RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap

Smartphone Android saat ini memang telah menjadi sebuah Perangkat Pintar yang memang dibutuhkan banyak orang, karena sifatnya yang bisa diandalkan untuk melakukan baragam hal, seperti itu membantu meringankan perkerjaan, menyalurkan bakat serta hobi, digunakan sebagai wadah untuk media hiburan dan juga bisa digunakan untuk mencari tambahan penghasilan.

Sehingga, dengan beragam kebutuhan tersebut, maka wajar saja jika saat ini Smartphone Android memiliki beragam kemampuan yang unik satu sama lainnya, seperti yang kalian ketahui, dimana-mana OS Android itu sama saja.

Tetapi, yang membedakan satu dengan yang lainnya adalah terkait pada nama Brand dan Inovasi Teknologi yang dibuat oleh masing-masing Vendor Smartphone Android itu sendiri, itulah kenapa saat ini setiap Smartphone Android yang berbeda merek tersebut, seakan berbeda, tetapi pada kenyataannya sebenarnya tetap sama saja, yaitu sama-sama menggunakan OS Android.

Lebih lanjut lagi, karena OS Android itu sifatnya yang Open Source, maka disini pihak Vendor atau Produsen Smartphone Android terkait, bisa dengan bebas melakukan Customization diberbagai sektor, seperti dukungan hardware yang lebih canggih, hingga perombakan total disektor tampilan antar muka OS Android itu sendiri.

Maka dari itu, coba kalian perhatikan Smartphone Android Samsung dan Oppo, pada kenyataannya sama saja, yaitu sama-sama menggunakan basis OS Android, tetapi kenapa bisa berbeda?

Ya! inilah yang kami maksud sebelumnya, karena disini bisa kita lihat terkait perbedaan Inovasi Teknologi dan Customization yang telah di Implementasikan, sehingga disini akan muncul sebuah Identitas baru atau ciri khas tersendiri, dari masing-masing Produk Smartphone Android tersebut.

Secara umum, OS Android itu selalu berkembang menjadi lebih baik disetiap tahunnya, perkembangan tersebut sebagian besarnya disesuaikan dengan kebutuhan dan trend yang diinginkan oleh penggunannya.

Maka, kalian tidak perlu heran, karena sekarang ini OS Android bisa memiliki beragam fitur baru yang unik dan terkesan sangat keren, karena inilah tugas dari Google, selaku pengembang dari OS Android tersebut.

Karena, mereka harus peka dengan kemauan pasar dan kehendak konsumen, lalu inilah juga yang menjadi salah satu rahasia, kenapa OS Android bisa menjadi OS yang bisa mendominasi distribusi penggunaan OS Mobile dunia.

Itu karena Google mampu membawa hal yang kita butuhkan, karena kebutuhan akan sesuatu yang hebat dan cepat itu selalu saja menjadi tuntutan yang harus dipenuhi, apalagi dizaman digital yang serba cepat ini.

Maka dari sini, lahirlah beragam fitur dan fungsi menarik, sebut saja seperti Artificial Intelligence (AI), beragam Tool Office dan beragam Tool yang bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi serta untuk menikmati hiburan.

Selanjutnya, tuntutan yang ada disini, bukan melulu tentang Hardware atau sebuah Inovasi Fitur yang mutakhir saja, melainkan ada hal yang lebih penting dari itu semua, yaitu terkait dari User Experience dari sebuah System Operasi.

Nah, hal ini memang perlu diperhatikan, karena disinilah awal mulanya kepuasan dari Konsumen itu berasal, jika UX dari sebuah OS itu bagus, dalam artian Desain tampilan yang simple, mudah dimengerti dengan Navigasi yang jelas.

Maka sudah pasti OS tersebut akan banyak disukai oleh penggunannya, karena akan mampu membuat penggunannya betah untuk melakukan Navigasi dan bermain-main dengan UX pada OS tersebut.

Selain itu, pihak Developer OS pun juga harus mengerti terkait penggunaan Style dari Interface OS tersebut, agar bisa disukai oleh semua pihak dengan beragam jenis kesukaan yang berbeda-beda, maka disini munculah yang namanya Adaptive System Display.

Nah, inilah yang akan menjadi pembahasan utama kita kali ini, yaitu terkait sebuah Fitur yang belakangan tengah ramai digunakan, karena sifatnya memang benar-benar bisa bermanfaat, yaitu adalah Fitur Dark Mode yang ada pada OS Android versi Terbaru.


Fungsi Fitur Dark Mode Android


Secara resmi Google memang sudah membenamkan Fitur Dark Mode ini secara default dan bisa dengan bebas digunakan oleh penggunaanya, mulai dari versi Android 10 dan seterusnya.

Lalu, yang menjadi pertanyaannya adalah apa sih fungsi dari fitur ini?

Maka, jawabannya adalah fitur ini akan membuat tampilan System OS beserta beberapa Aplikasi Android didalamnya berubah menjadi tampilan dengan penggunaan komposisi Warna utama yang Gelap atau Dark.

Sehingga, fitur ini akan membuat tampilan dari System di Smartphone Android yang kalian gunakan berubah, yang awalnya berwarna putih bersih (Light), kini bisa berubah menjadi gelap (Dark) secara otomatis.

Selanjutnya, fitur ini bukanlah bagian dari sebuah Themes Pack atau Themes pihak ke-3, melainkan ini adalah sebuah Fitur Default atau sebuah Fitur Murni yang memang ada di OS Android secara default, dimulai dari OS Android 10 dan seterusnya.

Dengan adanya fitur ini, maka sekarang ini Fitur Dark Mode juga sudah banyak di Impelementasikan oleh beragam Vendor Smartphone Android, agar bisa di Implementasikan pada Custom ROM Android yang telah mereka buat.

Sehingga, muncul beragam jenis Tampilan Warna Dark yang berbeda-beda, ada yang berwarna Dark Grey dan ada juga yang berwarna Totally Black (Hitam Pekat).

Lalu, apa sih menfaat dari penggunaan Dark Mode di OS Android tersebut?


Keuntungan menggunakan Dark Mode untuk Smartphone Android


Seperti yang kalian ketahui, fitur Dark Mode pada OS Android terbaru tersebut, bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat Tampilan System OS Android menjadi semakin keren saja, tetapi ada beragam manfaat yang bisa kalian manfaatkan dari penggunaan Dark Mode tersebut.

Pada faktanya, bukan hanya OS Android saja yang kini telah memberikan fitur Adaptive System Display untuk kenyamanan penggunannya tersebut, melainkan OS Windows untuk Komputer Desktop, juga telah melakukan hal yang sama.

Secara umum, kenapa fitur ini menjadi ada itu bukan tanpa alasan, sebenarnya kalian bisa saja dengan mudah untuk membuat tampilan di OS Android itu menjadi gelap atau dark, dengan beragam Themes pihak ke-3, tetapi kenapa fitur ini menjadi salah satu fitur Default yang disertakan oleh pihak Google atau Microsoft?

Maka, dari sini saja kita sudah bisa tahu, karena faktanya fitur Dark Mode ini memang akan bisa memberikan manfaat yang lebih banyak kepada pengguna OS yang telah mereka buat dan komersilkan, lalu apa saja sih manfaat dari penggunaan Dark Mode di OS Android tersebut?


Nyaman digunakan saat kondisi gelap


Inilah manfaat yang akan kalian dapatkan ketika menggunakan fitur Dark Mode pada OS Android tersebut, yaitu adalah kenyamanan saat melakukan navigasi dan membaca content dari Smartphone Android yang kalian miliki, ketika dikondisi malam atau gelap.

Dengan adanya fitur ini, maka mata kalian tidak akan cepat lelah ketika sedang membaca tulisan pada layar Smartphone Android yang kalian gunakan.

Sehingga manfaatnya akan secara luas bisa kalian rasakan, yaitu adalah kalian bisa lebih lama melihat content yang ada dilayar Smartphone Android kalian dan mata kalian juga akan semakin sehat dan tidak cepat terganggu, karena efek penggunaan Smartphone Android di lingkungan yang kurang cahaya.


Membuat Konsumsi daya baterai semakin irit


Selanjutnya, hal ini yang akan menjadi keuntungan atau manfaat yang bisa kalian dapatkan dari penggunaan fitur Dark Mode tersebut, tetapi manfaat ini hanya bisa dirasakan oleh para pengguna Smartphone Android dengan layar berjenis OLED dan turunannya saja, seperti AMOLED atau Super AMOLED.

Seperti yang kalian ketahui, layar OLED dan AMOLED itu bisa menampilkan warna hitam yang memang benar-benar pekat, hal ini terjadi karena Pixel yang ada pada Panel Layar OLED atau AMOLED tersebut, memang tidak akan aktif ketika menampilkan warna hitam.

Sehingga, sudah jelas, Konsumsi Daya Battery akan menjadi lebih irit dan tidak boros, karena Pixel di Panel Layar OLED atau AMOLED hanya akan aktif diwarna selain hitam, untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat keunggulan Layar OLED atau AMOLED pada halaman yang sudah kami tulis dibawah ini :


Namun, sayangnya manfaat ini tidak akan bisa dirasakan oleh pengguna Smartphone Android yang memiliki Spesifikasi Panel Layar selain OLED / AMOLED, seperti IPS LCD ataupun TFT.


Integrasi lebih efektif dan luas


Hal ini terkait hal teknis dari User Experience yang ada pada OS Android tersebut, karena jika kita lihat tentu saja penggunaan fitur Dark Mode ini akan lebih efektif dan efesien digunakan, dari pada penggunaan sebuah Themes Third Party.

Keuntungannya adalah, pada fitur Dark Mode ini integrasi perubahan Color Schemenya terjadi secara menyeluruh, yang kalau kita artikan effectnya tidak akan hanya terlihat di System OS saja, melainkan beberapa Aplikasi didalamnya pun juga akan ikut menjadi bertema Dark.

Sehingga, jika kita bandingkan, maka sudah jelas penggunaan Dark Mode ini akan menjadi lebih efisien dibandingkan menggunakan Themes pihak ke-3 yang kebanyakannya, memang tidak bisa berfungsi secara maksimal dan beberapa diantaranya memang akan berefek kepada penggunaan Konsumi Daya Battery yang lebih boros.

Ke-3 hal diatas, adalah manfaat yang bisa kalian dapatkan dari penggunaan fitur Dark Mode pada OS Android versi Terbaru tersebut.

Namun, yang menjadi pertanyaanya adalah jika saya menggunakan OS Android lama, sebut saja dibawah versi Android 10 apakah saya masih tetap bisa menggunakan Fitur Dark Mode tersebut, tanpa bantuan sebuah Themes pihak ke-3?

Maka, inilah yang akan menjadi titik berat pembahasan kita kali ini, yaitu terkai Cara untuk membuat Tampilan Dark Mode pada OS Android lama, sebut saja versi dibawah OS Android 10, seperti Nougat, Marshmallow dan Lollipop.

Apakah masih bisa menggunakan fitur Dark Mode tersebut, tanpa menggunakan sebuah Themes pihak ke-3? maka jawabannya sangat bisa!


Cara mengaktifkan fitur Dark Mode Android


Nah, disini kita tidak akan menggunakan Mod yang akan di Install ke System OS Android, seperti melalui TWRP atau melalui kemampuan ROOT.

Karena, untuk bisa menggunakan fitur Dark Mode tersebut, disini kita hanya perlu menggunakan sebuah Aplikasi Gratis dan bersize kecil yang bisa kalian dapatkan sekarang juga melalui Aplikasi Google Play Store.

Nama dari Aplikasi tersebut ialah Dark Mode, yang memiliki fungsi instant yang bisa membuat tampilan Smartphone Android kalian seketika menjadi Dark (Gelap) dengan hanya satu sentuhan saja.

Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap

Kalian tidak perlu khawatir, karena Aplikasi ini sudah kami uji coba dan bisa berjalan dengan sangat baik di versi Android lawas atau versi dibawah Android 10 yang tidak mendukung fitur Dark Mode secara default.

Umumnya, aplikasi ini akan bisa maksimal di OS Android yang sudah menggunakan Layout dan Style Material Design, seperti Android 5.0 keatas.

Hal pertama yang harus kalian lakukan, silahkan Download dan Install dulu Aplikasi Dark Mode tersebut di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang, jika kalian malas untuk mencarinya di Google Play Store, silahkan langsung tekan Link dibawah ini :


Setelahnya, silahkan ikuti tutorial yang akan kami jelaskan dibawah ini dan pastikan semua hal yang telah kami sarankan, bisa untuk kalian ikuti semuanya.

Namun, sebelum itu ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi dulu, sebelum mencoba menggunakan Aplikasi Dark Mode tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Pastikan kalian sudah mengupdate Aplikasi Core yang sering kalian gunakan, seperti Google Play Store, WhatsApp, Youtube, Chrome, Instagram dan lainnya.
  2. Minimal penggunaan Aplikasi Dark Mode ini adalah Android 5.0 dengan Layout Material Design.
  3. Tidak menggunakan Themes apapun.
  4. Lebih disarankan digunakan pada OS Android Stock / murni, meski demikian aplikasi ini masih tetap bisa berfungsi dibeberapa Custom ROM, baik Branded ataupun hasil Amatiran.


Jika, kalian sudah bisa memahami beragam hal diatas dan bisa mengikutinya, selanjutnya kita akan praktekan bagaimana cara menggunakan Aplikasi Dark Mode tersebut, silahkan ikuti intruksinya dibawah ini.


Cara menggunakan Dark Mode di Android 


  1. Silahkan buka Aplikasi Dark Mode yang sudah kalian Download dan Install sebelumnya.
  2. Jika sudah terbuka, disini kalian akan melihat 3 buah Toogle Opsi yang bisa kalian pilih dan gunakan.
  3. Untuk mengaktifkan Dark Mode, silahkan pilih Opsi Night Mode.
Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap
  1. Setelahnya, seketika itu juga tampilan System dan Apps di Smartphone Android akan berubah menjadi Dark.
  2. Done


Beberapa contoh hasil dari penggunaan Aplikasi Dark Mode


Nah, pada uji coba kali ini, kami menerapkan penggunaan Aplikasi Dark Mode ini pada 2 buah Smartphone Android berbeda, yaitu salah satunya dengan OS Android versi 7.1 dan satu lainnya memiliki versi Android 9.0.

Bagaimana hasilnya? berikut adalah penampakannya ketika sudah menggunakan Aplikasi Dark Mode tersebut :

Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap
Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap
Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap
Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap
Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap
Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap
Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap
Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap

Seperti yang bisa kalian lihat, Aplikasi Dark Mode ini bisa secara Instant mengubah warna System OS yang sebelum bertema Light, kini menjadi Dark.

Selain itu, beberapa aplikasi juga akan terkena effect dari Dark Mode tersebut. Namun, beberapa diantara aplikasi tersebut, memang memerlukan Settingan tambahan untuk mengaktifkan Dark Mode-nya, seperti Youtube dan Google Chrome.

Sebenarnya, masih ada banyak aplikasi yang juga akan ikut berubah menjadi Dark, ketika kalian sudah mengaktifkan fitur Dark Mode tersebut, tetapi disini kami hanya akan memberikan beberapa contoh sample saja, yang berarti, bahwa Aplikasi satu ini memang benar-benar bisa berkerja dan dipercaya fungsinya.


Aplikasi ini tidak berkerja ?


Mungkin ada beberapa dari kalian yang mengalami hal serupa, tetapi disini perlu kami tekankan, jika Aplikasi Dark Mode ini tidak bisa berkerja selayaknya pada Smartphone Android yang kalian miliki.

Maka, bukan berarti Tutorial ini tidak berkerja atau Aplikasi Error dan bermasalah, melainkan kasus gagalnya impelentasi Dark Mode tersebut, memang karena disebabkan murni oleh ROM yang sedang kalian gunakan.

Developer dari Aplikasi ini juga sudah mengatakan, bahwa pada faktanya Aplikasi Dark Mode ini, mungkin tidak akan bisa berfungsi dibeberapa Smartphone Android, karena Vendor yang melakukan Customisasi dari ROM Android tersebut, memang telah secara sengaja memblock atau menonaktifkan kemampuan Adaptive System Display tersebut.

Sehingga, jelas saja Aplikasi Dark Mode ini tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaannya, karena dari System pun sudah tidak memungkinkan untuk dirubah menjadi Dark untuk Layout dan Design-nya.

Maka, satu-satunya solusi yang bisa kalian lakukan, jika memang masih benar-benar ingin menggunakan fitur Dark Mode tersebut, ialah hanya dengan beralih ke Custom ROM lain saja.

Kalau ingin hasilnya maksimal dan dipastikan bisa berfungsi dengan baik, maka pilihah Custom ROM Android yang berbasis dari AOSP atau Android Murni.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, kami harapkan Tutorial diatas bisa berkerja dengan baik di Smartphone Android yang sedang kalian gunakan sekarang ini.

Tetapi, perlu kami tekankan sekali lagi, meski Aplikasi ini memang terbukti bisa membuat Smartphone Android kalian menjadi Dark Mode seketika dan Instant, pada faktanya tidak semua Aplikasi akan bereffect menjadi Dark Mode.

Namun, untuk keseluruhan System dipastikan akan bisa berubah menjadi Style Gelap atau Dark, sehingga kami bisa menjamin bahwa Aplikasi ringan dan simple satu ini, memang benar-benar bisa berkerja dengan baik.

Jika, kalian ingin kembali ke Mode Light, silahkan pilih opsi Day Mode pada Aplikasi Dark Mode tersebut, maka tampilan System Android beserta dengan Appsnya akan kembali menjadi putih atau Light.

Cara membuat Android menjadui Dark Mode, Cara aktifkan Dark Mode Android, Cara agar Android menjadi hitam, mengganti Tampilan Android menjadi Hitam, Aplikasi Dark Mode Android, Tampilan Gelap Android, Fitur Dark  Mode Android, Membuat Android menjadi Night Mode, Supaya Tampilan Android menjadi Gelap, Menganti Tema Gelap Android, Membuat WhatsApp Instagram Facebook Youtube Chrome menjad Gelap

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa tercapai dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot