RILIS ARTIKEL TERBARU

Bingung buat Flash Xiaomi Redmi 5A Locked Bootloader? pakai Test Point saja, ini tutorialnya

Xiaomi Redmi 5A atau lebih di kenal sebagai sebuah smartphone kekinian, spesifikasi lumayan dengan harga bersahabat yang kurang dari 1 Juta Rupiah ini memang menjadi buruan banyak orang di Indonesia saat ini, bukan hanya itu saja, Xiaomi Redmi 5A tersebut juga telah secara resmi masuk kepasar Indonesia, jadi keuntungan yang kalian dapat adalah kalian akan mendapat garansi resmi dan terhindar dari ROM abal-abal, cek DISINI untuk melakukan pembuktian ROM Xiaomi Redmi 5A apakah asli atau palsu.

Faktanya adalah sama seperti seri Xiaomi lainnya, Xiaomi Redmi 5A juga di jual dengan kondisi Locked Bootloader, jadi untuk bisa melakukan Flashing atau Fastboot, para user dari device tersebut di haruskan melakukan Unlock Bootloader dulu dengan mengikuti tutorialnya DISINI, namun bagi mereka yang tidak ingin susah melakukan Unlock Bootloader dan langsung saja ingin melakukan Flash firmware baru, maka hanya ada satu cara yaitu melalui metode Test Point.

Metode ini sangat sederhana, tetapi memerlukan ketelitian dan kemampuan yang mumpuni, karena kalian meski membuka bagian back case dari smartphone ini guna untuk mengakses metode Test Point tersebut, dan berikut adalah cara menemukan titik Test Point pada Xiaomi Redmi 5A.

1. Siapkan perlatan untuk membuka penutup bagian belakang Xiaomi Redmi 5A, pakai kuku juga bisa, tetapi mungkin akan melukai jari kalian, jadi disarankan gunakan congkelan khusus bisa itu obeng tipis atau sesuatu yang tipis lainnya.
2. Setelah terbuka, silahkan cabut dulu konektor baterai-nya yang terhubung ke main board.
3. Lepas plate atau penutup motherboard.
4. Disini kalian akan menemukan 2 buah titik Test Point yang akan kalian gunakan sebagai media untuk melakukan Flashing via mode EDL, inilah letak dari Test Point Xiaomi Redmi 5A.

Bingung buat Flash Xiaomi Redmi 5A Locked Bootloader? pakai Test Point saja, ini tutorialnya

5. Untuk melakukan Flash silahkan hubungkan kedua buah titik Test Point tersebut dengan clip metal.
6. Selanjutnya hubungkan device kalian ke PC dengan kabel USB, dan buka aplikasi Mi Flash, jika sudah terbaca kalian bisa langsung melakukan Flash atau Fastboot, cara pengerjaannya kurang lebih sudah di tuliskan lengkap DISINI (ingat! metode ini tidak perlu melewati Unlock Bootloader lebih dulu, jadi langsung saja lakukan Flash)

Dengan demikian, sangat mudah sebenarnya melakukan Fastboot pada Xiaomi Redmi 5A tanpa perlu melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu, namun cara ini memang terhitung sulit bagi yang belum terbiasa, atau yang baru pertama kali menggunakannya, adapun kekurangan dari penggunaan metode ini adalah :
1. Casing bagian belakang smartphone kalian bisa saja lecet, akibat kalian membuka paksa penutup bagian belakang smartphone kalian.
2. Komponen mothherboard bisa saja rusak, akibat air keringat dan lainnya, sehingga pastikan tangan kalian tidak berkeringat ketika melakukan metode ini.

Untuk persentase keberhasilan dari metode ini adalah 100% jika di jalankan sesuai prosedur, dan file Fastboot atau Port USB PC kalian tidak rusak, jadi lakukan dengan bijaksana dan hati-hati, tenang saja cara ini aman untuk di gunakan asal benar.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


8 komentar

kira2 admin ini sudah pernah uji coba apa sekedar nulis saja yaaaaa....

Sudah pernah berkali-kali gan, semua tipe Xiaomi (Qualcomm Snapdragon) sama saja cara Test Point-nya, asal tahu letak titik Pointnya saja, maka melakukan metode seperti yang kami tuliskan di atas itu pasti bisa di jalankan dengan lancar, setau kami metode seperti Test Point itu memiliki persentasi yang tinggi dalam keberhasilan Flashing disamping cara konvensionalnya, jika agan berniat melakukan Flashing via Test Point kami bisa menjamin agan berhasil melakukannya asal sesuai dengan apa yg kami jabarkan diatas

Kok gagal ya min, redmi 5a saya rom abal abal, pake cara ini balik malah balik ke recovery. Saya update nya ke rom global terbaru, apa karena itu ?

Status di Mi Flash udah success gan? kok bisa ke recovery gan, apakah devicenya sudah Unlock Bootloader?

clip metal maksdnya apa gan ?

Kayak penjepit kertas yang terbuat dari bahan besi gan, intinya yang berbahan metal dan mempunyai 2 buah ujung untuk di letakan di dua buah titik Test Point gan

Apakah Test Poin itu dihubungkan selama proses flashing, atau hanya ketika menghubungkan HP ke PC saja?

Di hubungkan ketika ingin melakukan Flashing saja masgan

Post a Comment