RILIS ARTIKEL TERBARU :

Fastboot Xiaomi Mi 8 Pro / Explorer Editions

Pihak Xiaomi memang terkenal dengan support yang mereka miliki terhadap para konsumennya, karena berbeda dari produk smartphone lain, yang mereka perlu membuat Firmware sendiri berdasarkan Source, di Xiaomi kalian bisa dengan mudah menggunakan Firmware yang telah mereka buat.

Hebatnya lagi hampir semua jenis variant Xiaomi mendapatkan dukungans erupa, tidak terkecuali dengan Xiaomi Mi 8 Pro / Explorer Editions ini, hebatnya lagi saat ini jenis Firmware yang disediakan itu adalah seri OS Android paling baru.

Hal ini wajar saja terjadi, karena Xiaomi Mi 8 Pro / Explorer Editions memang merupakan sebuah smartphone Flagship atau andalan Xiaomi di tahun 2018 lalu, sehingga wajar jika device ini akan mendapat hal yang lebih spesial di bandingkan dengan seri yang lainnya.

Fastboot sendiri sangat berguna bagi kalian yang sedang mengalami masalah seperti Brick maupun Bootloop, tetapi bisa juga di gunakan untuk berpindah ROM seperti dari versi China ke Global, hal ini mungkin seperti melakukan Upgrade, sehingga Fastboot ini memang benar-benar menjadi hal yang istimewa di lini produk Xiaomi.

Hanya saja melakukan Fastboot ini juga tidak sembarangan, kalian mesti mempersiapkan banyak hal, seperti mendownload Firmware yang sizenya 1GB lebih, menggunakan Tool Flashing khusus dari Xiaomi dan yang tidak kalah penting adalah Unlock Bootloader, berikut adalah persyaratan yang mesti kalian penuhi.


# Unlock Bootloader


Ini adalah hal wajib pertama yang harus kalian penuhi, karena dengan melakukan Flash berarti kalian membutuhkan kemampuan Fastboot. Tetapi, kemampuan Fastboot tersebut baru akan aktif jika Xiaomi Mi 8 PRO / EE sudah Unlock Bootloader, maka dari itu lakukan Unlock Bootloader dulu, jika tidak tahu caranya silahkan ikuti artikel ini Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 8 PRO / EE.


# Mi Flash Unlock


Metode Flash di Xiaomi Mi 8 PRO / EE ini memerlukan kemampuan PC untuk menjalankan aplikasi Flashernya, untuk aplikasinya sendiri menggunakan Mi Flash Tool, maka dengan demikian gunakan dulu aplikasi Mi Flash Tool Terbaru sebelum kalian melakukan Flashing.


# Fastboot ROM


Untuk bisa menjalankan metode Flash dengan aplikasi Mi Flash Tool, tentu membutuhkan sebuah File ROM khusus, file ROM ini tidak sama seperti ROM biasa, melainkan jenis ini adalah jenis Fastboot ROM yang bisa kalian temukan secara resmi DISINI.


# Kabel USB


Karena menggunakan PC sebagai Media Flashingnya, maka untuk menghubungkan smartphone kalian ke PC kalian memerlukan kabel USB, kalau bisa gunakan kabel USB yang ori atau bawaan dari smartphone Xiaomi Mi 8 PRO / EE itu sendiri.


# Mode Fastboot


Dalam metode Flash untuk Xiaomi Mi 8 PRO / EE ini, kalian harus memastikan device kalian masuk ke dalam Mode Fastboot terlebih dahulu yaitu dengan cara menekan Tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan saat device kalian dalam kondisi Power Off (Mati).


# Kapasitas Baterai diatas 50%


Kalau kami sendiri mewajibkan hal ini, dengan alasan agar proses Flash bisa sepenuhnya selesai tanpa terputus di tengah jalan, karena melakukan Flash itu akan membutuhkan beberapa waktu mungkin dari 3 hingga 15 Menit, selain itu setelahnya Booting pertama juga akan memakan waktu paling tidak 10-15 Menit lagi, maka dengan demikian memiliki kapasitas baterai paling tidak 50% adalah hal bijaksana yang mesti kalian penuhi sebelum melakukan Flash, tujuannya untuk berjaga-jaga saja sebenarnya.


Manfaat dari melakukan Flash di Xiaomi Mi 8 PRO / EE tersebut?


1. Untuk mengatasi masalah seperti Bootloop, Hardbrick dan lainnya.
2. Untuk berpindah dari ROM Distributor ke ROM resmi MIUI.
3. Untuk melakukan Upgrade versi OS.
4. Untuk membuat ROM Xiaomi Mi 8 PRO / EE Fresh seperti baru lagi.

Jika kalian sudah mengerti manfaat dan persyaratan yang di butuhkan, maka langkah selanjutnya adalah cara untuk melakukan Flash itu sendiri.


# Cara Fastboot Xiaomi Mi 8 PRO / EE


1. Buka aplikasi Mi Flash Tool.
2. Lalu Load Fastboot File, pastikan sudah di Extract hingga muncul seperti ini:

Fastboot Xiaomi Mi 8 Pro / Explorer Editions
Fastboot Xiaomi Mi 8 Pro / Explorer Editions

3. Dalam keadaan masuk Mode Fastboot silahkan koneksikan Xiaomi Mi 8 PRO / EE kalian ke PC dengan kabel USB.
4. Pada aplikasi Mi Flash Tool silahkan tekan Fresh dan lihat apakah Smartphone kalian sudah terbaca atau tidak.

Fastboot Xiaomi Mi 8 Pro / Explorer Editions

5. Jika sudah terbaca selanjutnya silahkan pilih Script Flash-nya pada bagian bawah, kalau kami sendiri menyarankan memilih Clean All, tetapi konsekuensinya adalah semua data di Internal Memory akan hilang.

Fastboot Xiaomi Mi 8 Pro / Explorer Editions
Fastboot Xiaomi Mi 8 Pro / Explorer Editions

6. Langkah terakhir adalah dengan menekan tombol Flash.

Fastboot Xiaomi Mi 8 Pro / Explorer Editions

7. Proses akan berjalan dari 3 - 15 Menit, tergantung besaran ROM yang di gunakan.
8. Jika proses sudah selesai, harusnya Smartphone akan Reboot dengan sendirinya.
9. Booting pertama akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
10. Done!


# Jika Flash Gagal


Jika metode Flash diatas gagal, mungkin masalahnya datang dari 2 buah hal ini, silahkan ikuti petunjuk di dalam artikel yang sudah kami tulis dibawah ini :


Dengan demikian, kami pikir metode Flash yang sudah kami jelaskan diatas beserta dengan Troubleshootnya memang sudah terkesan sangat lengkap, jika kalian masih saja gagal dalam melakukan Flash tersebut.

Maka bisa jadi ada masalah besar di baliknya, seperti kalian menggunakan ROM MIUI abal-abal yang sulit untuk di pindahkan ke versi ROM resmi, atau yang paling parahnya adalah Bootloader Xiaomi Mi 8 PRO / EE kalian sudah di Modifikasi oleh pihak Distributor.

Silahkan ikuti tutorial diatas dengan sebenar-benarnya, karena satu saja syarat dan langkah yang kalian lewati, maka potensi ke gagalannya akan tinggi, jadi lakukan sesuai prosedur dan semoga berhasil.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot