Cara mudah atasi gagal unlock bootloader Xiaomi 100% berhasil


Dadroidrd.com, Seperti yang telah kalian ketahui bahwa produk smartphone terbaru Xiaomi saat ini di jual tidak lagi dalam keadaan unlock bootloader seperti seri terdahulunya, dengan artian saat ini semua produk Xiaomi terbaru di jual dalam kondisi locked bootloader, jadi untuk bisa mendapatkan device dalam keadaan unlock bootloader kalian harus melakukan unlock ini secara manual.

Umumnya untuk melakukan unlock bootloader Xiaomi ini tidaklah begitu sulit, karena semua tutorial dan bahannya sudah secara resmi di dukung oleh pihak Xiaomi, tetapi mudah belum tentu berhasil 100%, karena sampai saat ini sangat banyak kasus yang terjadi pada pengguna Xiaomi di luar sana yang nyatanya gagal dalam melakukan unlock bootloader, bukan hanya sekali tetapi dalam beberapa kali percobaan.

Meski akhirnya device tetap dapat di unlock dengan berbagai trik seperti memasang ROM versi developers atau melakukan cara lainnya termasuk cara unofficialnya, ternyata untuk bisa sukses 100% dalam melakukan unlock bootloader ini sangat mudah dan simple, sebagai buktinya saya sendiri yang telah mengalaminya, dari 7 percobaan gagal unlock pada device Xiaomi yang saya miliki, setelah menerapkan cara ini dalam satu kali percobaan sudah berhasil dengan sempurna, dan juga cara ini juga sudah banyak di buktikan oleh para member dari komunitas MIUI juga.

Baca juga :
Cara cek status dan Relock Bootloader Xiaomi

Kasus yang kerap terjadi adalah gagalnya unlock bootloader pada aplikasi Mi Flash Unlock pada persentasi 50%, tetapi ada juga yang gagal tanpa timbul persentasi, karena devicenya belum bisa terhubung ke PC, dengan demikian perlu kalian pastikan sebelum melakukan cara ini ada beberapa persiapak yang harus kalian penuhi, jika tidak maka tidak ada jaminan akan berhasil 100%, syaratnya adalah :
1. Kalian sudah melakukan request unlock dan sudah mendapat persetujuan approve untuk unlock bootloader dari SMS Xiaomi.
2. Mi Account yang di daftarkan untuk request unlock harus log-in pada device Xiaomi kalian.
3. Alat dan bahan untuk unlock bootloader sudah siap, seperti kabel USB, baterai smartphone terisi penuh dan juga terkoneksi ke Internet.
4. Backup data kalian sebelum melakukan cara di bawah ini.

Jika ketiga syarat diatas sudah terpenuhi maka kalian sudah siap melakukan unlock bootloader dengan persentasi 100%, juga tutorial ini bisa di terapkan pada semua jenis versi MIUI, terdapat 2 cara pada tutorial ini yaitu adalah :

Baca juga :
Cara mudah agar cepat approve unlock bootloader di device Xiaomi

Factory reset smartphone Xiaomi kalian sebelum melakukan unlock
Cara ini adalah cara efektif yang pertema, dan jangan salah factory reset yang di maksud disini di lakukan dari aplikasi settings, bukan dari recovery bawaan atau custom recovery, jadi pengguna locked bootloader Xiaomi, di pastikan akan tetap bisa melakukan factory reset ini, langkah dalam melakukannya adalah :
1. Masuk pada aplikasi Settings>>Additional settings>Backup & reset>>Factory data reset>>Reset phone (kasus dalam MIUI 8)
2. Metode ini akan menghapus semua data dan aplikasi kalian pada internal memory, jadi backup dulu sebelum melakukannya, mengapa ini di perlukan karena disini triknya device Xiaomi kalian harus bersih dari semua settingan dan account yang terhubung.
3. Jika sudah selesai reboot, segera log-in ke Mi Account yang telah kalian daftarkan untuk request unlock bootloader, ingat hanya Mi Account saja yang di log-in kan, untuk account yang lain tidak perlu.
4. Jika Mi Account sudah log-in dengan baik, selanjutnya kalian perlu masuk ke aplikasi settings lalu masuk ke Additional settings>>Developer options, pada tahap ini USB Debugging dan OEM Unlocking harus di aktifkan (Jika masih gagal Unlock Bootloader, coba jilangkan centang atau nonaktifkan OEM Unlocking, lalu coba Unlock lagi 6 dari 10 orang berhasil dengan cara ini).
5. Terakhir lakukan unlock bootloader
6. Selesai dan selamat device kalian sudah berhasil unlock bootloader, selanjutnya gunakan saja seperti biasanya.
7. Jika kalian masih saja gagal silahkan gunakan opsi ke tujuh dengan cara menginstall aplikasi VPN dari Playstore, terserah jenis aplikasi VPN apa saja, setelah terinstall silahkan gunakan server dari China, biasanya semua aplikasi VPN yang ada di Playstore sudah menyertakan server China, jadi coba satu per satu jika tidak di temukan server China pada aplikasi VPN tersebut, jika sudah install VPN dan sudah menggunakan koneksi VPN dari server China, silahkan ulangi melakukan Unlock Bootloader.

Baca juga :
Cara unbrick atau flash ulang Xiaomi locked bootloader dengan metode EDL

Fastboot device Xiaomi kalian sebelum melakukan unlock bootloader
Cara kedua ini pada dasarnya sama saja seperti cara pertama hanya saja, pada metode fastboot ini semua data akan lebih bersih dari pada melakukan factory reset seperti cara pertama, dan ini adalah metode yang saya rekomendasikan jika ingin melakukan unlock bootloader sukses 100%, untuk pilihan ROM kalian bisa gunakan versi apa saja, bisa itu Global jika tersedia, bisa juga ROM versi Developers atau Stable, untuk melakukan fastbootnya gunakan saja metode EDL jika device kalian bermesain Qualcomm Snapdragon, namun jika Xiaomi kalian bermesin MediaTek fastboot saja seperti biasa dengan aplikasi SP Flash Tool, Khusus pengguna device Xaomi bermesin Qualcomm lakukan fastboot dengan script flash_all.bat atau script yang dapat menghapus bersih data kalian pada memory internat, jika sudah melakukan fastboot ikuti sama persis seperti yang sudah di jelaskan pada cara nomor satu, dan di mulai dari step-3 sampai selesai.

Dengan demikian masalah unlock bootloader Xiaomi yang gagal di 50% atau gagal tanpa status bisa kalian atasi, yang perlu kalian lakukan ialah teliti dan hati-hati dalam melakukan kedua cara diatas, dan sekali ini backup data kalian sebelum melakukan tutorial ini, karena di pastikan data dan aplikasi kalian kemunginan akan hilang selamanya, jadi bijaksana lah.

29 comments: Leave Your Comments

  1. masih gagal pas 50% gan, padahal semua cara sudah dilakukan. solusinya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini berads di versi rom jenis apa gan kalau boleh tahu? Sebelumnya udah terkait sama web miui apa aja gan?

      Delete
  2. Replies
    1. Lebih jelas gan, kronologinya, seperti jenis versi rom apa yg di pakai, sebelumnya terkait ke site miui apa aja, dan apakah mi accountnya lama atau masih baru? Biar saya bisa bantu

      Delete
  3. Maaf Gan pertanyaan saya tidak berkaitan dengan tutorial di atas :) redmi note 4 saya bermasalah pada camera depan dan belakang. tidak bisa terbuka dan hanya blank hitam. awal mulanya hanya gara mengirimkan foto lewat WA dan terjadi hank. seteleah itu saya restart HH dan saya coba buka camera ternyata tetap blank hitam. kemudian saya flash tapi masih ttp seperti itu. dan saya juga ikuti tutorial yg ada di google seperti clear chace dll. hasilnya pun masih sama. akhirnya saya putuskan saya bawa ke service, katanya semua tegangan yg ke camera normal. kira2 ada solusi ga gan untuk mengatasi masalah ini?? tks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya sih dari pernyataan agan di atas kemungkinannya lebih menuju kepada kerusakan hardware gan, karena biasanya kalau dalam keadaan normal kamera blank itu di sebabkan oleh app camera yang crash gan, nah biasanya penyelesaiannya bisa dengan clear cache atau flash ulang, dan di pastikan fungsi kamera akan berjalan normal lagi, tetapi dari kasus agan camera tetap tidak kembali normal setelah di flash, jadi besar kemungkinan rusak hardware gan, tetapi solusi tambahan yang bisa agan coba saat ini yaitu adalah memasangkan custom rom + kernel gan (non MIUI rom) jika tersedia gan, nanti bisa di lihat kalau masih blank hitam berarti fix hardware kamera rusak gan

      Delete
  4. maaf gan, turitorial diatas menggunakan pc/ laptop ya? tanpa pc bisa gak ? agan posisi dimana? jakarta apa bkn, kl jkt mendingan sy bw ke agan hp nya, karna agan ud pengalaman, saya jg sdh stres bw sana sini, gak ad yg bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau unlock bootloader harus pake pc gan, tanpa itu tidak bisa gan, maaf gan saya domisili di banjarmasin, kalau agan mau biar saya bimbing nanti gan, tinggal email saja saya via email gan biar enak bimbingnya gan

      Delete
  5. kira2 ada ga gan custom rom + kernel gan (non MIUI rom) yang bisa di terapkan di xiaomi redmi note 4? klu ada bisa minta tolong gan toturial sekalian alat perangnya :) hehehehe.. tks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada gan, silahkan cek disini gan untuk ketersidaan alat tempurnya gan http://en.miui.com/type-109-820.html , kalau bisa agan jalan-jalan juga ke xda-developers biasanya juga ada development pada device yang spesifik di forum tersebut gan

      Delete
  6. Thanks atas artikelnya masbro.

    Sejatinya cara yang dijelaskan pada artikel tidak akan mungkin berhasil pada kasus saya. Mengapa? Karena RENO4 MTK saya datang dengan ROM global stable. Saya sudah lakukan segala tips/trik UBL di global stable dan tak satupun berhasil. Mengapa? Karena ROM global stable TIDAK memiliki opsi OEM Unlocking dan MI Unlock Status di setting Developer Options. Padahal dua opsi ini penting untuk menghubungkan (bind) akun MI kita dengan bootloader.

    Hanya tinggal satu cara yang dapat saya lakukan, yaitu melakukan flash menggunakan ROM China Developer, yang konon adalah satu-satunya ROM yang mampu mem-bind akun MI dengan boot loader dan mendapatkan hasil unlocking 100% saat menjalankan aplikasi MI Unlock Tool. Cara ini saya dapatkan dari link berikut:

    https://forum.xda-developers.com/redmi-note-4/how-to/guide-redmi-note-4-unlock-bootloader-t3517806

    Masalahnya, di link sebagaimana disebutkan diatas, download link untuk Driver & SP Flash Tool sudah tidak aktif. Apakah masbro Philiadi Agung Wicaksana bisa membantu merujuk ke link download yang masih aktif untuk driver Mediatek dan SP Flash Tool yang bisa digunakan di OS Windows 32-bit?

    Saya agak lebih yakin menggunakan cara ini karena menggunakan CUST.BIN yang di modifikasi untuk menghindari hilangnya IMEI serta menekan resiko bootloop/brick pada device yang di flash dalam kondisi locked bootloader.

    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.


    NB:
    Bagi yang mencoba cara ini dan masih gagal saat bind akun MI lewat opsi MI Unlock Status di Developer Options, coba install aplikasi VPN di device anda dan pilih server VPN yang berlokasi di Beijing. Salah satu aplikasi yang bisa dicoba adalah FlyVPN (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fvcorp.flyclient).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf masbro udah ngerepotin. Saya udah dapat Driver dan SP Flash Tool langsung dari situsnya, http://spflashtool.com/

      Delete
    2. Wah, penjelasannya sangat baik gan, tetapi sedikit yang saya koreksi bahwa memang biasanya fitur OEM unlock pada developer options biasanya memang tidak ada pada device dengan basis processor MTK, dan sebenarnya ROM paling baik untuk di gunakan dalam melakukan unlock bootloader adalah versi developers gan bukan china gan, terakhir kalau bisa lakukan method diatas pada windows versi 64-bit gan, karena sesuai pengalaman saya sendiri, saya tidak menemukan banyak masalah, seperti saat menggunakan versi 32-bit gan

      Delete
  7. di MI5 kok gak ada OEM Unlock nya ya??? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi rom global kah gan? Jika iya wajar saja menurut saya gan, dan juga versi android juga menentukan ada tidaknya fitur ini gan

      Delete
  8. Gan OEM SAYA KOK G ADA YA cuma ada nya debug usb aja jadi saya mau aktifin g bisa.. Apa g maslah itu solanya udah saya coba.. Saya pakai win 10 64 bt..
    Gan saya berhenti di 99 persen aja setelah itu cnt unloked

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti ROM ke versi developers gan, biasanya tanpa perlu di centang OEM unlocknya udah bisa gan di unlock

      Delete
  9. Maaf gan numpang tanya... itu sp flash tool beda ya sama mi flash unlock?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda gan SP Flash tool itu buat flashing firmware gan, kalau mi flash unlock itu tool buat unlock bootloader device Xiaomi gan

      Delete
  10. Gan bisa tolong minta alamat emailnya, saya ingin bmbinganya. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan hubungi kami melalui alamat kontak yang sudah di sediakan di blog ini gan

      Delete
  11. gan.. minta detail bagian ini:
    Khusus pengguna device Xaomi bermesin Qualcomm lakukan fastboot dengan script flash_all.bat atau script yang dapat menghapus bersih data kalian pada memory internat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya ketika melakukan flash ulang via fastboot, gunakan script clean flashing gan, dengan artian semua data agan akan ke wipe/terhapus, jadi hasil flashing ROM nya jadi bersih gan seperti baru

      Delete
  12. udah saya rest phone saya unlock tetap saja gagal di 50% gimana solusinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lakukan fastboot gan saran saya biar device clean, nanti bisa di coba unlock lagi gan, namun juga untuk persentasi keberhasilan yang tinggi saran saya, agan flash ROM versi developers saja terlebih dahulu gan

      Delete
  13. gan, alhamdulillah ane berhasil.
    sempet matot mi5 ane, makasih gan.
    membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp gan, selamat atas keberhasilannya gan, dan senang bisa membantu mengatasi masalah agan hehe

      Delete
  14. HH saya Redmi 4X gan, sudah mengikuti instruksi yg agan berikan. Namun teteap gagal di 50 persen. Sudah coba pakai vpn tetap tidak bisa, coba dgn fastboot juga tidak bisa. Apa ada step yg terlewat dan saya memang masih newbie di miui.. mohon bsntuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah seperti diatas berarti benar aja gan caranya, hanya saja agan kurang beruntung karena mungkin server unlock Xiaomi sedang penuh gan, coba dalam beberapa hari ini gan dan saran saya coba unlock pada dini hari gan, semoga berhasil gan

      Delete