyak orang dengan beragam latar belakang perkerjaan dan status sosial yang ada diseluruh dunia.

Semakin canggihnya sebuah Smartphone, maka beberapa peralatan pendukung untuk Smartphone tersebut, sudah kian berevolusi ketingkat terbaru sekarang ini, salah satunya adalah contoh penggunaan Charging, yang sekarang ini sudah bisa dilakukan secara Wireless, tanpa perlu mencolok Smartphone tersebut dengan kabel apapun.

Lalu, ada juga kemajuan dibidang transaksi online, kita dengan sebuah Smartphone saja, kalian bisa berbelanja sepuasnya, tanpa perlu membawa uang yang kalian miliki secara fisik, cukup dengan memanfaatkan fitur yang disebut dengan NFC, maka kalian sudah bisa melakukan transaksi apapun, dengan hanya mendekatkan Smartphone tersebut ke alat NFC yang sudah disediakan.

Jika, kita berbicara terkait beragam hal hebat yang ada pada sebuah Smartphone diera sekarang ini, maka hal tersebut akan menjadi sangat panjang pembahasannya.

Disini, kami tertarik pada salah satu kemajuan hebat yang terjadi pada Industri aksesories untuk Smartphone tersebut, yaitu berasal dari bidang Audio atau lebih tepatnya pada segmentasi peralatan Headset atau Earbuds untuk Smartphone modern sekarang ini.

Seperti yang kalian tahu, sekarang ini sudah terjadi pergeseran terhadap penggunaan Headset atau Earbuds tersebut, jika dulu umumnya kita banyak melihat orang menggunakan Headset atau Earbuds berkabel, maka sekarang ini kebanyakannya sudah tidak lagi.

Karena, akhir-akhir ini banyak pengguna Smartphone, telah menggunakan Headset atau Earbud sdengan kemampuan Bluetooth, artinya disini penggunaan Kabel tentu saja tidak akan terlihat dan mengganggu lagi.

Lalu, apa hebatnya Headset atau Earbuds Bluetooth tersebut?


Keuntungan menggunakan Headset atau Earbuds Bluetooth


Sebenarnya, mudah saja untuk kita memahami kondisi ini, karena sekarang ini jenis Aksesories berupa Headset atau Earbuds Bluetooth sangat disukai oleh banyak orang, termasuk kami.

Tips membeli TWS, Cara memilih Earbuds TWS terbaik, Cara mencari Headset TWS terbaik, Tips membeli Headset Bluetooth terbaik, Apa yang diperhatikan saat membeli TWS, Hal penting di TWS, Earbuds TWS Android, Earbuds TWS iPhone, Masalah di Headset TWS

Tentu saja, ada keuntungan yang tidak bisa kalian dapatkan ketika menggunakan Headset atau Earbuds berkabel dibandingkan dengan Headset atau Earbuds Bluetooth tersebut, lalu apa saja yang menjadi keutamaan dari penggunaan Headset atau Earbuds Bluetooth tersebut?


  1. Tidak ada kebel, artinya tidak akan mengganggu gerak, apalagi sedang digunakan pada posisi tiduran.
  2. Integrasi yang sangat baik, umumnya bisa digunakan pada Smartphone Android ataupun Smartphone Apple.
  3. Memiliki ketahanan daya yang mumpuni.
  4. Beberapanya sudah memiliki fitur waterproof atau tahan air.
  5. Memiliki fungsi Action Button yang lebih modern, yaitu dengan menggunakan fitur Touch Sensitive, untuk melakukan Pause, Play, Next / Prev Song, Atur Volume dan lainnya.
  6. Mudah dibawa kemana-mana, karena bentuknya yang Compact dan muat disaku, tanpa perlu kusut, karena tidak berkabel.
  7. Tampilan Headset atau Earbuds yang lebih imut, keren, gahar dibandingkan dengan Headset atau Earbuds traditional atau berkabel.


Dengan melihat beragam keuntungan menggunakan Headset atau Earbuds Bluetooth, yang sudah kami sebutkan diatas, maka wajar saja, Aksesories tersebut banyak disukai oleh pengguna dari Smartphone.

Umumnya, Headset atau Earbuds Bluetooth yang dikenali sekarang ini biasanya disebut dengan Headset atau Earbuds TWS, lalu apa sih Headset atau Earbuds TWS tersebut?


Headset atau Earbuds TWS


Sebenarnya, TWS ini adalah penyebutan sebuah fitur yang ada pada Headset atau Earbuds Bluetooth yang ada dizaman sekarang ini, fungsinya tetap sama saja, yaitu sama-sama menggunakan kemampuan Bluetooth sebagai media penghubungnya.

Tetapi dengan adanya fitur TWS tersebut, maka penggunanya bisa lebih menikmati keluaran suara yang lebih maksimal, lalu apa TWS itu apa?


  1. TWS adalah sebuah singkatan dari True Wireless Stereo, yang artinya teknologi ini akan menghadirkan keluran suara dari Headset atau Earbuds Bluetooth dengan akurasi tinggi, seimbang, seirama dan tidak ada delay / latency antar kedua buah Buds Right / Left.


Umumnya, kebanyakan orang sekarang tidak lagi menyebut Headset atau Earbuds Bluetooth, karena sekarang biasanya Headset atau Earbuds Bluetooth, lebih dikenali dengan sebutan Headset atau Earbuds TWS, yang artinya peruntukannya untuk perangkat Smartphone, bisa itu untuk Smartphone Android ataupun Smartphone Apple.


Headset atau Earbuds TWS yang sangat variatif dan membingungkan


Nah, kini kita sampai pada pembahasan utama kita kali ini, yaitu terkait jenis dari Headset atau Earbuds TWS tersebut.

Perlu kita akui, sekarang ini ada banyak sekali Produsen yang membuat Headset atau Earbuds TWS tersebut, dengan beragam gaya, fitur serta kelebihan, yang tentu saja semua hal tersebut akan membingungkan calon pembelinya.

Percaya tidak percaya, silahkan kalian lihat sendiri, misalkan di toko Online, silahkan masukan saja kata kunci Headset TWS atau Earbuds TWS, lihat berapa banyak yang muncul?

Jika, kalian adalah seorang pengguna awam, maka jelas kalian akan kebingungan dan bisa jadi kalian merugi, karena kalian membeli sebuah Headset atau Earbuds TWS yang bisa jadi tidak sebagus produk Headset atau Earbuds TWS dengan harga yang lebih murah dari yang kalian beli sebelumnya.

Perlu kalian ketahui, sekarang ini ada banyak sekali Brand dari Headset atau Earbuds TWS tersebut, ada yang datang dari Brand besar, seperti Samsung, Xiaomi dan lainnya.

Ada pula yang datang dari Brand antah berantah, tetapi mungkin Produknya bisa lebih bagus dari Produk yang dibuat oleh Brand besar tersebut.

Lalu, hal yang tidak kalah membingungkannya adalah terkait harga jual dari Headset atau Earbuds TWS yang banyak beredar sekarang ini, bayangkan saja, ada yang harganya kurang dari 100ribuan dan ada juga yang mencapai jutaan.

Dengan beragam fakta diatas, tentu calon pembeli dari Headset atau Earbuds TWS tersebut, akan kebingungan untuk menjatuhkan pilihannya.

Maka, disini kami akan membantu kalian, untuk bisa memilih Headset atau Earbuds TWS terbaik untuk kalian, tentu saja harus kalian sesuaikan sendiri dengan Budget yang kalian miliki.


Cara memilih Headset atau Earbuds TWS Terbaik


Disini, kami punya beberapa hal yang mungkin akan bagus untuk kalian dalam mempertimbangkan untuk membeli sebuah Headset atau Earbuds TWS yang terbaik dari segi Budget yang kalian miliki.

Tetapi, ada hal dasar yang harus kalian ketahui, yaitu "Harga tidak akan pernah bohong" dan karena harga pasti akan selalu mencondongkan kualitas dari produk terkait.

Namun, ada beberapa Produsen yang pada faktanya hanya menjual nama Brand saja dan untuk kualitas dari Headset atau Earbuds TWS yang mereka jual, tidak sebaik atau sebagus dari Produk Headset atau Earbuds TWS dengan harga yang lebih rendah dan dari Brand yang tidak begitu dikenali.

Tips membeli TWS, Cara memilih Earbuds TWS terbaik, Cara mencari Headset TWS terbaik, Tips membeli Headset Bluetooth terbaik, Apa yang diperhatikan saat membeli TWS, Hal penting di TWS, Earbuds TWS Android, Earbuds TWS iPhone, Masalah di Headset TWS

Lalu, apa yang harus kalian lakukan? kalian bisa mengikuti beberapa hal yang akan kami sampaikan dibawah ini, agar kalian bisa mendapatkan Headset atau Earbuds TWS terbaik untuk kalian.


Utamakan Brand


Loh, kan katanya tidak perlu mementingkan nama Brand? memang benar, kami telah menyampaikan hal tersebut diatas.

Tetapi, nama Brand itu bisa menjadi tolak ukur yang bagus untuk menentukan kualitas dari Produk yang ingin kalian beli.

Disini, nama Brand yang kami maksud bukanlah nama Brand yang memang sudah besar didalam dunia Samrtphone, melainkan nama Brand yang memang handal dalam urusan Audio, salah satunya seperti JBL dan Vivan.

Nah, dengan pamor baik yang sudah mereka dapatkan dari beberapa waktu belakangan, maka kalian sudah bisa melihat tolak ukur dari kualitas Produk yang mereka buat dan jual tersebut.

Maka, dari itu hal pertama yang harus kalian lihat adalah nama dari Brand Headset atau Earbuds TWS tersebut, karena Brand yang sudah ternama tersebut, pasti akan malu jika menjual Produk yang memang berkualitas rendah dan umumnya tidak bisa bersaing dengan produk kompetitor.


Usahakan beli direntang harga 200 ribuan keatas


Ini juga hal penting yang harus kalian ketahui, faktanya sekarang ini memang ada banyak sekali Headset atau Earbuds TWS yang dijual dengan harga yang sangat rendah, sebut saja kurang dari 100ribuan.

Namun, kami bisa menjamin, bahwa harga Headset atau Earbuds TWS yang kurang dari 200ribuan itu, tidak akan memiliki performa yang bagus atau bisa dibilang asal keluar suara saja.

Tetapi, berbeda dengan Headset atau Earbuds TWS yang biasanya dijual direntang harga 200ribuan keatas, biasanya kalian akan mendapatkan TWS dengan kemampuan mumpuni yang sudah memuaskan.

Dari pengalaman yang telah kami lalui, TWS dengan harga kurang dari 200ribuan, sama sekali tidak bisa membuat kami puas, ada-ada saja masalahnya, seperti sering Disconnect, baterai tiba-tiba habis, salah satu Buds tidak bisa mengeluarkan suara, atau koneksi Bluetooth yang sering putus-putus.

Namun, hal berbeda terjadi, pada Headset atau Earbuds TWS yang biasanya dijual pada range harga 200ribuan keatas, memang tidak semuanya bagus, tetapi pastinya akan lebih bagus dan berkualitas dari pada TWS yang dijual dengan harga yang kurang dari 200ribuan, kami jamin itu.


Menggunakan Bluetooth 5.0


Nah, ini adalah hal terpenting dari Tips dalam membeli Headset atau Earbuds TWS terbaik, karena pastikan TWS yang akan kalian beli harus sudah memiliki kemampuan Bluetooth versi 5.0, kenapa?

Jelas, kaitannya akan sangat erat denga kenyamanan kalian, karena umumnya TWS dengan Bluetooth versi 5.0 akan sangat jarang sekali mengalami Disconnect atau Koneksi yang putus-putus, kecuali daya baterainya sudah habis.

Selain itu, penggunaan Bluetooth 5.0 juga akan membuat konsumsi daya betari pada Headset atau Earbuds TWS menjadi lebih irit, ketimbang TWS dengan Bluetooth versi 5.0 kebawah, sebut saja seperti Bluetooth versi 4.0, 4.1, 4.1 bahkan 3.0.

Hal hebat lainnya adalah dengan kemampuan TWS Bluetooth 5.0, maka Sync atau Connceting Process akan sangat cepat berlangsung, umunya bisa terhubung dalam sekejap, ketika Bluetooth sudah aktif dan Pairing sudah berlangsung.


Jangan tertipu terkait masalah besaran Playtime


Ini juga hal yang harus kalian pahami, umumnya masa pakai dalam sekali Charge untuk sebuah perangkat Headset atau Earbuds TWS itu biasanya disebut dengan tolak ukur Playtime.

Seperti yang kalian ketahui, karena Headset atau Earbuds TWS itu menggunakan Bluetooth, jelas saja perangkat TWS tersebut membutuhkan sebuah Baterai yang bisa di isi ulang setiap kali habis.

Beberapa Brand TWS yang ada dipasaran sekarang ini, ada yang menjamin masalah Playtime 10 Hours, 16 Hours, 20 Hours bahkan ada yang 100 Hours, lalu benarkah TWS tersebut bisa digunakan selama 100 Hours secara non-stop?

Sayangnya tidak seperti itu, maksud Playtime disini bisa berarti memang mengkondisikan kemampuan dari Headset atau Earbuds TWS terkait, atau bisa juga menyebutkan terkait kondisi kampuan dari Charging Base dari Headset atau Earbuds TWS tersebut.

Secara umum, Headset atau Earbuds TWS itu hadir dalam 2 buah daya berbeda, satunya berasal dari daya individual dari Headset atau Earbuds TWS terkait dan satu lainnya berasal dari Charging Base atau Charging Home dari aksesories Headset atau Earbuds TWS tersebut, mudahnya sebut saja Charging Home tersebut sebagai Power Bank-nya TWS.

Nah, coba bayangkan saja seperti ini, ada satu Brand yang menjamin waktu Playtime 100 Hours, tetapi dengan pembagian mekanisme seperti ini, Headset atau Earbuds TWS memiliki masa pakai 2 jam, setelah habis maka bisa di isi ulang berkali-kali dengan Charging Home, yang memiliki umur daya sebanyak 100 Hours.

Lalu, ada juga Brand TWS yang menjamin waktu Playtime 16 Hours, dengan pembagian mekanisme 4 Jam masa pakai individu pada perangkat Headset atau Earbuds TWS dan setelah habis maka bisa di isi ulang kembali dayanya dari Charging Home yang memiliki daya tahan baterai akumulasi selama 16 Jam.

Yang, mana yang lebih menguntungkan untuk digunakan?

Jelas saja, yang masa pakai 4 jam! karena kalian bisa menggunakan TWS tersebut selama 4 Jam non-stop, meski kemampuan Charging Base / Home hanya bisa digunakan dalam 2-3 kali Charge saja, karena hanya mampu bertahan selama 16 Jam saja.

Tetapi, hal tersebut akan lebih baik, dari pada TWS yang hanya mampu bertahan selama 2 Jam saja, tetapi bisa di Charge selama puluhan kali, karena Charging Home-nya memiliki kapasitas daya selama 100 Hours.

Tentu saja, disini kepuasan penggunaanlah yang diprioritaskan, sehingga jangan pedulikan lama Playtime tersebut, ketika masa pakai dari TWS sebenarnya hanya cuma sampai paling tidak 1 - 2 jam saja.

Cari yang Playtime lebih sedikit, tetapi masa pakai Headset atau Earbuds TWS bisa lebih lama, seperti 4 Jam lebih.


Melihat Produk Review dari Blog dan Youtube


Setelah, kalian mempertimbangkan semua hal diatas, tetapi kalian masih bingung untuk mematangkan pilihan kalian, agar tidak merugi.

Maka, sangat kami sarankan untuk melihat Review atau Feedback dari pengguna yang sudah mencoba TWS yang ingin kalian beli, biasanya hal ini akan mudah kalian temukan di Internet, baik itu dari Media Blog atau Streaming Video dari Youtube.

Harusnya, jika Produk TWS yang ingin kalian beli memiliki Hype yang besar atau banyak diminati oleh banyak orang, maka harusnya kalian tidak akan sulit untuk menemukan Produk Review dari TWS yang akan kalian beli tersebut.

Silahkan, lihat kesimpulannya, apakah Worth it untuk dibeli atau tidak, tetapi jika Produk TWS yang ingin kalian beli tersebut, nyatanya tidak Populer dan hanya sedikit yang membahasnya dari Internet.

Maka, kalian bisa melihat Spesifikasi dari Headset atau Earbuds TWS tersebut, harusnya Spesifikasi tersebut bisa kalian pahami dengan mudah, apakah memang maksimal untuk digunakan atau tidak, karena keterkaitan terhadap Spesifikasi tersebut, sudah kami jelaskan garis besarnya diatas.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan sederhana kali ini, kami berharap dengan adanya artikel ini, kami bisa membantu lebih banyak orang, untuk bisa mendapatkan TWS yang maksimal untuk penggunaan sehari-hari dan tentu saja sesuai dengan Budget yang dimiliki.

Mau tidak mau, kita harus mengikuti perkembangan zaman, kehadiran Headset atau Earbuds TWS ini memang tengah Booming belakangan ini, karena pada dasarnya TWS bukanlah menjadi hal yang sulit untuk dibeli sekarang ini.

Dibandingkan dengan Headset atau Earbuds Wired, maka jelas saja penggunaan Headset atau Earbuds TWS tentu saja lebih Flexible, karena memang lebih mudah untuk digunakan dalam kondisi apapun.

Selain itu, pastinya dalam beberapa bulan kedepan atau beberapa tahun nanti, pastinya Headset atau Earbuds TWS akan menjadi lebih canggih dan lebih mutakhir dari yang ada sekarang ini dan hal itu pasti terjadi.

Tentu saja, kita akan diuntungkan dari kondisi tersebut, karena kita akan bisa melihat dan mendapatkan TWS dengan harga dan jenis yang lebih variatif dari yang sekarang tentunya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian butuhkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot