RILIS ARTIKEL TERBARU

Panduan lengkap semua cara Update ROM MIUI untuk semua jenis smartphone Xiaomi

cara-tutorial-panduan-update-rom-miui-lengkap-mudah-gampang-berhasil

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara melakukan Update ROM MIUI untuk semua jenis variant smartphone Xiaomi yang ada saat ini, tujuan di buatnya artikel ini adalah untuk membantu kalian mengetahui cara mana saja yang bisa kalian manfaatkan dan lakukan yang menurut kalian paling mudah agar kalian bisa mendapatkan Update terbaru dari ROM MIUI untuk smartphone Xiaomi kalian.

Di bawah ini akan di tuliskan secara jelas, metode apa saja yang bisa kalian gunakan bisa itu cara yang biasa dan juga cara yang "luar biasa" yang mungkin hanya di tujukan bagi para pengguna yang sudah expert, selain itu nantinya juga akan di bedakan cara update ROM MIUI-nya dari jenis processor yang di gunakan, karena seperti yang telah kita tahu pada smartphone Xiaomi itu cara update (dalam kasus tertentu) antara smartphone Xiaomi dengan CPU MediaTek dan Qualcomm Snapdragon itu berbeda.

Panduan lengkap semua cara Update ROM MIUI untuk semua jenis smartphone Xiaomi

Cara flash Xiaomi

Metode ke-1 - untuk pemula dan umum (semua pasti bisa melakukan ini)

1. Update ROM via OTA
Pada cara yang pertama ini kalian hanya perlu membuka aplikasi "Updater" dan secara langsung akan keluar menu/opsi Update versi berserta Changelogs-nya jika sudah tersedia, yang mesti kalian lakukan ialah hanya menekan pilihan "Update" dan Xiaomi kalian akan langsung mengunduh dan menerapkan secara otomatis ROM MIUI versi terbaru tersebut.



2. Update manual via Updater
Masih menggunakan aplikasi Updater, tetapi bedanya kalian disini perlu melakukannya secara manual dengan melakukan download terhadap ROM MIUI yang ingin kalian pasangkan, silahkan kunjungi website resmi MIUI DISINI untuk bisa mendapatkan ROM yang sesuai untuk smartphone Xiaomi kalian

Selanjutnya silahkan unduh (Download) ROM MIUI tersebut, jika telah selesai silahkan Copy/Letakan pada Memory Internal smartphone Xiaomi kalian.

Terakhir, buka aplikasi "Updater" pilih menu (Three Dots) pada bagian kanan atas lalu akan muncul beberapa pilihan, dan kalian mesti memilih opsi "Choose update package", lalu cari ROM MIUI yang sudah kalian download sebelumnya di Memory Internal smartphone Xiaomi kalian, dan langsung saja di proses, tunggu hingga selesai, beres!


Metode ke-2 - untuk pemula Wajib Unlock Bootloader

1. Update via Mi Recovery
Cara ini mengharuskan kalian untuk melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu terhadap device Xiaomi kalian, jika tidak maka menu atau Tools Mi Recovery ini tidak akan bisa kalian akses, jadi Unlock Bootloader dulu.

Jika device kalian sudah berada dalam kondisi Unlock Bootloader, sama seperti cara di atas kalian mesti mengunduh (Download) ROM MIUI untuk smartphone Xiaomi kalian terlebih dahulu, selanjutnya Copy/Letakan ke Memory Internal smartphone kalian dan rename menjadi Update.zip,  segera masuk ke Menu Mi Recovery, ada 2 buah cara untuk kalian agar bisa masuk kedalam Mode Recovery tersebut :

# Via aplikasi Updater
Silahkan kalian buka dulu aplikasi Updater di Smartphone Xiaomi kalian, lalu pilih menu (Three Dots) pada bagian kanan atas lalu akan muncul beberapa pilihan, kalian pilih opsi "Reboot to Recovery mode" dan pilih "Reboot now", maka device Xiaomi kalian akan langsung di bawa secara otomatis ke Mode Mi Revovery, jika tidak berhasil lanjut cara ke-2.


# Via Manual Button
Berbeda dengan cara yang pertama, di cara ke-2 ini kalian mesti menggunakan beberapa kombinasi button pada smartphone Xiaomi kalian agar bisa masuk ke Mode Mi Recovery, caranya adalah kalian mesti membuat device Xiaomi kalian Power Off (mati total) dulu, dan segera tekan/pencet tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan, tahan dalam beberapa detik, sehingga device kalian secara otomatis akan masuk ke Menu Mi Recovery

Jika device Xiaomi kalian sudah masuk kedalam menu Mi Recovery, selanjutnya kalian pilih bahasa Mi Recovery, dan selanjutnya pilih menu "Install update.zip to system", maka secara otomatis ROM MIUI yang telah kalian download dan kalian rename tadi akan terpasang di device Xiaomi kalian, beres!


2. Update via TWRP
Cara ini mengharuskan kalian untuk memasangkan Custom Recovery TWRP (Team Win Recovery Project) pada device Xiaomi kalian dulu, untuk cara pemasangan ROM-nya sama saja seperti cara dengan menggunakan Mi Recovery, hanya saja metode ini lebih di tujukan ke pemula yang sudah sedikit "Pro", karena pasalnya berbeda dengan Mi Recovery, TWRP ini memiliki banyak sekali fitur yang kemungkinan tidak kalian mengerti sepenuhnya.

Untuk memasangkan ROM MIUI sendiri dari TWRP cukup mudah, caranya hampir sama saja seperti dengan menggunakan Mi Recovery, kalian hanya perlu masuk ke Mode Recovery (Bisa dengan bantuan aplikasi Updater atau Manual Button yang sudah di jelaskan diatas), lalu ketika kalian sudah masuk ke Menu TWRP, pilih opsi "Install" dan cari ROM MIUI yang telah kalian letakan di Memory Internal, lakukan Flashing (Install), tunggu sampai seleasi, lalu Reboot, beres!


Metode ke-3 - khusus untuk pengguna Xiaomi dengan CPU Qualcomm Snapdragon dan Surge

Pada metode ke-3 ini kita akan menggunakan kemampuan Fastboot, metode ini membutuhkan beberapa syarat yaitu adalah :

1. PC/Laptop
2. Sudah Unlock Bootloader
3. Disable Driver Signature Enforcement
4. Aplikasi Mi Flash dan file Fastboot Xiaomi kalian, download DISINI, jika kalian tidak tahu perbedaan dari ROM Global, Developer atau China, pelajari perbedaanya DISINI
5. Kabel USB

Jika semua syarat telah kalian penuhi, selanjutnya kalian perlu masuk ke mode Fastboot Xiaomi kalian dengan cara matikan dulu smartphone Xiaomi kalian, dan tekan tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan, tahan beberapa detik hingga muncul gambar kelinci yang sedang memperbaiki robot.

Langkah selanjutnya, silahkan kalian extract dulu File Fastboot Xiaomi yang telah kalian download sebelumnya, hingga seperti ini :


Lalu letakan di direktori yang mudah untuk kalian temukan, seperti di "C:"

Selanjutnya, silahkan kalian buka dulu aplikasi Mi Flash yang telah kalian download dan kalian Install di PC/Laptop kalian, selanjutnya settings dulu direktori letak firmware yang telah kalian download sebelumnya, jika sudah segara koneksikan device Xiaomi kalian ke PC dengan USB, dan tunggu sampai device kalian terbaca.

Langkah terakhir ialah pilih dulu script mana yang akan kalian gunakan, apakah "Clean All", "Save User Data" atau "Clean All dan Lock", kami sangat menyarankan agar kalian gunakan yang "Clean All" saja, tetapi dengan konsekuensi file di Memory Internal kalian akan hilang semua, jika sudah kalian putuskan menggunakan yang mana, terakhir tekan saja tombol "Flash" dan tunggu hingga selesai, Beres!


Metode ke-4 - Khusus untuk pengguna Xiaomi dengan jenis Processor Qualcomm Snapdragon

Ada 2 buah cara di metode ke-4 ini tetapi yaitu melakukan Update ROM MIUI dengan Metode EDL (Emergency Download Mode) dan Metode Test Point, kedua metode ini sangat ampuh di gunakan bukan hanya sekedar untuk melakukan update ROM, tetapi bisa di gunakan sebagai solusi Hardbrick, Bootloop dan lainnya.

Keunggulan dari Metode ke-4 ini adalah bisa kalian lakukan cara ini meski device kalian masih berstatus "Locked Bootloader" hebat sekali bukan! tetapi cara pengerjaannya tidak mudah, pertama kalian perlu masuk ke mode EDL Xiaomi.

Sampai disini kalian sudah bisa melakukan Update ROM, tetapi itu jika hanya device kalian sudah berada dalam kondisi Unlock Bootloader saja, cara pengerjaannya Flashingnya sama seperti yang sudah di jelaskan pada Metode ke-3.

Tetapi jika kalian ingin melakukan Update ROM (Flashing) dengan menggunakan Metode EDL ini pada device Xiaomi yang masih dalam status Locked Bootloader, kalian perlu mengkombinasikannya dengan Metode Test Point.

Metode Test point sendiri adalah cara yang hanya bisa kalian lakukan jika kalian menyambungkan kedua buah titik Test Point dengan media Metal (sepert jepitan kertas) cara ini mengharuskan kalin membuka tutup bagian belakang smartphone kalian, dan kalian harus menemukan titik Test Point seperti ini :


Selanjutnya cara Flashingnya adalah kalian perlu masuk ke Mode EDL dulu, lalu koneksikan kedua buah titik Test Point dengan alat metal, lalu sambungkan device kalian ke PC dengan kabel USB, selebihnya cara pengerjaannya sama dengan Metode ke-3.

Metode ke-5 - Khusus untuk pengguna device Xiaomi dengan CPU MediaTek

Pada metode ini kalian akan disuguhkan cara yang berbeda dari variant device Xiaomi yang bermesin Qualcomm Snapdragon dalam melakukan Flashing atau Update ROM, meski demikian pada pengerjaannya masih tetap sama saja menggunakan beberapa syarat sebagai berikut :

1. Sudah Unlock Booloader
2. Disable Driver Signature Enforcement
3. File Fastboot Xiaomi
4. SP Flash Tool
5. Vcom driver mediatek
6. Kabel USB
7. PC/Laptop

Selanjutnya cara pengerjaannya adalah sebagai berikut :

Pertama, kalian perlu menginstallkan aplikasi Driver Vcom MediaTek tersebut dulu ke PC/ Laptop kalian, dan untuk firmware Xiaomi yang telah kalian download extract dulu lakukan sama persis seperti cara extract dan posisi peletakan firmware seperti Metode ke-3 diatas.

Kedua, jika sudah silahkan kalian matikan (Power Off) saja dulu device Xiaomi kalian, lalu buka aplikasi SP Flash Tool-nya lakukan settingan"Download Agent" seperti ini, letak filenya di dalam Folder aplikasi SP Flash Tools, yang sudah kalian download dan extract.


Ketiga, setting lagi file "Scatter-loading" untuk file scatter-nya sendiri bisa kalian temukan dalam folder Firmware Xiaomi yang telah kalian download dan extract.


Terakhir, jika sudah di settings semuanya segera tekan tombol "Download" lalu langsung saja koneksikan device kalian ke PC dengan kabel USB, proses akan otomatis berjalan dan kalau berhasil akan muncul tanda conteng hijau besar, beres!


Dengan demikian, sudah sangat lengkap dan jelas kami bahas semua cara yang kami ketahui untuk bisa melakukan update ROM MIUI untuk device Xiaomi kalian, dan kalian perlu tahu beberapa cara diatas bisa kalian gunakan untuk melakukan Unbrick pada device Xiaomi kalian yang bermasalah, jika kalian mengetahui cara lainnya, silahkan beritahu kami agar artikel ini makin mantap dan semakin bermanfaat.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.

In Our Network !


Post a Comment