7/18/2020

Cara Download Lagu MP3 dari Video Youtube dengan Smartphone Android

Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3

Menikmati hiburan dizaman modern seperti sekarang ini memang sangat mudah sekali untuk dilakukan, hanya dengan bermodalkan sebuah Smartphone Android saja, maka kalian bisa dengan leluasa menikmati beragam hiburan, secara murah dan mudah tentunya.

Hiburan yang kami maksud disini adalah seperti bermain Games, menonton Video secara streaming, mendengarkan lagu secara streaming dan lain sebagainya.

Sekarang ini, memang sudah terjadi pergeseran pada banyak produk digital, jika dulu kita hanya bisa menikmati hiburan seperti menonton Video / Film dan mendengarkan lagu MP3 dengan bantuan kaset serta Playernya.

Maka sekarang tidak lagi, karena saat ini cukup hanya bermodalkan sebuah Smartphone Android dengan jaringan Internet yang dimiliki, maka kalian sudah bisa dengan bebas, menonton serta mendengarkan lagi favorit kalian, dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, di Internet sendiri, kita akan banyak menjumpai Platform yang memang menyediakan Online Streaming Video dan Lagu secara gratis, beberapa diantaranya memang Illegal dan beberapa diantara lainnya, memang resmi, sebut saja seperti JOOX ataupun Spotify.

Nah, jika kita berbicara terkait Platform layanan Streaming Video dan Lagu terbesar yang tentu saja legal penggunaannya, maka apalagi jika bukan Youtube.

Ya! Youtube adalah tempat dimana kalian bisa menghibur diri dengan banyak sekali konten digital yang siap untuk kalian nikmati secara gratis, meski ada juga yang berbayar sebenarnya.

Di Youtube, kalian bisa melihat dan mendengarkan banyak hal, karena sekarang ini layanan Youtube sudah berubah menjadi sebuah Layanan yang memang wajib untuk diakses untuk sebagian orang modern.

Youtube sendiri, sekarang ini sudah menjadi sebuah layanan situs yang masuk kedalam jajaran situs paling banyak dikunjungi setiap harinya, jika kita melihat dari Rankingnya, maka jumlah pengunjung dari Youtube, bahkan lebih banyak dari Facebook.

Sehingga, artinya banyak orang diluar sana, yang memang merasa puas dengan layanan Online Streaming dari Youtube tersebut.

Youtube sendiri juga menjadi wadah yang sangat tepat untuk melakukan bisnis dan promosi secara digital, itulah kenapa banyak Label Music yang secara gratis mengupload karya mereka ke Youtube agar bisa dijangkau dan dinikmati siapa saja.

Nah, hal ini tentu akan memberikan dampak positif untuk kita, karena dengan adanya layanan online streaming dari Youtube tersebut, maka tentu kita akan bisa melihat, mendengarkan serta mendapatkan banyak konten resmi yang sebelumnya hanya bisa kita dapatkan secara berbayar dan sekarang bisa dinikmati secara cuma-cuma.

Asalkan kalian memiliki akses terhadap Internet, maka tentu saja kalian bisa dengan mudah menikmati semua layanan basic yang ada di Youtube secara gratis tentunya.


Youtube di Smartphone Android


Nah, berbicara Youtube di Smartphone Android, tentu akan menjadi pembahasan yang memang tidak akan ada bedanya dari Youtube pada Perangkat Komputer Desktop.

Kalau kita berbicara perbedaan, maka perbedaan yang paling mendasar adalah untuk menjalankan Youtube di Perangkat Komputer itu cukup dengan mengakses halaman webnya saja.

Tetapi, umumnya Youtube untuk Smartphone Android itu dijalankan dengan menggunakan sebuah Aplikasi khusus, hebatnya lagi Aplikasi Youtube tersebut dibuat secara resmi oleh pihak Google dan biasanya sudah ada secara default pada semua Smartphone Android.

Untuk konten yang akan kalian dapatkan, memang tidak akan ada bedanya antara Youtube di Android dan Komputer Desktop.

Hanya saja, satu kekurangan dari Youtube di Android adalah kalian tidak bisa mendengarkan Music atau Lagu yang kalian putar secara Streaming, jika Aplikasi Youtube tersebut kalian Minimize.

Karena secara otomatis, Aplikasi Youtube tersebut akan tertutup / terpause secara otomatis, berbeda dengan Youtube berbasis Web untuk Perangkat Komputer Desktop.

Kalian, bisa dengan mudah mendengarkan Music Video tersebut, meski aplikasi Browser yang kalian buka untuk menampilkan Video Music Youtube tersebut telah kalian minimize.

Lalu, bagaimana supaya kita bisa menikmati Music Video resmi dari Youtube, namun tetap bisa digunakan secara multitasking (Minimize)?

Jawabannya mudah saja, kalian hanya perlu mendownload konten Video yang ingin kalian dengarkan tersebut, atau kalian hanya perlu mendownload Konten Video tersebut yang telah diubah menjadi file Audio!

Lalu, jika ingin mengubah Video Youtube menjadi File MP3, bagaimana cara melakukannya? apakah tidak Illegal?


Download Konten Youtube apakah Illegal?


Berbicara terkait apakah tindakan ini Illegal atau tidak untuk dilakukan, itu kembali kepada kalian sendiri.

Jika, konten Youtube yang kalian Download hanya kalian pakai untuk kepentingan sendiri dan tidak untuk diperjual belikan, maka dari segi perspektif kami, itu hal yang Legal saja untuk dilakukan, karena melalui Aplikasi Youtube Android sendiri, pihak Google memang telah memfasilitasi Download Konten tersebut, untuk bisa dinikmati secara Offline.

Namun, jika peruntukan kalian ketika mendownload Konten Youtube tersebut adalah untuk keuntungan pribadi dalam artian kalian ingin memperjual belikan Konten Video atau Audio yang sudah kalian extract atau Download, maka sudah pasti hal ini akan menjadi Illegal untuk dilakukan.

Karena, mau bagaimanapun meski kalian bisa menikmati Konten di Youtube secara gratis dan cuma-cuma, bukan berarti kalian bisa dengan bebas memanfaatkan keuntungan tersebut, karena umumnya semua Konten yang ada di Youtube itu berhak cipta.

Bagi, siapa yang melanggarnya untuk dijadikan keuntungan materil secara pribadi, maka jelas kalian akan berurusan dengan hukum, namun jika Konten tersebut hanya untuk kalian nikmati secara pribadi dan tidak kalian bagikan, maka kami pikir hal tersebut sah-sah saja untuk dilakukan.

Meski demikian, hal tersebut tetap saja disebut sebagai sebuah Pembajakan, karena kalian melakukan tindakan ekstraksi dari Platform resminya, berbicara terkait hal ini memang pasti akan memunculkan banyak Pro dan Kontra.

Daripada kita terpaku pada hal tersebut, lebih baik kita tetap melakukan apa yang kita yakini, tentu dengan hal yang baik juga, artinya kita tidak boleh mengganggu si pemilik kepentingan, dengan cara hanya menikmati Konten yang di Download tersebut secara Pribadi dan tidak perlu membuatnya menjadi kepentingan untuk mendapatkan keuntungan.

Nah, sampai sini sudah jelas rasanya kami jelaskan logika berpikir terkait permasalahan apakah Legal atau tidaknya mendownload Konten dari Youtube tersebut.

Selanjutnnya, kita akan masuk kedalam pembahasan utama kita, yaitu bagaimana sih cara membuat dan mendownload Konten Video Youtube menjadi Konten Audio MP3, agar bisa dinikmati kapan saja?


Cara Download MP3 dari Youtube dengan Smartphone Android


Sampailah kita pada pembahasan utama kita kali ini, dalam kasus ini kami akan mengajarkan kalian, agar bisa mendapatkan Konten Audio dari Youtube baik itu dengan Format Audio MP3 ataupun M4A, langsung dari Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini.

Sehingga, jelas saja dalam studi kasus kita kali ini, kita tidak akan menggunakan media perangkat pihak ke-3 seperti Komputer Desktop, karena semuanya bisa dilakukan dengan hanya bermodalkan sebuah Smartphone Android saja.

Lalu, apa sih yang dibutuhkan untuk bisa mendownload Konten MP3 dari Youtube tersebut?

Karena secara default, Youtube adalah sebuah Platform yang dibuat untuk Online Video Streaming dan bukan untuk Audio Streaming.

Maka, jelas saja untuk bisa mendapatkan Konten Audio tersebut, Video Youtube tersebut harus di Extract atau di Convert ke MP3 atau M4A terlebih dahulu.

Namun, kalian tidak perlu khawatir, karena kalian tidak perlu mendownload Video Youtube terlebih dahulu, karena disini kita akan menggunakan sebuah Tool yang bersifat Online Generator yang memang memiliki fungsi otomatis melakukan Convert Video Youtube langsung ke File Format MP3 atau M4A.

Sehingga, beberapa persyaratan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :


  1. Koneksi Internet dan Data Internet, diperlukan untuk melakukan Online Convert serta diperlukan untuk melakukan Download Konten File Video.
  2. Aplikasi Youtube untuk Smartphone Android.
  3. Aplikasi Browser Android, seperti Google Chrome dan lainnya.


Nah, dari semua syarat yang kami sebutkan diatas, tentu kalian tidak akan sulit memenuhinya, jika semua syarat tersebut sudah bisa kalian penuhi, maka kita sudah siap untuk bisa mendownload File MP3 dari Video Youtube tersebut secara Online langsung dari Smartphone Android yang kalian gunakan.

Berikut adalah cara kerjanya.


Siapkan Link URL Video Youtube


Cara pertama ini, kita akan memerlukan sebuah Link URL Video Youtube yang akan terkoneksi langsung ke Video yang ingin kalian ubah menjadi File MP3.

Sehingga, kalian memerlukan Link aktif tersebut, cara untuk mendapatkan Link URL Video youtube tersebut mudah saja, yang perlu kalian lakukan adalah sebagai berikut :


  1. Buka Aplikasi Youtube Android.
  2. Cari Video Youtube yang ingin kalian jadikan menjadi File MP3.
  3. Jika, sudah silahkan tekan tombol Share.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Lalu, pilih opsi Copy Link.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Done!


Sampai disini, kalian sudah berhasil untuk mendapatkan Link URL Video Youtube yang akan diperlukan untuk mengubah Video Youtube tersebut, menjadi File MP3.

Untuk bisa mengubah Video Youtube tersebut menjadi File MP3, maka silahkan ikuti cara selanjutnya.


Menggunakan Online Tool Converting Video to MP3


Langkah selanjutnya adalah kalian memerlukan sebuah Aplikasi Browser Android yang akan digunakan untuk membuka beberapa situs Online Converting.

Situs yang akan kami bagikan dibawah ini memang merupakan sebuah Situs Online Converting atau Online Generator untuk bisa membuat Konten Youtube menjadi sebuah Konten yang Downloadable.

Keuntungan dengan menggunakan beberapa Situs dibawah ini adalah kalian akan bisa mengubah Video Youtube tersebut, langsung menjadi File MP3 yang tentu saja langsung bisa kalia  Download dan nikmati.

Disini, kami menyediakan 3 buah cara dari 3 buah situs berbeda yang semuanya bisa dimanfaatkan untuk bisa mendapatkan File Audio MP3 dari Video Youtube.

Kalian tidak harus menggunakan ketiganya, melainkan silahkan gunakan salah satunya saja, berikuta adalah 3 cara yang kami maksud.


Menggunakan Situs y2mate


  1. Silahkan buka situs y2mate.com.
  2. Selanjutnya, pada kotak yang sudah disediakan, silahklan Paste Link URL Youtube yang telah didapatkan sebelumnya.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Secara otomatis, situs y2mate akan langsung melakukan sinkronasi Video Youtube untuk bisa di Convert menjadi File Audio.
  2. Setelahnya, silahkan pilih Opsi MP3 dan tekan Download.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Pada tahap ini, proses Converting akan berlangsung.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Jika sudah selesai, kalian bisa langsung mendownload File MP3 tersebut dengan menekan button Download .mp3 yang sudah disediakan.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Done!


Menggunakan Situs ytmp3


  1. Buka situs ytmp3.cc.
  2. Pilih Tab mp3.
  3. Pada bagian kotak yang telah disediakan, Pastekan Link URL Youtube yang telah didapatkan sebelumnya.
  4. Jika sudah, tekan Convert.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Terakhir, silahkan tekan Button Download, untuk mengunduh Lagu MP3 yang sudah di Convert.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Done!


Menggunakan Situs 320youtube


  1. Silahkan buka dulu alamat web 320youtube.com.
  2. Lalu, masukan Link URL Youtube pada kotak yang sudah disediakan.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Jika sudah dan muncul tanda centang, tekan Button Convert.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Tunggu, hingga proses Converting selesai.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Jika sudah berhasil di Convert, pilih opsi Genarate Download.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Terakhir, tekan Button Download MP3.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Done!


Nah, diatas adalah 3 buah cara yang bisa kalian lakukan untuk bisa mendownload Konten MP3 dari Video Youtube, agar bisa dengan leluasa kalian dengarkan setiap saat secara offline.

Hebatnya lagi, semua cara diatas tersebut langsung bisa diterapkan dan dijalankan tanpa perlu adanya bantuan Media Perangkat lain, karena akan langsung bisa dijalankan dengan hanya bermodalkan Smartphone Android saja.

Nah, dari cara yang sudah kami jelaskan diatas, nyatanya kita hanya memerlukan sebuah Aplikasi Browser saja untuk bisa membuka Tool Online Generator MP3.

Lalu apakah ada sebuah aplikasi khusus untuk melakukan hal tersebut, tanpa perlu membuka alamat situs dan menggunakan aplikasi browser di Smartphone Android? tentu saja ada! kalian hanya perlu menggunakan sebuah Aplikasi Android khusus yang bisa kalian dapatkan langsung dari Aplikasi Google Play Store Android.


Menggunakan Aplikasi Genarator khusus di Smartphone Android


Seperti yang sudah kami singgung diatas, kalian nyatanya tetap bisa mendapatkan Konten Audio dengan melakukan Convert secara Online dengan menggunakan sebuah Aplikasi Android khusus, tentu saja tanpa perlu menggunakan Aplikasi Browser Android dan tanpa perlu mencari Link URL Video Youtube.

Bagaimana caranya? mudah saja, yang perlu kalian lakukan ialah hanya perlu mendownload Aplikasi yang bernama Video downloader master - Download for insta & fb.

Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3

Jika, kalian malas mencarinya di Google Play Store, langsung saja kunjungi Link dibawah ini, untuk langsung masuk kehalaman Aplikasi yang dituju :


Kalian tidak perlu khawatir, karena penggunaan dari Aplikasi ini sudah terbukti aman dan tentu saja bisa kalian dapatkan secara gratis.

Aplikasi ini bukanlah sebuah Aplikasi Illegal, buktinya Aplikasi ini tetap eksis hingga sekarang ada pada Listing Aplikasi di Google Play Store.

Meski demikian, pada penggunaannya Aplikasi ini tidak bisa melakukan Online Convert Video Youtube menjadi File MP3, melainkan menjadi File Audio yang lebih Modern yaitu File Audio M4A.

Lalu, apa sih perbedaan dari File MP3 dan M4A?

Sebenarnya, File Audio M4A adalah sebuah Ekstensi Audio suksesor atau penerus dari File Audio dengan Format MP3.

Umumnya, File Audio M4A ini sudah umum digunakan sekarang ini, karena memiliki size kompresi yang lebih kecil dari File MP3, namun dengan kualitas yang lebih baik dari MP3.

Secara umum, semua Perangkat Pintar Multimedia sekarang ini, semuanya memang sudah bisa menjalankan File Audio dengan ekstensi M4A tersebut.

Sehingga, dengan menggunakan Aplikasi ini, maka tentu kalian bisa mendapatkan sebuah hasil Ekstrak Audio dari Video Youtube dengan kualitas yang tinggi.

Lalu, bagaimana cara untuk melakukan Convert Video ke Audio M4A tersebut? berikut adalah caranya :


  1. Silahkan buka Aplikasi Video downloader master - Download for insta & fb yang telah kalian Download dari Google Play Store.
  2. Jika sudah, silahkan pilih opsi Youtube.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Selanjutnya, silahkan cari Video Youtube yang ingin dijadikan File Audio.
  2. Jika sudah, tekan Button Download, seperti ini :
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Lalu, silahkan pilih opsi Free Download.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Terakhir, silahkan tekan OK untuk memulai proses Download File Audio yang sudah di Convert tersebut.
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Selanjutnya, silahkan nikmati File Audio yang telah kalian Convert dan Download, seperti ini :
Cara Download MP3 dari Youtube, Cara mengubah Video Youtube menjadi MP3, Cara mendownload MP3 Youtube di Android, Aplikasi khusus membuat Video Youtube jadi MP3 di Android, Cara mengubah Youtube menjadi MP3
  1. Done!


Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, meski artikel ini terlihat remeh, kenyataannya diluar sana, ada banyak sekali orang-orang yang membutuhkan tutorial ini.

Karena memang ada bagitu banyak keterbatasan yang ada di Aplikasi Youtube untuk Android tersebut, salah satu yang sudah kami sebutkan sebelumnya adalah Video Youtube tersebut akan secara otomatis terpause, jika dilakukan Minimize.

Maka, untuk mengatasi hal tersebut silahkan ikuti cara-cara yang sudah kami jelaskan secara sederhana diatas.

Sekali lagi, semua hal terkait cara pengerjaan diatas, semuanya murni dijalankan langsung dari Smartphone Android kalian saja, asalkan kalian memenuhi persyaratan yang sudah kami sebutkan diatas.

Maka pastinya, cara ini kami pastikan akan berhasil untuk kalian lakukan, tetapi kami ingatkan sekali lagi, jangan pernah membuat tindakan yang kami bagikan diatas, menjadi tindakan yang Illegal atau tindakan yang akan merugikan si pemilik kepentingan, awas saja kalian!

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot