RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara aktifkan 3D Touch di versi MIUI Xiaomi terbaru

Tidak berlebihan memang jika kita menyebut ROM kepunyaan Xiaomi yaitu MIUI punya kelebihan tersendiri di bandingkan produk ROM smartphone pesaing, karena pasalnya bukan hanya kaya fitur, MIUI juga di buat dengan sangat cantik dan kalian masih bisa mempercantik tampilan smartphone Xiaomi kalian dengan mendownload ratusan tema yang tersedia di market themes MIUI.

Selain itu pad ROM MIUI pun kalian masih bisa melakukan mod tertentu "jika tersedia", kenapa kami tandai tulisan tersebut? alasannya adalah karena memang benar setiap smartphone Xiaomi saat ini memang mendapat update versi MIUI ke paling yang terbaru, tetapi untuk basis Android tidak selalu dapat, bisa jadi di suatu device Xiaomi MIUI-nya sudah menggunakan basis Android Nougat, tetapi untuk smartphone Xiaomi jenis lain masih menggunakan Android versi Lollipop untuk versi MIUI-nya.

Kenapa kami sebut demikian? karena ini berhubungan dengan tutorial yang akan kita bahas di bawah ini, tahukan dengan 3D Touch ala Apple iPhone? ya, meski tidak sama kalian bisa menikmati fitur ini di versi MIUI minimal dengan basis Android 7.1 keatas, karena pasalnya fitur ini memang sudah di ada pada versi stock Android dan mungkin juga tetap di implementasikan ke versi MIUI yang kalian pakai saat ini.

Hanya saja fitur ini harus di aktifkan secara manual, selain itu ada persyaratan yang perlu di penuhi sebelum kalian bisa mengaktifkan 3D Touch ala MIUI tersebut dan itu adalah :

1. Unlock Bootloader
2. ROOT
3. Aplikasi sejenis Root Explorer
4. Update MIUI ke versi yang terbaru
5. Tahu Codename smartphone Xiaomi kalian (misal Xiaomi Redmi Note 3 Pro : Kenzo, Mi Note 3 : Jason ....)

Cara aktifkan 3D Touch di versi MIUI Xiaomi terbaru


Jika semua syarat sudah kalian penuhi sekarang adalah tahapan bagaimana cara mengaktifkan fitur 3D Touch ala MIUI Xiaomi tersebut, perhatikan dengan seksama jika ada bagian yang kami jelaskan di bawah ini ternyata tidak ada di ROM MIUI kalian, maka kalian tidak akan bisa mengaktifkan fitur tersebut, berikut adalah caranya :

1. Silahkan kalian buka dulu aplikasi sejenis Root Explorer
2. Lalu masuk ke menu direktory system/etc/device_features
3. Selanjutnya cari file dengan nama Codename smartphone Xiaomi kalian, contoh kasus kali ini menggunakan smartphone Xiaomi Mi Note 3 dengan Codename Jason maka file bersangkutan yang harus di buka adalah Jason.xml
4. Buka file tersebut dan cari string ini :

<bool name="support_force_touch">false</bool>

Jika menemukan string seperti ini, maka device Xiaomi kalian bisa untuk mengaktifkan fitur Force Touch tersebut, untuk mengaktifkan fitur 3D Touch-nya silahkan ganti statusnya menjadi True, seperti ini:

<bool name="support_force_touch">true</bool>


5. Save lalu lakukan Reboot.
6. Done!

Jika fitur 3D Touch sudah aktif, cara menggunakannya sangat mudah sekali, kalian hanya perlu menekan icon aplikasi yang kalian pilih selama 1 detik, maka harusnya akan muncul beberapa shortcut utama dari aplikasi bersangkutan.

Catatan ~ perlu kalian ketahui fitur ini tidak selalu support dengan semua aplikasi yang ada saat ini, hanya beberapa aplikasi Stock (bawaan) MIUI dan Google saja yang sudah support fitur ini sepenuhnya, untuk aplikasi pihak ke-3 yang telah support seperti WhatsApp dan FB hanya itu yang kami tahu.

Berikut adalah penampakan dari aktifnya fitur 3D Touch tersebut di smartphone Xiaomi :


Dengan demikian kami ingatkan sekali lagi, bahwa bisa jadi fitur ini tidak tersedia untuk smartphone Xiaomi yang kalian gunakan saat ini dan yang lebih penting perhatikan letak string tersebut, jika ada maka harusnya kalian bisa mengaktifkan fitur 3D Touch MIUI tersebut, jika tidak ada maka kalian harus pasrah, meski kalian menambah line stringnya secara manual fitur ini tetap tidak bisa aktif di smartphone Xiaomi kalian.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot