RILIS ARTIKEL TERBARU :

TWRP Asus Zenfone 5 ZE620KL

Tidak bisa di pungkiri Asus Zenfone 5 versi tahun 2018, memang begitu memikat baik dari spesifikasi dan juga harganya, wajar saja jika sewaktu perilisannya dulu device ini mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak dan rata-rata feedbacknya adalah positive.

Hanya satu hal yang mungkin kurang dari seri ini, yaitu adalah nama seri-nya, karena dulu pihak Sus juga pernah mengeluarkan device Android Asus dengan nama serupa, jadi sebagai dampak negatifnya, maka para penggunaanya sekarang kesulitan untuk menemukan sebuah tutorial yang pas, karena rata-rata tutorial yang ada sekarang itu merujuk ke versi Asus Zenfone 5 lawas.

Hanya sekedar ingin membantu kalian saja, disini kami punya tutorial bagaimana cara memasang TWRP pada Asus Zenfone 5 2018, tentu saja ini bukanlah TWRP versi Official, melainkan Unofficial, kalian bisa lihat disini untuk Perbedaan TWRP Official dan Unofficial.

Untuk performa TWRP-nya sendiri sudah cukup memuaskan, Bugs yang teradapat hanya pada mode MTP-nya saja yang masih tidak berfungsi, untuk fitur kuncinya seperti Flash dan Wipe, sudah bisa di gunakan dengan lancar saat ini.

Jika kalian tertarik untuk memasangkan TWRP pada  Asus Zenfone 5 ZE620KL tersebut, maka kalian harus mengikuti beberapa persyaratan di bawah ini :


# Unlock Bootloader


Karena pada kasus ini bersinggungan erat dengan Bootloader dan Fastboot, maka sudah pasti sebelum melakukan Metode ini, Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian harus sudah dalam keadaan Unlock Bootloader, disini ada 2 buah cara melakukan Unlock Bootloader tersebut, silahkan ikuti Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone 5 ZE620KL (Official).


# File TWRP


Ini yang selanjutnya, memasang TWRP di Asus Zenfone 5 ZE620KL, berarti kalian harus punya TWRP itu sendiri, kalian bisa mendownload TWRP tersebut DISINI, kami ingatkan ini adalah versi Unofficial yang bisa jadi belum Stable.


# FASTBOOT Driver


Kalian memerlukan sebuah Driver pendukung untuk bisa memasangkan TWRP ke Asus Zenfone 5 ZE620KL, carannya adalah dengan menggunakan FASTBOOT Driver, maka silahkan Download Fastboot Driver versi terbaru melalui halaman di bawah ini.



# Kabel USB


Pemasangan TWRP ini membutugkan PC sebagai medianya, karena cara kerjanya adalah dengan menggunakan Command Prompt, jadi Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian harus di hubungkan dulu ke PC dengan menggunakan kabel USB.


# USB Debugging


Untuk bisa melakukan Unlock Bootloader di Asus Zenfone 5 ZE620KL, kalian mesti mengaktfikan fitur USB Debugging terlebih dahulu, jika kalian tidak tahu caranya, silahkan ikuti tutorial di bawah ini :

# Kapasitas Baterai Minimal 30%


Tidak harus memang, tetapi syarat ini untuk menghindari agar Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian tidak mati ketika proses pemasangan TWRP sedang berlangsung, jika konksi terputus di tengah jalan, maka kami yakin Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian akan Brick.


# Asus USB Driver


Hanya untuk berjaga-jaga jika Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian tidak bisa terhubung ke PC dengan baik, maka biasanya masalah tersebut datang dari USB Driver yang tidak terinstall dengan baik, maka dari itu jika tidak terbaca silahkan Download USB Driver Asus Zenfone dan install ke PC Windows yang kalian gunakan sekarang, melalui halaman di bawah ini :



# File DM-Verity No Encryprt


File ini sangat penting keberadaannya, pastikan setelah kalian memasangkan TWRP, kalian langsung melakukan Flash terhadap File No Verity ini, File ini di buat agar tidak terjadi Bootloop setelah pemasangan TWRP, silahkan Download File DM-Verity No Encrypt (No-Verity) Terbaru, atau gunakan versi MOD DISINI, setelahnya langsung letakan di Internal Memory yang mudah untuk kalian temukan.

Jika Kalian sudah mengerti terkait Syarat yang sudah kami jelaskan di atas, maka langkah selanjutnya adalah memasangkan TWRP ke Asus Zenfone 5 ZE620KL, berikut adalah prosedur dan cara kerjanya.


# Cara Pasang TWRP di Asus Zenfone 5 ZE620KL


1. Silahkan Rename dulu File TWRP yang sudah kalian Download sebelumnya menjadi twrp.img.
2. Lalu letakan di dalam Direktori tempat Fastboot Driver berada, seperti ini :

TWRP Asus Zenfone 5 ZE620KL

3. Dalam keadaan sudah masuk ke Mode Fastboot, silahkan koneksi Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian ke PC dengan kabel USB.
4. Buka Command Prompt dan pastikan tertuju ke direktori Fastboot Driver, seperti ini :

TWRP Asus Zenfone 5 ZE620KL

5. Selanjutnya silahkan coba cek koneksi apakah Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian sudah terhubung ke PC dengan baik atau tidak, dengan memasukan perintah ini :

adb devices

Jika sudah terhubung, maka harusnya akan muncul contoh list seperti ini :

TWRP Asus Zenfone 5 ZE620KL

6. Selanjutnya silahkan masuk Mode Bootloader (Fastboot) dengan memasukan Perintah ini :

adb reboot bootloader

TWRP Asus Zenfone 5 ZE620KL

7. Tunggu hingga Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian masuk kedalam Mode Fastboot.
8. Untuk memasangkan TWRP ke Asus Zenfone 5 ZE620KL silahkan masukan perintah ini :

fastboot flash recovery twrp.img

TWRP Asus Zenfone 5 ZE620KL

Atau jika tidak berhasil kalian juga bisa memasukan perintah ini :

fastboot flash boot twrp.img

9. Jika sudah muncul pesan OKAY, berarti proses pemasangan TWRP sudah berhasil.
10. Silahkan lakukan Reboot dengan memasukan perintah ini :

fastboot reboot

11. Selanjutnya langsung saja masuk ke Mode TWRP, Jika TWRP tekunci maka solusinya ikuti CARA INI, dan jika Internal Storage tidak terbaca di TWRP, silahkan ikuiti CARA INI.
12. Jika sudah masuk ke dalam Mode TWRP, langsung Flash File DM-Verity Disabler No Encrypt (No-Verity) atau yang Versi MOD yang sudah kalian Download dan letakan di Internal Storage.
13. Jika sudah lakuakan Reboot, Booting pertama biasanya akan memakan waktu yang cukup lama.
14. Done.

Dengan demikian, harusnya saat ini TWRP sudah terpasang di Asus Zenfone 5 ZE620KL kalian, perlu kami ingatkan sekali lagi, jenis TWRP ini masih dalam tahap pengembangan dan terus di perbaharui setiap saatnya.

Tetapi, di masa depan dipastikan TWRP ini akan terus di Update hingga memiliki status Stable atau bisa jadi nantinya akan ada jenis TWRP Recovery yang berversi Official.

Namun, silahkan kunjungi Blog ini secara berkala, karena jika ada versi TWRP terbaru dari Asus Zenfone 5 ZE620KL tersebut, maka pasti akan kami Update, semoga bermanfaat.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot