RILIS ARTIKEL TERBARU :

ROOT Redmi Note 8 Ginkgo, Magisk ROOT ROOT Redmi Note 8, Cara ROOT Redmi Note 8, Tutorial ROOT Redmi Note 8, Panduan ROOT Redmi Note 8, Bagaimana cara ROOT Redmi Note 8, Apa itu ROOT Redmi Note 8, Cara mendapatkan ROOT di Redmi Note 8, Magisk ROOT Ginkgo

Setelah sukses dengan seri Redmi Note 7, kini pihak Xiaomi kembali merilis sebuah Smartphone Android suksesor pada lini Sub-Brand Redmi mereka, dengan merilis sebuah Smartphone yang tak kalah menarik dari Redmi Note 7, yaitu adalah seri lini Redmi Note 8.

Seperti yang kalian ketahui, variant Smartphone Android Redmi itu tidak pernah mengecewakan dari segi Spesifikasi dan Harganya, karena sama seperti Redmi Note 7, seri terbaru dari Redmi Note 8 ini juga membawa spesifikasi yang sangat baik dengan harga jual yang kompetitif tentunya.

Sehingga, seri Redmi Note 8 memang diramalkan juga akan meraih kesuksesan seperti seri pendahulunya, yaitu Redmi Note 7 yang beberapa lalu tampil dengan sangat memukau dan fenomenal.

Berbeda dari seri sebelumnya, pada seri Redmi Note 8 ini, pihak Xiaomi memberikan beragam perbaikan dan peningkatan dari segi functionality dan tentu saja akan ada banyak penambahan fitur baru pada seri terbaru keluarga Redmi Note tersebut.

Hal hebat yang bisa kita lihat dan temui dari lini Redmi Note 8 ini adalah Desain Smartphone yang baru, Chipset Processor upgrade menggunakan Qualcomm Snapdragon 665 (11nm) dan yang paling menarik adalah Smartphone Android Redmi Note 8 ini hadir dengan 4 buah kamera utama!

Tentu saja, untuk segment kelas menengah, maka Redmi Note 8 ini akan mampu bersaing secara kompetitif dengan Produk pesaing, karena jika kita lihat dari Spesifikasi dan fitur, maka sudah jelas Smartphone Android Redmi Note 8 ini adalah salah satu yang terbaik yang bisa kita temui sekarang ini.

Selanjutnya, perlu kalian ketahui, sebenarnya lini Redmi Note 8 ini hadir dalam 2 buah versi berbeda, salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah khusus untuk seri Regulernya saja, yaitu adalah Redmi Note 8 saja.

Lalu, ada lagi variant lainnya yang memiliki Spesifikasi yang lebih tinggi, yaitu adalah Redmi Note 8 Pro, sehingga pastikan kalian tidak salah dalam mengikuti tutorial ini, karena secara Spesifikasi dan Device Info, jelas sekali Smartphone Android Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro itu berbeda.

Biar lebih jelasnya, silahkan lihat pada halaman Perbandingan dan Perbedaan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro dibawah ini :


Pastikan kalian tidak salah tempat, karena pada pembahasan ini, kami hanya akan membahas terkait masalah ROOT pada seri Redmi Note 8 saja dan tentu saja tidak bisa di implementasikan ke Smartphone Android Redmi Note 8 Pro.


Tutorial ROOT untuk Redmi Note 8 (Ginkgo)


Biar kami perjelas lagi, seperti yang sudah kami singgung sedikit diatas, pada artikel tutorial kali ini, kami hanya akan khusus berbicara terkait kepada Smartphone Android yang spesifik saja, yaitu adalah Redmi Note 8.

Sehingga, tutorial ROOT ini hanya bisa diterapkan pada seri Redmi Note 8 dengan identifikasi codenmane Ginkgo, sebenarnya mekanismenya memang menggunakan mekanisme universal dan standard dalam proses ROOTING yang umum digunakan hampir pada semua Smartphone Android yang ada saat ini.

Tetapi, pada artikel kali ini, kami juga menyertakan beberapa syarat yang harus dipenuhi, agar kalian bisa melakukan ROOT pada Smartphone Android Redmi Note 8 (Ginkgo) tersebut.

Sehingga, syarat dan bahan yang kami berikan dibawah ini hanya dikhususkan untuk seri Redmi Note 8 saja dan sekali lagi tidak bisa digunakan pada Smartphone Android Redmi Note 8 Pro, pastikan kalian tidak salah, mengerti?

Jika, kalian sudah mengerti, maka kita akan lanjutkan ke pembahasan selanjutnya, secara berurutan tentunya.


Maksud ROOT?


Mungkin diantara kalian pengguna Smartphone Android Redmi Note 8 ada yang masih awam terkait masalah teknis seperti ROOT tersebut, maka disini akan kami jelaskan sedikit, agar kalian bisa dengan mudah mengerti, kenapa ROOT ini menjadi perlu dan apa saja untung dan ruginya.

Maka, hal pertama yang harus kalian pahami adalah, apasih ROOT pada Redmi Note 8 tersebut?


  1. ROOT adalah sebuah tindakan yang dilakukan pengguna Smartphone Android terkait untuk membuka akses ke System OS Android dengan jangkauan yang lebih luas dan aman.


Sehingga, jika kita artikan maka ROOT ini memiliki arti bahwa ROOT ini adalah sebuah metode yang memang dikhususkan untuk membuka akses ke System, agar bisa di ubah Value Standard menjadi Value Custom, sesuai dengan kehendak kalian.

Maka, hal ini akan sangat terkait pada pembahasan fungsi dari ROOT yang akan kita lanjutkan pada pembahasan dibawah ini.


Fungsi ROOT


Melanjutkan dari pembahasan diatas, disini kami hanya akan sedikit saja berbicara terkait fungsi dari fitur ROOT yang nantinya akan kalian Implementasikan pada Smartphone Android Redmi Note 8.

Pada faktanya, ROOT itu memang memiliki banyak sekali fungsi, tetapi fungsi yang jelas sekali bisa kalian nikmati secara nyata adalah sebagai berikut :


  1. Akses ke System dengan Permission (R/W)
  2. Memungkinkan untuk mengubah Settingan / Value dari System
  3. Bisa digunakan untuk menginstall Custom Recovery seperti TWRP
  4. Dapat digunakan untuk menginstall Custom Kernel
  5. Bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan System yang mengganggu (Bloatware)
  6. Dapat digunakan untuk mengubah Informasi Smartphone secara basic
  7. Dapat digunakan untuk melakukan Overclock Processor
  8. Dapat digunakan untuk beragam Mod dan Tweak


Sebenarnya, fungsi yang kami sebutkan diatas hanya sedikit saja dari fungsi-fungsi lain yang bisa kalian dapatkan dari akses ROOT tersebut.

Intinya, ROOT ini akan membuat penggunaan Smartphone Android Redmi Note 8 menjadi lebih flexible dan tidak terbatas hanya dengan Settingan Standard dari OEM lagi, karena disini kalian akan berlaku sebagai seorang Super User terhadap System OS Android yang ada pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki.

Jika, memang demikian, apa sih Untung dan Rugi dalam penggunaan ROOT tersebut?


Untung & Rugi ROOT


Sebenarnya, jika kita lihat dari kondisinya, maka sudah jelas ROOT ini akan lebih banyak untungnya dari pada ruginya, keuntungan yang bisa kalian dapatkan adalah seperti yang sudah kami jelaskan pada scene Fungsi ROOT diatas, lalu ruginya?

Kalau dari perspektif kami, maka kami sendiri tidak melihat adanya kekurangan dari ROOT tersebut, karena ROOT sendiri bukanlah menjadi tindakan yang akan membahayakan Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki.

Bagaimana? apakah kalian sudah paham atau mengerti terkait tindakan yang akan kita lakukan pada Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut?

Jika, iya dan kalian siap untuk melakukan ROOT pada Redmi Note 8, maka silahkan lengkapi persyaratan utama ROOT pada Redmi Note 8 dan bagaimana kondisi ideal yang harus kalian penuhi.


Persyaratan ROOT di Redmi Note 8 (Ginkgo)


Karena disini kita akan melakukan sebuah metode yang bersifat teknis, maka sudah jelas disini diperlukan beberapa persyaratan yang akan mendukung proses ROOTING yang akan kalian lakukan nantinya.

Pastikan semua persyaratan dibawah ini bisa kalian penuhi tanpa satupun yang tertinggal atau kalian lewatkan, karena kesuksesan dari proses ROOT yang akan kalian lakukan itu hampir seluruhnya tergantun pada apakah Persyaratan yang kami sebutkan dibawah ini bisa kalian ikuti atau tidak.

Jika, kalian bisa mengikuti semua persyaratan dan kondisi ideal yang akan kami jelaskan dibawah, maka 100% jaminan bahwa proses ROOT yang akan dilaksanakan nanti bisa berhasil sepenuhnya.

Baiklah, tenpa perlu berlama-lama lagi, silahkan lengkapi semua persyaratan dibawah ini :


Unlock Bootloader


Ya! kalian baru bisa melakukan ROOT pada Smartphone Android Redmi Note 8 (Ginkgo) ketika kalian sudah melakukan proses Unlock Bootloader dengan cara resmi yang sudah direkomendasikan oleh pihak Xiaomi.

Kenapa harus Unlock Bootloader? karena disini kalian perlu menggunakan sebuah Custom Recovery dalam proses ROOTING tersebut dan faktanya Custom Recovery hanya bisa digunakan, ketika Smartphone Android Redmi Note 8 kalian sudah dalam kondisi Unlock Bootloader.

Jangan khwatir untuk masalah UBL tersebut, karena kami sudah membuatkan artikel khusus terkait hal tersebut, kalian hanya perlu mengikutinya saja, pada halaman yang telah kami tulis lengkap dibawah ini :


Jika, Smartphone Android Redmi Note 8 kalian sudah dalam kondisi Unlcok Bootloader, silahkan ikuti persyaratan selanjutnya.


Custom Recovery (TWRP)


Nah, inilah yang sudah kami singgung sebelumnya, karena disini kita akan menggunakan metode ROOT dengan cara menggunakan TWRP sebagai media flashnya, cara ini memang bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan akses ROOT pada Redmi Note 8.

Tetapi, cara ini adalah cara yang paling mudah untuk digunakan dan dimengerti, walaupun kalian adalah seorang pengguna yang awam atau baru.

Jika, kalian berminat, kalian bisa saja menggunakan cara atau opsi ROOTING lain dalam proses ROOT Redmi Note 8 tersebut, dengan cara mengikuti opsi yang tersedia pada halaman dibawah ini :


Namun, jika kalian memang berniat untuk menggunakan cara ROOT dengan menggunakan media TWRP, maka silahkan pastikan bahwa TWRP sudah terpasang pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki.

Jika, kalian belum memiliki TWRP pada Redmi Note 8 yang kalian gunakan, silahkan pasang dan download TWRP Redmi Note 8, melalui halaman dibawah ini :


Setelah, TWRP terpasang pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki, maka masih ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, silahkan lanjutkan bacaan artikel ini sampai selesai.


File Magisk ROOT


Pada metode kali ini, kita akan menggunakan Magisk sebagai File ROOT Exploit yang akan dipasangkan ke System OS Android pada Smartphone Redmi Note 8 yang kalian miliki.

Meski demikian, masih ada jenis File ROOT Exploit lain sebenarnya yang bisa kalian terapkan, seperti SuperSU, tetapi disini kami hanya akan menggunakan File Magisk saja, karena Magisk memang memiliki kinerja dan fitur yang lebih baik dari pada SuperSU.

Sehingga, silahkan Download dulu File Magisk versi terbaru dari halaman dibawah ini :


Setelahnya, silahkan letakan File Magisk ROOT tersebut pada Memory Internal Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki, pada tempat yang mudah untuk kalian temukan tentunya.

Pada tahap ini, kita hanya membutuhkan 3 buah persyatan utama saja, seperti yang sudah kami jelaskan diatas, tetapi disini kalian juga harus memenuhi kondisi Ideal di Smartphone Redmi Note 8 yang kalian miliki, agar proses ROOT ini bisa berjalan dengan lancar, apa saja kondisi idealnya?


Kondisi Ideal dalam proses ROOT


Sebenarnya, scene ini hanya bersifat optional saja, bisa kalian ikuti dan bisa juga tidak, tetapi jika ingin proses ROOT ini berhasil pada Smartphone Redmi Note 8 yang kalian miliki, maka paling tidak kalian harus memenuhi kondisi ideal dibawah ini :


  1. Kapasitas Battery paling tidak 50%
  2. Semua persyaratan diatas sudah kalian penuhi dan pastikan sesuai seperti yang sudah kami gambarkan
  3. Mendownload aplikasi ROOT Checker pada Google Play Store yang nantinya akan sangat berguna untuk melihat status ROOT apakah sudah sukses atau tidak


Jika, kondisi Ideal diatas bisa kalian penuhi, maka setelah ini, kita sudah siap untuk melakukan ROOT pada Smartphone Android Redmi Note 8.

Kami hanya akan masuk pada pembahasan inti saja dan akan kami jelaskan secara singkat saja, karena semua penjelasan terkait, sudah kami jelaskan secara lengkap dan berurutan pada pembahasan diatas.


Cara ROOT Redmi Note 8 (Ginkgo)



  1. Silahkan buat Redmi Note 8, masuk ke dalam Mode TWRP dengan cara menekan Tombol Volume Up (+) dan Power bersamaan saat Redmi Note 8 dalam kondisi Power Off.
  2. Pilih opsi Install.
ROOT Redmi Note 8 Ginkgo, Magisk ROOT ROOT Redmi Note 8, Cara ROOT Redmi Note 8, Tutorial ROOT Redmi Note 8, Panduan ROOT Redmi Note 8, Bagaimana cara ROOT Redmi Note 8, Apa itu ROOT Redmi Note 8, Cara mendapatkan ROOT di Redmi Note 8, Magisk ROOT Ginkgo
  1. Cari File Magisk yang telah kalian Download sebelumnya.
  2. Setelahnya, Flash File Magisk tersebut.
  3. Prosesnya akan cepat selesai.
  4. Setelahnya, lakukan Reboot.
  5. Booting pertama setelah ROOT bisa memakan waktu hingga 15 Menit atau lebih
  6. Done!



Terjadi Bootloop setelahnya ?


Beberapa dari kalian mungkin akan menemui kasus seperti ini setelah melakukan proses ROOT pada Smartphone Android Redmi Note 8, yaitu adalah kasus Bootloop.


  1. Bootloop sendiri adalah masalah yang umum terjadi pada Smartphone Android kebanyakan, yang memikili ciri kondisi masalah yaitu pada saat Booting, OS gagal masuk ke Homescreen dan proses Boot akan selalu terulang-ulang sampai kapanpun.


Maka, jika kalian menemui masalah seperti ini, kalian tidak perlu khwatir, karena disini kami punya solusi untuk masalah tersebut.

Solusinya adalah, kalian hanya perlu melakukan Flash File DM-Verity yang akan kami bagikan dibawah ini, Flash melalui TWRP setelah kalian menyelesaikan proses ROOT yang sudah kami jelaskan diatas.


Setelahnya, maka Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki, akan bisa Booting secara Normal dan akses ROOT sudah bisa kalian gunakan sepenuhnya sekarang.

Dengan demikian, berakhirlah sudah pembahasan panduan ROOT untuk pengguna Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut.

Bagaimana? kami kira panduan yang telah kami tuliskan diatas sudah cukup jelas dan sudah bisa dipahami dengan mudah, jangan khwatirkan terkait masalah panduan yang tidak tepat, karena panduan tutorial Cara ROOT untuk Redmi Note 8 (Ginkgo) diatas sudah kami buat berdasarkan cara yang sebenarnya dan dipastikan akan berhasil.

Selanjutnya, tinggal kalian saja lagi, apakah kalian sudah bisa dengan benar 100% untuk mengikuti cara yang sudah kami tuliskan diatas?

Sebenarnya, jika kalian sudah mengikuti cara yang kami jelaskan diatas sepenuhnya, maka harusnya sekarang ini kalian sudah bisa mendapatkan akses ROOT pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian gunakan sekarang.

Akhir kata, semoga artikel diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian, semoga kalian beruntung dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot