RILIS ARTIKEL TERBARU

Flash Redmi 8A, Fastboot Redmi 8A, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8A, Flash Olivelite, Fastboot Olivelite, Panduan Flash Redmi 8A, Tutorial Flash Redmi 8A, Bagaimana cara Flash Redmi 8A, Download Firmware Redmi 8A, Metode Flash Redmi 8A, Proses Fastboot Redmi 8A

Seperti yang telah kalian ketahui, saat ini pihak Xiaomi memang sudah tidak lagi merilis Smartphone Android dengan seri lini Redmi dan hanya akan berfokus pada lini seri "Mi" saja, tetapi maksudnya disini bukan berarti variant Redmi tidak ada lagi.

Melainkan sekarang ini seri lini Redmi sudah dikelola secara resmi melalui Sub-Brand resmi Xiaomi dengan nama Redmi, ya Redmi! tahun lalu mereka sudah mengeluarkan seri Smartphone Android debut mereka dengan nama Redmi Note 7.

Kini pada tahun ini mereka kembali mengejutkan publik dengan merilis seri terbaru dari Redmi Note 8 Series yang belakangan ini menjadi sebuah Smartphone Android yang Hype dibicarakan.

Tetapi, perlu kalian ketahui Produk Smartphone Android Redmi itu bukan hanya seri lini Redmi Note saja, melainkan seri Redmi Reguler juga ada, buktinya setelah merilis seri Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro kepasaran, kini pihak Brand Redmi juga telah mengeluarkan seri terbaru dari suksesor lini seri Redmi 7 sebelumnya, yaitu adalah Redmi 8 Series.

Menariknya, Smartphone Android Redmi 8 Series ini masuk dan dijual secara resmi di Indonesia dengan harga yang terjangkau, selain itu hebatnya lagi Redmi 8 Series ini juga telah dibuatkan Firmware resminya untuk Regional Indonesia.

Sehingga, segala sesuatu yang ada didalam Smartphone Android satu ini, dipastikan akan sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia yang ingin memilikinya, itulah kenapa variant Redmi 8 Series tersebut diprediksi akan menjadi salah satu idola baru pada Smartphone Android kelas Entry-level.

Meski tidak menyandang nama Xiaomi lagi, faktanya Smartphone dari Brand Redmi itu masih tetap menggunakan ROM, Firmware dan Tool yang didistribusikan oleh vendor Xiaomi, sehingga disini tidak akan ada perbedaan yang terlihat terkait beragam metode dan resource yang akan digunakan, seperti yang akan kita bahas kali ini.

Baiklah, cukup basa-bsainya, disini kita akan mulai masuk pada pembahasan utama kita kali ini, yaitu terkait masalah Repairing yang akan kita lakukan pada Smartphone Android dari lini Redmi 8 Series.

Seperti yang sudah kami singgung sedikit diatas, pada faktanya mau itu Brand Redmi ataupun Xiaomi, cara untuk melakukan Flash atau biasanya disebut Fastboot tersebut tidak akan berbeda.

Hanya saja, tentu akan ada perbedaan terkait dengan bahan Firmware yang akan digunakan, sehingga artikel ini memang hanya akan khusus kami buat untuk Smartphone Android Redmi 8 Series spesifik saja, karena dilatar belakangi oleh perbedaan Resource Firmware / Fastboot ROM yang digunakan.

Tetapi sebelumnya, disini kami hanya akan memperjelas saja, bahwa Smartphone Android yang kami maksud disini ialah versi paling rendah dari variant Redmi 8 Series yaitu adalah Redmi 8A.


Metode Flash khusus untuk pengguna Redmi 8A (Olivelite)


Ya! ini adalah artikel Tutorial khusus untuk pengguna Redmi 8A saja dan tidak bisa diikuti oleh pengguna Smartphone Android Xiaomi / Redmi lain, meski demikian cara kerja Flashingnya masih tetap akan sama saja sebenarnya.

Yang membedakan hanyalah terletak pada Resource Fastboot ROM yang digunakan, karena misalnya jika kalian terapkan artikel Tutorial ini pada seri Redmi 7, maka jelas saja tidak akan bisa dilakukan, karena adanya perbedaan Struktur dari Firmware yang akan digunakan.

Itulah kenapa disini kami memiliki penekanan, bahwa cara yang akan kami sampaikan dibawah ini, memang hanya khusus diperuntukan untuk pengguna Smartphone Android Redmi 8A saja dan tidak bisa digunakan dan diikuti oleh pengguna Smartphone Android Redmi 8 (Reguler).

Karena seperti yang kalian ketahui, pada seri lini Redmi 8 Series, pihak Redmi memang mengeluarkan 2 buah variant pada seri tersebut, yaitu adalah variant Standard Redmi 8 dan variant paling murah dari seri tersebut, yaitu adalah Redmi 8A.

Sebenarnya mudah saja untuk melakukan Identifikasi terkait kedua buah jenis Smartphone Android tersebut, yaitu Redmi 8 itu memiliki Codename Olive dan Redmi 8A itu memiliki Codename Olivelite, sudah jelas?

Jika, kalian merasa belum begitu jelas dan belum begitu yakin terkait jenis Smartphone Android Redmi 8 Series yang kalian gunakan saat ini, maka silahkan lihat informasi Perbandingan dan Perbedaaan Spesifikasi dari Redmi 8 dan Redmi 8A dibawah ini :


Apakah kalian sudah yakin, bahwa kalian disini menggunakan Smartphone Android Redmi 8A? pastikan dulu betul-betul, karena jika salah, maka akan kami pastikan Tutorial dibawah ini hanya akan menimbulkan masalah untuk kalian nantinya.

Jika, kalian tetap nekad melakukannya, maka Smartphone Android kalian akan berakhir didalam masalah, maka dari itu sekali ini, Tutorial Flash / Fastboot ini hanya khusus kami buat untuk Smartphone Android Redmi 8A saja dan bukan yang lain!

Sudah jelas bukan? baiklah kita akan mulai masuk pada pembahasan Tutorial kita kali ini, pastikan semua Informasi yang akan kami sampaikan dibawah ini, agar bisa kalian serap dengan benar dan penuh dengan ketelitian.


Maksud Flash / Fastboot Redmi 8A


Jika, kalian adalah seorang pengguna Smartphone Android Redmi 8A baru atau istilahnya itu awam, maka mungkin kalian harus mengerti terkait tindakan yang akan kita lakukan dibawah ini.

  1. Flash adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh pengguna Smartphone Android terkait untuk menginstall ulang OS yang digunakan untuk beragam keperluan dengan menggunakan sebuah metode dan file khusus.

Secara singkatnya, penjelasan terkait Flash tersebut bisa kalian pahami pada pengertian yang sudah kami jelaskan diatas, sebenarnya di Smartphone Xiaomi / Redmi, tindakan Flash itu bisa juga disebut dengan Fastboot.

Fastboot sendiri memang mengacu kepada tindakan Flash, sehingga jika sebenarnya Flash dan Fastboot itu tetap sama artinya, hanya saja berbeda dalam penyebutannya saja, paham?

Lalu, apa sih fungsi dari tindakan Flash tersebut untuk Redmi 8A?


Fungsi Flash di Redmi 8A


Nah, seperti yang sudah kami singgung diatas, tindakan Flash / Fastboot tersebut adalah tindakan untuk menginstall ulang OS pada Smartphone Android bersangkutan yang ditujukan untuk beragam keperluan.

Maka, disini akan kami perjelas pengertian tersebut dalam garis besar fungsi-fungsi yang bisa didapatkan ketika kalian melakukan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi 8A, apa saja fungsi dari Flash tersebut?

  1. Untuk mengatasi beragam masalah yang muncul seperti BootloopBrickStuck dan lainnya
  2. Untuk meningkatkan versi OS MIUI yang digunakan (Upgrade)
  3. Untuk berpindah versi ROM MIUI, misal dari versi ROM China ke Global, ataupun sebaliknya
  4. Untuk menerapkan metode Clean Flash
  5. Bisa dimanfaatkan untuk mereset semua settingan dan file, hingga kembali ke settingan Standard dari OEM
  6. Bisa digunakan untuk solusi beragam masalah yang membutuhkan tindakan Fixing ataupun Repairing

Intinya, metode Flash / Fastboot yang akan kita bahas dibawah ini, merupakan sebuah hal yang sangat penting yang harus kalian ketahui dan dilakukan dengan benar, karena ada konsekuensinya, jika kalian tidak melakukannya sesuai Standard yang berlaku.

Apa saja yang tidak boleh kalian lakukan ketika ingin melakukan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi 8A tersebut?


Hal yang harus dihindari saat Flash / Fastboot Redmi 8A


Menyambung dari pembahasan diatas, disini akan kami jelaskan dulu kondisi yang harus kalian hindari ketika ingin melakukan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi 8A tersebut, karena jika kalian lakukan, maka akibatnya akan fatal, yaitu bisa Brick parah dan akan sulit untuk diperbaiki.

Apa saja, hal yang harus dihindari tersebut?

  1. Downgrade, karena System Anti-rollback telah berlaku pada Firmware Redmi 8A tersebut.
  2. Flash menggunakan Firmware yang berbeda, misalnya disini kalian menggunakan Firmware Redmi 8 (Reguler), jelas saja akan sangat berbahaya.
  3. Kalian melakukan Flash dengan sembarangan dan tidak mengikuti intruksi yang akan kami sampaikan dibawah ini dengan benar
  4. Jangan pernah melakukan Flash Firmware yang Corrupt, karena akan berakhir menjadi masalah yang serius
  5. Melakukan Flash di kondisi Smartphone masih Locked Bootloader

Jika, kalian melakukan hal yang sudah kami sebut diatas, maka akan kami pastikan bahwa Smartphone Android Redmi 8A yang kalian miliki, akan berakhir dengan kondisi yang berat permasalahannya.

Maka, pastikan kalian mengikuti tutorial yang akan kami sampaikan dibawah ini dengan benar dan pastikan semuanya sudah sesuai.

Karena, sebelum kalian melakukan tindakan Flash / Fastboot tersebut, disini kalian memerlukan beberapa persayaratan utama dan sifatnya itu harus kalian penuhi.

Apa saja persyaratan yang harus kalian penuhi tersebut? silahkan penuhi segala persiapan dan persyaratan Flash / Fastboot Redmi 8A (Olivelite) dibawah ini :


Unlock Bootloader


Seperti yang sudah kami singgung sedikit diatas, bahwa kalian tidak bisa melakukan Flash / Fastboot tersebut ketika Smartphone Android Redmi 8A kalian masih dalam kondisi Locked Bootloader, maka untuk bisa melalukan tindakan Flash tersebut, kalian harus membuat Redmi 8A yang kalian miliki ke kondisi Unlock Bootloader.

Unlock Bootloader ini sangat dibutuhkan, karena pada metode Flash-nya disini menggunakan kemampuan dari fitur Fastboot yang memang sudah ada secara default pada semua Smartphone Android, sehingga untuk bisa menggunakan kemampuan dari fitur Fastboot tersebut, maka disini kalian harus melakukan Unlock Bootloader pada Smartphone Android Redmi 8A yang kalian miliki.

Jika, kalian tidak tahu cara dalam melakukan UBL pada Redmi 8A (Olivelite) tersebut, silahkan ikuti tutorial dibawah ini :


Apakah tidak ada cara dalam melakukan Flash di Redmi 8A tanpa Unlock Bootloader?

Mungkin, pertanyaan ini akan muncul dari beberapa pengguna Smartphone Android Redmi 8A, maka jawabannya ada caranya, tetapi tidak akan kami bahas disini, karena cara tersebut terlalu berisiko dan akan sulit untuk di ikuti, apalagi jika kalian adalah seorang pengguna awam.

Cara yang kami maksud disini adalah cara dengan menggunakan Test Point, sekali lagi kami tidak akan menjelaskan cara tersebut disini.

Karena, disini kami hanya akan menggambarkan dan menjelaskan Tutorial Flash / Fastboot Redmi 8A dengan cara yang umum dan yang direkomendasikan oleh pihak Xiaomi / Redmi saja, paham?

Jika, kalian sudah mengerti, silahkan lanjutkan ke persyaratan selanjutnya.


Mi Flash Tool


Karena disini kita menggunakan Metode Flash / Fastboot di Redmi 8A dengan cara yang resmi, maka sudah jelas, berarti disini kita akan menggunakan sebuah alat (Software) resmi yang telah dirilis oleh pihak Xiaomi / Redmi yang bebas untuk kalian gunakan kapan saja.

Silahkan Download dulu aplikasi Mi Flash Tool terbaru dari halaman dibawah ini :


Atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi All in One Mi Flash Pro, tetapi dengan size yang sedikit lebih besar dari aplikasi Mi Flash Tool biasa :


Silahkan gunakan yang mana saja, karena pada dasarnya tampilan dan fitur yang ditawarkan akan sama saja, baik itu aplikasi Mi Flash Tool biasa, ataupun aplikasi Mi Flash Pro.

Setelah kalian mendownload salah satu dari 2 aplikasi Mi Flash yang sudah kami bagikan diatas, segera Install pada PC / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang.


Firmware Redmi 8A


Ini adalah bagian terpenting dari artikel tutorial yang akan kita bahas dibawah ini, karena disini kalian memerlukan sebuah Firmware Fastboot spesifik untuk Redmi 8A, yang nantinya akan di Flash / Fastboot kedalam Smartphone Android Redmi 8A dari metode yang akan kami jelaskan dibawah nantinya.

Silahkan Download dulu Firmware Redmi 8A versi terbaru, melalui halaman dibawah ini :


Pastikan kalian tidak salah memilih jenis Firmware, karena sekali lagi disini kalian hanya boleh menggunakan Firmware untuk seri Redmi 8A reguler saja, dan tidak bisa menggunakan Firmware Redmi 8 (Reguler), agar lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Flash Redmi 8A, Fastboot Redmi 8A, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8A, Flash Olivelite, Fastboot Olivelite, Panduan Flash Redmi 8A, Tutorial Flash Redmi 8A, Bagaimana cara Flash Redmi 8A, Download Firmware Redmi 8A, Metode Flash Redmi 8A, Proses Fastboot Redmi 8A

Jangan khwatir, Firmware yang kami bagikan diatas adalah jenis Firmware resmi yang didistribusikan oleh pihak Xiaomi / Redmi, jadi dipastikan akan aman dalam penggunaannya.

Jika, kalian menggunakan Smartphone Android Redmi 8A versi resmi untuk Indonesia, kami sarankan gunakan saja Firmware Redmi 8A versi Indonesia, tetapi sebenarnya kalian masih tetap akan bisa menggunakan versi Firmware yang lain dengan tanpa adanya masalah tentunya.

Selanjutnya, setelah kalian Download, umumnya File Firmware akan ber-type (.tgz) maka silahkan kalian Extract Firmware tersebut dengan aplikasi sejenis WinRAR letakan ditempat yang mudah untuk kalian temukan, lalu pastikan kalian melakukan Extract sebanyak 2 kali, hingga muncul File didalam Folder Firmware seperti ini :

Flash Redmi 8A, Fastboot Redmi 8A, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8A, Flash Olivelite, Fastboot Olivelite, Panduan Flash Redmi 8A, Tutorial Flash Redmi 8A, Bagaimana cara Flash Redmi 8A, Download Firmware Redmi 8A, Metode Flash Redmi 8A, Proses Fastboot Redmi 8A

Jika, kalian mendownload File Firmware (Fastboot ROM) Redmi 8A dengan menggunakan IDM, tetapi tidak bisa di Download, maka silahkan ikuti Tutorial Fix Download Fastboot ROM Xiaomi / Redmi dengan menggunakan IDM, yang dapat kalian ikuti pada artikel dibawah ini :


Jika, sudah silahkan lanjutkan ke persyaratan setelahnya.


USB Driver


Ini adalah hal yang juga tidak kalah penting dari sebuah Firmware, yaitu adalah USB Driver, karena dengan tanpa adanya USB Driver ini, maka Smartphone Android Redmi 8A yang akan kalian hubungkan ke PC / Laptop Windows tersebut, tidak akan terbaca pada aplikasi Mi Flash Tool / Mi Flash Pro.

Sebenarnya, USB Driver ini hanya dibutuhkan ketika Smartphone Android Redmi 8A kalian tidak bisa terbaca di aplikasi Mi Flash Tool saja, karena bisa jadi dikarenakan OS Windows yang kalian gunakan bermasalah, maka disini kalian harus memasangkan ulang USB Driver tersebut pada OS Windows.

Jika, memang demikian, silahkan Download Xiaomi / Redmi USB Driver dibawah ini :


Selanjutnya, karena disini Smartphone Android Redmi 8A menggunakan Chipset dari Processor Qualcomm Snapdragon, maka alangkah baiknya, jika kalian juga menginstall USB Driver Qualcomm tersebut pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang.


Kalau saran dari kami, silahkan install saja dulu ke-2 buah USB Driver diatas, karena hal tersebut jelas sekali akan meminimalisir resiko yang akan muncul nantinya, maka akan sangat bijak untuk kalian pasang saja dulu pada OS Windows yang kalian gunakan, tanpa menunggu masalah Redmi 8A tidak bisa terkoneksi ke OS Windows muncul.


Mode Fastboot


Selanjutnya, karena disini kita akan menggunakan Metode Flash dengan kemampuan fitur dari Fastboot yang memang sudah ada secara default pada semua Smartphone Android, maka disni kalian perlu membuat Smartphone Android Redmi 8A, masuk ke Mode Fastboot terlebih dahulu, agar nantinya bisa dilakukan tindakan Flash / Fastboot.

Jika, kalian tidak tahu caranya, silahkan ikuti cara dibawah ini :


Sampai disini, sebenarnya sudah selesai pembahasan terkait persyaratan yang akan dibutuhkan, tetapi kalau bisa kalian harus bisa memenuhi saran kami untuk Kondisi Ideal dalam melakukan Flash pada Redmi 8A tersebut.


Kondisi Ideal yang disarankan


Tujuannya, sudah jelas untuk meminimalisir resiko masalah yang akan terjadi nantinya, tetapi sebenarnya tujuan utama dari Kondisi Ideal yang akan kami sebutkan dibawah ini, ialah agar proses Flash yang kalian kerjakan bisa berjalan dengan baik dan berhasil.

Apa saja Kondisi Ideal yang kami maksud?

  1. Kapasitas Battery Redmi 8A minimal 50%.
  2. Menggunakan Kabel USB OEM (Bawaan) atau yang kualitasnya bagus.
  3. Memastikan Firmware yang di Download tidak Corrupt, karena Corrupt atau tidaknya Firmware akan ketahuan saat kalian sudah melakukan Extract File Firmware, seperti yang sudah kami jelaskan diatas.
  4. Pastikan Port USB pada PC / Laptop yang digunakan tidak bermasalah.
  5. Gunakan metode Disable Driver Signature Enforcement pada OS Windows, agar USB Driver bisa berjalan dengan semestinya.
  6. Kalau bisa gunakan OS Windows versi 64-bit, tetapi kalau tidak juga tidak masalah sebenarnya.

Sebisa mungkin, kalian pastikan bisa memenuhi Kriteria Kondisi Ideal yang sudah kami jelaskan diatas, karena umumnya, jika Kondisi Ideal diatas sudah bisa kalian penuhi, maka proses Flashing yang akan kalian lakukan akan terjamin keberhasilannya.

Nah, selesai sudah semua tahap persiapan dan persyaratan yang dibutuhkan dalam proses Flash / Fastboot untuk Redmi 8A tersebut.

Setelahnya, kini kita akan masuk pada pembahasan utama kita, yaitu adalah bagamaina sih, cara Flash Redmi 8A? silahkan simak dengan teliti dan hati-hati.


Cara Flash Redmi 8A (Olivelite)


  1. Buka aplikasi Mi Flash Tool / Mi Flash Pro (Run as Administrator)
  2. Hubungkan Redmi 8A (Mode Fastboot) ke PC / Laptop dengan Kabel USB
  3. Selanjutnya, tekan Menu Refresh pada aplikasi Mi Flash Tool, hingga muncul List Device pada bagian ini :
Flash Redmi 8A, Fastboot Redmi 8A, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8A, Flash Olivelite, Fastboot Olivelite, Panduan Flash Redmi 8A, Tutorial Flash Redmi 8A, Bagaimana cara Flash Redmi 8A, Download Firmware Redmi 8A, Metode Flash Redmi 8A, Proses Fastboot Redmi 8A
  1. Pilih lokasi Firmware yang sudah kalian Extract sebelumnya dengan menekan Tombol Select.
Flash Redmi 8A, Fastboot Redmi 8A, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8A, Flash Olivelite, Fastboot Olivelite, Panduan Flash Redmi 8A, Tutorial Flash Redmi 8A, Bagaimana cara Flash Redmi 8A, Download Firmware Redmi 8A, Metode Flash Redmi 8A, Proses Fastboot Redmi 8A
  1. Jika, Firmware sudah berhasil ter-load.
  2. Selanjutnya pilih Script Flash, kalau kami sendiri menyarankan untuk menggunakan Script Clean All, dengan konsekuensi semua File pada Internal Memory Redmi 8A akan hilang.
Flash Redmi 8A, Fastboot Redmi 8A, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8A, Flash Olivelite, Fastboot Olivelite, Panduan Flash Redmi 8A, Tutorial Flash Redmi 8A, Bagaimana cara Flash Redmi 8A, Download Firmware Redmi 8A, Metode Flash Redmi 8A, Proses Fastboot Redmi 8A
  1. Jika, sudah silahkan lakukan Flashing, caranya adalah dengan menekan Tombol Flash.
Flash Redmi 8A, Fastboot Redmi 8A, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8A, Flash Olivelite, Fastboot Olivelite, Panduan Flash Redmi 8A, Tutorial Flash Redmi 8A, Bagaimana cara Flash Redmi 8A, Download Firmware Redmi 8A, Metode Flash Redmi 8A, Proses Fastboot Redmi 8A
  1. Tunggu hingga proses Flash / Fastboot selesai, umumnya bisa memakan waktu hingga 30 Menit.
  2. Jika, muncul pesan Success pada bagian Result, maka disini kalian sudah berhasil melakukan Flash pada Redmi 8A.
  3. Setelahnya silahkan lakukan Reboot.
  4. Booting pertama membutuhkan waktu yang cukup lama, biasanya mencapai 15 hingga 20 Menit.
  5. Done!


Jika proses Flash / Fastboot gagal!


Nah, jika kalian menemukan kegagalan pada saat proses Flashing sudah berjalan, maka kami bisa bilang, bahwa kalian tidak mengikuti cara yang kami anjurkan diatas dengan benar sepenuhnya.

Karena semua persyaratan diatas, baik itu dalam Kondisi Ideal yang harus dicapai, semua hal tersebut akan menjamin tingkat keberhasilan dari proses Flash tersebut, maka silahkan ulangi membaca guide yang sudah kami sebutkan diatas, dan pastikan tidak ada yang tertinggal satu pun.

Hal tersebut dikarenakan, semua hal yang sudah kami jelaskan diatas adalah Standard Resmi yang harus dipenuhi, ketika kalian ingin melakukan tindakan Flash pada Smartphone Android Redmi 8A tersebut.

Bagaimana? apakah kalian sudah berhasil melakukan Flash / Fastboot tersebut? harusnya dari artikel yang telah kami tulis diatas sudah cukup jelas terkait penggambaran tata cara kerja untuk melakukan Fastboot / Flash di Redmi 8A tersebut.

Sebenarnya mudah saja rahasia keberhasilan dari Metode Flash yang kami jelaskan diatas, yaitu adalah ketika kalian bisa memenuhi semua Persyaratan diatas sepenuhnya dan kalian bisa mencapai atau memenuhi Kondisi Ideal yang telah kami sebutkan diatas.

Maka seharusnya, Metode Flash Redmi 8A tersebut bisa berjalan dengan lancar tentunya, selain itu hal yang harus kalian ketahui adalah terkait lamanya Proses Flashing tersebut berjalan, umumnya hanya akan membutuhkan waktu 15 menit saja paling lamanya.

Biasanya Proses Flash tersebut hanya berjalan kurang dari 5 Menit saja, tetapi jika sudah lebih dari 30 Menit dan Proses Flashing belum selesai juga, maka sudah jelas ada masalah yang terjadi disini dan sifatnya bisa jadi akibat Human Error atau bisa jadi juga karena penggunaan Resource (Aplikasi Mi Flash dan Firmware Fastboot) yang rusak (Corrupt).

Itulahj kenapa disini kami menyarankan kalian untuk memenuhi Kondisi Ideal yang sudah kami gambarkan diatas, karena semua hal tersebut akan membimbing kalian ke arah suksesnya Proses Flashing tersebut dilakukan.

Akhir kata, semoga artikel Tutorial Redmi 8A diatas bisa bermanfaat untuk kalian, semua masalah yang kalian hadapi terselesaikan dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot