8/19/2020

Cara Unlock / Relock Bootloader Realme (Semua Tipe) dengan metode resmi

Unlock / Relock Bootloader Realme All version

Realme memang menjadi sebuah Brand Smartphone Android yang saat ini tengah naik daun nama dan popularitasnya, hal ini wajar terjadi karena mengingat Smartphone Android dari Realme itu memang memiliki keunikan dan nilai jualnya tersendiri, sehingga bisa disukai banyak orang, terkhusus orang dari tanah air kita ini.

Soal kualitas, tentunya Produk Smartphone Android dari Realme ini tidak perlu diragukan lagi, begitu juga dengan kredibilitasnya, karena kalian harus tahu bahwa faktanya Brand Smartphone Android Realme itu memang masih sedarah dengan Brand Smartphone Android dari Oppo.

Itulah kenapa, Produk Smartphone Android Realme itu memang terlihat cukup mirip dengan Produk Smartphone Android dari Oppo, karena memang masih satu gen.

Tetapi, pada lini seri Smartphone Android Realme yang baru dirilis akhir-akhir ini, pihak Realme memang seakan ingin memisahkan diri dari pengaruh Brand Oppo tersebut, sebagai buktinya sekarang Smartphone Android Realme tidak lagi menggunakan Color OS sebagai basis Custom ROM Android yang digunakan.

Mereka sudah independent dengan adanya Custom ROM resmi sendiri yang bernama Realme UI, sehingga dimasa depan, mungkin saja cita rasa dari Brand Smartphone Android Oppo tidak akan bisa kalian temukan lagi pada Brand Smartphone Android Realme tersebut.

Namun demikian, tetap saja Realme dan Oppo itu masih tetap satu darah, karena memang dinaungi oleh perusahaan manufaktur yang sama, tetapi kedua Brand ini akan menjadi berbeda, karena memang hadir dengan ciri khasnya tersendiri.

Berbeda dengan Produk Smartphone dari Oppo, kenyataannya Produk Smartphone Android dari Realme ini memang lebih ramah untuk dimiliki, dalam artian kalian akan mendapati sebuah Smartphone Android Realme yang hebat dengan harga jual yang tidak begitu tinggi, artinya masih bisa bersaing dengan Produk Kompetitor dengan spesifikasi serupa.

Hal ini memang disambut baik oleh para penggemar Smartphone Android diluar sana, karena Brand saudara dari Realme ini, yaitu Oppo memang sering kali menjual Smartphone Android yang bisa kita bilang Over Prices, jika kita lihat dari spesifikasi yang digunakan.

Selain itu, Support yang diberikan pihak Realme kepada penggunannya juga sangat baik dan bahkan lebih baik dari Support yang ada pada Brand Smartphone Android Oppo.

Sehingga, vendor dari Realme ini memang terasa lebih dekat dengan konsumennya, karena sejatinya mereka memang memperhatikan hal ini dengan sangat baik.

Sebagai buktinya, pihak Realme banyak memberikan dukungan atau Support resmi mereka kepada para konsumen mereka, dengan memberikan beragam fasilitas seperti :

  1. Forum Diskusi Resmi.
  2. Beragam Resource seperti Source Code, Tool, ROM dan Firmware yang dibagikan secara gratis.
  3. Klaim garansi yang sangat mudah dan ramah.
  4. dll.

Beberapa hal yang kami sebutkan diatas, hanya sebagian kecil saja dari Support hebat yang mereka berikan ke konsumen mereka, masih ada banyak hal hebat lain yang mereka sediakan yang memang dibuat secara khusus untuk kepuasan pengguna Produk Smartphone Android Realme tersebut.

Salah satu hal yang paling menarik dari Brand Smartphone Android Realme ini, ialah mereka memberikan dukungan secara Resmi untuk permasalahan Unlock Bootloader.

Dimana hanya sebagian kecil saja dari Brand Smartphone Android besar yang ada diluar sana, yang memang secara khusus memfasilitasi terkait permasalahan tersebut secara resmi.

Lalu, apa sih Unlock Bootloader tersebut?


Unlock Bootloader Realme


Bagi para pengguna awam atau yang baru mengenal permasalahan yang ada pada OS Android, pasti akan sedikit kebingungan terkait permasalahan Unlock Bootloader tersebut, kenapa menjadi perlu dan kenapa harus dilakukan.

Jika memang kalian tidak tahu terkait pada itu Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme tersebut, maka disini akan kami jelaskan sedikit terkait hal tersebut.

Hal pertama yang harus kalian ketahui adalah bahwa semua Smartphone Android Realme itu dibuat dan dijual dengan kondisi Locked Bootloader secara default, karena memang hal ini sudah menjadi standard OEM untuk semua Produk Smartphone Android.

Untuk membuka potensi penuh dari sebuah Smartphone Android itu memang harus dilakukannya Unlock Bootloader.

Dari apa yang sudah kami gambarkan sedikit diatas, harusnya kalian sudah mengerti pokok dari permasalahan Unlock Bootloader tersebut.

  • Unlock Bootloader adalah sebuah cara yang dilakukan pengguna Smartphone Android terkait untuk membuka limiter yang sudah distandarisasi oleh pihak vendor, sehingga kalian bisa mendapatkan kontrol penuh terhadap penggunaan dari Smartphone Android terkait.

Dengan adanya akses kontrol penuh tersebut, tentu kalian akan bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan ketika Smartphone Android Realme masih dalam status Locked Bootloader, beberapa keuntungan yang akan didapat adalah sebagai berikut :

  1. Bisa untuk melakukan ROOT.
  2. Bisa menggunakan Custom ROM, Custom Kernel ataupun Custom Recovery.
  3. Mendapatkan akses penuh pada Mode Fastboot.
  4. Bisa dengan mudah melakukan tindakan Flashing secara Full (Firmware based).
  5. Melakukan Custom Adjustment, seperti melakukan Overclocking atau memasangkan beberapa Mod.
  6. dll.

Dari beberapa keuntungan yang sudah kami sebutkan diatas, maka sudah jelas jika kalian melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme tersebut, maka akan ada begitu banyak hal hebat yang bisa kalian lakukan, karena memang tidak ada batasan dari vendor lagi.

Lalu, kapan sih waktu ideal untuk melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme tersebut?


Kapan Unlock Bootloader Realme diperlukan?


Sebenarnya, yang tahu terkait permasalahan ini ialah hanya kalian sendiri sebagai pengguna dari Smartphone Android Realme terkait.

Namun, jika kita berbicara terkait waktu ideal yang cocok untuk melakukan Unlock Bootloader tersebut, ialah ketika kalian memang sudah bosan dengan hal yang serba standard atau kalian sedang mengalami masalah tertentu.

Maka, pada kasus tersebut melakukan Unlock Bootloader akan menjadi sangat ideal untuk dilakukan, apalagi jika Smartphone Android Realme kalian sudah mengalami beberapa permasalahan dibawah ini :

  1. Performa kian lelet dan menjadi lamban.
  2. Sering mengalami masalah seperti Lags berlebih, sering Force Close, Crash, Overheating dan Random Reboot.
  3. Tidak bisa mengakses System OS Android, karena memang dikunci penggunaannya.
  4. Tidak bisa memanfaatkan Mode Fastboot secara menyeluruh untuk tujuan yang urgensi.

Selain itu waktu ideal untuk melakukan Unlock Bootloader Realme itu juga bisa kalian lakukan ketika kalian sudah mulai bosan dengan System ROM dari Realme UI tersebut.

Karena, seperti yang sudah kami jelaskan diatas, jika Smartphone Android Realme itu sudah dalam status Unlock Bootloader, maka kalian bisa menggunakan Custom ROM, yang pastinya kalian akan mendapatkan rasa dan pengalaman yang lebih fresh, sehingga rasa bosan kalian akan sirna seketika itu juga.

Terlebih, jika kalian sudah bisa memasangkan Custom Recovery sebut saja seperti TWRP, maka akan ada begitu banyak hal menarik yang bisa kalian implementasikan ke Smartphone Android Realme yang kalian miliki.

Namun, kalian harus tahu bahwa sebenarnya ada konsekuensi yang harus kalian hadapi, jika memang kalian ingin melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme tersebut, apa saja konsekuensi tersebut?


Konsekuensi melakukan Unlock Bootloader Realme


Hal pertama yang harus kalian pahami ketika ingin melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme adala bahwa semua Data yang ada di Internal Storage akan terhapus sepenuhnya.

Sehingga, sebelum kalian melakukan Unlock Bootloader tersebut, pastikan kalian melakukan Backup Data terlebih dahulu, karena jika sudah terformat, maka Data tersebut tidak akan bisa diselamatkan lagi.

Selanjutnya, dengan melakukan Unlock Bootloader tersebut, mungkin ada beberapa Aplikasi Android yang tidak bisa berjalan maksimal, salah satu contohnya adalah seperti Aplikasi Perbankan yang memang sangat ketat terkait permasalahan Unlock Bootloader, apalagi permasalahan ROOT pada sebuah Smartphone Android.

Terakhir, dengan melakukan Unlock Bootloader, maka kalian harus merelakan Garansi di Smartphone Android Realme kalian lenyap, karena syarat utama klaim garansi untuk Smartphone Android Realme tersebut, ialah settingan Firmware dan Software itu harus masih orisinil dan melakukan Unlock Bootloader tentu akan melanggar ketentuan tersebut.

Nah, jika kalian sudah memahami beberapa konsekuensi diatas dan masih tetap ngotot ingin melakukan Unlock Bootloader, maka tentu ada beberapa persyaratan yang harus kalian pahami dan penuhi sebelumnya.

Apa saja persyaratan yang dibutuhkan tersebut?


Syarat melakukan Unlock Bootloader Realme


Untuk kelancaran dalam melakukan proses Unlock Bootloader pada Smartphone Android Realme tersebut, kalian memang harus memenuhi beberapa persyaratan yang ada dibawah ini :


Proses dilakukan dengan bantuan Komputer Desktop


Ini adalah hal pertama yang harus kalian persiapkan, karena sejatinya melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Android Realme itu memang tidak cukup hanya bisa dilakukan dengan bermodalkan Smartphone Android Realme saja.

Karena pada prosesnya memang memerlukan sebuah Media Pendukung yaitu adalah Komputer / Laptop Desktop yang dalam studi kasus kali ini menggunakan basis dari OS Windows.

Untuk versi OS Windows yang digunakan itu fleksibel saja, yaitu bisa menggunakan OS Windows 7, 8, 8.1 ataupun 10.

Untuk aplikasi yang digunakan pada OS Windows tersebut, cukup hanya dengan menggunakan Aplikasi Command Prompt (CMD) atau Windows PowerShell bawaan OS Windows.

Sehingga pastikan baik itu Aplikasi CMD atau PowerShell di OS Windows yang kalian gunakan tidak bermasalah dan bisa digunakan dengan baik dan lancar.


Membutuhkan Kabel USB


Karena disini kita akan memerlukan bantuan dari Perangkat Komputer / Laptop dengan OS Windows, maka tentu untuk menghubungkan kedua buah Perangkat tersebut yaitu Smartphone Android Realme ke Perangkat Kompter Desktop disini kita memerlukan sebuah Kabel USB.

Pastikan Kabel USB yang digunakan masih bisa berfungsi dengan baik dan normal, karena jika terjadi masalah koneksi, akibat Kabel USB yang jelek, maka hal tersebut mungkin akan membuat proses Unlock Bootloader menjadi sulit untuk dilakukan.


Memerlukan Fastboot Driver


Selanjutnya, untuk menjalankan fungsi Fastboot di OS Windows dengan menggunakan Aplikasi CMD ataupun PowerShell, disini kita memerlukan sebuah Driver khusus yang nantinya akan dijalankan di OS Windows.

Driver khusus yang kami maksud disini adalah Fastboot Driver, jika kalian belum punya Driver yang kami maksud disini, silahkan Download dan Install salah satu Fastboot Driver yang ada dibawah ini :


Jika memang bisa, kami sarankan kalian gunakan saja Fastboot Driver dari SDK Platform Tool, karena memang selalu diperbaiki dan diupdate langsung dari pihak Google, selaku pengembang utama dari Diver tersebut.


Menggunakan Mode Fastboot Realme


Syarat selanjutnya, untuk bisa melakukan Unlock Bootloader ataupun Relock Bootloader yang akan dilakukan pada Smartphone Android Realme tersebut, disini kita akan memerlukan akses ke Mode Fastboot yang sudah ada secara default pada setiap Smartphone Android Realme.

Sebenarnya, akses Mode Fastboot ini hanya perlu kalian ketahui jika ingin melakukan Relock Bootloader saja, karena untuk proses Unlock Bootloadernya, Smartphone Android Realme kalian akan secara otomatis masuk ke Mode Fastboot.

Untuk bisa mengakses Mode Fastboot secara Manual dari Smartphone Android Realme tersebut, kalian hanya perlu mengikuti cara dibawah ini :

  1. Power Off (Matikan) Smartphone Android Realme kalian.
  2. Setelah mati total, tekan Volume Down (-) dan Power bersamaan dan tahan.
  3. Lepaskan kombinasi Tombol yang kalian tekan, jika sudah muncul Text bertuliskan Start dengan warna hijau terang.
  4. Done!


Menginstall Realme USB Driver (Optional)


Syarat ini sebenarnya tidak diperlukan, jika OS Windows yang kalian gunakan memang tidak bermasalah ketika membaca koneksi dari Kabel USB yang telah kami lakukan.

Tetapi, USB Driver ini wajib kalian Installkan di OS Windows, ketika Smartphone Android Realme kalian tidak bisa terbaca di OS Windows, jika koneksi tersebut tidak bisa terbaca, maka sudah jelas, proses Unlock Bootloader tidak akan bisa berlangsung.

Jika, kalian mengalami permsalahan tersebut, silahkan Install dulu Realme USB Driver dari halaman yang sudah kami siapkan dibawah ini :



Menggunakan In-Depth Test Unlock Tool Resmi Realme


Karena disini kita menggunakan Metode Unlock Bootloader Realme dengan cara resmi yang sudah difasilitasi oleh pihak Realme, maka tentu kita akan membutuhkan sebuah Tool khusus untuk melakukan Unlock Bootloader tersebut.

Tool ini merupakan sebuah Tool yang berbentuk Aplikasi Android (.APK) yang harus kalian Install di Smartphone Android Realme yang kalian miliki.

Selanjutnya, Tool ini juga harus digunakan secara sepesifik sesuai dengan seri tipe Smartphone Android Realme terkait, sehingga tentu kalian tidak bisa menggunakan Tool ini secara sembarangan dan harus sesuai dengan versi seri Smartphone Android Realme yang sedang kalian gunakan sekarang.

Jika kalian sudah mengerti terkait aturan penggunaan Tool satu ini, maka silahkan Download dan Install APK In-Depth Test tersebut sesuai dengan seri Smartphone Android Realme kalian, melalui halaman yang sudah kami sediakan dibawah ini :


Jika APK In-Depth Test Tool Realme tersebut sudah kalian Download, maka langsung saja Install ke Smartphone Android Realme, sehingga proses Unlock Bootloader akan bisa dijalanka setelahnya.

Nah, sampai disini, semua persyaratan untuk melakukan Unlock Bootloader dan Relock Bootloader Realme sudah selesai, langkah selanjutnya ialah terkait permasalahan utama pada pembahasan kali ini, yaitu yang pertama ialah tata cara untuk melakukan Unlock Bootloader tersebut.


Cara Unlock Bootloader Realme (Semua Tipe)


Sebelum kita memulai proses Unlock Bootloader Realme tersebut, kembali kami ingatkan bahwa Data di Internal Smartphone Android Realme kalian akan terhapus sepenuhnya, artinya semua Aplikasi, Foto, Video dan Dokumen yang ada pada Internal Storage akan hilang secara otomatis.

Maka, lakukan Backup Data sebelum melakukan Unlock Bootloader tersebut, selanjutnya pastikan semua persyaratan yang telah kami sebutkan diatas sudah bisa kalian penuhi semuanya.

Jika, sudah silahkan ikuti instruksi dibawah ini, untuk bisa melakukan Unlock Bootloader tersebut :

  1. Buka Aplikasi In-Depth Test Tool yang sudah kalian Install di Smartphone Android Realme.
  2. Jika sudah, tekan menu Start Applying.
Unlock / Relock Bootloader Realme All version
  1. Centang ketentuan yang sudah tertulis dan pilih opsi Submit Application.
Unlock / Relock Bootloader Realme All version
  1. Proses Request Unlock Bootloader sedang berjalan disini, kalian harus menunggu hingga Request Unlock Bootloader yang kalian lakukan disetujui.
Unlock / Relock Bootloader Realme All version
  1. Jika sudah disetujui, maka akan muncul pemberitahuan yang bertuliskan Review Succesful.
Unlock / Relock Bootloader Realme All version
  1. Pada tahap ini, kalian sudah bisa melakukan Unlock Bootloader.
  2. Langkah selanjutnya adalah kalian perlu menekan Text yang bertuliskan Start the In-Depth Test.
Unlock / Relock Bootloader Realme All version
  1. Secara otomatis Smartphone Android Realme kalian akan masuk ke Mode Fastboot.
  2. Pada tahap ini, silahkan Koneksikan Smartphone Android Realme kalian ke Komputer / Laptop Desktop dengan bantuan Kabel USB.
  3. Lalu, silahkan buka Aplikasi CMD / PowerShell Windows yang sudah ditargetkan ke Folder Fastboot Driver, untuk lebih mudahnya silahkan ikuti cara dibawah ini :
  1. Jika, Aplikasi CMD atau PowerShell sudah terintegrasi dengan Fastboot Driver, maka untuk melakukan Unlock Bootloader tersebut, kalian harus mengetikan perintah dibawah ini pada jendela CMD tersebut :
adb reboot bootloader
  1. Setelahnya, tekan Enter.
  2. Kemudian, masukan lagi perintah berikut ini :
fastboot flashing unlock
  1. Lalu, tekan Enter lagi, setelah ini Smartphone Android Realme kalian akan otomatis Reboot.
  2. Jika, pada tahap ini Smartphone Android Realme kalian tidak bisa Reboot secara otomatis, maka kalian perlu memasukan perintah dibawah ini, untuk melakukan Reboot :
fastboot reboot
  1. Setelah proses Reboot selesai, maka akan muncul 2 buah opsi Menu di layar Smartphone Android Realme tersebut.
  2. Untuk proses akhir ini, silahkan pilih Opsi Unlock The Bootloader, untuk navigasinya silahkan gunakan Volume Up (+) dan Down (-) dan Tombol eksekusinya adalah Power.
Unlock / Relock Bootloader Realme All version
  1. Jika, opsi yang kalian pilih adalah Unlock The Bootloader, maka proses Unlock Bootloader akan berjalan dan proses Format atau penghapusan Data di Internal Storage juga akan berjalan.
  2. Setelahnya, maka Smartphone Android Realme sudah berhasil mendapat status Unlock Bootloader.
  3. Done!

Meski terlihat cukup panjang, sebenarnya cara kerja dari proses Unlock Bootloader Realme tersebut mudah saja untuk di ikuti, meski oleh orang awam sekalipun.

Nah, jika pada tahap ini kita sudah berbicara terkait permasalahan Unlock Bootloader tersebut, lalu bagaimana cara untuk melakukan Relock Bootloader Realme tersebut?


Cara Relock Bootloader Realme (Semua Tipe)


Sebenarnya, cara untuk melakukan Relock Bootloader Realme ini kurang lebih sama saja seperti cara Unlock Bootloadernya.

Namun, sekali lagi, jika kalian melakukan Relock Bootloader tersebut, Data di Internal Storage Smartphone Android Realme kalian akan terhapus lagi, pastikan kalian sudah melakukan Backup Data sebelum melakukan proses Relock Bootloader tersebut.

Berikut adalah cara untuk melakukan Relock Bootloader Smartphone Android Realme :

  1. Buka Aplikasi In-Depth Test Tool.
  2. Setelahnya, pilih menu Apply to Exit in-depth test.
Unlock / Relock Bootloader Realme All version
  1. Lalu, silahkan akses Mode Fastboot secara Manual dengan cara yang sudah kami sertakan diatas.
  2. Jika sudah, silahkan hubungkan Smartphone Android Realme kalian ke Komputer Desktop dengan Kabel USB.
  3. Selanjutnya, buka Aplikasi CMD ataupun PowerShell dan pastikan sudah ditargetkan ke Folder Fastboot Driver.
  4. Jika sudah, silahkan masukan perintah ini untuk melakukan Relock Bootloader :
adb reboot bootloader
  1. Setelahnya, tekan Enter.
  2. Kemudian, masukan lagi perintah berikut ini :
fastboot flashing lock
  1. Lalu, tekan Enter lagi, setelah ini Smartphone Android Realme kalian akan otomatis Reboot.
  2. Jika, pada tahap ini Smartphone Android Realme kalian tidak bisa Reboot secara otomatis, maka kalian perlu memasukan perintah dibawah ini, untuk melakukan Reboot :
fastboot reboot
  1. Setelah proses Reboot selesai, maka akan muncul 2 buah opsi Menu di layar Smartphone Android Realme tersebut.
  2. Untuk proses akhir, pilih Opsi Lock The Bootloader, untuk navigasinya silahkan gunakan Volume Up (+) dan Down (-) dan Tombol Power untuk tombol actionnya.
Unlock / Relock Bootloader Realme All version
  1. Setelahnya, Smartphone Android Realme akan Reboot dengan sendirinya dan proses Relock Bootloader sudah berhasil dilaksanakan.
  2. Done!

Nah, dengan demikian selesai sudah pembahasan dari tutorial sederhana terkait tata cara untuk melakukan Unlock dan Relock Bootloader pada semua seri Smartphone Android Realme.

Sekali lagi kami ingatkan, sebelum kalian melaksanakan atau mengikuti tutorial yang sudah kami jelaskan diatas, pastikan kalian sudah memahami betul terkait persyaratan yang dibutuhkan dan kalian bisa memahami akan adanya konsekuensi yang akan kalian terima setelahnya.

Selanjutnya, pastikan semua langkah diatas kalian lakukan dengan teliti dan benar, agar hasilnya akan menjadi seperti yang kalian harapkan.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terkabul secepatnya dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot