RILIS ARTIKEL TERBARU :

Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store

Tidak perlu diragukan memang, saat ini Smartphone dengan Sistem Operasi Android memang telah mendominasi pasar Smartphone secara Global, hal ini memang tidak terlepas dari fakta, bahwa menggunakan Smartphone Android atau Perangkat Pintar Android lainnya memang sangat menyenangkan.

Seperti yang kalian ketahui, OS Android itu selalu saja berevolusi setiap tahunnya, seiring dengan meningkatnya versi dari OS Android tersebut, setiap versi terbarunya tentu saja akan membawa sejumlah peningkatan dari segi keamanan, fitur dan pengalaman penggunaan yang lebih menarik dan mutakhir dari versi sebelumnya.

Selain itu, saat ini memang ada banyak sekali tersedia jenis dan versi Smartphone Android yang dijual kepasaran dengan rentang harga yang sangat variatif pula.

Hal ini terjadi, karena memang OS Android tersebut memang disediakan secara Open Source, sehingga siapa saja para pengembang yang ingin mengadopsi dan mengkustom OS Android tersebut, hal itu sah-sah saja dilakukan, selama mengikuti prosedur dan persyaratan yang dibuat oleh pengembang utama yaitu adalah Google.

Peran para Produsen Smartphone juga sangat besar sehingga membuat OS Android bisa seterkenal sekarang ini, saat ini ada puluhan Brand besar yang ikut ambil bagian dalam bisnis Smartphone Android tersebut.

Lalu, Brand lokal pun tidak mau ketinggalan, dengan adanya hal ini tentu saja kita sebagai konsumen akan sangat diuntungkan, karena kita bisa memilih Smartphone Android mana yang terbaik dari segi manfaat dan budget yang kita miliki sekarang ini.

Beralih ke bagian hal paling menyenangkan ketika menggunakan Smartphone Android adalah karena dukungan Aplikasinya yang sangat banyak dan sangat beragam!

Sampai sekarang ini, sudah tidak terhitung lagi banyaknya Aplikasi Android yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan, ada yang bersifat gratisan dan ada pula yang bersifat Premium atau yang berbayar.

Aplikasi-aplikasi Android tersebut memang hadir dalam seluruh Segmentasi kebutuhan, seperti Aplikasi untuk hiburan, seperti Games, Video Streaming serta Aplikasi Kreatif lain, lalu disektor Fotagrafi dan Videografi hingga sektor Komunikasi dan Perkerjaan.

Semua hal tersebut bisa dengan sangat mudah kalian dapatkan hanya dengan satu buah Aplikasi resmi dari OS Android, yaitu adalah Google Play Store.

Ya! Google Play Store adalah tempat dimana kalian bisa mendapatkan Aplikasi Android yang kalian inginkan, baik itu yang berbayar ataupun yang gratisan.

Saat ini, Google Play Store juga telah berevolusi, sehingga dalam Aplikasi tersebut, tidak hanya Aplikasi Android saja yang tersedia, melainkan ada banyak hal lain, seperti Buku, Film hingga Music.

Sistem keamanan yang ada dalam Google Play Store pun dijamin keamanannya oleh Google, sehingga Aplikasi yang tersedia didalam Google Play Store tersebut bisa didistribusikan secara aman dan bebas dari Virus atau Malware yang merugikan.

Juga, Google Play Store itu juga memepergunakan sistem Country Region (Daerah Kawasan) secara otomatis Konten Domestik hingga Pembayaran Domestik bisa secara otomatis langsung dinikmati oleh penggunannya.

Fitur seperti ini memang sangat hebat, namun ada kekurangan dari Sistem seperti ini, yaitu beberapa Aplikasi tidak bisa dinikmati oleh pengguna dari Kawasan yang berbeda, sehingga List Aplikasi yang kalian inginkan tidak akan bisa muncul di Google Play Store yang sedang kalian gunakan sekarang.

Lalu, bagaimana cara penyelesaiannya? mudah saja, kalian hanya perlu pindah Profile Country dari kawasan Indonesia dipindah ke daerah Negara lain, seperti United States.

Apa untungnya?


Keutungan menggunakan Country (Negara) United States (US) di Google Play Store


Kalau tidak ada untungnya, maka jelas kami tidak akan membuatkan artikel ini, karena jujur saja, disamping menggunakan Kawasan Regional Indonesia, kami lebih memiliki kawasan US, apa alasannya?

Mudah saja, karena dengan berganti ke daerah kawasan US, maka kalian akan mendapati fitur yang sebelumnya tidak ada untuk kawasan Indonesia, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Bisa menggunakan aplikasi yang dibanned didalam Negeri
  2. Aplikasi Pre-Registration yang lebih lengkap
  3. Aplikasi dan Games yang lebih menarik dan banyak
  4. Adanya beberapa fitur baru
  5. Metode pembayaran yang lebih Universal
  6. dll.


Nah, dari apa yang telah kami sampaikan diatas, tentu saja menggunakan Google Play Store dengan kawasan negara lain selain Indonesia, dalam kasus ini menggunakan Negara US bisa jadi lebih menarik.

Karena memang tersedianya Resource yang sangat banyak dan variatif, kalian tidak akan tertinggal atau terlambat menggunakan beragam Aplikasi dan Games Exclusive.

Sebagai contohnya, ketika ada masa Pre-Registarion Games Black Dessert Mobile dan Dragon Raja, kami sudah ikut dalam masa Pre-Registration tersebut, dimana untuk kawasan Regional Indonesia belum tersedia.

Ketika Games tersebut sudah dirilis ke Google Play Store, kalian yang memiliki Regional US akan lebih dulu bisa menikmati Games tersebut, ketimbang untuk kawasan Regional Indonesia.

Karena, tidak menutup kemungkinan bahwa Games tersebut bisa jadi tidak dirilis ke Regional Indonesia, sehingga kalian sampai kapanpun mungkin tidak akan bisa menikmati Games yang kalian inginkan tersebut.

Berkaca dari hal tersebut, tentu saja menggunaka kawasan Country / Negara Premium seperti US, akan lebih menguntungkan dan menarik dibandingkan dengan menggunakan Country / Negara daerah asal.

Hanya saja, ternyata berpindah ke Regional Negara lain juga memiliki kekurangan, apa saja kekurangan yang kami maksud tersebut?


Kekurangan menggunakan Country (Negara) United States (US) di Google Play Store


Jika ada keuntungan, jelas saja pasti ada kekurangan, hal pertama yang mungkin sangat terasa adalah berubahnya mata uang yang digunaka pada Google Play Store, karena ketika kalian menggunakan Country / Negara seperti US.

Maka, mata uang yang digunakan di Google Play Store akan berubah menjadi Dollar dan bukan Rupiah lagi, sehingga mungkin kalian akan kesulitan untuk membeli Aplikasi, Games atau In-App Purchase jika mata uang tersebut adalah Dollar.

Selian mungkin bisa harganya bisa lebih mahal, untuk metode pembayaran pun juga akan lebih sulit, karena jika kalian menggunakan Google Play Store dengan Country selain Indonesia.

Maka, kemampuan pembayaran via Pulsa, Indomaret, Alfamart serta metode pembayaran dalam negeri lainnya yang sebelumnya didukung, kini tidak bisa digunakan lagi.

Kalian hanya diperkenankan menggunakan Debit / Credit Card atau metode pembayaran lain seperti PayPal yang sudah bersifat Universal.

Namun, jika kalian tidak mementingkan terkait permasalahan mata uang serta metode pembayaran tersebut, maka menggunakan Google Play Store dengan Country seperti US, nyatanya akan lebih menguntungkan untuk kalian, seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Apakah kalian tertarik menggunakan Country lain selain Indonesia di Google Play Store? jika iya, maka kalian bisa saja menggantinya sekarang juga, namun ada peraturan yang harus kalian pahami sebelumnya, apa isi peraturan tersebut?


Peraturan pergantian Country / Negara Google Play Store


Secara umum, kalian memang bebas saja bisa mengganti Profile Country Google Play Store kapan saja kalian mau, kalian tidak harus mempersiapkan banyak hal yang sulit, tetapi dari sisi Google sendiri, ada peraturan yang mutlak yang harus kalian pahami.

Peraturan yang kami maksud tersebut adalah bahwa kalian hanya di izinkan mengganti Profile Country tersebut hanya 1 tahun sekali saja, artinya setelah kalian mengganti Negara dari Indonesia ke US misalnya.

Maka, kalian hanya bisa mengembalikan Profile Negara tersebut, 365 hari kedepan atau 1 tahun, baru bisa diganti lagi.

Sehingga, disini perlu kalian pertimbangkan dulu jika ingin mengganti Profile Country tersebut, jika hal ini hanya akan menimbulkan masalah untuk kalian lebih baik jangan diterapkan di Account Google Play Store utama kalian, maksudnya?

Maksudnya adalah kalian hanya perlu membuat satu akun Gmail lagi dan silahkan ganti Profilenya ke Negara lain, maka dalam kasus ini, kalian tidak mengorbankan akun Gmail utama kalian, mudah bukan? selain itu hal ini tentu saja tidak melanggar peraturan Google sama sekali.

Karena bisa saja, satu pengguna Smartphone Android membuat beberapa Akun Gmail, jika memang dirasa perlu.

Kami, pikir semua pembahasan umum terkait permasalahan pergantian Profile Country / Negara di Play Store sudah kami bahas secara rinci, maka kita akan langsung beralih ke topik pembahasan utama kita, yaitu adalah cara untuk mengganti Profile Negara atau Country tersebut di Google Play Store yang ada di Smartphone Android kalian sekarang.


Cara mengganti Negara / Country Google Play Store


Baiklah, kita sudah sampai pada pembahasan utama kita kali ini, perlu kami tekankan disini, bahwa disini cara yang kita pergunakan hanyalah bermodal sebuah Smartphone Android dengan Aplikasi Google Play Store yang tentu saja bisa dijalankan dengan baik.

Cara ini berbeda dari beberapa cara yang banyak bermunculan di Internet, karena disini kami tidak akan menyediakan Link apapun, sehingga semua Implementasi kerjanya hanya akan dilakukan murni dari Google Play Store saja dan kalau bisa Google Chrome juga harus sudah ada di Smartphone Android kalian.

Karena, pada salah satu cara tersebut, Google Play Store akan langsung membuka Aplikasi Browser sejenis Google Chrome untuk melakukan Konfigurasi secara langsung.

Lalu, ada juga hal yang harus kalian persiapkan, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Nama Negara yang ingin kalian jadikan Profile.
  2. Alamat jalan di Negara tersebut.
  3. Postal Code / Nomor Pos dari alamat di Negara tersebut.


Jika, kalian tidak mau ambil pusing, silahkan gunakan saja Profile alamat, postal code dan negara yang akan kami berikan dibawah nanti.

Bisa kita mulai?


Profile Country Default harus ada


Nah, sebelum kita masuk ke cara pergantian Profile Country di Google Play Store tersebut, pastikan Profile Negara Default, harus sudah ada dalam kasus ini adalah Negara Indonesia.

Kalau tidak ada Profile Negara seperti ini :

Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store

Maka, kalian tidak akan bisa mengganti Profile Country / Negara di Google Play Store tersebut, jika masih kosong, kalian bisa mengikuti cara dibawah ini agar Country Defaultnya muncul :


  1. Buka Google Play Store, lalu pilih opsi Menu.
  2. Buka menu Account.
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Silahkan lihat pada bagian Switch to the Indonesia Play Store.
  2. Lalu, pilih saja Billing yang tersedia, harusnya jika kalian menggunakan Kartu seperti Telkomsel, Indosat, XL dan lainnya, maka Billing tersebut akan tersedia.
  3. Jika sudah, maka akan muncul pemberitahuan seperti ini :
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Tekan saja Continue dan selesaikan prosesnya.
  2. Harusnya setelahnya, Country Default sudah muncul seperti ini :
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Done!


Setelah, Profile Default terpilih, maka kalian baru bisa mengganti Profile Negara tersebut ke wilayah Regional Negara lain.

Apakah hal ini tidak akan terkena aturan Google yang hanya memperbolehkan pergantian Profile Country hanya untuk satu tahun sekali saja?

Tentu saja tidak! karena disini yang kita lakukan hanyalah melakukan Set Country Default saja dan tidak menggantinya.

Nah, untuk langkah setelah ini, baru kita akan mengganti Profile Country Google Play Store tersebut, berikut adalah caranya.


Cara mengganti Profile Country langsung melalui Google Play Store


Jika, kalian sudah mengikuti cara diatas dan Profile Country Default sudah muncul dalam kasus ini adalah Negara Indonesia, maka kalian bisa langsung mengganti Profile Country tersebut dengan cara dibawah ini :


  1. Buka Aplikasi Google Play Store.
  2. Pilih opsi Menu.
  3. Lalu, pilih opsi Payment Methods.
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Setelahnya, pilih lagi opsi More Payment Settings.
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Secara otomatis disini kalian akan dibawa kehalaman Web Konfigurasi Payment tersebut.
  2. Setelah terbuka, tekan bagian Menu dan pilih opsi Settings.
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Scroll kebagian tengah dan tekan Icon Pensil (Edit) pada bagian Country/Region.
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Setelahnya, pilih opsi Create New Profile.
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Lalu, pilih opsi Continue.
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Pada tahap ini, silahkan kalian pilih Negara mana yang ingin kalian gunakan dalam kasus ini kami memilih United States (US), lalu tekan Continue setelahnya.
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Kemudian, silahkan isi Nama kalian dan masukan Alamat, Kota, Provinsi dan juga Kode Pos, jika kalian bingung silahkan ikuti saja seperti yang kami inputkan, kecuali pada bagian Nama, seperti ini :
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Jika sudah, tekan Submit.
  2. Pada tahap ini, kalian sudah berhasil mengganti Profile Country Default di Google Play Store.
  3. Untuk melihat hasilnya silahkan tekan opsi View Profile, harusnya Profile yang telah kalian buat, sudah akan muncul seperti ini :
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Sampai pada tahap ini, proses pembuatan Profile Country baru untuk Google Play Store sudah selesai.
  2. Done!


Apakah dengan mengikuti langkah diatas, maka Proses pergantian Profile Country Google Play Store sudah selesai?

Nyatanya tidak! kalian harus melakukan 1 hal lagi, yaitu adalah dengan menghapus Profile Country Default Indonesia, sehingga Profile Country United States akan menjadi Country Default baru di Google Play Store kalian.

Caranya bisa kalian ikuti dibawah ini.


Cara menghapus Profile Country / Negara Indonesia di Google Play Store


Ini adalah langkah terakhir agar Profile Country di Google Play Store yang kalian gunakan bisa terubah sepenuhnya.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kalian hanya perlu menghapus Profile Country Default sebelumnya, yaitu adalah Profile Country Indonesia, agar Profile Country baru dari Negara lain bisa aktif sepenuhnya.

Berikut adalah cara untuk menghapus Profile Country Default Google Play Store Indonesia :


  1. Buka Aplikasi Google Play Store >> Menu >> Payment Methods.
  2. Lalu, pilih opsi More Payment Settings.
  3. Kemduan, kalian akan dibawa kehalaman Web Konfigurasi Payment lagi.
  4. Setelah terbuka, pilih opsi Settings.
  5. Pada tahap ini, silahkan pilih Profile Account Google Play Store yang Country Indonesia, seperti ini :
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Setelahnya, pada bagian bawah pilih opsi Close Payment Profile.
  2. Silahkan dicek terlebih dahulu, pastikan Profile yang akan dihapus adalah Profile dengan Country Indonesia.
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Jika sudah, silahkan pilih saja Reason penghapusan Profile seperti ini :
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Tekan Continue.
  2. Terakhir, silahkan pilih opsi Close Payment Profile.
Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store
  1. Done!


Dengan menerapkan hal diatas, maka sekarang ini Profile Country / Negara di Account Google Play Store sudah berubah yang awalnya Indonesia, sekarang sudah menjadi United States.

Kalian bisa melihat statusnya pada bagian Menu >> Account, harusnya sudah terganti seperti ini :

Mengubah Negara di Google Play Store, Mengganti Country di Google Play Store, Cara mengganti Negara Indonesia di Google Play Store, Cara mengubah Negara menjadi US di Google Play Store, Cara menggunakan Negara United States di Google Play Store, Cara ganti Profile Country Google Play Store, Cara mengganti nama Negara di Google Play Store

Meski sudah berubah menjadi Negara selain Indonesia, bukan berarti kalian langsung bisa menggunakan atau merasakan hal yang sudah kami sampaikan pada pembahasan bagian atas.

Karena kalian harus menunggu selama 48 Jam agar perubahan Profile Country tersebut bisa berubah sepenuhnya.

Setelah 48 Jam tersebut, harusnya kalian sudah bisa menikmati semua kelebihan yang ada pada Account Google Play Store dengan Negara selain Indonesia dalam kasus ini adalah United States.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, bagaimana? apakah kalian sudah berhasil berpindah Profile Country tersebut?

Harusnya, jika kalian mengikuti semua hal yang kami sebutkan dengan benar dan tepat, harusnya hasil akhirnya akan sama seperti apa yang telah kami lakukan.

Cara ini memang terbilang lebih mudah untuk kalian lakukan, dibandingkan cara lainnya, karena ada beberapa cara yang perlu melibatkan Perangkat Komputer dan alamat Link URL khusus.

Pada Tutorial yang kami bagikan disini, semuanya murni hanya dilakukan dengan Smartphone Android saja dan pastikan kalian memiliki akses Internet.

Akhir kata, semoga Tutorial yang kami berikan diatas bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot