RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A Olivelite, UBL Olivelite, Bootloader Redmi 8A, Unlocking Redmi 8A, Cara Unlock Bootloader Redmi 8A, Panduan UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A, Tutorial UBL Redmi 8A, Bootloader Redmi 8A, Maksud UBL Redmi 8A, Cara Melakukan UBL Redmi 8A, Kenapa Redmi 8A Unlock Bootloader, Redmi 8A UBL perlukah

Setelah resmi mengumumkan variant terbaru dan menjadi andalan untuk lini seri Brand Redmi, yaitu adalah Redmi Note 8 Series, kini pihak Xiaomi melalui Sub-Brand yang mereka miliki yaitu Redmi kembali merilis sebuah suksesor dari lini seri Reguler Redmi yang menjadi suksesor dari seri sebelumnya yaitu adalah Redmi 7 Series.

Ya! Smartphone Android terbaru dari Redmi tersebut ialah lini seri Redmi 8 Series, tetapi disini yang akan kita bahas bukanlah berasal dari varian regulernya, melainkan datang dari variant paling rendah dari Redmi 8 Series tersebut, yaitu adalah Redmi 8A.

Seperti yang kalian ketahui, setiap tahunnya pihak Xiaomi dan sekarang diteruskan oleh Brand Redmi, selalu saja mengeluarkan lini seri Smartphone Android murah yang bermutu bagus dan memiliki rentang harga yang sangat kompetitif dan bahkan tidak ada lawan dikelasnya, yaitu adalah datang dari seri Redmi "A".

Sejak dulu, Smartphone dengan seri Redmi A tersebut memang bisa sangat sukses dipasaran, karena pihak Xiaomi mampu membuat sebuah Smartphone Android bertenaga dan memiliki kualitas fitur kamera yang sangat bagus dan hal ini tetap dilanjutkan hingga keseri paling baru tersebut, yaitu adalah Redmi 8A.

Hebatnya lagi, pada Redmi 8A, kalian tidak akan lagi menemukan sebuah Desain Smartphone Android murah yang pasaran dan membosankan, karena Redmi 8A kini sudah hadir dengan tampilan yang lebih Modern, sebut saja dengan Desain Notch (Poni) dan juga memiliki Desain yang sangat unik dan tidak pasaran pada bagian case belakang Smartphone Android tersebut.

Selanjutnya, meski sudah tidak menggunakan nama Xiaomi lagi, faktanya Smartphone Android dari Redmi 8A tersebut tetap dijual dengan harga yang sangat murah, bahkan sama saja seperti seri Redmi "A" lainnya, yaitu dijual dengan harga kurang dari 1.5 jutaan saja.

Menariknya pada Redmi 8A tersebut, dengan rentang harga kurang dari 1.5 jutaan tersebut, maka kalian bisa memiliki sebuah Smartphone Android dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 439, RAM 2/3GB dan dengan Kapasitasn Baterai 5000mAh!

Diatas kertas Smartphone Redmi 8A tersebut memang hampir tidak terkalahkan pada sektor Kelas Entry-level, sehingga dapat diprediksi, bahwa Redmi 8A akan menjadi salah sebuah Smartphone Idola yang ada pada kelas Entry-level, karena memang hadir dengan Spesifikasi dan harga yang sangat menjanjikan (Best Value).

Meski tidak menggunakan embel-embel nama Xiaomi lagi, pada faktanya Smartphone Android dari Brand Redmi tersebut tetaplah sama seperti Smartphone Android Xiaomi pada umumnya, karena masih tetap sama-sama menggunakan ROM MIUI dan tentu saja untuk segala Metode, Resource (Firmware & ROM) dan Tool yang digunakan tetap sama persis dengan Smartphone Android Xiaomi pada umumnya.

Sehingga, memang tidak ada bedanya antar Brand Redmi ataupun Xiaomi tersebut, maka apa yang akan kita bahas kali ini sebenarnya memang sama saja seperti yang ada pada Smartphone Android Xiaomi kebanyakan, yaitu adalah terkait masalah Unlock Bootloader.

Namun, disini kami tetap membuat artikel ini khusus untuk membahas satu buah seri Smartphone Android Redmi 8A saja, dengan alasan mungkin ada beberapa informasi yang kami tulis dibawah ini yang memang khusus hanya bisa digunakan oleh Smartphone Android Redmi 8A saja.


Artikel ini khusus untuk pengguna Redmi 8A (Olivelite)


Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, pada faktanya melakukan Unlock Bootloader (UBL) pada Redmi 8A itu sama saja metode dan cara kerjanya, seperti Smartphone Android Xiaomi pada umumnya.

Hanya saja, disini kami tetap membuat artikel ini menjadi khusus untuk seri Redmi 8A saja, dengan alasan agar artikel ini menjadi murni dan memang hanya khusus peruntukannya, sehingga kalian tidak perlu khwatir terkait kesalahan informasi yang ada didalam artikel yang akan kami tulis dibawah ini.

Selain itu, pada faktanya pada seri Redmi 8 tersebut, pihak Redmi sebenarnya merilis 2 buah versi pada Redmi 8 Series tersebut, yaitu adalah seri Reguler Redmi 8 dan seri yang akan kita bahas kali ini, yaitu adalah Redmi 8A.

Dari nama memang terlihat mirip, tetap sebenarnya kedua buah Smartphone Android ini berbeda, jika kita lihat dari Desain, Spesifikasi dan Device Info-nya, tentu saja akan berbeda.

Umumnya Redmi 8A itu memiliki Codename Olivelite dan Redmi 8 itu memiliki Codename Olive, jika kalian masih kesulitan untuk membedakan kedua buah Smartphone ini, silahkan pelajari Perbedaan Spesifikasi antara Redmi 8 dan Redmi 8A dibawah ini :


Setelah, kalian sudah selesai melakukan Identifikasi dan setelahnya kalian sudah yakin bahwa Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang adalah Redmi 8A, maka kalian sudah siap untuk bisa mengikuti Tutorial yang akan kami bahas dibawah ini.

Tetapi, sebelum itu jika kalian adalah pengguna baru Smartphone Android ataupun seorang pengguna awam, yang memang ingin melakukan Unlock Bootloader, tetapi tidak tahu terkait apa yang akan kalian lakukan, mungkin beberapa informasi dibawah ini akan bisa menambah wawasan yang untuk kalian.


Maksud Unlock Bootloader


Hal pertama yang harus kalian pahami adalah semua Smartphone Android Redmi itu, tidak terkecuali seri Redmi 8A itu dijual dengan kondisi Locked Bootloader.

Jika, kalian ingin membuka Potensi penuh dari Smartphone Android Redmi 8A kalian, maka kalian harus melakukan UBL (Unlock Bootloader) dengan cara resmi yang sudah direkomendasikan oleh pihak Xiaomi / Redmi.

  1. Unlock Bootloader sendiri memiliki maksud terkait dengan tindakan pengguna dalam membuka kunci pada Bootloader, agar bisa dicustom dan agar tidak terbatas hanya kepada Standard Settings dari OEM saja.

Sehingga, kaitan Unlock Bootloader sangat terkait pada masalah Untung dan Rugi dalam melakukannya, untuk memhami Kekurangan dan Kelebihan Unlock Bootloader pada Redmi 8A tersebut, silahkan pelajari hal dasarnya dibawah ini.


Untung & Rugi UBL Redmi 8A


Melanjutnya dari pembahasan diatas, disini kami akan menjelaskan sedikit terkait keuntungan jika kalian melakukan UBL pada Redmi 8A tersebut, yang Kelebihannya bisa kita rangkum pada Point dibawah ini :

  1. Untuk mengaktifkan fitur Fastboot
  2. Untuk mendapatkan akses ROOT
  3. Agar bisa menggunakan Custom ROMKernelRecovery (TWRP)
  4. Agar bisa merubah Settingan Standard dari OEM
  5. Agar bisa menggunakan beragam Mod dan Tweak untuk menunjang Performa secara Custom
  6. Penggunaan Smartphone Redmi 8A akan lebih Flexible, karena tidak dibatasi lagi
  7. Kalian bisa melakukan Repairing, seperti Flashing secara Individual

Jika, kita lihat dari Kelebihan terhadap Keuntungan dalam melakukan UBL pada Redmi 8A diatas, tentu saja kalian akan mendapatkan hal istimewa jika melakukan Unlock Bootloader tersebut.

Tetapi, pada dasarnya tetap ada Kekurangan yang bisa kalian temui, jika melakukan UBL tersebut dan ini sudah menjadi Konsekuensinya, apa saja Kekurangan UBL Redmi 8A? berikut adalah Pointnya :

  1. Garansi Distributor / Resmi hilang
  2. System Keamanan pada OS akan sedikit lebih longgar
  3. Berisiko rusak, jika penggunaan tidak benar dan hati-hati

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, pada faktanya melakukan UBL pada Redmi 8A tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi kalau kami sendiri, maka kami akan memilih kondisi Unlock Bootloader.

Karena, dari kondisi memang akan sangat kami perlukan, lalu bagaimanakan dengan kalian?

Jika, kalian sudah menentukan untuk melakukan Unlock Bootloader pada Redmi 8A, maka silahkan ikuti Guide (Panduan) dibawah ini.

Karena disini akan kami jelaskan secara lengkap dan rinci, terkait Persyaratan dan Cara kerja untuk melakukan UBL pada Redmi 8A tersebut, baiklah mari kita mulai pembahasan yang menjadi topik utama kita sekarang ini.

Pastikan semua, hal yang akan kami jelaskan dibawah ini, bisa kalian ikuti sepenuhnya, seperti Persyaratan Utama yang diperlukan dan Kondisi Ideal yang harus digunakan, karena faktor inilah sangat krusial untuk menentukan apakah kalian akan berhasil melakukan UBL pada Redmi 8A atau tidak.

Selanjutnya, jika memang setelahnya terdapat sebuah masalah, katakanlah Error, pada bagian bawah artikel ini, kami juga telah menyediakan referensi solusi dari beragam masalah yang mungkin nantinya akan kalian temui.

Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita masuk kedalam pokok pembahasan utama kita sekarang ini.


Buat Mi Account


Hal, pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan membuat Mi Account, melalui Smartphone Android Redmi 8A kalian terlebih dahulu, untuk membuatnya mudah sekali, kalian hanya perlu masuk ke Menu Settings >> Account dan buat Mi Account baru.

Jika, kalian sudah punya Mi Account, silahkan lanjutkan ke tahap yang selanjutnya.


Integrasi Mi Account


Disini, Point utama dalam melakukan Unlock Bootloader pada Redmi 8A adalah terkait masalah Integrasi Mi Acoount yang telah kalian miliki, karena kalian baru akan bisa melakukan UBL pada Redmi 8A, jika Mi Account kalian sudah terintegrasi pada System MIUI.

Maka, berikut adalah langak dalam melakukan Integrasi Mi Account tersebut :

  1. Masuk pada alamat situs ini https://en.miui.com/unlock/ ,kemudian pilih atau tekan Button Unlock, seperti ini :
Cara UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A Olivelite, UBL Olivelite, Bootloader Redmi 8A, Unlocking Redmi 8A, Cara Unlock Bootloader Redmi 8A, Panduan UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A, Tutorial UBL Redmi 8A, Bootloader Redmi 8A, Maksud UBL Redmi 8A, Cara Melakukan UBL Redmi 8A, Kenapa Redmi 8A Unlock Bootloader, Redmi 8A UBL perlukah
  1. Setelahnya silahkan Login dengan menggunakan Mi Account yang telah kalian miliki, pastikan Mi Account tersebut sama dengan yang sudah Login pada System Redmi 8A.
Cara UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A Olivelite, UBL Olivelite, Bootloader Redmi 8A, Unlocking Redmi 8A, Cara Unlock Bootloader Redmi 8A, Panduan UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A, Tutorial UBL Redmi 8A, Bootloader Redmi 8A, Maksud UBL Redmi 8A, Cara Melakukan UBL Redmi 8A, Kenapa Redmi 8A Unlock Bootloader, Redmi 8A UBL perlukah
  1. Jika, sudah Login, silahkan keluar saja dari Halaman situs tersebut dan lanjutkan tahap Integrasi selanjutnya.
  2. Selanjutnya, silahkan aktifkan Fitur Mode Developers dulu pada Redmi 8A yang kalian miliki dengan mengikuti panduan dibawah ini :
  1. Setelahnya, silahkan masuk ke aplikasi Settings dan cari menu Mode Pengembang (Developer Options)
  2. Silahkan centang / aktifkan dulu opsi Developer OptionsUSB Debugging dan OEM Unlock (Jika ada).
  3. Selanjutnya, silahkan masuk pada Menu Mi Unlock Status dan tekan Add Account and Device, jika berhasil terintegrasi, maka akan muncul pemberitahuan seperti ini :
Cara UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A Olivelite, UBL Olivelite, Bootloader Redmi 8A, Unlocking Redmi 8A, Cara Unlock Bootloader Redmi 8A, Panduan UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A, Tutorial UBL Redmi 8A, Bootloader Redmi 8A, Maksud UBL Redmi 8A, Cara Melakukan UBL Redmi 8A, Kenapa Redmi 8A Unlock Bootloader, Redmi 8A UBL perlukah
  1. Jika, belum berhasil terasosiasi, silahkan coba terus, umumnya bisa memakan waktu hingga 48 Jam agar bisa terintegrasi.
  2. Setelah, berhasil melakukan Integrasi Mi Account, maka selanjutnya silahkan lengkapi kebutuhan dalam Metode UBL dibawah ini.



Download Mi Flash Unlock


Perlu kami tekankan disini, metode ini membutuhkan sebuah Perangkat Komputer dalam kasus ini adalah Komputer dengan OS Windows, sehingga pastikan kalian punya Media ini, karena tanpa adanya PC / Laptop, maka mustahil metode Unlock Bootloader ini akan bisa dijalankan.

Disini, kita perlu sebuah aplikasi khusus dan resmi yang telah dibuat oleh pihak Xiaomi / Redmi dalam untuk melakukan tindakan UBL tersebut, aplikasi tersebut bernama Mi Flash Unlock.

Silahkan Download dan gunakan aplikasi Mi Flash Unlock versi terbaru, dari halaman dibawah ini :


Setelahnya, langsung Install saja di PC / Laptop Windows yang kalian miliki.


Redmi USB Driver


Nah, agar Smartphone Android Redmi 8A kalian bisa terhubung ke PC / Komputer Windows, maka disini kalian memerlukan sebuah USB Driver khusus untuk Smartphone Redmi tersebut.

Sebenarnya, langkah ini Optional saja, tetapi untuk meminimalisir resiko kegagalan UBL, lebih baik kalian pasang saja dulu USB Driver Redmi tersebut, silahkan Download melalui halaman dibawah ini :



Fastboot Mode


Dalam metodenya, disini kalian memerlukan Mode Fastboot untuk bisa melakukan Unlock Bootloader tersebut dan ini sudah menjadi salah satu Syarat Utamanya, jika kalian bingung bagaimana cara Masuk ke Mode Fastboot pada Redmi 8A yang kalian miliki, silahkan ikuti tutorial dibawah ini :



Kondisi yang harus kalian penuhi


Sebenarnya, persyaratan utama dalam melakukan UBL pada Redmi 8A sudah selesai kami bahas diatas, tetapi hanya untuk memperjelas saja, bahwa kalian juga harus mengikuti kondisi Ideal dalam melakukan Unlock Bootloader tersebut, agar terhindar dari faktor resiko yang merugikan.

Sehingga, silahkan sebisa mungkin ikuti Rekomendasi Kondisi Ideal dibawah ini :

  1. Kapasitas Battery minimal 50%
  2. Menggunakan Kabel USB bawaan atau yang memiliki Kualitas yang baik
  3. Memiliki Koneksi Internet yang baik dan stabil
  4. Melakukan Disable Driver Signature Enforcement
  5. Pastikan Port USB pada Komputer / Laptop kalian tidak bermasalah
  6. Disarankan menggunakan OS Windows 64-bit (Optional)
  7. Pastikan semua Syarat diatas sudah terpenuhi

Stop sampai sini dulu! pastikan semua hal diatas sudah benar dan pastikan sudah kalian lakukan seperti yang sudah kami sebutkan dan jelaskan diatas, karena pada tahap akhir ini, kami tidak akan menjelaskan secara rinci lagi.

Karena kami hanya akan langsung pada Pointnya saja, sehingga jika kalian ingin mengikuti tutorial ini, tetapi kalian masih awam dalam melakukannya, pastikan kalian baca dulu semua Panduan yang sudah kami sebutkan dan jelaskan di awal tulisan artikel ini.

Jika, kalian sudah siap untuk melakukan Unlock Bootloader pada Redmi 8A, silahkan ikuti panduannya dibawah ini :


Cara Unlock Bootloader Redmi 8A (Olivelite)


  1. Buka aplikasi Mi Flash Unlock (Run as Administator).
  2. Silahkan Login dengan Mi Account yang kalian miliki, pastikan Login dengan Mi Account yang sudah kalian Integrasikan pada tahap sebelumnya.
Cara UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A Olivelite, UBL Olivelite, Bootloader Redmi 8A, Unlocking Redmi 8A, Cara Unlock Bootloader Redmi 8A, Panduan UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A, Tutorial UBL Redmi 8A, Bootloader Redmi 8A, Maksud UBL Redmi 8A, Cara Melakukan UBL Redmi 8A, Kenapa Redmi 8A Unlock Bootloader, Redmi 8A UBL perlukah
  1. Buat Redmi 8A kalian, masuk kedalam Mode Fastboot.
  2. Setelahnya, hubungkan Redmi 8A kalian ke PC / Laptop Windows dengan Kabel USB.
  3. Jika, Redmi 8A kalian sudah terbaca koneksinya di aplikasi Mi Flash Unlock.
  4. Silahkan lakukan UBL dengan menekan Tombol Unlock.
Cara UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A Olivelite, UBL Olivelite, Bootloader Redmi 8A, Unlocking Redmi 8A, Cara Unlock Bootloader Redmi 8A, Panduan UBL Redmi 8A, UBL Redmi 8A, Tutorial UBL Redmi 8A, Bootloader Redmi 8A, Maksud UBL Redmi 8A, Cara Melakukan UBL Redmi 8A, Kenapa Redmi 8A Unlock Bootloader, Redmi 8A UBL perlukah
  1. Tunggu hingga proses selesai.
  2. Jika, sudah sukses melakukan UBL dengan aplikasi Mi Flash Unlock.
  3. Silahkan Reboot, Redmi 8A kalian.
  4. Booting pertama mungkin akan memakan waktu yang cukup lama.
  5. Done!


Proses Unlock Bootloader Gagal!


Jika, kalian menemukan masalah seperti ini, tidak perlu khwatir, karena biasanya memang sangat jarang ditemukan proses Unlock Bootloader pada Smartphone Xiaomi / Redmi, berhasil dalam 1 kali percobaan saja.

Sebenarnya hal ini wajar saja, karena System MIUI memerlukan beberapa waktu untuk mengalokasikan Data dari Smartphone Redmi 8A yang sudah kalian Integrasikan sebelumnya, sehingga waktu Ideal dari System MIUI ini untuk membaca dan melakukan Integrasi Mi Account kalian adalah berkiasar antara 36 Jam72 Jam360 Jam dan bahkan 720 Jam!

Sehingga, sabar saja dulu, biasanya masalah seperti ini memunculkan Status Error "Binding time too short, less than ...... ", jika menemukan Error Logs seperti ini, maka kalian hanya perlu menunggu saja hingga waktu Binding selesai. Setelahnya, dipastikan kalian sudah bisa melakukan Unlock Bootloader dengan kondisi seharusnya.

Tetapi, jika yang muncul bukan Error Binding Time? berarti terdapat masalah Teknis yang harus kalian perbaiki dulu.

Silahkan baca referensi untuk mengatasi Gagal Unlock Bootloader Smartphone Android Xiaomi / Redmi, pada halaman dibawah ini :


Silahkan, pelajari hal diatas, jika kalian menemukan beragam Error terkait metode Unlock Bootloader pada Smartphone Android Redmi 8A tersebut.

Seharusnya, artikel Referensi yang sudah kami bagikan diatas, itu sudah lebih dari cukup untuk mengatasi beragam masalah yang terjadi pada saat melakukan UBL pada Redmi 8A.


Cara Cek Status Unlock Bootloader


Setelah kalian sukses melakukan metode Unlock Bootloader diatas, seharusnya sekarang ini Redmi 8A kalian sudah dalam kondisi Unlock Bootloader, tetapi jika kalian masih ingin memastikan Kondisi Bootloader pada Smartphone Android Redmi 8A yang kalian miliki.

Kalian bisa saja mengetahui Informasi dari Bootloader Redmi 8A dengan cara masuk pada aplikasi Settings, lalu masuk ke dalam Opsi Developer Options (Opsi Pengembang), setelahnya silahkan buka menu Mi Unlock Status.

Jika, pada menu tersebut bertuliskan This device is Unlocked, berarti kondisi Bootloader pada Redmi 8A kalian, memang sudah berkondisi Unlock Bootloader.

Selanjutnya, silahkan gunakan kondisi Unlock Bootloader ini dengan sebaik mungkin, seperti apakah kalian ingin memasang Custom Recovery (TWRP), melakukan ROOT atau melakukan tindakan Upgrade atau Flash, semua hal tersebut sudah bisa kalian lakukan dengan mudah melalui kondisi Unlock Bootloader tersebut.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan terkait Tutorial Cara UBL Redmi 8A tersebut, jika saat ini kalian belum bisa berhasil melakukan UBL tersebut, maka mungkin kalian harus menunggu terlebih dahulu.

Karena seperti yang sudah kami singgung diatas, pada faktanya tantangan terakhir yang harus kalian lewati, setelah selesai mengikuti semua arahan dan saran yang telah kami tuliskan diatas, ialah melewati masa Binding tersebut, umumnya mungkin akan membutuhkan waktu berhari-hari agar kalian bisa sukses dalam melakukan UBL tersebut.

Selanjutnya, pada kasus ini kalian tidak akan bisa berbuat apa-apa lagi, selain menunggu waktu binding tersebut selesai, jika sudah selesai itupun mungkin tidak langsung bisa berhasil untuk melakukan UBL tersebut.

Mungkin satu hari setelah waktu Binding selesai, baru kalian akan bisa berhasil melakukan Unlock Bootloader pada Redmi 8A tersebut, tetapi jika belum berhasil juga, mungkin kalian harus mempertimbangkan untuk menggunakan versi aplikasi Mi Flash Unlock versi terdahulu.

Jika kalian sudah mengalami kebuntuan, kami siap membantu kalian untuk memberikan saran, silahkan hubungi kami melalui alamat Email yang telah kami sertakan pada halaman contact tersebut, jika kalian bertanya dengan etika yang baik, pasti akan kami balas jika memang tidak ada kesibukan.

Akhir kata, melakukan UBL pada Redmi 8A tersebut memang cukup memakan waktu yang panjang dalam prosesnya, tetapi semua itu pasti akan berakhir pada kesuksesan, asalkan kalian bisa sabar, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot