RILIS ARTIKEL TERBARU :


Tidak dapat di pungkiri mau sehebat apapun device Android yang ada saat ini, pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah seperti hang hingga bootloop, dan hal ini juga terjadi pada jajaran device Sony Xperia, yang sejatinya juga merupakan sebuah smartphone dengan sistem operasi Android.

Mendapati device Sony Xperia yang bootloop, hang atau brick tetapi dengan fitur baterai yang tidak dapat di lepas tentu merupakan sebuah masalah yang cukup rumit, apalagi sampai tidak tahu cara mengatasinya tentu saja hal ini dapat membuat panik, pasrah lalu mental kita langsung down.

Apalagi device tersebut baru saja kalian gunakan atau kalian beli, tetapi kalian tidak perlu khwatir karena masalah ini sudah menjadi masalah yang wajar bagi semua device Android yang ada saat ini, dan tidak terkecuali masalah ini juga sangat sering terjadi pada jajaran device Sony Xperia.


Atasi Sony Xperia yang Bootloop / Stuck / Hang dengan cepat


Namun solusinya sebenarnya cukup mudah dan gampang, yang perlu kalian lakukan ialah mengikuti tutorial ini dan mencernanya sampai habis.

Jika saat ini kondisi device kalian hang, stuck atau brick dan kalian tidak tau cara mematikan smartphone Android Sony Xperia lalu kalian bingung mengatasinya karena device kalian memiliki design batterai yang tidak bisa di lepas secara manual, maka artikel ini tepat untuk kalian ikuti.

Seperti yang sudah disebutkan diatas artikel ini dibuat atas dasar banyaknya fenomena pemakai device android yang batrainya gak bisa di lepas lalu panik ketika device mereka berakhir bootloop atau sejenisnya.

Jadi, kebanyakan orang mengatasi masalah ini dengan cara yang super cerdas yaitu menghabiskan baterai device itu dulu, baru melakukan flashing, nah ini adalah cara yang super salah.

Untuk apa apa menunggu sampai habis isi baterai kan lama tuh, kalau baterainya penuh nunggu 4 jam baru bisa habis sempat ubanan baru bisa flashing firmware kan repot.

Untuk solusi paling mudahnya kalian bisa ikuti beberapa cara di bawah ini agar kalian dapat melakukan force shut down dengan aman dan pasti untuk smartphone Sony Xperia kalian.

Cara mengatasi problem diatas ada 2 cara yang paling efektif dan ketahui berhasil 100% sekarang ini yaitu :


Force Shutdown


Saat mengalami bootloop, stuck, dan hang, sebaiknya kalian mematikan secara paksa device kalian dengan cara tahan Volume Up (+) dalam waktu bersamaan kemudian tahan juga tombol power kurang lebih satu menit, maka device akan secara otomatis mati total sendiri.

Sebenarnya, kalian juga bisa melakukan Force Shutdown tersebut dengan hanya menekan tombol Power saja, selama kurang lebih 30 detik hingga 1 menit, jika kombinasi tombol diatas, tidak berkerja untuk kalian.

Jika cara ini tidak berhasil kalian masih tetap bisa melakukannya dengan cara menekan Tombol Power saja selama satu menit maka seperti yang sudah disebutkan smartphone Android Sony Xperia yang kalian miliki akan force shutdown dengan sendirinya atau di paksa mati total.


Lubang Reset Rahasia


Cara kedua ini ialah dengan cara mencolok lubang kecil yang ada di belakang device kalian, lubang ini sangat kecil dan hampir susah untuk di temukan, perlu kalian ketahui lubang sakti ini gunanya untuk melakukan Hard Reset tapi juga ampuh digunakan saat kondisi bootloop, stuck, dan hang.

Lubang kecil ini hanya bisa di colok dengan bidang kecil seperti kepala pulpen dan bilah lidi, lubang kecil ini seperti lubang reset pada kalkulator.

Namun sayangnya tidak semua device Sony Xperia keluaran terbaru saat ini menyediakan fitur lubang sakti ini, namun melakukan force shutdown tetap dapat di lakukan dengan point super nomor 1 yang sangat sakti.

Hal yang penting yang harus kalian ketahui adalah, bahwa sebenarnya cara di atas tersebut hanya akan membuat device kalian force shut down, atau di matikan secara paksa saja, tetapi jika tutorial diatas sudah kalian lakukan, tetapi masih saja bootloop atau brick.

Maka kesimpulannya adalah pasti ada sesuatu yang salah pada firmware atau hardware device kalian, untuk pertolongan pertamanya adalah kalian bisa melakukan flash lang terlebih dahulu, mungkin kalian bisa pertimbangkan untuk melakukan Flash Sony Xeria kalian dengan Xperia Companion.

Harusnya jika hanya masalah ringan yang terjadi pada device kalian, cara yang sudah di jelaskan di atas akan amat sangat dapat membantu kalian untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

Ada baiknya kalian mencoba solusi diatas jika device kalian terindikasi masalah seperti bootloop, stuck atau hang, jika device kalian hanya crash atau error ringan saja, maka harusnya saat ini device kalian sudah kembali pulih.

Update Terbaru : Cara ini masih work, terutama dengan menekan tombol Volume dan Power selama kurang lebih 1 menit, kalau ada yang mengatakan tidak work, berarti devicenya sedang mengalami masalah hardbrick yang perlu di perbaiki dengan cara Flash ulang. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot