RILIS ARTIKEL TERBARU

Mi Flash Pro, Mi Flash Pro English, Cara Pakai Mi Flash Pro, Apa itu Mi Flash Pro, Perbedaan Mi Flash Pro dan Mi Flash Tool, Mi Flash Pro vs Mi Flash Tool, Pengertian Mi Flash Pro, Aplikasi Mi Flash Pro, Tutorial Mi Flash Pro, Panduan Mi Flash Pro, Fitur Mi Flash Pro, Keunggulan Mi Flash Pro, Kekurangan Mi Flash Pro, Driver Mi Flash Pro, Mi Flash Pro Tidak Terbaca, Mi Flash Pro Windows

Xiaomi maupun Sub-Brand-nya Redmi, memang menjadi salah satu Produk Smartphone Android yang laris manis di pasaran hingga saat ini, hal tersebut tidak lepas dari harga jual Smartphone dari Brand Xiaomi / Redmi yang memang terjangkau.

Tetapi, memiliki spesifikasi yang bagus atau bisa kita artikan masuk akal antara harga dan spesifikasi yang di jual, selanjutnya lini Smartphone Xiaomi / Redmi itu memang terkenal dengan Support dari OEM yang bisa di andalkan.

Karena dari segi OEM / Vendor, mereka merilis beragam Tools dan kebutuhan untuk menunjang beragam aktifitas yang bisa di lakukan user atau pengguna dari Smartphone Xiaomi / Redmi tersebut secara bebas dan Individual.

Hal, seperti ini memang jarang kita temui pada Brand-Brand Smartphone Android lain, di OEM Xiaomi mereka menyediakan semua jenis ROM versi Terbaru yang bisa kalian Download dengan gratis tentunya, yang memang sangat di perlukan untuk tindakan Upgrade secara Offline.

Selain itu untuk tindakan yang lebih Advanced, pihak Xiaomi juga merilis Firmware siap pakai berupa File Fastboot yang bisa di gunakan untuk melakukan Flashing, tentu saja pihak Xiaomi juga merilis beragam Tools untuk menunjang hal tersebut.

Sebut saja untuk dari segi Unlocking, OEM Xiaomi menyediakan aplikasi Mi Flash Unlock, selanjutnya untuk tindakan Flashing, pihak Xiaomi menyediakan Mi Flash Tool, lalu untuk menunjang Productivity pihak Xiaomi juga membuat aplikasi Mi PC Suite.

Jika, kalian melihat hal tersebut tentu saja Brand Xiaomi, memang menjadi sebuah OEM yang paling Progressive untuk masalah Support terhadap user, lalu kali ini ada lagi aplikasi bernama Mi Flash Pro, lalu apa itu?


Mi Flash Pro


Seperti namanya sendiri aplikasi ini adalah merupakan aplikasi Flashing yang bisa di gunakan oleh para user Smartphone Android Xiaomi maupun Redmi untuk bisa di gunakan dalam tindakan Flashing.

Tools ini di distribusikan secara resmi oleh pihak developer Xiaomi, sekarang ini aplikasi ini sudah dalam beberapa versi dan terus di kembangkan dari waktu kewaktu untuk di buat agar lebih canggih dan lebih mudah di gunakan.

Secara umum metode Flash yang di gunakan dari aplikasi Mi Flash Pro ini sama saja seperti yang ada pada aplikasi Mi Flash Tool.

Lalu, apa bedanya dengan aplikasi Mi Flash Tool?


Perbedaan Mi Flash Tool dan Mi Flash Pro


Seperti yang kita ketahui, sejak dulu untuk bisa melakukan Flash pada jajarang Smartphone Brand Xiaomi itu selalu saja menggunakan aplikasi Mi Flash Tool, lalu ada juga untuk aplikasi pihak ke-3 yang bisa di gunakan.

Seperti aplikasi SP Flash Tool untuk seri Xiaomi bermesin MediaTek dan ada juga QFIL atau QPST yang memang di khususkan untuk jenis Smartphone Xiaomi / Redmi bermesin Qualcomm Snapdragon.

Memang dari dulu aplikasi Mi Flash Tool tidak pernah mengecewakan dan selalu bisa diandalkan untuk melakukan Flashing dalam kondisi apapun, seperti dengan metode EDL atau Test Point pun tetap bisa diandalkan.

Sayangnya, hal ini hanya berlaku sebagian besar untuk device Xiaomi bermesin Qualcomm Snapdragon saja, untuk seri mesin lain seperti MediaTek seperti di anak tirikan dan terkesan aplikasi Mi Flash Tool tersebut tidak maksimal untuk variant Xiaomi / Redmi bermesin MediaTek, sehingga para user Xiaomi / Redmi MediaTek lebih memilih menggunakan aplikasi SP Flash Tool di bandingkan dengan aplikasi Mi Flash Tool.

Hal tersebut tentu saja akan membuang waktu dari user Smartphone Android Xiaomi / Redmi tersebut, maka disini ada sebuah Tool revolusioner dari OEM Xiaomi, yaitu adalah Mi Flash Pro.

Tujuan dari aplikasi ini adalah agar bisa menjadi wadah untuk semua variant dan jenis Smartphone Xiaomi / Redmi yang bisa di gunakan untuk tindakan Repairing dalam kasus ini adalah Flashing dan juga Upgrade.

Sehingga para user Smartphone Android Xiaomi / Redmi tidak perlu lagi menggunakan aplikasi lain, karena cukup dengan aplikasi Mi Flash Pro tersebut, semua kebutuhan akan Tool yang di butuhkan dan Resource yang di inginkan bisa dengan mudah di dapatkan, hanya dengan sekali Install aplikasi itu Mi Flash Pro tersebut saja.

Diatas kertas aplikasi Mi Flash Pro ini memang yang terbaik, karena bisa membawa beragam fitur baru dan mekanisme baru yang sebelumnya tidak ada pada aplikasi Mi Flash Tool traditional.

Lalu, apa saja sih fitur dari Mi Flash Pro tersebut? kenapa bisa di katakan menjadi Tools Flasher Xiaomi / Redmi terbaik? maka jawabannya akan kami kupas di bawah ini.


Fitur dan Keunggulan Mi Flash Pro


Jika berbicara keunggulan tentu saja Mi Flash Pro ini menjadi aplikasi Flasher resmi dari OEM Xiaomi / Redmi yang paling baik dan terlengkap, karena di dalam aplikasi Mi Flash Pro ini kalian akan menemukan 2 buah core Tool Flasher terpenting untuk Xiaomi dan Redmi, yaitu adalah Mi Flash Tool dan SP Flash Tool.

Mi Flash Pro, Mi Flash Pro English, Cara Pakai Mi Flash Pro, Apa itu Mi Flash Pro, Perbedaan Mi Flash Pro dan Mi Flash Tool, Mi Flash Pro vs Mi Flash Tool, Pengertian Mi Flash Pro, Aplikasi Mi Flash Pro, Tutorial Mi Flash Pro, Panduan Mi Flash Pro, Fitur Mi Flash Pro, Keunggulan Mi Flash Pro, Kekurangan Mi Flash Pro, Driver Mi Flash Pro, Mi Flash Pro Tidak Terbaca, Mi Flash Pro Windows

Ya! di dalam aplikasi Mi Flash Pro ini terdapat sebuah Dedicated Tool yaitu Mi Flash Tool dan SP Flash Tool, sehingga aplikasi Mi Flash Pro ini sudah di pastikan akan bisa menjangkau semua variant seri Smartphone Xiaomi / Redmi dengan beragam jenis Processor di dalamnya.

Lalu, untuk fitur yang tersedia juga tidak kalah menarik, hal pertama yang paling menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur Flash ROM Recovery!

Kalian tidak harus Unlock Bootloader agar bisa melakukan Flashing, karena cukup dengan fitur Flash ROM Recovery ini, maka kalian sudah bisa melakukan Flash layaknya dengan metode Fastboot, hanya saja skala dalam tindakan ini hanya sebatas ROM dan bukan sepenuhnya berupa Firmware.

Selanjutnya, kalian pun juga bisa dengan mudah mencari jenis ROM terbaru dan resmi yang tersedia untuk variant jenis Smartphone Xiaomi/ Redmi kalian yang bisa kalian temukan pada Tab ROM Packages.

Mi Flash Pro, Mi Flash Pro English, Cara Pakai Mi Flash Pro, Apa itu Mi Flash Pro, Perbedaan Mi Flash Pro dan Mi Flash Tool, Mi Flash Pro vs Mi Flash Tool, Pengertian Mi Flash Pro, Aplikasi Mi Flash Pro, Tutorial Mi Flash Pro, Panduan Mi Flash Pro, Fitur Mi Flash Pro, Keunggulan Mi Flash Pro, Kekurangan Mi Flash Pro, Driver Mi Flash Pro, Mi Flash Pro Tidak Terbaca, Mi Flash Pro Windows

Jangan lupakan juga, aplikasi Mi Flash Pro ini juga menyediakan sebuah Shortcut untuk langsung ke aplikasi Device Manager Windows, aplikasi ini memang sangat di butuhkan dan kuat kaitannya dengan USB Driver, jika sewaktu-waktu kalian mengalami masalah terkait koneksi dari Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian ke PC Windows yang mungkin saja tidak bisa terbaca atau terkoneksi dengan baik.

Namun, perlu kalian ketahui sebelumnya, sebenarnya aplikasi Mi Flash Pro ini memang hadir dengan Driver yang lengkap untuk keperluan Flashing ataupun Upgrade, hanya saja dalam beberapa kondisi kalian juga harus menginstall Driver secara manual.

Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga agar koneksi yang kalian lakukan dengan kabel USB bisa berjalan dengan baik dan tidak terputus di tengah jalan, maka alangkah lebih baik, jika kalian menginstall Driver yang di butuhkan dulu secara manual.


Driver untuk Mi Flash Pro


Garis besarnya adalah kalian hanya perlu beberapa Driver saja yang harus kalian pasangkan dan semua itu adalah berjenis USB Driver yang memang memiliki tujuan agar Smartphone Android Xiaomi / Redmi yang kalian koneksikan bisa terhubung dan bisa terbaca pada OS Windows.

Maka, hal pertama yang harus kalian Install adalah yaitu Xiaomi / Redmi USB Driver, jika kalian belum punya bahannya, silahkan Download dari halaman di bawah ini :


Setelahnya, kalian harus sesuaikan dulu, apakah Xiaomi / Redmi kalian menggunakan Processor Qualcomm Snapdragon atau MediaTek, jika kalian menggunakan Processor Surge, kalian hanya perlu menggunakan USB Driver Xiaomi / Redmi diatas saja.

Tetapi, jika Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian menggunakan Processor Qualcomm Snapdragon, maka kalian perlu menggunakan USB Driver di bawah ini :


Selanjutnya, jika kalian menggunakan Smartphone Android Xiaomi / Redmi bermesin MediaTek, maka kalian harus menggunakan USB Driver di bawah ini :


Pastikan, sesuaikan Driver yang di butuhkan, sesuai dengan jenis Processor yang kalian gunakan, tenang saja, Driver yang kami bagikan diatas adalah versi Terbaru dan sudah bisa menjangkau ke hampir semua jenis Processor terkait, sehingga di pastikan bisa di gunakan untuk koneksi yang aman dan lancar via Kabel USB.


USB Debugging


Nah, jangan lupakan juga hal ini, karena pada aplikasi Mi Flash Pro ini semuanya bukan melulu tentang Fastboot dan ada juga Flash via Recovery, maka kebutuhan akan fungsi USB Debugging ini juga harus di perhatikan.

Karena metode Flash ROM Recovery ini menggunakan Metode ADB, maka sudah pasti kalian harus mengaktifkan fitur USB Debugging pada Smartphone Android Xiaomi / Redmi yang kalian gunakan.

Mudahnya begini, cara kerja dari Metode Flash ROM Recovery ini adalah Side Load, artinnya aplikasi Mi Flash Pro ini membuat sebuah Tools Flasher yang memang mengimplementasikan tidakan ADB Side Load dengan pengerjaan yang lebih efisien.

Maka, disini kalian di haruskan mengaktifkan fitur USB Debugging tersebut, karena fitur ini adalah sebagai fitur kunci untuk urusan Authorize yang bisa di manipulasi oleh pihak ke-3 dalam kasus ini adalah OS Windows.

Sehingga silahkan aktifkan fitur USB Debugging dulu, baru kalian bisa menggunakan fitur Flash ROM Recovery tersebut dari aplikasi Mi Flash Pro, jika kalian tidak tahu cara untuk mengaktifkan USB Debugging pada Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian, silahkan ikuti panduan di bawah ini :


Sampai sini, semua kebutuhan akan bahan dan persiapan dalam penggunaan aplikasi Mi Flash Pro tersebut telah terpenuhi, langkah terakhir silahkan kalian Download dan Install aplikasi Mi Flash Pro pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang.


Download Mi Flash Pro


Perhatikan! aplikasi ini sudah mampu berjalan pada semua OS Windows, dan sayangnya yang kami bagikan di bawah ini hanya Support untuk OS Windows saja dan bukan untuk OS lain seperti OS Linux ataupun MacOS.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, aplikasi ini sudah bisa mendukung semua versi OS Windows, tetapi idealnya bisa di implementasikan pada Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10.


Jika, aplikasi Mi Flash Pro sudah kalian pasangkan di PC Windows kalian, maka langkah setelahnya adalah kalian bisa mengikuti gambaran singkat, terkait panduan dan tata cara menggunakan aplikasi Mi Flash Pro tersebut.


Cara Pakai Mi Flash Pro



  1. Pastikan semua hal diatas sudah terpenuhi dan aplikasi Mi Flash Pro sudah terinstall pada OS Windows.
  2. Silahkan buka aplikasi tersebut.
  3. Untuk yang pertama silahkan pilih Region, kalau bisa sesuaikan dengan Region asli untuk Produk Smartphone Android Xiaomi / Redmi tersebut, jika versi Resmi silahkan pilih Indonesia saja, jika Distributor, kalian bisa memilih India, China atau Russia.
Mi Flash Pro, Mi Flash Pro English, Cara Pakai Mi Flash Pro, Apa itu Mi Flash Pro, Perbedaan Mi Flash Pro dan Mi Flash Tool, Mi Flash Pro vs Mi Flash Tool, Pengertian Mi Flash Pro, Aplikasi Mi Flash Pro, Tutorial Mi Flash Pro, Panduan Mi Flash Pro, Fitur Mi Flash Pro, Keunggulan Mi Flash Pro, Kekurangan Mi Flash Pro, Driver Mi Flash Pro, Mi Flash Pro Tidak Terbaca, Mi Flash Pro Windows
  1. Jika, sudah silahkan Login dengan Mi Account yang kalian miliki, usahakan samakan dengan Mi Account yang sedang kalian gunakan pada Smartphone Xiaomi / Redmi kalian sekarang.
Mi Flash Pro, Mi Flash Pro English, Cara Pakai Mi Flash Pro, Apa itu Mi Flash Pro, Perbedaan Mi Flash Pro dan Mi Flash Tool, Mi Flash Pro vs Mi Flash Tool, Pengertian Mi Flash Pro, Aplikasi Mi Flash Pro, Tutorial Mi Flash Pro, Panduan Mi Flash Pro, Fitur Mi Flash Pro, Keunggulan Mi Flash Pro, Kekurangan Mi Flash Pro, Driver Mi Flash Pro, Mi Flash Pro Tidak Terbaca, Mi Flash Pro Windows
  1. Sampai pada tahap ini, kalian sudah bisa menggunakan aplikasi ini secara penuh, sesuikan saja dengan kebutuhan kalian, apakah ingin melakukan Flash (Mi Flash Tool atau SP Flash Tool), Recovery ROM atau hanya untuk Download ROM saja.
  2. Tetapi, ada hal penting yang harus kalian pahami sebelum melakukan tindakan Repairing dengan aplikasi ini, yaitu adalah ini :
Mi Flash Pro, Mi Flash Pro English, Cara Pakai Mi Flash Pro, Apa itu Mi Flash Pro, Perbedaan Mi Flash Pro dan Mi Flash Tool, Mi Flash Pro vs Mi Flash Tool, Pengertian Mi Flash Pro, Aplikasi Mi Flash Pro, Tutorial Mi Flash Pro, Panduan Mi Flash Pro, Fitur Mi Flash Pro, Keunggulan Mi Flash Pro, Kekurangan Mi Flash Pro, Driver Mi Flash Pro, Mi Flash Pro Tidak Terbaca, Mi Flash Pro Windows
  1. Petunjuk diatas adalah panduan untuk persyatan yang harus kalian penuhi, jika kalian ingin melakukan Flash Recovery ROM, maka kalian harus menggunakan Menggunakan Mode Recovery, jika kalian ingin melakukan Flashing dengan metode Fastboot, maka kalian harus masuk Mode Fastboot dan jika kalian menggunakan Smartphone Xiaomi / Redmi MediaTek, kalian harus menggunakan Mode Flash MediaTek seperti yang sudah di gambarkan diatas.
  2. Terakhir, silahkan lakukan hal yang ingin kalian lakukan.
  3. Happy Flashing! Done.


Bagaimana? kami kira jika kalian ada seorang yang memang sudah berpengalaman dengan metode Flashing pada jajaran Smartphone Xiaomi / Redmi, pasti beranggapan Tools ini memang menjadi Tools terbaik Xiaomi / Redmi.

Karena, memang lengkap dan bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan, hanya Satu Kekurangan dari aplikasi ini, yaitu adalah size-nya yang hampir 3 kali aplikasi Mi Flash Tool.

Hal tersebut wajar saja terjadi, mengingat di dalam aplikasi Mi Flash Pro ini, terdapat aplikasi Mi Flash Tool dan SP Flash Tool yang seperti kalian ketahui, kedua aplikasi ini tidak kecil dari segi size, selanjutnya dengan beberapa penambahan fitur baru, maka otomatis Size dari Tool ini akan terus membesar dari waktu kewaktu setiap ada versi terbarunya.

Maka, dengan adanya aplikasi ini para User Smartphone Android Xiaomi / Redmi, hanya membutuhkan 1 buah Tool saja yang sudah bisa menjangkau semua lini seri dan Brand, selanjutnya aplikasi ini juga membuat para pengguna Xiaomi / Redmi semakin Flexible, karena fitur di dalamnya juga bisa diandalkan.

Akhirk kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dan semoga kalian bisa memahami isi dari artikel ini dengan baik, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan saja di kolom komentar di bawah, semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot