10/05/2020

Cara menjaga Kapasitas Internal Memory Smartphone Android agar tidak cepat habis

Cara atasi Memory Internal Android yang habis

Saat ini ada begitu banyak jenis dan rupa Smartphone Android yang bisa kalian temui dipasaran, sehingga kami pikir jika kalian mempunyai sejumlah uang, maka kalian tidak akan kesulitan sama sekali untuk bisa mendapatkan sebuah Smartphone Android yang pas dengan budget yang kalian miliki.

Karena seperti yang kalian ketahui, Smartphone Android itu memang hadir pada semua sektor kelas, baik itu kelas atas, menengah hingga bawah, selain itu meski berada di level kelas bawah, kalian pastinya akan tetap bisa mendapatkan Smartphone Android yang berkualitas dengan Brand yang bagus, karena memang ada begitu banyak pilihan yang bisa kalian pilih diberbagai kelas tersebut.

Umumnya Smartphone Android itu memang memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri, banyak dari Smartphone Android yang hadir dengan mengusung beragam teknologi inovasi yang mutakhir yang belum pernah ada sebelumnya.

Dan ada pula Smartphone Android yang hadir dengan hanya meningkatkan spesifikasi dari versi sebelumnya saja, sehingga kalian memang harus jeli dan benar-benar serius jika ingin membeli sebuah Smartphone Android yang cocok dengan penggunaan yang kalian kehendaki.

Secara garis besarnya, Smartphone Android itu memang memiliki keunggulan yang terbatas pada setiap versinya, terlebih jika Smartphone Android tersebut datang dari kelas menengah dan bawah.

Karena, biasanya Smartphone Android dalam kelas tertentu tersebut hanya akan unggul dalam beberapa sektor saja, seperti sektor kamera, baterai, RAM dan Storage yang lebih besar ataupun desain body Smartphone yang terlihat lebih menonjol dengan kualitas material yang bagus.

Hampir tidak ada Smartphone Android yang memiliki spesifikasi komplit, jika Smartphone Android tersebut memang berasal dari kelas menengah apalagi bawah, umumnya jika kalian memang ingin Smartphone Android yang memiliki spesifikasi komplit dan serba rata kanan, maka sudah pasti pilihannya akan jatuh pada Smartphone Android kelas atas.

Namun, tentu saja harga jual Smartphone Android tersebut, pasti tidak akan murah, mengingat spesfikasi rata kanan yang mereka usung tersebut.

Nah, bagi kalian yang ingin mengincar sebuah Smartphone Android baru, namun yang kalian sasar adalah Smartphone Android pada level kelas menengah ataupun bawah, misalnya dengan budget maksimal 3 juta rupiah.

Maka, tentu kalian harus memilih Smartphone Android terbaik tersebut secara hati-hati dan teliti, karena pada level tersebut ada begitu banyak pilihan yang bisa kalian pilih, jika salah pilih tentu kalian akan dirugikan.

Salah satu hal yang pastinya harus kalian perhatikan jika ingin membeli sebuah Smartphone Android kelas menengah ataupun bawah, ialah tentu terkait dengan jumlah Kapasitas Memory Internal yang dimiliki.

Kenapa hal tersebut menjadi penting? karena jika kalian ingin menggunakan Smartphone Android tersebut dalam jangka panjang, tentu penggunaan Kapasitas Memory Internal yang besar akan menjadi hal yang teramat penting untuk kalian.


Kapasitas Memory Internal Smartphone Android akan selalu menyusut


Jika kita berbicara terkait fakta, maka disini ada suatu kebenaran yang harus kalian ketahui, yaitu percaya atau tidak, setiap harinya Kapasitas Penyimpanan Memory Internal Smartphone Android yang kalian gunakan saat ini, dipastikan akan selalu berkurang dalam jumlah tertentu.

Bukan karena adanya kerusakan atau adanya hal ghoib, melainkan memang seperti itulah OS Android tersebut.

Jika sudah digunakan dalam kurun waktu yang lama, misalkan digunakan untuk menggunakan beragam aplikasi media sosial, games dan lainnya, tentu saja tanpa kalian sadari Kapasitas Penggunaan Memory Internal di Smartphone Android kalian pasti akan terus menyusut.

Karena satu aplikasi Android itu, apalagi yang memiliki sifat seperti Media Sosial, sebut saja Instagram dan WhatsApp, setiap kalian gunakan maka ada sebagian kecil penggunaan Kapasitas Memory Internal yang harus dikorbankan, karena memang seperti inilah cara kerja sebuah Aplikasi Android tersebut agar bisa berjalan dengan selayaknya.

Maka, jangan sampai kalian heran, jika melihat penggunaan satu buah Aplikasi seperti WhatsApp yang bisa memakan ruang penyimpanan hingga puluhan GB banyaknya, karena jika tidak kalian bersihkan secara berkala, maka pastinnya akan terus menumpuk dan tentu saja akan membuat penyimpanan Memory Internal di Smartphone Android menjadi habis.

Maka dari itu, jika memang bisa, kalian memang harus sedikit memperhatikan terkait spesifikasi Memory Internal yang digunakan pada Smartphone Android yang akan kalian beli tersebut, jika kalian tidak ingin dirugikan nantinya.

Faktanya, jika penyimpanan Memory Internal di Smartphone Android kalian sudah mulai menipis atau bahkan mencapai level yang sangat darurat, misalnya hanya tersedia ruang kurang dari 1GB.

Tentu hal ini mungkin akan membahayakan Smartphone Android yang kalian gunakan, lalu kenapa bisa menjadi berbahaya?


Bahaya jika Kapasitas Memory Internal Android habis


Kaitan permasalahan bahaya Kapasitas Memory Internal Smartphone Android yang habis tersebut, bukan berarti bahaya dalam artian Smartphone Android kalian akan menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Namun, terkait pada permasalahan penggunaan yang akan terganggu, sehingga performa dari Smartphone Android tersebut akan kian melamban dan hasil akhirnya akan mengganggu kinerja Hardware yang lain yang memang terkait kepada penggunaan Memory Internal Smartphone Android tersebut.

Umumnya, kapasitas Memory Internal yang harus tersisa di sebuah Smartphone Android itu tidak boleh kurang dari 1GB, karena jika kurang dari itu, maka Smartphone Android kalian sudah berada dilevel gawat.

Dalam artian, dipastikan User Experience dalam menggunakan Smartphone Android tersebut tentu akan sangat tidak menyenangkan.

Karena, seperti yang sudah kami singgung diatas, pada faktanya setiap saatnya Kapasitas Memory Internal di Smartphone Android yang kalian pakai, pasti akan terus berkurang dalam kurun waktu tertentu.

Jika, Kapasitas Memory Internal sudah hampir habis atau bahkan sudah habis, maka jelas saja kinerja System OS Android dipastikan akan terganggu.

Kasus paling buruk dari hal ini, ialah terjadi Bootloop atau bahkan Brick, karena memang OS Android tidak akan bisa berkerja dengan semestinya lagi, karena kekurangan alokasi ruang yang dibutuhkan oleh System untuk menjalankan baragam hal penting didalam Core OS Android tersebut.

Selanjutnya, Memory Internal yang kurang dari 1GB tersebut, tentu akan membawa permasalahan lain yang tentu saja akan sangat merugikan kalian, seperti beberapa permasalahan dibawah ini :

  1. Tidak bisa Update Versi OS, umumnya biasanya untuk Update versi OS Android atau Firmware tersebut, memang memerlukan alokasi ruang paling tidak 1-2GB banyaknya.
  2. Tidak bisa Update Aplikasi Android.
  3. Tidak bisa menginstall Aplikasi Android.
  4. Kinerja beberapa Aplikasi Android akan terganggu, bahkan tidak bisa dijalankan sama sekali.
  5. Performa dari Smartphone Android kian melamban dan hal terburuknya bisa berakhir Bootloop bahkan Brick.
  6. Smartphone Android tiba-tiba bisa menjadi ngehang dengan sendirinya.
  7. Smartphone Android bisa Reboot / Restart dengan sendirinya.

Dari apa yang sudah kami sebutkan diatas, tentu saja permsalahan terkait Kapasitas Memory Internal di Smartphone Android memang harus kalian perhatikan dengan benar, jika kalian menjaga performa Smartphone Android kalian agar tetap bisa prima.

Karena, percaya atau tidak Kapasitas Memory Internal yang hampir habis, dipastikan sedikit banyaknya pasti akan mengganggu Performa dan User Experience dari penggunaan Smartphone Android yang kalian gunakan tersebut.

Lalu, bagaimana sih cara menjaga agar Kapasitas Memory Internal di Smartphone Android tersebut agar tidak cepat habis dan tidak mengganggu Performa dari Smartphone Android terkait tersebut?

Mudah saja, kalian hanya perlu melakukan beberapa hal dibawah ini :


Cara menjaga agar Kapasitas Memory Internal Smartphone Android tepat prima


Dari beberapa penjelasan diatas, maka kini kita sampai pada pembahasan utama kita kali ini, sebenarnya permasalahan yang kami angkat kali ini memang terkesan sepele, namun jika kalian tidak bisa memperhatikan hal ini dengan benar, maka bisa jadi hal ini akan menjadi masalah besar untuk kalian nantinya.

Jika, saat ini kalian memang sedang bermasalah dengan Kapasitas Memory Internal di Smartphone Android yang kian menipis kapasitasnya, mungkin beberapa hal dibawah ini bisa membantu kalian :


Hapus File / Data yang tidak terpakai


Ya! ini adalah cara pertama yang harus kalian lakukan, caranya mudah saja, kalian hanya perlu menghapus File / Data yang sudah tidak kalian gunakan lagi.

Misalnya, File berupa Video, Aplikasi Android, Games, Photo ataupun Dokumen yang sebenarnya tidak kalian gunakan atau tidak penting, maka kalian bisa menghapus Data / File tersebut untuk melegakan Kapasitas Internal Memory di Smartphone Android yang kalian gunakan tersebut.

Jika kalian menggunakan Aplikasi WhatsApp dan bergabung dengan banyak Grup, maka kalian bisa mengapus Data / File yang tersimpan dari Aplikasi WhatsApp tersebut langsung melalui Aplikasi File Manager di Smartphone Android kalian.

Karena, dari apa yang sudah kami amati, Aplikasi Media Sosial yang paling banyak memakan ruang penyimpanan tersebut salah satunya memang adalah WhatsApp.

Cara atasi Memory Internal Android yang habis

Karena semua Photo dan Video yang telah dishare baik secara Personal ataupun Grup, pasti akan tersimpan di Memory Internal Smartphone Android kalian.

Maka, jika File Photo, Video dan Dokumen tersebut tidak kalian gunakan lagi, bahkan tidak penting untuk kalian, maka langsung saja kalian hapus.

Mesti cara ini terbilang ribet, karena menggunakan cara yang manual, tetapi jika kalian lakukan secara berkala, maka tentu hal ini akan berdampak positif untuk kalian, karena performa dari Memory Internal Smartphone Android kalian dipastikan akan selalu terjaga.


Hapus Cache atau Junk File


Percaya atau tidak, permasalahan Cache File atau Junk File ini juga menjadi permasalahan utama, kenapa Kapasitas Memory Internal di Smartphone Android kalian terus berkurang dengan sendirinya.

Umumnya, jika Cache atau Junk File ini sudah menumpuk, maka sizenya bisa benar-benar besar, bahkan bisa mencapai puluhan GB.

Lalu, bagaimana cara menghapus Cache atau Junk File tersebut? 

Mudah saja, kalian hanya perlu menginstall Aplikasi sejenis CCleaner dari Google Play Store yang tentu saja gratis.

Cara atasi Memory Internal Android yang habis

Maka setelahnya permasalahan Cache dan Junk File yang menumpuk tersebut bisa teratasi dengan cepat dan mudah.


Gunakan External Memory


Jika, Smartphone Android kalian mendukung penggunaan External Memory, maka sangat kami sarankan untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Karena, dengan adanya fasilitas External Memory Expansion tersebut, maka tentu akan mengurangi beban dari Memory Internal di Smartphone Android tersebut.

Karena, kalian tentu bisa memanfaatkan penggunaan dari External Memory tersebut untuk menyalin atau menyimpan beragam File, seperti Photo, Video, Dokumen bahkan Data Games Android tersebut langsung di External Memory tersebut.

Tentu saja, jika kalian ingin menggunakan fasilitas ini, tentu Smartphone Android yang kalian miliki harus sudah Support dengan fitur External Memory tersebut, jika tidak maka tentu saja, cara ini tidak bisa kalian gunakan.

Karena, dizaman sekarang ini hanya ada sebagian Brand Smartphone Android saja yang masih menyertakan fitur dari External Memory tersebut.


Manfaatkan penggunaan Cloud Based


Umumnya, semua Smartphone Android yang terkoneksi dengan Internet, pasti akan bisa menikmati layanan satu ini.

Penggunaan dari Cloud Based ini memang sudah menjadi hal yang biasa diera sekarang ini, jika kalian bisa memanfaatkan hal ini, tentu penggunaan atau ketergantungan pada Memory Internal Smartphone Android tersebut akan menjadi berkurang.

Karena, sejatinya kalian tidak perlu menyimpan File kalian seperti Photo, Video dan Dokumen di Memory Internal Smartphone Android kalian lagi, cukup dengan bermodalkan Internet, maka kalian sudah bisa menyimpan File kalian dengan aman di layanan penyimpanan Cloud.

Kalian pun bisa mendapatkan layanan tersebut secara gratis dengan menggunakan layanan misalnya dari Google Drive, DropBox, Mega dan lain sebagainya.

Lalu, umumnya di Smartphone Android zaman sekarang ini, kebanyakan dari Brand Smartphone Android tersebut, juga sudah memfasilitasi layanan Cloud Based tersebut secara esxlusive untuk kosumen dari pengguna Smartphone Android yang mereka pasarkan.

Maka, pastikan kalian memanfaatkan hal ini dengan benar, jika memang kalian memiliki kendala dengan Kapasitas Memory Internal Smartphone Android kalian yang kecil atau bahkan sudah hampir habis ruangnya.


Lakukan Factory Reset atau Flashing


Cara ini, bisa kalian lakukan jika memang Kapasitas Memory Internal Smartphone Android kalian sudah benar-benar tipis dan bahkan tidak bisa menginstall Aplikasi pembersih seperti CCleaner.

Dengan menarapkan metode Factory Reset atau Flashing ini, maka semua Data yang ada di Internal Smartphone Android kalian, akan dihapus sepenuhnya dan akan dikembalikan ke settingan pabrikan lagi.

Sehingga, Smartphone Android yang sudah di Flashing atau dilakukan Factory Reset ini akan menjadi seperti baru lagi dan pastinya Kapasitas Memory Internal yang tadinya hampir habis, sekarang tersedia banyak lagi.

Karena, memang semua hal yang ada di Memory Internal tersebut di hapus atau di format sepenuhnya, namun cara ini tentu tidak kami rekomendasikan, karena bisa jadi ada Data penting di penyimpanan Memory Internal yang akan ikut terhapus.

Jika sudah, terhapus, maka kami pastikan File atau Data tersebut tidak akan bisa kalian selamatkan lagi, sehingga jika kalian ingin melakukan cara ini, pastikan Backup dulu Data penting yang ada di Memory Internal Smartphone Android kalian, jika memang masih memungkinkan.

Nah, dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, memang terkesan biasa saja pembahasan kita kali ini, tetapi kenyataannya pembahasan ini mungkin akan menjadi sangat bermanfaat untuk beberapa orang tertentu yang memang sedang mengalami permasalahan terkait Kapasitas Memory Internal yang sudah kian menipis dan menimbulkan banyak masalah.

Kembali lagi, kalau memang masih belum terlambat, sebisa mungkin silahkan beli Smartphone Android dengan Minimal spesifikasi penyimpanan Storage sebesar 64GB, karena jika ingin digunakan dalam jangka panjang, maka kapasitas 64GB tersebut akan sangat ideal untuk penggunaan Smartphone Android diera modern seperti sekarang ini.

Lebih dari 64GB itu lebih bagus, tetapi mungkin kalau kami sarankan, jangan beli Smartphone Android dengan Kapasitas kurang dari 32GB, seperti 16GB apalagi 8GB.

Karena kami pastikan, besaran Stoarge tersebut tidak akan bisa digunakan untuk jangka panjang, apalagi jika kalian adalah seoarang yang aktif dalam Media Sosial, minimalnya dalam penggunaan Aplikasi WhatsApp.

Apalagi, jika kalian adalah seoarang Gamers atau Content Creator, maka penggunaan Smartphone Android dengan Kapasitas Storage kurang dari 32GB sama sekali tidak Ideal untuk kalian gunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan digital yang ada sekarang ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian butuhkan terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot