RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cek ROM Xiaomi abal-abal atau asli

ROM abal-abal atau ROM buatan distibutor pada jajaran smartphone Xiaomi sudah menjadi hal yang biasa saat ini, memang pada kenyataannya smartphone yang di jual oleh para distributor akan memiliki harga jual yang lebih rendah dari pada smartphone yang masuk dalam jalur resmi, tetapi faktanya hal ini akan membuat para konsumen atau pengguna smartphone Xiaomi tersebut di rugikan, karena mereka tidak bisa mendapatkan hak yang harusnya mereka dapatkan sebagaimana mestinya.

Perlu kalian ketahui, hanya ada sedikit saja variant smartphone Xiaomi yang masuk secara resmi ke Indonesia, dan beberapa variant lain masuk dengan jalur distributor yang sebagiannya tentu saja ilegal, lebih parahnya, smartphone Xiaomi jalur distributor tersebut ROM-nya telah di modifikasi dan inti dari semuannya adalah untuk menguntungkan para agen distributor tersebut.

Ternyata, membedakan jenis ROM abal-abal atau asli itu bukanlah sesuatu yang sulit, kalian hanya perlu melihat ke beberapa indikasi sebagai berkikut :


Indikasi 1


Hal pertama yang mesti kalian lihat adalah pada bagian system update yang terletak pada Settings>>About phone>>Sytem updates atau langsung membuka aplikasi Updater juga bisa, jika pada bagian tersebut terlihat adanya list update untuk upgrade versi OS, maka di pastikan smartphone kalian memiliki ROM asli dan bukan abal-abal.


Indikasi 2


Silahkan masuk ke website resmi milik Xioami ini, untuk melihat daftar ROM resmi dari versi MIUI smartphone kalian, contoh kasusnya disini saya menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan akan melakukan cek terhadap ROM yang di gunakan

  1. Masuk ke alamat situs resmi firmware MIUI, lalu pilih tipe smartphone kalian
  2. Selanjutnya pilih tipe variant dari smartphone kalian jika lebih dari satu, sebagai contoh Xiaomi Redmi Note 3 punya 2 buah variant, satu bermesin Qualcomm dan satu bermesin MediaTek, pilih seri smartphone Xiaomi yang sedang kalian gunakan saat ini.
  3. Lalu buka About Phone dengan mengakses Settings>>About phone, lihat ke pada versi MIUI kalian.
  4. Lalu buka kembali website yang telah kalian buka tadi, pilih dan arahkan ke bagian Nama Seri dari Smartphone Xiaomi dan Redmi kalian, disini kalian akan melihat versi resmi dari MIUI untuk ROM kalian, lalu samakan dengan versi yang ada di About Phone kalian, jika sama maka di pastikan ROM di smartphone Xiaomi kalian asli, jika tidak maka ROM dari smartphone Xiaomi kalian abal-abal.


Catatan Khusus : jika versi MIUI pada smartphone kalian merupakan versi lawas dan tidak terdaftar pada halaman website Xiaomi tersebut, maka bukan berarti ROM MIUI kalian abal-abal, bisa jadi resmi hanya saja sudah lawas dan listnya sudah di hilang, untuk itu lanjut ke indikasi berikutnya.


Indikasi 3


Silahkan cek MIUI Version pada About Phone kalian, jika angka dari versi MIUI tersebut lebih dari lima angka seperti 8.5.12.13 maka di pastikan kalian mendapat versi ROM abal-abal, namun jika angka yang muncul terlihat meyakinkan seperti 8.5.5.0 maka di pastikan ROM MIUI kalian resmi.


Indikasi 4


Perhatikan pada bagian belakang versi MIUI kalian apakah versi Global atau China, cirinya adalah versi Global akan ada code MI sebagai contoh V8.5.2.0.MHRMIED versi Global MIUI ini telah di support dengan kemampuan Google Play, tetapi versi China tidak!, ciri MIUI versi China ada huruf CN contohnya sebagai berikut V8.5.3.0.MHOCNED ,jika smartphone kalian adalah versi MIUI China, dan ada pilihan banyak bahasa termasuk Indonesia dan terdapat Google Play di dalamnya, maka saya pastikan ROM MIUI kalian abal-abal.

Dengan beberapa indikasi di atas, harusnya sudah jelas cara untuk mengetahui apakah versi MIUI kalian abal-abal atau tidak, jika terbukti abal-abal maka hal yang perlu kalian lakukan adalah segera berpindah ke versi ROM resmi MIUI, hanya saja cara satu-satunya memang hanya bisa di lakukan dengan metode Fastboot, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot