RILIS ARTIKEL TERBARU :

TWRP Xiaomi Mi 9 SE

Jika kalian memang ingin sesuatu yang berbau Flagship, tetapi dengan harga yang terjangkau dan tidak ketinggalan zaman, maka salah satu jawabannya adalah Xiaomi Mi 9 SE, meski tidak mencenderungkan spesifikasi tingkat atas, tetap saja smartphone ini menjadi spesial karena menyandang nama Mi 9, yang notabene memang di buat untuk jajaran seri Flagship Xiaomi tahun 2019 ini.

Tidak kalah seperti saudaranya yaitu Xiaomi Mi 9, komunitas di seri Xiaomi Mi 9 SE juga kian tumbuh sekarang ini, terbukti dari beragam Guide, Mod bahkan hal seperti Custom ROM dan Custom Recovery sudah ada untuk device ini.

Sehingga dalam menggunakan smartphone ini akan lebih menyenangkan kedepannya, seperti yang akan kita bahas kali ini adalah bahwa TWRP sudah bisa di gunakan secara Stable pada device satu ini, dengan demikian setelahnya kalian sudah bisa memasangkan beragam Mod, hingga melakukan ROOT sekalipun.

Hanya saja ada beberapa persyaratan yang mesti kalian penuhi sebelumnya, seperti salah satunya adalah Unlock Bootloader, tetapi sebelum itu jika kalian adalah pengguna baru dan tidak paham terkait apa itu TWRP, mungkin penjelasan dibawah ini bisa membantu kalian sedikit, setelahnya baru kalian lengkapi persyaratan yang sudah kami tulis di bawah ini.


Apa sih keuntungan menggunakan TWRP?


Sebenarnya Xiaomi juga sudah membekali smartphone Androidnya dengan Recovery bawaan, hanya saja fitur Recovery bawaan tersebut tidak begitu lengkap dan kurang begitu Powerful, sehingga memasang TWRP menjadi pilihan yang wajib bagi sebagian pengguna smartphone Xiaomi Mi 9 SE.

Berikut adalah keuntungan dari penggunaan TWRP tersebut :

1. Untuk melakukan Flash, terkait di dalamnya bisa di gunakan untuk memasang, Custom ROM, Kernel, Mod, dll.
2. Untuk melakukan Factory Reset secara total (Full Wipe).
3. Layar sentuh, tidak seperti Recovery bawaan yang navigasinya harus menggunakan Tombol Fisik, dll.


Apa saja syarat yang di butuhkan untuk memasang TWRP tersebut?



# Unlock Bootloader


Ini adalah syarat utama karena tanpa Unlock Bootloader, maka kemampuan Fastboot tidak akan bisa berfungsi, jika Fastboot bisa berfungsi maka memasang TWRP bisa menjadi mungkin untuk di lakukan, berikut adalah Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Mi 9 SE (GRUS).


# File TWRP


Ini yang selanjutnya, memasang TWRP di Xiaomi Mi 9 SE, berarti kalian harus punya TWRP itu sendiri, kalian bisa mendownload TWRP tersebut DISINI secara gratis.


# Masuk Mode Fastboot


Setelah kalian melakukan Unlock Bootloader, maka cara selanjutnya adalah dengan masuk ke Mode Fastboot, yaitu dengan cara menekan Tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan ketika Xiaomi Mi 9 SE dalam keadaan Power Off.


# FASTBOOT Driver


Kalian memerlukan sebuah Driver pendukung untuk bisa memasangkan TWRP ke Xiaomi Mi 9 SE, carannya adalah dengan menggunakan FASTBOOT Driver, maka silahkan Download Fastboot Driver versi terbaru.


# Kabel USB


Pemasangan TWRP ini membutugkan PC sebagai medianya, karena cara kerjanya adalah dengan menggunakan Command Prompt, jadi Xiaomi Mi 9 SE kalian harus di hubungkan dulu ke PC dengan menggunakan kabel USB.


# Kapasitas Baterai Minimal 30%


Tidak harus memang, tetapi syarat ini untuk menghindari agar Xiaomi Mi 9 SE kalian tidak mati ketika proses pemasangan TWRP sedang berlangsung, jika konksi terputus di tengah jalan, maka kami yakin Xiaomi Mi 9 SE kalian akan Brick.


# File DM-Verity No Encryprt


File ini sangat penting keberadaannya, pastikan setelah kalian memasangkan TWRP, kalian langsung melakukan Flash terhadap File No Verity ini, File ini di buat agar tidak terjadi Bootloop setelah pemasangan TWRP, silahkan Download File DM-Verity No Encrypt (No-Verity) Terbaru dan langsung letakan di Internal Memory yang mudah untuk kalian temukan.

Jika Kalian sudah mengerti terkait Syarat yang sudah kami jelaskan di atas, maka langkah selanjutnya adalah memasangkan TWRP ke Xiaomi Mi 9 SE, berikut adalah prosedur dan cara kerjanya.


# Pasang TWRP di Xiaomi Mi 9 SE


1. Silahkan Rename dulu File TWRP yang sudah kalian Download sebelumnya menjadi twrp.img.
2. Lalu letakan di dalam Direktori tempat Fastboot Driver berada, seperti ini :

TWRP Xiaomi Mi 9 SE

3. Dalam keadaan sudah masuk ke Mode Fastboot, silahkan koneksi Xiaomi Mi 9 SE kalian ke PC dengan kabel USB.
4. Buka Command Prompt dan pastikan tertuju ke direktori Fastboot Driver, seperti ini :

TWRP Xiaomi Mi 9 SE

5. Selanjutnya silahkan coba cek koneksi apakah Xiaomi Mi 9 SE kalian sudah terhubung ke PC dengan baik atau tidak, dengan memasukan perintah ini :

adb devices

Jika sudah terhubung, maka harusnya akan muncul List seperti ini :

TWRP Xiaomi Mi 9 SE

6. Untuk memasangkan TWRP ke Xiaomi Mi 9 SE silahkan masukan perintah ini :

fastboot flash recovery twrp.img

TWRP Xiaomi Mi 9 SE

Atau jika tidak berhasil kalian juga bisa memasukan perintah ini :

fastboot flash boot twrp.img

7. Jika sudah muncul pesan OKAY, berarti proses pemasangan TWRP sudah berhasil.
8. Silahkan lakukan Reboot dengan memasukan perintah ini :

fastboot reboot

9. Selanjutnya langsung saja masuk ke Mode TWRP dengan menekan Tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan.
10. Jika sudah masuk ke dalam Mode TWRP, langsung Flash File DM-Verity Disabler No Encrypt (No-Verity) yang sudah kalian Download dan letakan di Internal Storage.
11. Jika sudah lakuakn Reboot, Booting pertama biasanya akan memakan waktu yang cukup lama.
12. Done

Bagaiman? mumet? kami pikir tidak, karena cara yang sudah kami jelaskan diatas itu dirasa sudah benar-benar lengkap dan sangat jelas.

Kalian hanya perlu mengikuti satu-persatu caya yang sudah kami sampaikan diatas, jika sudah benar, maka kami yakin 100% TWRP akan terinstall di Xiaomi Mi 9 SE yang kalian miliki.

Setelahnya silahkan lakukan hal yang ingin kalian lakukan, seperti melakukan ROOT, memasang Custom ROM dan sebagainnya, lalu kami sarankan jika nantinya TWRP ini sudah di perbaharui, maka langsung gunakan versi terbarunya atau kalau ada yang Official, maka silahkan langsung gunakan yang versi Official, jadi selalu pantau saja Blog ini untuk mendapatkan update terbaru.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot