RILIS ARTIKEL TERBARU :

Apa yang di lakukan sebelum sesudah update versi ROM MIUI

Adakalanya kalian itu mesti melakukan update terhadap versi ROM MIUI pada smartphone Xiaomi / Redmi kalian, karena disamping kalian akan mendapat versi terbaru, kalian juga akan mendapat keuntungan seperti performa yang lebih baik.

Fitur baru hingga stabilitas kinerja ROM yang lebih baik yang akan berdampak kepada iritnya konsumsi daya baterai dan lainnya, tetapi ada sesuatu hal yang mesti kalian perhatikan ketika sebelum dan sesudah melakukan update ROM MIUI pada smartphone Xiaomi / Redmi kalian.

Ini bukanlah sebuah hal wajib, tetapi sekedar Tips yang bisa kalian nikmati dampak positifnya dalam waktu jangka panjang nantinya, seperti pengetahuan baru untuk kalian,


Cara memperlancar performa ROM MIUI sebelum / sesudah Update ROM MIUI


Bisa jadi akan berdampak positif kepada kinerja dan fungsionalitas smartphone Xiaomi / Redmi kalian, pada pembahasan kali ini akan di bagi menjadi 2 buah bagian pokok.

Yaitu adalah apa yang mesti kalian lakukan ketika sebelum melakukan update ROM MIUI dan apa yang mesti kalian lakukan jika sudah melakukan update ROM MIUI tersebut.


Sebelum Update versi MIUI


Ada baiknya kalian mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu terkait versi ROM MIUI yang akan kalian gunakan, apakah ada kenaikan kinerja yang siginifikan, apakah bugsnya sudah minim dan lain sebagainya, hal ini di tujukan untuk pengendalian masalah yang mungkin bisa muncul nantinya ketika kalian sudah melakukan update Versi MIUI.

Untuk ini kalian bisa melihat ke forum terkait untuk melihat changelogs atau review versi MIUI yang telah di gunakan oleh user lain, jika feedback-nya baik maka gunakanlah ROM MIUI terbaru tersebut, jika tidak dan di temukan banyak bugs maka kalian bisa pertimbangkan lagi.

Selanjutnya hal yang patut kalian ketahui adalah pelajari cara melakukan update ROM MIUI tersebut, karena sejauh ini memang ada beberapa metode untuk melakukan update ROM MIUI tersebut, bisa via OTA, Recovery hingga Fastboot.

Jenis file-nya pun berbeda, dengan demikian sebelum kalian melakukan update versi MIUI, kalian sudah lebih tahu bagaimana cara pemasangannya yang menurut kalian paling mudah untuk kalian lakukan.

Hal penting yang mesti kalian lakukan selanjutnya adalah kalian mesti melakukan Backup Data penting di smartphone Xiaomi / Redmi kalian sebelum melakukan update ROM MIUI.

Bisa itu kalian pindahkan ke PC atau Laptop, karena setiap kali kalian melakukan update ROM MIUI, maka resiko pasti selalu ada, seperti resiko Bootloop, Brick hingga Hang, dan jika kalian tidak melakukan Backup dan hal mengerikan tersebut terjadi, maka habislah kalian.


Sesudah Update versi MIUI


Jika saat ini kalian sudah berhasil memasangkan versi ROM MIUI terbaru pada smartphone Xiaomi / Redmi kalian dengan lancar, maka yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah mengamati performa, kinerja dan fitur dari ROM MIUI baru kalian.

Karena bisa jadi ada sesuatu yang error seperti device menjadi lemot, beberapa aplikasi menjadi lamban responnya, bahkan hingga terjadi Force Close atau Random Reboot, jika kalian menemukan hal seperti ini maka kalian perlu melakukan tindakan berupa :

  1. Lakukan Clear Cache, dan Data aplikasi yang Error, hal ini bisa kalian temukan pada menu Settings>>System Apps (bisa jadi namanya berbeda di beberapa versi MIUI), lalu cari aplikasi yang menjadi lamban atau error tersebut dan bersihkan.
  1. Kalian bisa juga melakukan pembersihan ini melalui aplikasi Cleaner bawaan MIUI, untuk membersihkan Cache hingga Junk Files secara menyeluruh dan otomatis.

Selanjutnya, jika kalian sudah melakukan upaya tersebut, lalu device Xiaomi / Redmi kalian masih tetap saja lamban dan banyak Error.

Maka pertimbangkan untuk melakukan Downgrade ke jenis versi firmware MIUI yang lebih lama, karena bisa jadi pada update terbaru versi MIUI yang telah kalian install tersebut, antara ROM dan Hardware smartphone Xiaomi / Redmi kalian.

Tidak lagi compatible dan cenderung hardware-nya sudah tidak bisa mengikuti perkembangan terbaru dari kinerja OS Android, umumnya hal ini terjadi pada device keluaran lawas Xiaomi / Redmi.

Maka dari itu sangat di sarankan melakukan Backup atau menyimpan data ROM lama kalian bisa itu di hard drive, PC/ Laptop atau media penyimpanan lainnya, tujuannya adalah sewaktu-waktu kalian membutuhkan, maka data yang kalian cari akan mudah kalian temukan dan kalian implementasikan.

Dengan demikian, itulah Tips yang bisa kalian coba tepat sebelum atau sesudah kalian melakukan update terhadap ROM MIUI di smartphone Xiaomi / Redmi kalian.

Tulisan ini adalah hasil dari pengalaman kami sendiri, dan bisa jadi berbeda dengan apa yang sudah kalian alami, tetapi dengan tujuan yang sama adalah untuk saling berbagi, karena lebih baik tahu terlebih dahulu sebelum masalah yang sebenarnya muncul. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot