RILIS ARTIKEL TERBARU :

In-Depht Test APK Official Unlock Bootloader Tool Realme (All Version)

Siapa sih yang tidak kenal dengan Brand Smartphone Android satu ini? ya! Brand Snartphone Android satu ini memang tengah naik daun belakangan ini namanya, karena berhasil masuk dalam 5 Peringkat Top Best Selling Smartphone Android secara lokal maupun global.

Masih sedarah dengan saudaranya yaitu Brand Smartphone Android Oppo, maka menjadi hal yang wajar jika Smartphone Android dari Realme juga memiliki kualitas, performa dan fitur yang kaya, sama seperti saudara kandungnya yaitu Brand Oppo.

Menariknya, meski dengan darah yang sama seperti Oppo, faktanya Produk Smartphone Android dari Realme justru lebih banyak menyasar ke segmentasi pasar paling kompetetif yaitu adalah pasar Smartphone Android kelas menengah.

Dengan banyaknya kelebihan dari Produk Smartphone Android dari Realme tersebut, sebut saja seperti harganya yang memang lebih bersahabat dibandingkan Produk dari Brand Oppo, maka menjadi hal yang wajar jika Brand Realme menjadi laku keras dipasaran.

Terlebih untuk pasar Smartphone Android dinegara kita ini, Brand Smartphone Android dari Realme tersebut, memang mampu menyaingi penjualan dari Brand raksasa sebut saja seperti Xiaomi, tentu kualitas tidak bisa bohong pada kondisi ini.

Karena Smartphone Androi Realme itu memang terbukti tangguh, cantik dan kaya akan inovasi modern yang memang akan membuatnya menjadi sangat cocok untuk digunakan oleh orang-orang modern seperti dizaman sekarang ini.

Meski terbilang masih mudah umurnya, Brand Realme ini memang sudah membuktikan diri sebagai sebuah Smartphone Android yang Valuable untuk bisa dimiliki, karena untuk mendapatkan Smartphone Android Realme itu bukanlah perkara yang susah.

Pihak Realme memang banyak menjalin kerjasama baik itu untuk penjualan secara Online ataupun Offline, untuk cara kerja marketingnya mungkin sama saja seperti yang dilakukan oleh Brand Oppo ataupun Vivo.

Intinya, Third-Party Seller mereka memang sudah sangat menjamur dan pastinya ada dimana-mana, sehingga untuk bisa mendapatkan Smartphone Android dari Realme itu memang bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Hal yang lebih spesialnya lagi adalah bahwa Negara Indonesia, merupakan salah satu target pasar utama mereka, hal ini memang bisa kita buktikan dari banyaknya seri Produk Smartphone Android Realme yang dijual ditanah air kita ini.

Hampir semua lini seri Produk Smartphone Android Realme baik yang lawas dan yang paling terbaru itu ada dijual di Indonesia, bukan melalui jalur distributor, melainkan melalui jalur resmi.

Meski terlihat sepela, kenyataannya faktor itulah yang menjadi salah satu faktor yang membuat Brand Smartphone Android Realme menjadi salah satu Brand Smartphone Android teratas yang ada di Negara kita ini.

Selain itu, meski masih memiliki umur yang terbilang sangat muda, Komunitas Smartphone Android Realme tersebut, memang sudah tumbuh kian besar, terbukti dari betapa mudahnya untuk kita mencari dan menemukan Resource yang kita butuhkan.

Untuk permasalahan Support dari Komunitas tersebut, mungkin sudah hampir sama levelnya seperti Komunitas yang ada untuk Brand Smartphone Android Xiaomi ataupun Redmi.

Meski belum besar sekali, namun bisa kami prediksi dalam beberapa tahun lagi, Brand Smartphone Android Realme ini mungkin akan memiliki anggota Komunitas yang mungkin akan sama besarnya seperti Komunitas yang ada untuk Smartphone Android Xiaomi dan Redmi.


Sudah memiliki Custom ROM resmi sendiri


Secara umum bisa kita sebut bahwa sebelumnya Realme itu adalah sebuah Brand Smartphone Android yang memang sangat identik dengan Smartphone Android Oppo.

Sebenarnya, tidak ada yang mengherankan tentang hal ini, karena memang Realme dan Oppo itu masih satu saudara dan juga dikatakan Brand Smartphone Android Realme tersebut memang menjadi Sub-Brand dari Brand Oppo itu sendiri.

Sehingga, jelas saja beberapa hal yang ada pada Smartphone Android Realme itu akan terkesan mirip dengan Brand Oppo, salah satunya adalah penggunaan Custom ROM resmi tersebut, dimana Oppo dan Realme sama-sama menggunakan Kustomisasi Android ROM dengan nama ColorOS.

Namun, sekarang Brand Realme sudah tidak bisa lagi disebut sebagai kembaran identik Smartphone Android Oppo, karena secara perlahan mereka juga sudah menggunakan Custom ROM sendiri yang bernama Realme UI.

Sejauh ini, Realme UI diketahui hanya tersedia untuk Smartphone Android Realme yang sudah berjalan pada OS Android 10 saja, dibawah versi Android 10, sebut saja seperti versi Android 9, maka Custom ROM yang digunakan masih menggunakan ColorOS dari Oppo.

Dengan adanya Custom ROM Independent dari Realme tersebut, maka jelas sekarang Smartphone Android Realme tidak bisa lagi dikatakan sebagai sebuah Smartphone Clone dari Oppo, tentu hal ini akan banyak disukai oleh para pengguna Smartphone Android diluar sana.


Dukungan Resmi pihak Brand Realme


Karena mereka sudah membuktikan diri sebagai sebuah Brand Smartphone Android besar yang patut diperhitungkan, maka wajar saja jika mereka harus memperhatikan User atau pengguna Smartphone Android buatan mereka dengan lebih baik lagi.

Hal ini terbukti dengan banyaknya dukungan atau Support resmi yang pihak Realme berikan kepada konsumen mereka, agar konsumen mereka bisa puas dengan Produk Smartphone Android yang mereka buat.

Salah satu Support yang paling terasa dampak positifnya adalah dibuatkannya sebuah Forum Diskusi resmi Realme yang dimana didalam forum tersebut, kalian akan mendapati beragam hal menarik, seperti :

  1. Info terbaru dari Smartphone Android Realme.
  2. Beragam pengetahuan dasar terkait penggunaan Smartphone Android Realme.
  3. Beberapa Tips dan Trick.
  4. Beberapa Panduan Tutorial, seperti metode Flashing, ROOT, Unlocking, dll.
  5. Lalu, diforum tersebut kalian pun akan bisa mendapati beragam Resource, seperti Firmware resmi Realme contohnya.

Nah, selain permasalahan Forum Diskusi resmi Realme tersebut, nyatanya dukungan penuh pun juga akan dirasa dampak positifnya, ketika kalian mengajukan Klaim Garansi, jika memang Smartphone Android Realme kalian sedang mengalami masalah.

Klaim Garansi tersebut, sangat mudah dilakukan dan prosesnya pun juga sangat cepat, sehingga faktor inilah yang mungkin menjadi daya tarik terbesar Brand Smartphone Android Realme tersebut.

Lalu, masih terkait permasalahan Support resmi tersebut, nyatanya pihak Realme juga memberikan dukungan penuh, bagi siapa saja yang ingin mencoba membuka potensi penuh dari Smartphone Android Realme yang dimiliki, dengan cara melakukan Unlock Bootloader.

Lalu, apa sih Unlock Bootloader tersebut?


Unlock Bootloader Realme


Jika kalian adalah seoarang pengguna Smartphone Android baru atau masih awam dalam permasalahan dunia dalam OS Android tersebut, mungkin kalian tidak akan menganggap Unlock Bootloader tersebut sebagai sebuah masalah yang urgent.

Karena sejatinya, permasalahan terkait Unlock Bootloader tersebut memang hanya diperuntukan untuk pengguna Smartphone Android Realme yang advanced saja dan bukan untuk pengguna awam.

Sebenarnya, tanpa melakukan Unlock Bootloader, Smartphone Android Realme tersebut, masih tetap bisa sangat memuaskan untuk digunakan dalam berbagai kepentingan.

Namun, jika dalam penggunaan biasa tersebut kalian merasa tidak cukup, karena mungkin ada beragam keterbatasan, maka melakukan Unlock Bootloader pada Smartphone Android Realme menjadi sesuatu yang ideal dan urgent untuk kalian lakukan.

Lalu, apa sih sebenarnya Unlock Bootloader tersebut?

  1. Unlock Bootloader adalah sebuah tindakan untuk melakukan Unlocking terhadap kapabilitas Standard System dari OEM.

Artinya, dengan melakukan Unlock Bootloader tersebut, maka kalian akan bisa membuka batas yang sudah dibaku kan oleh Produsen Smartphone Android terkait, sehingga kalian bisa melakukan beragam hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan, karena memang dibatasi oleh Settingan Standard OEM, seperti :

  1. Melakukan ROOT.
  2. Memasang Custom Recovery.
  3. Memasang Custom Kernel.
  4. Memasang Custom ROM.
  5. Secara penuh bisa menggunakan Mode Fastboot untuk beragam keperluan vital.
  6. Bisa digunakan untuk melakukan Overclocking dengan tujuan untuk peningkatan performa Hardware CPU dan GPU, misalnya seperti digunakan untuk menambah performa ketika digunakan untuk bermain games.
  7. Bisa digunakan untuk melalukan beragam penyesuaian ulang pada Value dan Parameters Settingan Firmware.
  8. dll.

Nah, dari apa yang sudah kami sebutkan diatas, tentu saja Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme tersebut, akan menjadi penting dalam kasus tertentu, apalagi jika Smartphone Android Realme kalian sudah berada pada batas ambang atau limiternya.

Sehingga, untuk membuka potensi lebih pada Smartphone Android Realme tersebut, maka tentu kalian harus melakukan Unlock Bootloader tersebut sekarang juga.

Lalu, apakah Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme itu mudah untuk dilakukan? jawaban singkat kami adalah Iya! karena kalian bisa dengan mudah melakukan Unlock Bootloader secara resmi, jika kalian menggunakan Smartphone Android Brand Realme tersebut.


Unlock Bootloader Resmi untuk Realme


Seperti yang sudah kami singgung diatas, nyatanya Support pihak vendor dari Brand Smartphone Android Realme tersebut, bukan hanya sekedar pada Support untuk tanya jawab, kaliam garansi dan Resource saja.

Melainkan, mereka juga secara resmi melakukan Support secara penuh untuk siapa saja yang ingin melakukan Unlock Bootloader pada Produk Smartphone Android mereka.

Tentu, hal ini akan sangat berdampak besar bagi Brand Realme, karena sejauh ini hanya ada beberapa Brand Smartphone Android saja yang memberikan Support Resmi terhadap permasalahan Unlock Bootloader tersebut.

Hanya saja, untuk bisa melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme tersebut, kalian harus melengkapi beberapa persyaratan dan harus melewati beberapa proses.

Lalu, proses apa saja yang kami maksud tersebut?


Syarat dan Proses Unlock Bootloader Realme


Pada pembahasan ini, kita akan berbicara sedikit teknis terkait gambaran melakukan Unlock Bootloader pada Smartphon Android Realme tersebut.

Persyaratan pertama, jika kalian ingin melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme adalah yaitu Seri Smartphone Android Realme kalian harus sudah mendapat White List atau disetujui olhe pihak Realme untuk bisa dilakukannya Unlock Bootloader, maksudnya?

Mudahnya begini, tidak semua Smartphone Android Realme bisa di Unlock Bootloader, tetapi fakta dilapangannya adalah kurang lebih 80% dari total seri pada Smartphone Android Realme itu bisa di Unlock Bootloader dengan metode resmi tersebut.

Biasanya, Smartphone Android Realme yang belum di Support secara resmi untuk bisa dilakukannya Unlock Bootloader adalah untuk seri keluaran terbaru saja, namun hal tersebut hanya masalah waktu saja, hingga Smartphone Android Realme keluaran terbaru tersebut bisa mendapatkan Support Unlock Bootloader tersebut.

Syarat yang kedua adalah disini kalian memerlukan Media pembantu lain yaitu adalah Perangkat Komputer Desktop atau Laptop beserta Kabel USB yang digunakan untuk menghubungkan Smartphone Android Realme dan Komputer Desktop via Mode Fastboot, untuk bisa mengeksekusi perintah Unlocking tersebut.

Hanya untuk berjaga-jaga saja, sebaiknya kalian juga menginstall USB Driver Realme sebelum melakukan Unlock Bootloader tersebut, terlebih jika kalian menggunakan OS Windows di Perangkat Komputer Desktop yang akan kalian pakai nanti.


Lalu, yang terakhir ada beberapa proses yang harus kalian lewati, menurut beberapa informasi yang telah kami dapatkan, untuk bisa melakukan Unlock Bootloader tersebut, Smartphone Android Realme harus sudah berumur minimalnya 3 Bulan.

Sebelum berumur 3 Bulan, maka proses Unlock Bootloader Realme tersebut tidak akan bisa berlangsung.

Selanjutnya, metode Unlock Bootloader resmi Realme ini juga membutuhkan Koneksi Internet, yang nantinya akan digunakan untuk melakan Request Unlock Bootloader atau meminta persetujuan untuk melakukan Unlock Bootloader tersebut.

Lalu, untuk melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme tersebut, kalian hanya perlu menginstall sebuah Aplikasi (APK) khusus buatan resmi dari Realme yang bernama In-Depth Test.

Bagaimana detail dari Aplikasi In-Depth Test Realme tersebut?


APK In-Depth Test Realme untuk UBL


Secara umum APK In-Depth Test Realme tersebut, sama seperti Aplikasi Android kebanyakan, yaitu kalian perlu menginstall Aplikasi ini sebelum bisa menggunakannnya.

Hanya saja, APK In-Depth Test ini hanya akan berkerja ke Smartphone Android Realme spesifik saja yang memang sudah di Support secara resmi oleh pihak Realme untuk bisa dilakukannya Unlock Bootloader tersebut.

In-Depth Test APK Official Unlock Bootloader Tool Realme (All Version)

Selanjutnya, untuk bisa menggunakan APK In-Depth Test tersebut juga kalian harus melewati tahapan Review yang salah satu persyaratannya adalah seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Jika disetujui, maka kalian akan bisa langsung melakukan Unlock Bootloader setelahnya, jika belum atau tidak bisa melakukan Unlock Bootloader, mungkin permasalahannya datang dari 2 hal dibawah ini :

  1. Smartphone Android Realme belum di Support untuk melakukan Unlock Bootloader.
  2. Smartphone Android Realme yang kalian gunakan, belum bisa memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

Lalu, APK In-Depth Test ini juga tidak bisa digunakan pada sembarang Smartphone Android Realme, karena APK In-Depth Test hanya bisa digunakan pada seri tertentu saja, sehingga pastikan kalian memilih APK In-Depth Test yang sesuai dengan Seri Smartphone Android Realme yang kalian gunakan.

Terakhir, APK In-Depth Test ini tersedia untuk 2 buah jenis ROM berbeda dan tidak bisa digunakan, jika ROM tersebut berbeda.

Karena, masing-masing ROM yang digunakan yaitu adalah ColorOS dan Realme UI itu membutuhkan APK In-Depth Test yang berbeda juga.

Sehingga, jika Smartphone Android Realme kalian masih menggunakan ROM dari ColorOS, tentu kalian tidak akan bisa melakukan Unlock Bootloader jika menggunakan APK In-Depth Test yang peruntukannya untuk ROM Realme UI, bagitu pula sebaliknya.

Nah, pertanyaannya adalah dimana kalian bisa mendapatkan APK In-Depth Test tersebut untuk seri Smartphone Android Realme yang kalian gunakan sekarang?

Tenang saja, disini kami ada menyediakan APK Unlock Bootloader Realme tersebut untuk semua Seri Smartphone Android Realme yang sudah di Support oleh pihak Realme.


Download APK In-Depth Test Realme (Semua Tipe)


Seperti yang sudah kami singgung diatas, disini kami ada menyediakan Resource APK In-Depth Test yang kalian butuhkan.

APK In-Depth Test  yang kami kumpulkan dibawah ini sudah Support kepada seri terlama Smartphone Android Realme, hingga ke versi yang paling terbaru.

Selain itu, pada seri tertentu kami juga telah meletakan APK In-Depth Test yang dikhususkan untuk ROM tertentu, yaitu adalah ColorOS ataupun Realme UI, silahkan kalian sesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan kalian.

Untuk proses Download APK In-Depth Test tersebut juga tidak sulit, karena kami memang meletakannya di Google Drive secara langsung, kalian hanya perlu mendownload APK In-Depth Test sesuai dengan seri Smartphone Android Realme kalian saja, setelahnya kalian bisa langsung mengeksekusi metode Unlock Bootloader tersebut.

Berikut adalah APK In-Depth Test untuk semua Smartphone Android Realme yang sudah di Support secara resmi oleh pihak Vendor :



Password : dadroidrd.com

Jika sudah didownload, lalu bagaimana cara memasangnya di Smartphone Android Realme?


Cara Install APK In-Depth Test Realme


Jika kalian adalah pengguna Smartphone Android Realme awam, mungkin akan kesulitan untuk bisa menginstall APK In-Depth Test tersebut, karena proses Installasinya memang harus dilakukan secara Offline, berikut adalah tata cara installasinya :

  1. Silahkan Extract File APK In-Depth Test Realme diatas dengan Password yang sudah kami sertakan.
  2. Selanjutnya, silahkan tekan dan Install APK In-Depth Test Realme tersebut.
  3. Pastikan opsi Unknown Sources atau Sumber Tidak dikenal sudah tercentang, jika tidak maka kalian tidak akan bisa menginstall APK In-Depth Test tersebut, karena sumbernya pemasangannya memang diluar dari Play Store.
  4. Jika sudah terinstall dengan baik, silahkan Buka Aplikasi In-Depth Test tersebut.
  5. Silahkan ikuti semua perintah yang ada didalam Aplikasi In-Depth Test Tool tersebut, untuk bisa melanjutkan proses Unlock Bootloader.
  6. Done!

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, kami berharap dengan adanya artikel ini, maka kalian akan bisa dimudahkan dalam proses Unlock Bootloader yang akan kalian lakukan.

Selain itu, sebelum kalian melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme yang kalian gunakan sekarang, pastikan semua hal yang telah kami jelaskan diatas, bisa kalian pahami dengan tepat.

Sehingga, setelahnya proses Unlock Bootloader bisa akan menjadi lebih lancar dan tidak membingungkan untuk dilakukan, terlebih jika ada masalah yang timbul ketika proses Unlock Bootloader tersebut tengah berlangsung.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot