7/24/2020

Perbandingan Layar IPS dan AMOLED di Smartphone Android, hebatan mana?

Perbedaan Layar IPS dan AMOLED Android, Kelebihan Layar IPS dan AMOLED Android, Kekurangan LAyar IPS dan AMOLED Android, Bagusan mana IPS atau AMOLED Android, IPS LCD vs AMOLED Android, Lebih awet mana IPS LCD atau AMOLED Android, Keunggulan Layar IPS dibanding AMOLED, keunggulan layar AMOLED dibandngkan dengan IPS LCD

Saat ini memang ada banyak sekali jenis Smartphone Android yang dijual dipasaran, mulai dari Smartphone Android yang dijual resmi dan masuk secara Illegal (Distributor), kalian sebagai konsumen akan sangat mudah untuk melihat hal tersebut.

Secara umum dalam konteks ini kita akan sangat diuntungkan, karena dengan adanya banyak jenis Smartphone Android tersebut, maka kita bisa dengan mudah untuk memiliki Smartphone Android yang benar-benar pas dengan kebutuhan kita.

Seperti yang kalian ketahui, saat ini ada banyak sekali Vendor atau Produsen Smartphone yang memang ikut andil bagian dalam mencari peruntungan dibisnis Smartphone Android tersebut, baik itu Smartphone Android Branded atau lokal, semuanya memang menawarkan kelebihan tersendiri didalam produk Smartphone yang dibuat dan dijual tersebut.

Sehingga, dizaman sekarang ini, kalian hanya perlu menyiapkan budget atau anggarannya saja, maka kalian bisa dengan mudah untuk membawa pulang sebuah Smartphone Android yang paling cocok untuk kalian.

Hebatnya lagi, berbeda dengan saingannya yaitu adalah Smartphone Apple, Smartphone Android itu memang lebih komplik dan lebih merakyat, karena Smartphone Android itu memang ada hadir tersedia dan dijual disemua segmentasi level pasar.

Hal ini terbukti, saat ini direntang harga kurang dari 1 jutaan, kalian sudah bisa menggunakan sebuah Smartphone Android baru dan jika yang ingin Premium, maka kalian harus membeli sebuah Smartphone Android kelas Flagship atau kelas atas, tentu dengan harga yang bisa lumayan mahal.

Maka dari itu, Smartphone Android memang memberikan banyak pilihan untuk kalian, tetapi jika kalian adalah seorang yang memang ingin sesuatu yang maksimal dari budget yang kalian miliki, maka kalian harus jeli dalam melihat Spesifikasi dari Smartphone Android tersebut.

Karena, sekarang ini ada banyak sekali Smartphone Android yang hanya menjual nama besarnya saja, tetapi untuk Spesifikasinya tetap kalah dan masih kurang bagus dibandingkan dengan Produk Smartphone Android yang tidak begitu terkenal.

Jika, kalian adalah seorang yang tidak memperdulikan masalah Brand / Merek tersebut, maka hal semacam ini harus kalian pertimbangkan dengan benar, karena yang akan kalian pertaruhkan disini adalah uang yang mungkin kalian dapatkan dengan susah payah dan pastinya kalian tidak ingin menyesal, bukan?

Sebelum ini, kami sudah membahas masalah RAM dan CPU pada sebuah Smartphone Android, yang bisa kalian baca dan ambil pengetahuannya dibawah ini :


Nah, pada kasus kali ini, kita tetap akan berbicara terkait masalah Spesifikasi umum yang ada di Smartphone Android, tetapi bukan datang dari urusan performa, melainkan datang dari urusan UX atau User Experience, yaitu adalah Display.


Display Panel di Smartphone Android


Ya! pada masalah ini kita akan hanya berfokus dan menitik beratkan permasalahan kepada urusan 2 buah Display Panel yang umum digunakan pada Smartphone Android, apa lagi kalau bukan IPS LCD dan AMOLED.

Pada kenyataannya, kedua buah Display Panel tersebut, memang menjadi Display Panel yang paling populer dan paling banyak disukai oleh pengguna Smartphone Android sekarang ini, meski terlihat sama, kenyataannya kedua buah Display Panel tersebut nyatanya sangat berbeda dalam kaitan :


  • Warna
  • Konsumsi Daya
  • Daya Tahan
  • Teknologi yang bisa di implementasikan
  • Adopsi pada level pasar
  • Masalah-masalah yang muncul
  • Biaya Perbaikan


Nah, jika kalian adalah calon pembeli Smartphone Android baru dilevel kelas menengah, mungkin pengetahuan dibawah ini akan menjadi hal yang sangat bermanfaat untuk kalian.

Karena biasanya, kedua buah Display Panel ini memang sangat sering digunakan pada Smartphone Android kelas menengah yang ada sekarang ini, lalu lebih hebat mana Display Panel IPS LCD atau AMOLED yang biasanya adalah Super AMOLED?

Kenapa kami membuat perbandingan ini?

Alasannya mudah saja, karena sampai sekarang masih banyak calon Buyer yang memang sering menanyakan hal tersebut, karena pada faktanya kedua buah Display Panel ini memang terlihat mirip dan remeh saja.

Namun, kami tegaskan sekali lagi, jika kalian adalah seoarang calon pembeli Smartphone Android baru dan ingin memaksimalkan pengalaman dalam menggunakan Smartphone Android dari tampilan layar yang dimiliki dari Smartphone Android terkait tersebut.

Maka, masalah Display Panel ini wajib untuk kalian pertimbangkan, karena jika Smartphone Android yang kalian beli tersebut, memiliki Display Panel yang jelek, maka sudah jelas kalian mungkin tidak akan merasa puas dalam menikmati semua hal yang tampil dilayar Smartphone Android yang akan kalian miliki nantinya.

Itulah kenapa disini kami membuatkan artikel ini, karena diartikel ini, akan kami gambarkan terkait perbedaan dari Layar IPS dan AMOLED, serta beberapa masalah yang mungkin terjadi dan biaya perbaikannya.

Sehingga, akhirnya kalian bisa menyimpulkan sendiri setelahnya, apakah kalian ingin membeli Smartphone Android dengan Layar IPS LCD atau Super AMOLED.

Baiklah, kita akan masuk kedalam pembahasan utama kita kali ini.


IPS LCD dan AMOLED di Smartphone Android


Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, kedua buah Display Panel ini adalah Display Panel yang paling umum digunakan oleh para Produsen Smartphone Android yang ada sekarang ini, karena pada dasarnya memang hanya ada dua buah jenis Display Panel saja yang bisa digunakan sekarang.

Kalau tidak berbahan LCD seperti IPS, maka pastinya adalah OLED atau biasanya yang digunakan adalah tipe AMOLED, lalu apa sih perbedaan dari kedua buah Display Panel tersebut?

Perbedaan Layar IPS dan AMOLED Android, Kelebihan Layar IPS dan AMOLED Android, Kekurangan LAyar IPS dan AMOLED Android, Bagusan mana IPS atau AMOLED Android, IPS LCD vs AMOLED Android, Lebih awet mana IPS LCD atau AMOLED Android, Keunggulan Layar IPS dibanding AMOLED, keunggulan layar AMOLED dibandngkan dengan IPS LCD

Jika kalian bertanya, apakah kedua buah Display Panel ini berbeda? maka sudah pasti berbeda jawabannya, karena dari kontruksi pembuatannya pun juga sangat berbeda, satu lainnya menggunakan Kaca Film Transistor dan satu lainnya mengandalkan bahan Organic untuk memancarkan cahaya.

Tetapi, kalau dari fungsinya pasti tetap akan sama saja, yaitu sama-sama bisa diandalkan untuk bisa menampilkan warna pada layar Smartphone Android terkait.

Disini, kami tidak akan berbicara panjang lebar terkait cara kerja dari kedua buah Display Panel tersebut, karena pada artikel sebelumnya, memang sudah kami jelaskan secara terperinci, yaitu dalam artikel dibawah ini :


Nah, pada artikel kali ini, kita hanya akan berfokus kepada pembahasan, terkait perbandingan kedua buah Display Panel tersebut, untuk melihat yang mana yang paling terbaik, jika kita bandingkan dengan beragam aspek yang sudah kami sebutkan diatas.

Maka, setelah ini silahkan simak dengan benar dan teliti, terkait perbedaan dari kedua buah jenis Dipslay Panel yang paling Populer digunakan sekarang ini, hal pertama yang akan kita bahas adalah terkait masalah Warna dalam Display Panel tersebut.


Perbedaan warna antara IPS dan AMOLED


Ini adalah hal pertama yang akan kita bahas kali ini, yaitu adalah terkait masalah performa Warna yang ditampilkan dari masing-masing Display Panel tersebut.

Secara umum baik itu Display Panel IPS ataupun AMOLED sudah sama-sama bisa menghasilkan warna yang sangat baik dan nyata sekarang ini.

Tetapi, jika kita berbicara terkait yang mana yang paling baik, maka jawabannya sudah pasti adalah AMOLED dengan alasan warna hitamnya yang pekat.

Lalu, apa kaitannya komposisi warna yang baik dengan pekatnya warna hitam dilayar AMOLED tersebut?

Jika kalian adalah seorang yang awam dan masih belum begitu mengenal terkait urusan warna tersebut, wajar jika tidak mengetahui dan menyepelekan hal ini, tetapi tentu saja hal tersebut tidak bisa disepelekan.

Dengan adanya konfigurasi warna hitam pekat di Display Panel AMOLED tersebut, maka sudah jelas layar AMOLED akan menjadi lebih tajam dan hidup dibandingkan layar IPS LCD.

Karena warna hitam pekat pada layar AMOLED tersebut berfungsi dengan sangat baik untuk mengatur Kontras dan Shadow pada sebuah objek gambar, sehingga gambar yang ditampilkan bisa terlihat sangat hidup, nyata dan kaya warna.

Sayangnya, hal tersebut tidak akan bisa kalian rasakan dilayar jenis IPS LCD, karena secara kontruksi layar IPS LCD memang tidak bisa dibuat begitu.

Maka, dalam kasus warna tersebut, jelas saja Display Panel AMOLED memang satu langkah dibandingkan dengan Panel IPS LCD.


Konsumi daya Panel IPS vs AMOLED


Selanjutnya yang akan kita permasalahkan adalah masalah Konsumsi Daya Baterai pada kedua buah jenis Display Panel tersebut.

Secara umum Display Panel AMOLED itu memiliki 20-30% lebih irit konsumsi dibandingkan dengan layar IPS LCD, kenapa demikian?

Karena, jika pada Smartphone Android itu lebih banyak menampilkan gambar dengan komposisi warna hitam, maka Konsumsi daya baterai akan menjadi lebih irit.

Alasannya adalah ketika pada Display Panel AMOLED tersebut muncul warna hitam dan terlihat pekat, maka hal dalam kasus ini Pixel didalam Display Panel tersebut memang tidak memancarkan cahaya apapun.

Yang bisa kita artikan bahwa Pixel tersebut memang dimatikan dan tidak berfungsi, itulah rahasia kenapa Warna Hitam di Display Panel AMOLED bisa menjadi sangat pekat.

Hasilnya, karena Display Panel tidak perlu daya untuk menampilkan warna hitam tersebut, maka sudah jelas Konsumsi Daya baterai akan menjadi irit tentunya dibandingkan Display Panel Layar IPS yang tidak memiliki fitur serupa.

Namun, jika Display Panel Layar AMOLED tidak menampilkan warna hitam, atau sedikit saja menampilkan warna hitam, maka penggunaan daya baterainya, mungkin akan sama saja seperti yang ada pada IPS LCD, tetapi kabarnya Panel AMOLED, tetap menjadi lebih irit daya dibandingkan IPS dalam kasus ini.

Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa Display Panel AMOLED, memiliki Konsumsi Daya yang lebih efisien dibandingkan dengan Display Panel IPS LCD.


Daya Tahan Display Panel IPS dan AMOLED


Maksud daya tahan disini adalah bukan berarti daya tahan terhadap konsumsi daya baterai, melainkan daya tahan yang sebenarnya, seperti dalam masalah terkena benturan, terkena api dan terkena hal keras dan berbahaya lainnya, siapa yang terbaik?

Maka, disini Display Panel Layar AMOLED harus kalah, karena dalam kasus ini Display Panel IPS LCD terbukti lebih tahan banting dibandingkan dengan Display Panel AMOLED.

Contoh kasus mudahnya seperti ini saja, jika Smartphone Android kalian terjatu dari ketinggian yang wajar, misalnya 1 meter saja, harusnya Smartphone Android berlayar IPS tidak akan mengalami masalah apapun, jika sudut jatuhnya salah, mungkin hanya sudut kaca layar tertentu saja yang retak.

Namun, hal ini akan menjadi berbeda di Smartphone Android berlayar AMOLED, jatuh dari ketinggian 1 meter, jelas akan menjadi perkara yang besar, karena biasanya Layar AMOLED akan menjadi Flicker (Kedip-kedip) sendiri dan ini adalah kerusakan permanent.

Tetapi, gambaran diatas bukanlah menjadi tolak ukur yang pasti, karena jika Smartphone Android tersebut memang memiliki kontruksi body yang kokoh dan dijamin tahan banting, maka harusnya meski menggunakan Layar AMOLED, jatuh dari ketinggian tertentu, maka tidak akan menjadi masalah apapun.

Hal ini akan menjadi berbeda cerita, jika Smartphone Android tersebut hanya berjenis umum saja, maka masalah daya tahan tersebut, jelas akan dimiliki oleh Smartphone Android berjenis Layar IPS LCD, karena dari pengalaman dan dari uji coba, memang layar IPS LCD lebih tahan banting, meski demikian tidak selalu.


Implementasi Teknologi dilayar IPS dan AMOLED


Nah, untuk urusan Implementasi Teknologi masa depan tersebut, maka Display Panel Layar IPS harus tertinggal pada kasus ini.

Karena semua teknologi mutakhir seperti Fingerprint in Display (Fingerprint dibawah layar), Sensor-sensor dibawah layar dan Kamera Selfie dibawah layar, semua hal tersebut hanya bisa dilakukan pada Display Panel AMOLED saja, kenapa tidak bisa di IPS LCD?

Jawabannya, karena dari segi kontruksi tidak memungkinkan, karena Display Panel IPS LCD tersebut menggunakan Backlight untuk memancarkan cahaya, sehingga akan mustahil untuk dibuat suatu lubang untuk meletakan Sensor-sensor dan Kamera tersebut.

Sehingga, untuk masalah Impelementasi Teknologi masa depan, sudah jelas Display Panel AMOLED yang menjadi pemenangnya.


Adopsi pada kelas Smartphone Android


Nah, disini kita akan membahas terkait masalah Gengsi, karena pada kenyataannya banyak pengguna Smartphone Android yang masih mementingkan hal ini.

Maka, disini kami perjelas saja, yaitu Display Panel AMOLED itu lebih bergengsi, karena hampir semua Smartphone Android kelas atas itu kebanyakannya menggunakan Display OLED ataupun AMOLED.

Hanya sedikit saja yang menggunakan IPS LCD, bahkan tidak pernah terlihat lagi sekarang ini, dan untuk Display Panel IPS LCD adalah kebalikannya.

Yaitu, Display Panel IPS LCD tersebut selalu menjadi pilihan utama Display Panel untuk Smartphone Android kelas bawah atau Entry-level dan biasanya IPS LCD ini kabanyakan juga mendominasi pada level Smartphone kelas menengah.

Sehingga, untuk masalah adopsi gengsi tersebut, maka Display Panel AMOLED adalah pemenangnya, karena ada kata-kata bijak dari hal ini "Smartphone Android itu tidak canggih namanya, jika masih menggunakan Display Panel IPS".

Sebenarnya, kami tidak setuju dengan pribahasa tersebut, tetapi jika dipikirkan lagi mungkin ada benarnya juga.


Masalah yang muncul di Layar IPS dan AMOLED Android


Jika kita berbicara terkait masalah-masalah yang muncul di Display Panel IPS LCD atau AMOLED, maka jawabannya akan berimbang, yaitu kedua buah Display Panel ini memang memiliki masalah-masalah tersendiri.

Namun, masalah-masalah tersebut mungkin baru akan muncul karena suatu perkara tertentu, seperti :


  • Usia pakai
  • Terjatuh / terhempas
  • Terkena air dan api
  • Cacat produksi


Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat masalah masalah yang muncul pada Display Panel IPS LCD dan AMOLED, pada halaman yang sudah kami buat dibawah ini :



Jika, kalian sudah membaca artikel yang sudah kami buat diatas, maka harusnya kalian sudah bisa mengetahui terkait permasalahan-permasalahan tersebut, sehingga bisa diartikan baik itu Layar IPS LCD ataupun AMOLED semuanya tidak akan bisa terlepas dari potensi permasalahan tersebut.

Sehingga, jawaban yang paling ideal untuk permasahalan ini adalah berimbang!


Perbandingan biaya perbaikan layar IPS dan AMOLED Android


Ini adalah hal terakhir yang harus kita perbandingkan untuk melihat siapa yang terbaik, dalam kasus ini yang menjadi yang terbaik ialah harga biaya reparasi atau perbaikan Layar atau penggantian unit baru layar yang paling murah biayanya, lalu siapa yang menang?

Maka, pemenangnya adalah Display Panel IPS LCD, kenapa bisa demikian?

Alasannya mudah saja, karena biaya produksi Panel IPS LCD tidak semahal pembuatan Display Panel AMOLED, sehingga sudah jelas baik itu biaya reparasi ataupan biaya perbaikan Part Layar tersebut akan dimenangkan oleh layar IPS LCD, karena jauh lebih murah dari Layar AMOLED.

Nah, dengan demikian selesai sudah pembahasan kita kali ini, bagaimana? apakah kalian sudah bisa membandingkan kedua buah jenis layar tersebut dan mencari yang terbaik untuk kalian?

Jika dari perspektif kami, baik itu layar IPS LCD ataupun AMOLED itu sudah sama-sama worth it untuk dimiliki sekarang.

Tetapi, jika memang ada biaya dan memang ada anggaran lebih, maka kami sarankan silahkan pilih Smartphone Android berlayar AMOLED saja, karena seperti yang sudah kami jelaskan diatas, Display Panel AMOLED itu banyak mengungguli hal dibandingkan dengan Display Panel IPS LCD.

Namun, hasil akhirnya tetap ada dikalian, karena jelas saja, duit-duit kalian sendiri, masa kami yang harus mengaturnya? jika masalah rekomendasi kami siap saja, tetapi keputusan akhirnya tetap ada dikalian.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, kegalauan kalian bisa teratasi dengan adanya artikel diatas dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot