RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara Unlock Bootloader semua Sony Xperia via CMD mudah 100% berhasil


Seperti yang kalian ketahui smartphone Sony Xperia semuanya saat ini di jual dalam kondisi Locked Bootloader, tidak ada yang salah dari hal ini, karena jika device kalian dalam kondisi Locked Bootloader maka keamanan device kalian akan jauh lebih terjaga, tetapi jika kalian ingin lebih melakukan eksplorasi di device Sony Xperia kalian, maka Unlock Bootloader wajib hukumnya.

Alasannya adalah karena kalian akan mendapat banyak sekali keuntungan dari Unlock Bootloader ini, seperti bisa bergonta ganti Custom ROM sesuka hati kalian, memasangkan Custom Kernel, hingga memasangkan Custom Recovery seperti TWRP, dan banyak lagi hal hebat yang bisa kalian lakukan.

Cara Unlock Bootloader atau UBL pada Sony Xperia ini sangatlah mudah, dan prosesnya pun sangat cepat, yang perlu kalian lakukan sebelumnya adalah kalian perlu melakukan Backup pada data di smartphone Xperia kalian, karena dengan melakukan Unlock Bootloader maka device kalian secara otomatis akan terformat secara menyeluruh, jadi backup lah dulu, jika sudah maka kalian bisa lanjut ke step Unlock Bootloader tersebut.

Tahap Pertama :
1. Silahkan kalian masuk ke menu dial phone smartphone kalian, lalu ketikan angka ini *#*#7378423#*#*.
2. Jika sudah silahkan masuk ke Service info > Configuration > Rooting Status.
3. Jika kalian melihat status Bootloader Unlocked Allowed: Yes, maka kalian bisa melanjutkan Unlock Bootloader ke tahap berikutnya, jika yang muncul No, maka kalian tidak akan bisa melakukan Unlock Bootloader.

Tahap Lanjutan :
1. Silahkan kalian lakukan request Unlock Bootloader Sony Xperia dulu pada halaman resminya Xperia DISINI
2. Silahkan pilih device yang kalian gunakan, jika device kalian berversi Dual SIM, namun di list tidak ada, maka pilihlah yang versi Single SIM, lalu tekan Continue.
3. Lalu, masukan email aktif kalian, karena proses selanjutnya akan di kirimkan ke inbox email kalian.
4. Buka inbox email kalian, dan lihat email yang di kirimkan oleh pihak Sony, langkah selanjutnya klik tautan Click Here To Proceed.
5. Pada tahap ini kalian perlu memasukan nomor IMEI device Sony Xperia kalian, caranya bisa melihat dari dus pembelian smartphone kalian, dan efektfiknya kalian bisa melihat nomor IMEI kalian dengan mengakses *#06#, jika device Sony Xepria kalian Dual SIM, pilih nomor IMEI yang pertama.
6. Jika sudah maka kalian akan di beri Kode Unlock Bootloader, simpan Kode tersebut baik-baik, karena Kode inilah yang berperan sangat penting nantinya.

Tahap Akhir :
1. Silahkan download dulu driver ADB dan Fastboot.
2. Jika sudah tekan Start.cmd
3. Lalu koneksikan device Sony Xperia kalian ke PC dalam mode Fastboot, caranya adalah dengan menekan tombol Volume Up (-) sambil mengkoneksikan device kalian ke PC via kabel USB, jika pada percobaan pertama gagal, kalian bisa mencobanya berulang kali, hingga driver device kalian berhasil terinstall di PC atau Laptop kalian.
4. Jika sudah terhubung dengan baik, saatnya melakukan Unlock Bootloader.
5. Masukan perintah ini 
fastboot devices
lalu masukan lagi perintah ini
fastboot -i oem unlock (kode unlock yang telah di berikan)
6. Tunggu hingga muncul status OKAY
7. Jika cara diatas gagal kalian bisa menggunakan perintah kedua ini
silahkan masukan perintah ini 
fastboot.exe -i 0x0fce getvar version
Jika device kalian sudah terbaca, kemudian masukan lagi perintah ini
fastboot.exe -i 0x0fce oem unlock 0x(kode unlock yang telah di berikan)
8. Tunggu hingga muncul status OKAY
9. Jika telah selesai melakukan Unlock Bootloader dan hasilnya sukses, kalian bisa langsung reboot dengan cara mengetikan perintah
fastboot reboot
10. Done!, booting pertama akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga 15 menit.

Catatan penting : Masukan kode Unlock Bootloader tanpa tanda Kurung!

Dengan demikian, selesai sudah cara unlock Bootloader Sony Xperia via Command Prompt (CMD) ini, sekali lagi kami ingatkan, dengan mengikuti cara di atas maka device kalian akan terformat secara full, jadi lakukan Backup terlebih dahulu, lalu yang kedua adalah, pada cara perintah fastboot tersebut, pilih salah satu cara yang cocok untuk kalian, kedua cara tersebut sudah terbukti berhasil, jadi lakukan dengan hati-hati, jangan ragu untuk mencoba karena tutorial ini sudah kami uji coba sebelumnya.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment