RILIS ARTIKEL TERBARU :

Update versi Play Store Manual, Cara agar Play Store terupdate, Cara Update Play Store ke versi terbaru, Play Store tidak bisa terupdate, Update versi Play Store gagal, Cara update Play Store Android

Menggunakan sebuah Smartphone Android memang sangat menyenangkan, kita bisa melakukan banyak hal dengan hanya bermodal satu buah Smartphone Android saja, karena sejatinya Smartphone Android itu memang dirancang bukan hanya sebagai sebuah Perangkat Komunikasi saja.

Melainkan lebih dari itu, karena sejatinya Smartphone Android itu dirancang sebagai sebuah Perangkat multifungsi yang bisa dimanfaatkan untuk beragam kepentingan, seperti kepentingan untuk Komunikasi modern, memudahkan perkerjaan, menikmati hiburan baik secara online dan offline, lalu Smartphone Android juga sangat bisa berguna untuk komunitas tertentu dalam urusan hobi atau kesenangan tertentu.

Melihat hal tersebut, maka memang begitulah seharusnya sebuah Smartphone Android yang ada diera modern seperti sekarang ini, karena dengan seiring majunya perkembangan teknologi, maka melihat betapa mutakhirnya Smartphone Android sekarang ini memang adalah hal yang wajar saja terjadi.

Selain itu pada faktanya sekarang ini Smartphone Android sudah menjadi Smartphone yang paling populer digunakan di seluruh dunia, karena memang pada kenyataannya Smartphone Android itu bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Berbeda dari pesaingnya yaitu adalah Smartphone Apple, Smartphone Android nyatanya datang dengan rentang harga yang sangat variatif, ada yang dijual dikisaran harga kurang dari 1 jutaan dan ada juga yang dijual hingga kisaran harga puluhan juta.

Selanjutnya, Smartphone Android itu ternyata juga berbeda dari satu sama lainnya, meski sama-sama menggunakan OS Android sebagai basisnya, berkat Custom dan Inovasi yang dibuat oleh para Produsen Smartphone Android tersebut, maka seperti yang terlihat sekarang ini, meski sama, nyatanya tiap Smartphone Android itu memang akan bisa memberikan pengalaman penggunaan yang berbeda-beda.

Selain itu, menggunakan Smartphone Android juga akan semakin mengaksikan untuk di Explorasi, karena setiap pengguna Smartphone Android bisa saja membuka potensi lebih dari Smartphone Android yang sedang mereka pergunakan.

Yaitu adalah dengan cara melakukan hal seperti Unlock Bootloader dan ROOT, kedua hal tersebut akan sangat memungkinkan untuk menaikan performa dan fitur dari Smartphone Android kalian, dengan cara melakukan beragam Tweak, Mod hingga melakukan Overclock disektor Processor agar lebih lancar bermain Games misalnya.

Selanjutnya, kalian pun akan bisa mengontrol daya dari baterai Smartphone Android tersebut, sehingga akan menjadi lebih irit penggunaannya.

Kedua hal diatas tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena kalian mesti merubah beberapa Value pada konfig default yang ada pada System OS Android yang sedang digunakan.

Namun, menggunakan Smartphone Android juga akan menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk pengguna biasa, karena seperti yang kalian tahu OS Android itu didukung oleh ribuan atau jutaan Aplikasi yang siap untuk dipergunakan untuk beragam keperluan.

Pada OS Android sendiri, secara default pihak Google selaku pengembang utama dari OS Android tersebut, sudah menyediakan sebuah Aplikasi khusus, tempat dimana kalian bisa mencari, mendownload hingga membeli beberapa Aplikasi untuk Smartphone Android yang sedang kalian gunakan sekarang ini dengan aman dan cepat tentunya.

Ya! Aplikasi tersebut adalah Google Play Store, hampir 90% lebih Smartphone Android didunia memang sudah secara default disuntikan Aplikasi Google Play Store tersebut.

Namun, pada faktanya Aplikasi Play Store tersebut bukanlah menjadi sebuah Aplikasi default yang ada pada Source OS Android, karena Aplikasi Play Store tersebut masuk kedalam paketan Google Apps yang tersedia secara terpisah dari OS Android itu sendiri.


Masalah yang sering terjadi pada Aplikasi Play Store


Karena sifatnya yang Third-party, maka tidak mengherankan jika dibeberapa Smartphone Android Aplikasi Play Store ini sering bermasalah, apalagi jika kalian memasangkan Aplikasi Google Play Store tersebut secara individu, misalkan ketika sedang menggunakan Custom ROM, lalu apa masalah yang sering ditemui?

Dari apa yang telah kami ketahui, umumnya Aplikasi Google Play Store tersebut bisa memunculkan beberapa masalah seperti dibawah ini :


  1. Force Close atau tertutup sendiri karena adanya Crash pada APK Play Store tersebut.
  2. Muncul pesan Insufficient Storage, padalah Memory Internal Smartphone Android masih banyak tersisa.
  3. Tidak bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pembelian sebuah Aplikasi, karena akan muncul pesan Error atau Hang.
  4. Muncul Download Pending yang sangat lama, padahal koneksi Internet kuat dan sedang tidak apa proses Installasi lain yang terjadi di Aplikasi Play Store.
  5. Aplikasi Play Store tidak terupdate secara otomatis keversi yang paling terbaru.


Seperti yang bisa kalian lihat, pada faktanya meski dikembangkan oleh Perusahaan terkenal seperti Google, tetap saja Aplikasi Play Store tersebut, bukanlah sebuah Aplikasi yang sempurna sepenuhnya.

Karena, memang masih sering ditemukan beragam masalah pada Aplikasi tersebut dan masalah tersebut biasanya hanya muncul pada Smartphone Android tertentu saja dan tidak semuanya, karena bisa jadi permasalahan tersebut datang dari System OS Android yang kalian gunakan itu sendiri, sehingga menyebabkan Aplikasi Play Store tersebut juga ikut menjadi Error.

Untuk pembahasan kali ini, kami tidak akan membahas semua permasalahan yang telah kami sebutkan diatas, karena fokus kita hanya akan tertitik pada pembahasan masalah Aplikasi Google Play Store yang tidak bisa terupdate secara otomatis.

Lalu, jika tidak terupdate, apakah akan menjadi sebuah masalah? dan apa pentingnya?


Pentingnya Aplikasi Play Store yang selalu berada diversi terbaru


Sebenarnya mudah saja untuk kalian memahami situasi seperti ini, karena jika tidak penting, lalu kenapa pihak Google memberikan Update untuk Aplikasi Play Store tersebut?

Alasan utama pihak Google memberikan Update versi Aplikasi Play Store tersebut, sepenuhnya memang ditujukan untuk penggunaan yang lebih aman, lancar dan bebas dari masalah yang berbahaya.

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas, mungkin sudah menjawab pertanyaan yang muncul sebelumnya, yaitu Aplikasi Google Play Store yang Up To Date itu penting dan harusnya Update ini akan mengatasi masalah pada Aplikasi Play Store yang timbul pada versi sebelumnya.

Secara umum, Aplikasi Google Play Store itu selalu dikembangkan Google untuk memudahkan penggunaanya dalam banyak urusan, seperti :


  1. Penambahan Metode Pembayaran yang lebih ramah dan merakyat.
  2. Peningkatan System keamanan, agar Aplikasi yang ada di Play Store tidak akan sampai membahayakan Smartphone Android kalian.
  3. Peningkatan Performa, agar kinerja dari Aplikasi Play Store tersebut tetap Responsive.
  4. Perbaikan Bugs pada versi sebelumnya.
  5. Dukungan ke versi OS Android yang lebih tinggi, agar kinerja maksimal.
  6. Pengayaan Konten Rekomendasi dan Listing.


Sebenarnya, masih ada banyak hal penting lain, kenapa Aplikasi Google Play Store Android tersebut harus selalu berada dalam versi terbaru tersebut.

Namun, dari apa yang sudah kami sebutkan diatas, harusnya kalian sudah bisa memahami bahwa pada kenyataannya memiliki Aplikasi Google Play Store yang Up To Date itu akan lebih memuaskan kalian dalam berbagai aspek penggunaan.

Lalu, masalahnya adalah untuk beberapa Smartphone Android tertentu, Aplikasi Google Play Store tersebut tidak bisa terupdate secara otomatis, karena secara default Aplikasi Play Store tersebut selalu akan melakukan Update otomatis jika memang ada versi Aplikasi Play Store baru yang dirilis oleh pihak Google.

Sebenarnya, apa sih penyebab dari permasalahan Aplikasi Play Store Android tersebut, tidak bisa terupdate secara otomatis?


Faktor penyebab Aplikasi Google Play Store tidak bisa terupdate sendiri secara Otomatis


Sejauh ini, ada beberapa alasan kenapa Aplikasi Google Play Store tersebut tidak bisa terupdate secara otomatis dengan sendiri.

Permasalahan tersebut bisa datang dari 2 hal dibawah ini :


  1. Aplikasi Play Store Crash / Error karena tidak pernah dibersihkan.
  2. Kapasitas Memory Internal habis.


Jika, permasalahan tersebut datang dari masalah karena habisnya Memory Internal, maka tentu untuk mengatasinya, kalian perlu menghapus beberapa File dalam Internal Storage Smartphone Android kalian.

Idealnya sekecil-kecilnya kapasitas Internal Storage itu harus tersedia paling tidak 1GB bahkan beberapa orang menyebutkan kapasitas minimal yang harus tersisa di Internal Storage itu paling tidak berjumlah 3GB, karena untuk keperluan Update System dan Aplikasi, termasuk Aplikasi Google Play Store tersebut.

Namun, jika permasalahan datang dari masalah Aplikasi Play Store yang tidak pernah dibersihkan sama sekali, seperti yang kalian ketahui, Cache yang menumpuk itu bisa membuat sebuah Aplikasi Android tidak bisa berjalan dengan maksimal dan akan memunculkan beberapa Error, maka dari itu kalian harus membersihkan Cache dan Data dari Aplikasi Play Store tersebut secara manual.

Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu mengakses Aplikasi Settings, lalu cari Menu Apps Manager atau sejenisnya.

Kemudian cari Aplikasi Google Play Store tersebut, buka dan kalian akan melihat Opsi untuk bisa menghapus Data dan Cache tersebut, seperti ini :

Update versi Play Store Manual, Cara agar Play Store terupdate, Cara Update Play Store ke versi terbaru, Play Store tidak bisa terupdate, Update versi Play Store gagal, Cara update Play Store Android

Setelahnya, langsung saja lakukan Clear Data dan Cache tersebut, lalu perlu kami ingatkan, ketika kalian sudah membersihkan Data dan Cache dari Aplikasi Play Store tersebut, kalian harus Login ulang untuk bisa menggunakan Aplikasi Play Store tersebut.

Kalian tidak perlu khawatir, karena harusnya semua Smartphone Android itu memiliki Menu Apps Manager tersebut, mungkin hanya letak dan penamaannya saja yang berbeda-beda, selebihnya fitur utama dari Menu tersebut tetap sama saja untuk semua Smartphone Android yang ada sekarang ini.

Lalu, jika sudah menggunakan cara diatas, tetapi Aplikasi Play Store tetap saja tidak bisa terupdate secara otomatis, lalu bagaimana solusinya?

Saran dari kami menyerah saja! karena kalian harus melakukan Update Aplikasi Play Store Android tersebut secara Manual.


Cara Update Aplikasi Play Store Android secara Manual


Seperti yang kami katakan diatas, jika kalian tidak bisa membuat Aplikasi Play Store tersebut, terupdate secara otomatis, maka kalian hanya perlu mengupdatenya secara Manual.

Pada Aplikasi Google Play Store sendiri, pada faktanya kalian tetap bisa melakukan Update versi Aplikasi Play Store tersebut secara Manual dengan mengikuti cara dibawah ini :


  1. Buka Aplikasi Play Store.
  2. Buka Menu.
  3. Lalu, pilih Menu Settings.
Update versi Play Store Manual, Cara agar Play Store terupdate, Cara Update Play Store ke versi terbaru, Play Store tidak bisa terupdate, Update versi Play Store gagal, Cara update Play Store Android
  1. Scroll kebawah, kalian akan melihat bagian About.
  2. Untuk melakukan Update Manual Aplikasi Play Store tersebut, kalian hanya perlu menekan text Play Store Version.
Update versi Play Store Manual, Cara agar Play Store terupdate, Cara Update Play Store ke versi terbaru, Play Store tidak bisa terupdate, Update versi Play Store gagal, Cara update Play Store Android
  1. Jika ada versi terbaru dari Aplikasi Play Store tersebut, maka secara otomatis versi Aplikasi Play Store terbaru akan secara otomatis terdownload dan terinstall dengan sendirinya.
  2. Jika versi Play Store sudah berada diversi paling baru, maka akan muncul tampilan pemberitahuan seperti ini :
Update versi Play Store Manual, Cara agar Play Store terupdate, Cara Update Play Store ke versi terbaru, Play Store tidak bisa terupdate, Update versi Play Store gagal, Cara update Play Store Android
  1. Selanjutnya, jika kalian sudah menggunakan versi Play Store paling terbaru, maka kalian tidak perlu lagi mengupdate Aplikasi Play Store tersebut, karena memang belum ada dan tersedia.
  2. Done!


Mudah bukan? lalu, sebenarnya masih ada cara lain yang bisa kalian manfaatkan agar bisa mengupdate Aplikasi Play Store tersebut secara Manual, dengan cara apa?

Kalian hanya perlu Mendownload APK Play Store terbaru dan Installkan saja di Smartphone Android kalian.

Maka, Aplikasi Play Store versi terbaru yang kalian Download tersebut akan menimpa Aplikasi Play Store lama yang ada pada Smartphone Android kalian sebelumnya, sehingga kalian nisa menggunakan Aplikasi Play Store versi tersebut.

Lalu, dimana kalian bisa menemukan APK Play Store versi terbaru tersebut?

Kalian tidak perlu mencarinya kemana-mana, karena sudah kami sediakan, kalian hanya perlu mengunjungi halaman dibawah ini, untuk bisa mendapatkan APK Play Store versi paling terbaru :


Pastikan, fitur Unknown Sources sudah aktif, sebelum kalian menginstall APK Play Store tersebut secara Manual, karena jika tidak, maka Proses Installasi akan di Block dan dibatalkan oleh System OS Android, karena memang tidak memiliki Permission.

Bagaimana? apakah kalian sudah bisa berhasil mengupdate Aplikasi Play Store tersebut secara Manual?

Mungkin ada beberapa pengguna yang sudah berhasil melakukan Update tersebut, tetapi Aplikasi Play Store tersebut tidak bisa terbuka dan digunakan, lalu bagaimana Solusinya?


Perbaharui versi Google Play Service


Nah, jika kalian menemukan masalah seperti yang telah kami sebutkan diatas, maka sebenarnya Solusinya mudah saja, kalian hanya perlu memperbaharui APK Google Play Service saja dan kalian pun bisa melakukannya secara Manual.

Hal yang harus kalian lakukan, ialah dengan Mendownload APK Google Play Service versi terbaru, lalu silahkan Install seperti kalian menginstallkan APK Play Store secara Manual dari cara yang sudah kami sebutkan diatas.

Lalu, dimana kalian bisa menemukan APK Google Play Service versi Terbaru tersebut?

Lagi-lagi, kalian tidak perlu mencarinya kemana-mana, karena sudah kami sediakan juga, kalian bisa mendapatkan APK Google Play Service versi paling baru pada halaman yang sudah kami buat dibawah ini :


Harusnya, jika kalian sudah menginstall Google Play Service versi terbaru, melalui halaman yang kami sediakan diatas.

Maka, masalah Aplikasi Play Store Android yang tidak bisa terbuka atau tidak bisa digunakan, akan bisa cepat teratasi.

Selanjutnya, keuntungan lain ketika kalian sudah mengupdate APK Google Play Service tersebut, maka Aplikasi Google Apps lain, seperti Gmail, Play Games, Play Movies, Play Music dan lainnya, akan bisa berkerja lebih maksimal tanpa adanya masalah apapun lagi.

Nah, dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, kami menyadari Aplikasi Play Store tersebut memang menjadi sebuah Aplikasi yang penting untuk sebuah Smartphone Android.

Merujuk kepada hal tersebut, maka penting rasanya bagi kalian agar selalu bisa maksimal dalam menggunakan Aplikasi Play Store tersebut untuk beragam keperluan, maka dari itu untuk memaksimalkan penggunaan dari Aplikasi Google Play Store tersebut, kalian harus memastikan bahwa Aplikasi Play Store tersebut selalu berada didalam versi terbaru yang telah tersedia.

Jika, memang kalian memiliki masalah Aplikasi Play Store tidak bisa terupdate keversi paling terbaru, maka kalian bisa mengusahakan cara yang telah kami jelaskan secara singkat diatas.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian inginkan bisa tercapai dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot