RILIS ARTIKEL TERBARU

4 cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

Bagi sebagian orang yang mungkin "sial" ketika membeli sebuah smartphone baru dari Xiaomi mungkin menemukan smartphone-nya yang telah di pasangi dengan ROM aba-abal atau kerennya di pasangi dengan ROM hasil modifikasi yang kerap di sebut sebagai ROM buatan distributor, hal ini tentu saja sangat merugikan pengguna dari smartphone Xiaomi tersebut, karena mereka tidak akan bisa secara penuh memanfaatkan potensi dari smartphone yang telah mereka beli tersebut.

Secara fisik, tampilan hingga fitur ROM MIUI abal-abal dan resmi itu tidak mempunyai perbedaan mencolok, hanya saja dalam informasi device tersebut telah di modifikasi, sehingga kalian tidak bisa untuk melakukan update berkala, hingga munculnya iklan yang sangat mengganggu yang pastinya akan membuat kouta internet kalian cepat habis dan tentu saja baterai kalian juga akan cepat habis.

Untuk itu kalian harus tahu dulu apakah ROM MIUI kalian abal-abal atau tidak, untuk melakukan cek tersebut sudah saya tulis lengkap DISINI, jika ROM MIUI kalian abal-abal maka kalian bisa melakukan beberapa hal di bawah ini agar kalian bisa berpindah ke ROM resmi MIUI dan pastinya kalian akan terhindar dari bloatware, malware hingga secara berkala kalian bisa melakukan update versi OS kalian setiap saat.

# Update ROM via aplikasi Updater
Cara ini hanya berlaku jika kalian mendapat versi MIUI abal-abal pada level terendah, dan itu hanya di tanamkan bloatware atau malware saja, untuk informasi resmi dari device kalian tidak di ubah sama sekali oleh pihak distributor, untuk itu kalian bisa menerapkan cara ini :

cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

1. Silahkan download dulu ROM resmi dari MIUI DISINI
2. Jika sudah copy ke internal memory Xiaomi kalian, jika mendownload langsung dari smartphone Xiaomi, langsung saja pada tahap ke-3.
3. Buka aplikasi Updater, lalu tekan menu pilihan (Three dots) pilih "Choose Update Package", arahkan ketempat lokasi kalian menyimpan file ROM MIUI yang telah kalian download sebelumnya.
4. Segera Install ROM MIUI resmi tersebut, jika berhasil maka di pastikan saat ini kalian sudah menggunakan ROM resmi MIUI, dan jika gagal berarti ROM abal-abal yang kalian miliki saat ini berada di level ganas (informasi device sudah di modifikasi habis-habisan oleh para distributor nakal)
5. Jika berhasil tunggu device-nya reboot kurang lebih 15 menit, jika gagal lanjut step berikutnya.

# Update via Mi Recovery
Cara ini hampir sama seperti cara nomor diatas, tetapi perbedaannya disini kalian langsung menggunakan tools Mi Recovery, hanya saja smartphone Xiaomi-nya harus dalam keadaan Unlock Bootloader dulu, jika tidak maka menu recovery ini tidak akan tampil, jika sudah Unlock Bootloader, silahkan ikuti cara ini :

cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

1. Silahkan download dulu ROM resmi dari MIUI DISINI , lalu pindahkan ke Memory Internal kalian.
2. Silahkan masuk ke mode Mi Recovery dulu dengan menekan tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan saat device kalian dalam keadaan mati total (Power Off)
3. Jika sudah masuk pilih menu Wipe, di anjurkan melakukan backup data penting dulu, karena dengan kalian melakukan Wipe maka semua data di Internal memory kalian akan hilang, cara ini di lakukan untuk mengembalikan informasi device ke asal atau pabrikan sehingga nantinya bisa untuk di pasangkan ROM MIUI resmi, itulah bedanya dari cara pertama, karena disini caranya lebih flexible.
4. Pilih ROM MIUI yang sudah kalian download, dan install
5. Jika berhasil langsung saja reboot, namun jika gagal lanjut step selanjutnya.

# Update Via ADB Sideload
Cara ini juga memerlukan akses Mi Recovery, dengan demikian device kalian harus dalam kondisi Unlock Bootloader terlebih dulu, perbedaannya cara ini menggunakan PC dengan kemampuan driver ADB, hampir sama saja seperti cara diatas cara ini hanya ampuh kepada ROM MIUI abal-abal kelas rendah saja, untuk itu kalian bisa mencobanya :

cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

1. Install driver ADB, jika kalian tidak punya file-nya bisa mendownload dan mengikuti cara pemasangannya DISINI.
2. Silahkan download dulu ROM resmi dari MIUI DISINI, lalu letakan di tempat dimana driver ADB kalian terpasang sebelumnya.
3. Lalu pada smartphone Xiaomi kalian, masuk ke menu Developer Options, lalu centang opsi opsi USB Debugging, jika opsi ini tidak muncul maka untuk mengaktifkannya kalian bisa menekan informasi MIUI Version pada menu About Phone sebanyak 7 kali.
4. Jika sudah buka CMD dan arahkan ke tempat dimana driver ABD terpasang, koneksikan device kalian ke PC dengan kabel USB, lalu ketikan perintah ini

abd devices

Jika device kalian sudah terkoneksi dan terbaca pada jendela CMD tersebut, masukan perintah ini :

adb sideload (nama ROM MIUI)

5. Tunggu hingga proses selesai, jika sudah berhasil device kalian akan reboot dengan sendirinya, jika gagal lanjut ke tahap terakhir dan paling ampuh.

Catatan khusus : masukan nama ROM MIUI tanpa tanda kurung, tips untuk kalian silahkan rename dulu ROM MIUI yang sudah kalian download sebelumnya agar mudah untuk di input di CMD.

# Flash via metode Fastboot
Cara ini juga mengharuskan smartphone Xiaomi dalam kondisi Unlock Bootloader dulu, dan kalian harus memahami apa itu Fastboot pada Xiaomi agar saya tidak perlu panjang lebar lagi menjelaskan caranya sekarang dan langsung ketahap eksekusinya saja, dan itu sudah saya tulis lengkap DISINI terkait maksud dan cara Fastboot di Xiaomi, lanjut kecaranya :

cara paling ampuh untuk pindah dari ROM abal-abal ke versi ROM resmi MIUI Xiaomi

1. Siapkan file Fastboot dan aplikasi Mi Flash Tool bisa download resmi DISINI
2. Jika sudah install aplikasi Mi Flash, arahkan ketempat file Fastboot.
3. Masuk dalam mode Fastboot dengan menekan tombol Volume Down (-) dan Power berbarengan saat device kalian dalam keadaan Power Off, lalu koneksikan device kalian ke PC dengan USB.
4. Silahkan tekan Flash untuk melakukan install ulang firmware resmi MIUI.
5. Jika sudah reboot, booting pertama akan lama sekitar 15 menit, done!

Dengan demikian, ke-4 cara diatas adalah cara yang paling ampuh untuk kalian agar bisa berpindah ke versi ROM MIUI resmi, saran saya langsung saja ke cara nomor 4 jika device kalian sudah dalam kondisi Unlock Bootloader, dan jika belum melakukan Unlock Bootloader silahkan coba cara pertama, dan pertimbangkan untuk melakukan Unlock Bootloader pada smartphone Xiaomi kalian, cara diatas sudah kami buktikan sendiri dan tentu saja berhasil sepenuhnya tergantung kondisi dari ROM MIUI abal-abal tersebut, namun cara nomor 4 adalah cara yang paling ampuh untuk kami, kalian bisa coba sendiri.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment