10/13/2020

Cara Masuk dan Keluar dari Fastboot Mode Realme (Semua Tipe)

Cara masuk dan keluar dari Mode Fastboot Realme

Mencari sebuah Smartphone Android yang sesuai dengan budget yang kalian miliki, memang tidak sulit untuk dilakukan sekarang ini, karena dipasaran sana memang terdapat banyak sekali jenis dan variant Smartphone Android yang layak untuk kalian beli.

Perlu kalian tahu, bahwa pada dasarnya segmentasi pasar pada Smartphone Android itu memang luas sekali dan pastinya akan mengisi setiap level pasar, sehingga mau berapapun budget yang kalian miliki, maka kami pikir kalian tidak akan kesulitan untuk mencari sebuah Smartphone Android yang cocok dengan gaya pemakaian kalian.

Saat ini memang ada beragam jenis Brand yang memang ikut andil dalam bisnis Smartphone Android tersebut, baik Brand Lokal hingga Brand International, semuanya berlomba untuk mencari keuntungan dari bisnis penjualan Smartphone Android tersebut.

Indonesia sendiri menjadi salah satu target pasar yang memang sering ditargetkan banyak Brand International ternama, sehingga kita sebagai orang Indonesia tentu akan diuntungan dari kondisi ini, karena jelas saja kita bisa memilih dengan lebih leluasa terkait Produk Smartphone Android tersebut, tentu saja bisa kalian beli secara resmi tentunya.

Nah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas salah satu Brand Smartphone Android International yang belakangan ini tengah naik daun namanya, yaitu adalah Realme.

Realme sendiri sebenarnya bukan sebuah nama Brand yang baru ada, karena sejatinya Realme ini dibentuk ketika sudah berpisah dengan Brand utamanya, yaitu adalah Oppo.

Sejarah mencatat, bahwa Realme itu dulunya memang bagian penamaan dari salah satu lini seri dari Produk Smartphone Android Oppo, yaitu adalah Oppo Realme.

Sehingga, kalian tidak perlu heran jika melihat ada banyak kesamaan dalam Produk Smartphone Android dari kedua buah Brand tersebut.

Tetapi, semakin kesini pihak Realme terlihat semakin Independent dengan tidak lagi menggunakan Color OS sebagai basis sistem operasi Android yang digunakan.

Karena sekarang, semua Produk Smartphone Android Realme terbaru sudah menggunakan Realme UI yang tentu saja akan menjadi sebuah Custom ROM Resmi dari Realme untuk kedepannya.

Berbicara terkait harga sendiri, maka kami bisa bilang, bahwa Produk Smartphone Android dari Realme tersebut, memang memiliki harga yang sangat bersaing dipasaran.

Terkait kualitas pun tidak perlu ditanya lagi, karena seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Brand Smartphone Android Realme tersebut, memang sudah masuk pada jajaran Top 5 Best Selling Smartphone Android yang ada ditanah air kita ini, tentu saja ini prestasi yang sangat bagus dari seorang pendatang baru.


Produk Smartphone Android dengan karakter yang kuat


Nah, kami yakin pasti banyak orang akan setuju dengan peryataan ini, ya! benar sekali, Produk Smartphone Android dari Realme itu memang memiliki karakter yang kuat dengan ciri khasnya tersendiri.

Faktanya Smartphone Android Realme tersebut, memang bisa beradaptasi dengan baik ditanah air kita ini, karena bisa menyesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia tersebut, seperti hebat dalam beberapa hal dibawah ini :

  1. Memiliki desain yang modern.
  2. Handal dalam urusan Gaming.
  3. Ditenagai dengan kapasitas baterai yang lumayan.
  4. Memiliki setup Kamera yang jempolan.
  5. Memiliki beragam Inovasi Teknologi modern.

Disamping semua hal yang sudah kami sebutkan diatas, nyatanya ada satu hal yang menarik dari Produk Smartphone Android dari Realme tersebut, yaitu adalah harganya yang tidak akan membuat dompet kalian jebol.

Jika kita bandingkan, maka untuk harga jual dari Brand Smartphone Android Realme ini, maka akan kurang lebih sama, seperti harga jual dari Produk Smartphone Android dari Xiaomi, nah inilah hal yang menarik disini, karena spesifikasi yang dijual tentu saja tidak akan mengecewakan konsumennya.

Beralih kepada ciri khasnya sendiri, sudah jelas Smartphone Android Realme itu nyatanya memiliki ciri khas yang kuat, karena seperti yang sudah kami jelaskan diatas, sekarang Realme itu sudah memiliki Custom ROM-nya sendiri secara Independent yang bernama Realme UI.

Keunikan yang kami maksud disini ialah terkait pada fitur dan teknologi yang ada pada Realme UI tersebut, selain memiliki konfigurasi desain yang sangat minimalis dan elegant, nyatanya ada beragam fitur hebat dan unik yang bisa kalian gunakan pada Realme UI tersebut.

Sehingga, sekarang ini Brand Smartphone Android Realme tidak bisa kita katakan sama lagi dengan Brand Smartphone Android Oppo, karena jika kita lihat dari perspektif User Experience, maka jelas saja Realme itu unik dan tidak sama dengan Smartphone Android lain.

Meski memiliki keunikannya tersendiri, secara umum Produk Smartphone Android dari Realme itu, tetap sama saja seperti kebanyakan Smartphone Android lainnya, mengapa demikian? jelas saja, karena masih sama-sama menggunakan basis utama dari OS Android.


Semua Fitur dasar OS Android ada di Realme


Sekali lagi, karena Produk Smartphone Android Realme itu menggunakan OS Android sebagai basis utama pada Sistem Operasinya, maka sudah pasti semua fitur default yang ada pada sebuah OS Android itu menjadi ada pula pada Smartphone Android Realme tersebut.

Maksud dari beragam fitur tersebut, bukan berarti fitur yang umum bisa kita gunakan, tetapi lebih kepada fitur tingkat lanjut yang memang diperuntukan untuk orang-orang yang sudah Advanced dalam menggunakan Smartphone Android tersebut.

Beragam fitur yang kami maksud tersebut, ialah sebagai berikut :

  1. Fitur ABD yang bisa dimanfaatkan untuk tindakan Modding dan Debugging.
  2. Fitur Fastboot yang bisa dimanfaatkan untuk tindakan Flashing ataupun Unlocking.
  3. Fitur Recovery yang bisa dimanfaatkan untuk tindakan Upgrading dan Wiping.
  4. dll.

Nah, sebenarnya masih ada banyak fitur default lain dari OS Android tersebut, yang pastinya juga pada Smartphone Android Realme.

Pada pembahasan kita kali ini, kita hanya akan berfokus pada salah satu fitur yang sudah kami sebutkan diatas, yaitu adalah Fitur Fastboot, lebih detail lagi, yang akan khusus kami bahas sekarang ialah terkait kepada permasalahan Mode Fastboot yang ada pada setiap Smartphone Android Realme.

Lalu, apa sih kegunaan dari Mode Fastboot tersebut?


Kegunaan Mode Fastboot di Realme


Secara garis besar, sudah kami singgung sedikit diatas, pada dasarnya Mode Fastboot itu memang lebih diperuntukan dalam pemanfaatan untuk kegiatan Flashing dan Unlocking.

Pada Smartphone Android Realme tersebut, fungsi Mode Fastboot memang tidak ada bedannya seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Jika kita perjelas, maka seharusnya Mode Fastboot pada Smartphone Android Realme tersebut, bisa kalian gunakan atau manfaatkan untuk beragam tindakan dibawah ini :

  1. Melakukan Unlock Bootloader.
  2. Melakukan Relock Bootloader.
  3. Melakukan Flashing Firmware, baik Upgrade versi Firmware ataupun Downgrade.
  4. Melakukan pemasangan Custom Recovery.
  5. Melakukan pemasangan Custom Kernel.
  6. Bisa dimanfaatkan untuk mengorek informasi dari Hardware yang digunakan pada Smartphone Android Realme tersebut.
  7. dll.

Dari apa yang sudah kami sebutkan diatas, jelas saja Mode Fastboot pada Smartphone Android Realme tersebut, memang memiliki kegunaan dan manfaat yang besar, jika bisa kalian maksimalkan.

Secara umum, Mode Fastboot itu memang sudah menjadi Mode yang Standard ada pada setiap Smartphone Android yang ada dimasa sekarang ini.

Hanya saja, mungkin tampilan antar muka dari Mode Fastboot tersebut akan bisa berbeda-beda dan tidak sama, tergantung dari developer yang merancangnya.

Namun, jika dari fungsi, maka pastinya mau bagaimanapun bentuk atau desain dari Mode Fastboot tersebut, fungsinya pasti akan sama-sama saja.

Selanjutnya, perlu kalian ingat terlebih dulu, bahwa jika kalian ingin menggunakan Mode Fastboot pada Smartphone Android Realme tersebut, faktanya ada persyaratan utama yang harus kalian lakukan, apa itu?


Syarat menggunakan Mode Fastboot di Realme


Meski ada secara default pada setiap Smartphone Android Realme yang ada dipasaran sekarang ini, nyatanya Mode Fastboot tersebut tidak bisa kalian akses atau gunakan begitu saja.

Karena ada syarat yang harus kalian lakukan dulu sebelumnya, jika tidak kalian lakukan, maka Mode Fastboot tersebut akan selalu terkunci dan tidak akan bisa kalian gunakan sama sekali.

Syarat utama yang kami maksud disini ialah Smartphone Android Realme tersebut, harus sudah Unlock Bootloader, jika memang kalian ingin menggunakan atau memanfaatkan fitur atau kemampuan dari Mode Fastboot tersebut.

Lalu, bagaimana sih cara melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme tersebut? mudah saja! kalian hanya perlu mengikuti Tutorial yang sudah kami gambarkan dibawah ini :


Nah, jika kalian sudah melakukan Unlock Bootloader tersebut, lalu bagaimana sih teknisnya terkait cara mengakses dan cara keluar dari Mode Fastboot Realme tersebut?

Maka, hal ini akan kita bahas menjadi 2 buah bagian pembahasan yang berbeda, baiklah mari kita bahas terkait tata cara untuk bisa masuk kedalam Mode Fastboot di Smartphone Android Realme.


Cara Masuk ke Mode Fastboot Realme


Dalam hal teknisnya, kalian bisa masuk kedalam Mode Fastboot tersebut dengan 2 buah cara yang berbeda, yaitu adalah dengan cara sebagai berikut :

  1. Dengan kombinasi Tombol tertentu.
  2. Dengan menggunakan bantuan dari ABD.

Nah, hal pertama yang akan kita bahas adalah terkait tata cara mengakses Mode Fastboot dengan Kombinasi Tombol tertentu tersebut.


Cara Masuk ke Mode Fastboot Realme dengan menekan Tombol tertentu


Pada cara ini, kalian bisa langsung masuk ke Mode Fastboot di Smartphone Android Realme tersebut, secara langsung dengan tata cara sebagai berikut :

  1. Matikan Smartphone Android Realme.
  2. Jika sudah mati total, tekan Tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan.
  3. Tahan kombinasi Tombol yang ditekan tersebut, dan lepaskan jika sudah muncul gambar seperti dibawah ini :
Cara masuk dan keluar dari Mode Fastboot Realme
  1. Pada tahap ini, kalian sudah sukses masuk kedalam Mode Fastboot Realme.
  2. Done!

Selanjutnya, kalian juga bisa masuk ke Mode Fastboot Realme tersebut dengan menggunakan bantuan dari ABD, hanya saja cara ini tentu saja akan melibatkan Komputer Desktop sebagai alat bantunya, berikut adalah detailnya.


Cara Masuk ke Mode Fastboot Realme dengan ABD


Sebelum kalian mengikuti cara ini, pastikan terlebih dahulu kalian menyiapkan beberapa alat kerja yang dibutuhkan, seperti :


Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah tata cara untuk masuk ke Mode Realme dengan bantuan ADB Driver :

  1. Silahkan sambungkan Smartphone Android kalian ke PC Desktop dengan bantuan Kabel USB.
  2. Ingat! Fitur USB Debugging harus sudah aktif sebelumnya.
  3. Setelahnya, silahkan buka Aplikasi Command Prompt di OS Windows.
  4. Lalu, arahkan ke direktori Folder ABD Driver tersebut, jika tidak tahu caranya, kalian bisa mengikuti cara dibawah ini :
  1. Jika sudah, silahkan masuk perintah dibawah ini untuk membuat Smartphone Android Realme kalian masuk ke dalam Mode Fastboot secara otomatis :
adb reboot bootloader
  1. Jika sudah benar, secara otomatis Smartphone Android Realme kalian akan Reboot dengan sendirinya.
  2. Setelahnya, Smartphone Android Realme tersebut akan langsung masuk menuju Mode Fastboot.
  3. Done!

Bagaimana? mudah sekali bukan untuk bisa masuk atau mengakes Mode Fastboot di Smartphone Android Realme tersebut.

Nah, setelahnya hal yang akan kita bahas selanjutnya adalah bagaimana sih cara keluar dari Mode Fastboot Realme tersebut?


Cara Keluar dari Mode Fastboot Realme


Kami yakin sekali, pasti banyak diantara kalian para pengguna Smartphone Android Realme yang nyatanya akan kebingungan untuk bisa keluar dari Mode Fastboot Realme tersebut, apalagi mungkin kalian secara tidak sengaja telah mengakses Mode Fastboot tersebut, tentu pasti akan berakhir bingung ketika mendapati situasi tersebut.

Nah, sama dengan cara masuknya, pada cara keluar dari Mode Fastboot Realme tersebut, kita juga bisa menggunakan 2 buah cara berbeda yang bisa dimanfaatkan untuk bisa keluar dari Mode Fastboot tersebut, kedua buah cara tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Dengan menggunakan opsi yang ada pada Mode Fastboot Realme secara langsung.
  2. Dengan menggunakan bantuan dari Fastboot Driver.

Baik, mari kita bahas secara runtut, hal pertama yang akan kita perjelas adalah terkait dengan tata cara keluar dari Mode Fastboot Realme secara langsung.


Cara Keluar dar Mode Fastboot Realme secara langsung


Ini adalah cara termudah yang bisa kalian pilih untuk bisa secara langsung keluar dari Mode Fastboot Realme tersebut.

Cara ini tentunya juga tidak akan menggunakan bantuan dari PC Desktop, karena bisa kalian eksekusi secara langsung melalui opsi yang ada pada Mode Fastboot Realme tersebut, berikut adalah caranya.

  1. Silahkan soroti beberapa menu yang ada pada Mode Fastboot Realme tersebut.
  2. Silahkan gunakan Tombol Volume untuk melakukan Navigasi keatas dan kebawah.
  3. Pilih menu yang bertuliskan SECURE BOOT.
Cara masuk dan keluar dari Mode Fastboot Realme
  1. Jika sudah, tekan Tombol Power untuk actionnya.
  2. Setelahnya, Smartphone Android Realme kalian akan secara otomatis Reboot dan keluar dari Mode Fastboot tersebut.
  3. Done!

Selanjutnya, kalian pun juga bisa keluar dari Mode Fastboot Realme tersebut dengan menggunakan opsi lain, yaitu adalah dengan bantuan perintah khusus yang ada pada Fastboot Driver, hanya saja cara ini tentu akan melibatkan PC Desktop sebagai alat bantunya, berikut adalah detailnya.


Cara Keluar dar Mode Fastboot Realme dengan Fastboot Driver


Jika kalian ingin menggunakan cara ini untuk bisa keluar dari Mode Fastboot Realme tersebut, maka kalian harus mempersiapkan 2 hal dibawah ini, yaitu adalah sebagai berikut :


Baiklah, berikut adalah tata cara untuk bisa keluar dari Mode Fastboot Realme dengan bantuan Fastboot Driver.

  1. Silahkan sambungkan Smartphone Android kalian ke PC Desktop dengan bantuan Kabel USB.
  2. Setelahnya, silahkan buka Aplikasi Command Prompt di OS Windows.
  3. Lalu, arahkan ke direktori Folder Fastboot Driver tersebut, jika tidak tahu caranya, kalian bisa mengikuti cara dibawah ini :
  1. Jika sudah, silahkan masuk perintah dibawah ini untuk membuat Smartphone Android Realme kalian keluar dari Mode Fastboot secara otomatis :
fastboot reboot
  1. Setelahnya, secara otomatis Smartphone Android Realme kalian akan Reboot dengan sendirinya dan akan langsung masuk ke Normal Mode lagi.
  2. Done!

Bagaimana? mudah sekali bukan untuk bisa keluar dari Mode Fastboot Realme tersebut? sehingga sebenarnya kalian tidak perlu panik, jika suatu saat Smartphone Android Realme kalian masuk ke Mode Fastboot secara tidak sengaja.

Karena untuk bisa keluar dari Mode Fastboot Realme tersebut, ternyata sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, memang terlihat begitu sederhana, tetapi kami yakin pembahasan yang kami angkat kali ini pasti akan memiliki manfaat yang besar untuk kalian.

Apalagi, jika kalian adalah seorang pengguna Smartphone Android awam dan mungkin sedang kebingungan terkait dalam permasalahan Mode Fastboot yang ada pada Smartphone Android Realme tersebut.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot