RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara perbaiki Touch Delay Android

Smartphone Android memang seperti sudah menjadi mahakarya tersendiri pada era modern seperti sekarang ini, karena jika kita amati dalam perjalanannya sendiri, Smartphone Android sudah memang benar-benar berubah menjadi sesuatu yang mungkin bahkan tidak pernah terbayangkan oleh kita dulunya.

Sekarang Smartphone Android memang sudah menjadi barang atau perangkat yang sudah benar-benar canggih yang bisa kita andalkan untuk beragam keperluan.

Salah satunya, ialah terkait pada permasalahan media entertainment pada perangkat tersebut, semua orang pasti akan setuju, menikmati beragam hiburan via Smartphone Android itu memang menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan.

Dewasa ini ada banyak hiburan yang bisa kita nikmati dari Smartphone Android tersebut, mulai dari yang offline hingga yang online semuanya bisa kita nikmati, tentu saja dengan biaya yang murah tentunya.

Jika boleh jujur, media hiburan terhebat dari perangkat Smartphone Android yang ada sekarang ini, salah satunya ialah memang berasal dari ranah gaming atau hiburan permainan yang sudah tidak terhitung banyaknya lagi tersedia dan siap dimainkan.

Kita sebagai pengguna Smartphone Android sendiri, pastinya mungkin hanya akan bisa memainkan sedikit dari ratusan bahkan ribuan games yang bisa dimainkan tersebut.

Dengan adanya beragam pilihan games tersebut dan juga dengan didukung oleh spesifikasi mumpuni dari hardware processing yang ada pada Smartphone Android zaman sekarang ini.

Tentu, bermain games akan menjadi lebih menyenangkan lagi dari pada sebelumnya, karena sekarang ini kebanyakan games yang ada pada Smartphone Android sudah bisa menampilkan gambar yang hampir setara console yaitu gambar yang realistik dan juga dengan sistem mekanis yang humanis.

Terlebih lagi, terkait fitur multiplayer yang saat ini memang sudah sangat menjamur, sehingga pastinya bermain games dengan menggunakan Smartphone Android itu sudah pasti akan sangat menyenangkan untuk kita lakukan.

Hanya saja, meski Smartphone Android itu memang sudah benar-benar berubah menjadi lebih canggih lagi, tetapi beragam permasalahan masih kerap kita jumpai, termasuk dalam pengalaman bermain games via Smartphone Android tersebut.

Jika kita sebutkan, mungkin ada begitu banyak rupa permasalahan tersebut, mulai dari kasus Lags, Overheat hingga permasalahan yang memang benar-benar mengesalkan para pengguna Smartphone Android tersebut.

Apa itu?

Jawabannya adalah permasalahan Touch Delay yang memang menjadi salah satu permasalahan yang termasuk kedalam masalah Layar Sentuh Smartphon Android tersebut yang menjadi kurang responsif atau sensitif.

Lalu, seperti apa sih permasalahan Touch Delay tersebut?


Masalah Touch Delay Smartphone Android


Sebenarnya, permasalahan ini memang tidak sering terjadi, karena biasanya terjadi karena suatu kondisi khusus saja.

Bagi pengguna Smartphone Android biasa, mungkin akan sangat jarang mengalami permasalahan Touch Delay tersebut, karena memang kondisinya berbeda.

Namun, permasalahan ini memang lebih sering dirasakan oleh para Gamers yang memang senang bermain games dengan menggunakan Smartphone Android tersebut.

Secara umum, permasalahan Touch Delay tersebut ialah ketika Layar Smartphone Android seakan memberikan jeda ketika mengeksekusi sentuhan jari kalian ke panel layar sentuh.

Sehingga, akan terjadi delay atau keterlambatan proses input sekian milidetik yang tentu saja hal ini akan sangat tidak mengenakan ketika kita sedang bermain games yang cepat dan kompetitif.

Selain itu, permasalahan Touch Delay ini juga sering terjadi menyerang sensitifitas layar ketika sedang menggunakan fungsi Multitouch, sehingga input Multitouch tersebut menjadi salah dan tidak presisi atau tidak akurat sesuai tapping yang telah kalian lakukan.

Maka, bisa kita simpulkan bahwa permasalahan Touch Delay ini memang menjadi permasalahan yang mengesalkan jika terjadi pada Smartphone Android yang kita miliki.

Bayangkan saja, kemampuan sensitifitas layar Smartphone Android kalian menjadi sangat menurun dan terkesan Error, tentu hal ini akan sangat merugikan kita sebagai pengguna dari Smartphone Android itu sendiri.

Lalu, apa sih penyebab dari masalah Touch Delay tersebut?


Penyebab masalah Touch Delay / Layar tidak sensitif


Sebenarnya, ada banyak penyebab dari timbulkan permasalahan Touch Delay tersebut, artinya permasalahan ini bukan hanya muncul dikarenakan satu hal yang sudah pasti saja, tetapi ada banyak pemicunya.

Kita sendiripun juga tidak akan bisa memprediksi kapan permasalahan Touch Delay tersebut akan terjadi.

Namun, melihat dari sejarahnya, maka permasalahan Touch Delay atau Layar menjadi tidaj responsif itu bisa dipicu oleh beberapa hal dibawah ini :

  1. Panel kaca layar yang dipenuhi kotoran.
  2. Hawa panas berlebih dari Smartphone Android itu sendiri.
  3. Smartphone Android pernah terjatuh dan terhempas dari ketinggian.
  4. Smartphone Android pernah tercebur ke air atau terkena cairan yang berlebihan.
  5. Adanya Bugs pada Firmware.
  6. Terjadi Crash atau kesalahan System pada Firmware.
  7. Adanya kecacatan pada hardware layar Smartphone Android secara default.
  8. Faktor usia pakai yang sudah terlalu lama.

Bagaimana? ada banyak sekali bukan alasan kenapa permasalahan Touch Delay tersebut bisa terjadi?

Nah, dari apa yang sudah kami sebutkan diatas, seharusnya kita bisa saja menhindari atau mengatasi permasalahan Touch Delay tersebut.

Tetapi, mungkin dalam kemungkinan keberhasilan hanya 50 : 50 saja.

Bagaimana maksudnya? apakah permasalahan Touch Delay tersebut tidak bisa diatasi? tentu saja bisa, hanya saja kemungkinannya tidak 100% berhasil.


Masalah Touch Delay bisa diatasi dan bisa juga tidak!


Ya! seperti yang sudah kami sampaikan diatas, sebenarnya permsalahan Touch Delay ini bisa saja kalian perbaiki sendiri dan bisa juga tidak, semua tergantung pada kondisi nyatanya.

Misalkan permasalahan Touch Delay tersebut terjadi bukan karena kerusakan Hardware layar sentuh, maka harusnya kalian bisa mengupayakan agar permasalahan tersebut bisa terselesaikan.

Tetapi, jika permasalahan tersebut datang dari Hardware layar sentuh yang memang sudah rusak atau error, maka tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru.

Hanya saja, untuk mengetahui apakah kerusakan tersebut datang dari Hardware layar sentuh atau tidak, itu memang sulit untuk diketahui.

Namun, kalian tetap bisa melacak induk masalahnya dengan mencoba beragam solusi pemecah masalah yang telah kami rangkum dibawah ini.

Jika, memang tidak ada satu pun cara yang berhasil, maka kalian bisa asumsikan bahwa kerusakan tersebut memang datang dari Hardware.

Sehingga, beberapa solsui pemecahan masalah dibawah ini tentu sangat worth it untuk bisa kalian ikuti, sebelum menyimpulkan induk pokok permasalahannya tersebut.

Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi permasalahan Touch Delay atau Layar tidak responsif pada Smartphone Android yang dimiliki.


Cara perbaiki masalah Touch Delay Smartphone Android


Hal pertama yang harus kalian pahami sebelum mengikuti beberapa hal yang akan kami sampaikan dibawah ini, ialah kita akan memulai pemecahan tersebut dari hal yang paling umum dulu, hingga berlanjut ke hal yang terbilang cukup teknis diakhirnya nanti.

Kami sangat sarankan agar kalian mencoba semua cara yang kami sampaikan dibawah ini, agar kalian bisa menarik kesimpulan pada kondisi finalnya nanti.

Berikut adalah beberapa cara yang sangat layak dicoba untuk mengatasi permasalahan Touch Delay pada Smartphone Android tersebut.


Bersihkan layar dari kotoran


Ini adalah hal yang paling umum dan yang paling mudah untuk bisa kalian lakukan untuk pertama kali, meski terdengar sepele, faktanya kondisi layar yang kotor itu bisa menyebabkan permasalahan Touch Delay tersebut muncul.

Maksudnya kotoran yang seperti apa?

Mudahnya, kotoran yang kami maksud disini ialah seperti keringat, minyak, bekas makanan atau kotoran-kotoran lain yang menempel pada layar Smartphone Android tersebut.

Secara teknis, kotoran-kotoran yang mengandung cairan atau minyak tersebut, tentu akan mengganggu performa dari sensitifitas layar sentuh.

Dalam kasus yang ekstrim, permasalahan yang dianggap sepele ini tentu bisa menimbulkan masalah yang lebih besar, seperti performa akurasi dan akselerasi layar sentuh yang menjadi kacau atau tidak presisi.


Lepaskan Screen Protector


Menggunakan Screen Protector memang sesuatu yang bermanfaat agar layar Smartphone Android kalian bisa terlindungi dari beragam goresan.

Hanya saja, ketika kalian menggunakan Screen Protector yang memang memiliki kualitas yang jelek atau tidak dibuat dengan standarisasi yang baik.

Tentu ini akan menjadi petaka tersendiri bagi kalian, karena sudah pasti penggunaan Screen Protector yang jelek atau yang terlalu tebal, pastinya akan mempengaruhi sensitifitas layar sehingga tidak seresponsif seperti ketika sedang tidak menggunakan Screen Protector.

Maka dari itu, cara ini memang cukup efektif untuk kalian coba, karena kebanyakan kasus dari Touch Delay tersebut memang diakibatkan oleh penggunaan Screen Protector tersebut.


Hindari kondisi Overheat


Kami sangat yakin, bagi kalian para Gamers yang memainkan beragam Games di Smartphone Android dengan durasi yang lama, pasti semuanya akan merasakan panas yang berlebih pada Smartphone Android yang digunakan.

Sebenarnya, kondisi ini normal saja, tetapi jika panas tersebut terjadi secara terus menerus dengan durasi waktu yang panjang atau sudah masuk kepada tingkat kepanasan diatas rata-rata.

Maka, tentu hal ini akan mempengaruhi kinerja dari Smartphone Android terkait dan pastinya salah satu imbasnya, maka akan muncul permasalahan Touch Delay tersebut.

Korelasinya adalah ketika hawa panas Smartphone Android itu sudah muncul secara berlebihan dan sudah bisa kalian rasakan sendiri pada layar Smartphone Android.

Maka, pada kondisi ini sensitifitas layar bisa menjadi kacau dikarenakan luapan dari hawa panas muncul tersebut.

Solusinya adalah tentu kalian harus mendinginkan Smartphone Android kalian terlebih duhulu, namun jika tidak memungkinkan mungkin kalian bisa duduk dekat kipas angin atau dibawah AC agar Smartphone Android kalian bisa menjadi cukup dingin.

Namun, jika hal tersebut membuat perut kalian menjadi kembung, maka kami sarangkan kalian menggunakan gadget tambahan seperti perangkat Air Cooler dibawah ini :

Cara perbaiki Touch Delay Android

Pada kondisi ini kalian memang akan sedikit mengeluarkan uang, namun jika dilihat dari nilai manfaatnya, tentu saja uang yang kalian keluarkan tersebut tentu tidak akan menjadi sia-sia.


Perbaiki dengan Software khusus


Kalian sebenarnya juga bisa mengupayakan perbaikan tersebut secara software, lebih jelasnya disini kita bisa menggunakan sebuah Aplikasi Android khusus yang memang telah dirancang untuk mengatasi permasalahan Touch Delay tersebut.

Sifat dari Aplikasi yang kami gunakan disini ialah seperti Aplikasi kalibrasi layar, artinya jika kalian menggunakan Aplikasi ini, maka ratio serta parameter dari performa Touch Screen tersebut akan kembali disesuaikan.

Aplikasi yang kami maksud disini ialah Aplikasi yang bernama Touchscreen Repair.

Cara perbaiki Touch Delay Android

Kalian bisa langsung mengunduh Aplikasi tersebut langsung dari Google Play Store secara gratis dengan mengunjugi Link URL yang sudah kami sediakan dibawah ini :


Jika, Aplikasi tersebut sudah kalian Install di Smartphone Android kalian, maka untuk cara penggunaannya adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan jalankan Aplikasi Touchscreen Repair.
  2. Lalu, tekan opsi Start untuk memulai proses kalibrasinya.
Cara perbaiki Touch Delay Android
  1. Silahkan tekan Kotak yang berwarna hijau dengan cepat dan akurat.
Cara perbaiki Touch Delay Android
  1. Test ini akan berlangsung selama 3 kali pengulangan.
Cara perbaiki Touch Delay Android
  1. Jika, ke-3 Test sudah diselesaikan, maka proses kalibrasi akan difinalisasi.
  2. Terakhir, kalian disini akan melihat bahwa angka Touch Delay akan dikurangan sepersekian milidetik, yang artinya Panel Touch Screen tersebut akan menjadi lebih responsif dari sebelumnya.
Cara perbaiki Touch Delay Android
  1. Done!

Dari hasil Test yang kami lakukan, Apliaksi ini memang banyak membantu untuk mengatasi permasalahan Touch Delay tersebut, sehingga tentu kami akan sangat merekomendasikan penggunaan Aplikasi ini.


Factory Reset / Flash


Faktanya, permasalahan Touch Delay atau Layar menjadi tidak responsif itu bisa juga datang dikarenakan ada Bugs atau Crash pada Firmware yang digunakan.

Bugs atau permasalahan tersebut bisa saja terjadi ketika kalian melakukan Update Firmware atau Firmware yang kalian gunakan sudah terlalu ngadat penuh dengan Junk File dan penuh dengan kesalahan miskonfigurasi sistem, karena memang tidak pernah direset sebelumnya.

Sehingga, cara yang paling ideal untuk mengatasi permasalahan ini, tentunya kalian perlu melakukan Factory Reset atau kembali ke pengaturan pabrikan.

Jika, cara tersebut juga tidak mempan, maka kalian bisa upayakan melakukan tindakan Flashing, dimana cara ini akan menjadi lebih powerful dibandingkan hanya dengan melakukan Factory Reset saja.


Kesimpulan akhir


Bagaimana? apakah ada salah satu cara diatas yang berhasil untuk kalian? kami harap cara yang kami bagikan diatas memang bisa menyelesaikan permasalahan Touch Delay yang sedang kalian alami.

Karena jika tidak ada satupun cara diatas yang berhasil pada kalian, maka bisa kita simpulkan disini, bahwa permasalahan Touch Delay tersebut memang terjadi karena diakibatkan oleh kerusakan Hardware pada sektor Panel Touch Screen.

Lalu, bagaimana solusinya jika seperti ini?

Maka, tidak ada cara lain selain mengganti komponen Part Touch Screen tersebut, karena memang hanya itu cara yang bisa kalian lakukan.

Hanya saja, kami ingatkan biaya untuk perbaikan atau penggantian komponen Touch Screen itu tentu tidak bisa kita katakan murah, meski hanya bervariasi tergantung jenis Smartphone yang digunakan.

Umumnya, harga unit komponen Touch Screen tersebut bisa seharga sepertiga dari harga Smartphone Android yang kalian miliki tersebut.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, permasalahan Touch Delay atau layar yang menjadi tidak responsif ini memang sudah menjadi permasalahan umum yang sering terjadi.

Bahkan sudah terjadi pada era awal Smartphone Android mulai eksis, karena memang seperti itulah sebuah alat elektronik tersebut.

Sewaktu-waktu mungkin bisa menjadi error dengan sendirinya, tetapi pastinya permasalahan tersebut pasti akan ada pemicunya.

Sehingga, akan sangat bijak sekali jika kalian mengupayakan self troublehooting terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk memperbaiki Smartphone Android kalian ke tempat service.

Karena, jika memang beruntung, maka permasalahan Touch Delay tersebut akan bisa kalian atasi sendiri dan tentu saja pada kondisi ini kalian tidak akan keluar biaya apapun.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot