RILIS ARTIKEL TERBARU :

ROOT Asus Zenfone 5 ZE620KL 2018

Sebenarnya Device ini memang agak cukup membingungkan, karena untuk mencari tutorial terkait cara ROOT dan serba-serbi lainnya memang agak cukup susah, bukan berarti anggota komunitas dari device ini yang sedikit.

Melainkan dari nama device tersebut yang terbilang cukup aneh, karena dulu Asus juga pernah mengeluarkan smartphone dengan nama serupa pada beberapa tahun lalu, dan kini mereka merilis smartphone dengan nama serupa lagi, jadi wajar jika banyak orang yang bingung.

Untuk mengidentifikasi device Asus Zenfone 5 versi 2018 ini, kalian bisa menggunakan seri numbernya yaitu adalah ZE620KL atau Codenamenya adalah X00QD, sebenarnya sudah banyak metode penting dan umum untuk device satu ini.

Seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu adalah metode ROOT di Asus Zenfone 5 2018 tersebut, metode ini tidak akan menggunakan TWRP sebagai media Flashingnya, jadi jika kalian memiliki smartphone Asus Zenfone 5 versi tahun 2018 dan sedang mencari metode ROOT yang terbukti berhasil, maka kalian sudah berada di tempat yang benar.

Sebelum melakukan ROOT tersebut, silahkan ikuti dulu beberapa persyaratn penting yang harus kalian penuhi, sebagai berikut :


# File Kernel dari Firmware (Boot.img)


Ini adalah persyaratan utama dalam tutorial kali ini, karena kalian memerlukan sebuah File Kernel dari Firmware yang sedang kalian gunakan, aturan mainnya adalah sebagai berikut :

File Boot.img yang di gunakan harus di ambil dari versi Firmware yang sedang kalian pakai saat ini.

Bingung? mudahnya silahkan Download dulu Firmware Asus Zenfone 5 ZE620KL DISINI, Download sesuai dengan versi Build Number yang sedang kalian gunakan sekarang.

ROOT Asus Zenfone 5 ZE620KL 2018

Jika sudah lakukan Extract dan kalian akan menemukan sebuah file bernama boot.img, silahkan Copy File tersebut ke Internal Memory Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian di tempat yang mudah untuk kalian temukan.

ROOT Asus Zenfone 5 ZE620KL 2018

Ingat! jangan sampai salah menggunakan file boot.img dari versi Fimrware berbeda, jika kalian coba pasang nanti maka hasil akhirnya akan Brick!


# Unlock Bootloader


Karena pada kasus ini bersinggungan erat dengan Kernel dan Fastboot, maka sudah pasti sebelum melakukan Metode ini, Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian harus sudah dalam keadaan Unlock Bootloader, disini ada 2 buah cara melakukan Unlock Bootloader tersebut, silahkan ikuti Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone 5 ZE620KL (Official).


# Magisk Manager


Pada metode Root ini kita akan menggunakan Tool ROOT paling Populer saat ini yaitu adalah Magisk, silahlkan Download dulu aplikasi resmi Magisk Manager DISINI dan langsung saja Install ke Smartphon Android kalian.


# ADB dan FASTBOOT Driver


Karena kita akan menggunakan metode Patched Boot, maka sudah pasti disini kita memerlukan kemampuan Fastboot di PC, untuk itu silahkan Download dan Install ADB dan Fastboot Driver terbaru memalui halaman di bawah ini sebelum kalian mengikuti tutorial ini.



# USB DEBUGGING


Untuk bisa mengikuti tutorial ini, kalian mesti mengaktfikan fitur USB Debugging terlebih dahulu, jika kalian tidak tahu caranya, silahkan ikuti tutorial di bawah ini :



# Kabel USB


Karena disini kita akan menggunakan PC sebagai Media utamanya, maka smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian harus di hubungkan ke PC, untuk menghubungkannya tersebut membutuhkan kabel USB.


# USB Driver Asus Zenfone


Hanya untuk berjaga-jaga jika Asus Zenfone 5 ZE620K kalian tidak bisa terhubung ke PC dengan baik, maka biasanya masalah tersebut datang dari USB Driver yang tidak terinstall dengan baik, maka dari itu jika tidak terbaca silahkan Download USB Driver Asus Zenfone dan install ke PC Windows yang kalian gunakan sekarang, melalui halaman di bawah ini :
Jika semua syarat diatas sudah kalian penuhi tanpa tertinggal sedikit pun dan sudah kalian pastikan sesuai, maka langkah selanjutnya ialah melakukan ROOT tersebut.


# Cara ROOT Asus Zenfone 5 ZE620KL Tanpa TWRP


1. Silahkan Buka aplikasi Magisk Manager.
2. Selanjutnya pilih Opsi Install >> Patch Boot Image File.
3. Silahkan arahkan ke tempat kalian meletakan file boot.img yang sudah kalian Copy dari Firmware tadi.
4. Selanjutnya silahkan tunggu beberapa saat, hingga Magisk selesai untuk melakukan Patch ke file boot.img tersebut.
5. Jika sudah maka segera cari file Patched_boot.img yang letaknya /sdcard/Download/ atau di /storage/emulated/0/MagiskManager.
6. Jika sudah kalian temukan, segera pindahkan (Copy) ke PC, tepatnya pada tempat Folder Adb dan Fastboot yang telah kalian install sebelumnya, seperti ini :

ROOT Asus Zenfone 5 ZE620KL 2018

7. Selanjutnya silahkan koneksi kan Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian ke PC dengan kabel USB, pastikan opsi USB Debugging sudah kalian aktifkan sebelumnya.
8. Selanjutnya buka CMD (Command Prompt).

ROOT Asus Zenfone 5 ZE620KL 2018

9. Masukan perintah ini :

adb reboot bootloader

10. Tunggu hingga Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian reboot dan berpindah ke Mode Bootloader (Fastboot).
11. Jika sudah masuk kedalam Mode Bootloader, langkah selanjutnya masuk perintah ini untuk melakukan ROOT :

fastboot flash boot patched_boot.img

12. Tunggu hingga proses Flash selesai, jika sudah lakukan Reboot dengan memasukan perintah ini :

fastboot reboot

13. Booting setelah ini mungkin akan cukup lama, tunggu saja hingga Booting sempurna.
14. Selamat Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian sudah berhasil di ROOT.
15. Done!

Cukup ribet bukan? wajar saja karena disini kita tidak menggunakan cara biasa, faktanya metode yang kami jelaskan diatas itu memberikan persentase 100% keberhasilan ROOT, jika gagal mungkin sebabnya adalah sebagai berikut :

1. Kalian belum melakukan Unlock Bootloader.
2. File boot.img Corrupt.
3. Kalian tidak masuk ke dalam Mode Bootloader (Fastboot).
4. Driver USB Asus tidak terbaca atau koneksi dari kabel USB terganggu.

Jika kalian mengikuti tutorial diatas dengan benar dan sesuai dengan arahan kami, maka 100% keberhasilan ROOT pasti kalian dapatkan.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk bisa melakukan ROOT, seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, cara tersebut ialah dengan menggunakan TWRP, untuk file Exploitnya sendiri juga akan menggunakan Magisk. Tetapi, cara diatas bisa juga anda coba semoga beruntung.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot