RILIS ARTIKEL TERBARU :


Jika berbicara terkait smartphone Android Xiaomi non-ROM MIUI pertama, atau device keluaran Xiaomi yang hadir dan di jual dengan paketan ROM Android murni, maka jawabannya adalah Xiaomi Mi A1. Benar sekali, device terbaru Xiaomi ini merupakan sebuah device dengan spesifikasi mirip Xiaomi Mi5X, namun Xiaomi Mi A1 ini adalah sebuah device yang ikut andil dalam program Android One besutan dari Google sendiri.

Dengan demikian, pada firmware resminya Xiaomi Mi A1 ini tidak akan menggunakan custom ROM MIUI, melainkan hanya akan menggunakan versi firmware murni dari Source ROM Android yang di rilis oleh pihak Google, menjadi smartphoen Xiaomi pertama yang usung program Android One, nampaknya banyak keuntungan yang bisa di dapatkan pada device ini, salah satunya adalah betapa mudahnya melakukan Unlock Bootloader pada device ini, tidak seperti seri Xiaomi yang lain yang memerlukan waktu unlock berhari-hari, cukup satu hari device ini sudah bisa kalian Unlock, jika beruntung.

Saat ini ada 2 buah metode dalam melakukan Unlock Bootloader pada Xiaomi Mi A1, salah satunya adalah metode Unlock Bootloader dengan menggunakan aplikasi Mi Flash Unlock, dan satu lainnya menggunakan kemampuan CMD pada PC atau Laptop kalian.

Hal yang di butuhkan:
1. PC atau Laptop rekomendasi windows 64-bit
2. Koneksi internet
3. USB Cable asli Xiaomi Mi A1 yang masih berfungsi dengan baik
4. Baterai device harus diatas 50%

Cara Unlock Bootloader yang pertama:
1. Untuk yang pertama sangat direkomendasikan device kalian berada pada versi MIUI China developers, karena persentasi keberhasilan unlock bootloader sangat tinggi jika menggunakan ROM versi china developers tersebut, untuk itu kalian bisa melakukan flash ROM ke china developers dulu sebelum melakukan unlock bootloader tersebut.
2. Selanjutnya kalian harus request terlebih dahulu ke forum MIUI, bisa kunjungi DISINI
3. Selanjutnya masuk pada Tab "Unlock" selanjutnya akan di bawa ke halaman baru, lalu click pada button Unlock Now, hal pertama kalian harus Login dengan mi account yang kalian miliki, perlu di ingat login dengan mi account yang sama seperti yang ada di device Xiaomi Mi A1 kalian.
4. Kemudian kalian harus mengisi informasi untuk request unlock bootloader nantinya, pastikan nomor telepon kalian bisa di hubungi dengan baik, karena persetujuan unlock bootloader dari Xiaomi akan di kirimkan melalui SMS, jika sudah yakin "centang" ketentuan dari Xiaomi yang berada di bawah, langkah selanjutnya tinggal click button "Apply Now".




5. Selanjutnya kalian harus memverifikasi nomor kalian dengan memasukan angka verifikasi yang langsung di berikan pihak Xiaomi ke nomor telepon yang sudah kalian masukan sebelumnya, jika sudah langkah selanjutnya kalian harus menunggu hingga 10 hari masa kerja untuk mendapat persetujuan, tetapi ada tips agar cepat di approve bisa di lihat DISINI.
6. Jika SMS notifikasi Unlock sudah tiba, silahkan kunjungi alamat link atau webstite yang terdapat pada isi SMS tersebut.
7. Kemudian download tool Unlocknya DISINI.
8. Setelah selesai jalankan aplikasi Mi Flash Unlocknya dengan "Run As Administrator".
9. Lalu selanjutnya, akan muncul halaman ketentuan, pada opsi ini pilih Accept saja, selanjutya Login dengan akun yang sudah kalian miliki.
10. Langkah terakhir, silahkan koneksikan device Xiaomi Mi A1 kalian dalam keadaan Power Off ke PC dengan menekan berbarengan tombol Volume Down (-) dan Power untuk masuk ke fastboot mode, jika sudah terhubung dan terkoneksi dengan baik, selanjutnya tinggal tekan button "Unlock" dari jendela aplikasi Mi Flash Unlock yang muncul.

11. Tunggu Sampai proses selesai, lalu Reboot.

Cara Unlock Bootloader yang kedua:
1. Silahkan kalian download dan install dulu driver ABD dan Fastboot DISINI, jika sudah punya lanjut pada langkah kedua.
2. Jika sudah terinstall driver ADB dan Fastboot, selanjutnya buka Command Prompt (CMD) pada direktori driver Fastboot yang sudah terinstall.
3. Masukan Xiaomi Mi A1 kalian kedalam mode Fastboot dengan menekan tombol Volume Down (-) dan Power bersamaan pada saat device Xiaomi kalian Power Off.
4. Jika device kalian sudah berada pada mode Fastboot Xiaomi, selanjutnya koneksikan device kalian ke PC dengan USB, lalu ketikan perintah "fastboot devices".
5. Jika sudah terkoneksi dengan baik, harusnya list dan identitas device kalian terbaca pada jendela CMD.
6. Masukan perintah "fastboot oem unlock", dengan sangat cepat maka device Xiaomi Mi A1 kalian sudah berhasil Unlock Bootloader.
7. Terakhir restart device kalian, dengan mengetikan perintah "fastboot Reboot"
8. Selesai.

Dalam tutorial ini, kalian bebas memilih cara nomor berapa yang akan kalian gunakan, kedua cara ini sudah di uji coba dan berhasil sepenuhnya, namun perlu kalian garis bawahi, bahwa kami menyarankan agar kalian mengikuti cara nomor 1 saja, karena cara tersebut adalah cara yang paling aman dan di jamin oleh pihak Xiaomi, juga jika kalian mengikuti cara nomor 2 dan ternyata gagal, maka hal yang perlu kalian lakukan adalah mengikuti cara pertama hingga langkah ke-6, selanjutnya lanjut pada cara kedua dengan menggunakan CMD, semoga berhasil.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot