RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara masuk mode Fastboot Xiaomi


Sama seperti device Android kebanyakan di luar sana, device Xiaomi sendiri juga di bekali dengan system Fastboot, di mana di ketahui system Fastboot ini dapat di manfaatkan dalam berbagai macam kepentingan, salah satunya adalah untuk melakukan flash ulang firmware pada device tersebut, namun tahukah kalian bagaimana cara mengakses mode Fastboot tersebut secara manual atau otomatis?

Umumnya mode Fastboot ini dapat di akses kapan saja, jika masih ada daya baterai pada smartphone kalian, memasuki mode Fastboot ini juga terhitung gampang, namun perlu kalian ketahui dengan masuknya kalian ke mode Fastboot maka langkah selanjutnya di butuhkan kemampuan PC atau Laptop untuk bisa menggunakan mode Fastboot ini seperti melakukan flash ulang atau bahkan menginstall tool seperti TWRP hingga Custom Kernel.

Mode Fastboot ini dapat di akses oleh semua jenis smartphone Xiaomi meski dalam keadaan Locked Bootloader kalian masih tetap bisa masuk pada mode ini, hanya saja pada kondisi Locked Bootloader, mode ini tidak bisa di gunakan secara biasa, karena mode ini memang khusus di peruntukan untuk device yang sudah Unlock Bootloader.

Sejauh ini ada 2 buah cara yang paling efektif dan tepat untuk masuk ke mode Fastboot Xiaomi pada device Xiaomi, cara yang pertama adalah dengan mematikan (Power Off) device kalian terlebih dahulu hingga benar-benar mati total, selanjutnya pada kondisi mati total ini kalian bisa menekan tombol Volume Down (-) dan Power bersamaan, dan seketika itu juga otomatis kalian akan di bawa pada mode Fastboot Xiaomi.

Lalu, cara yang kedua adalah dengan menggunakan kemampuan ADB pada PC atau Laptop kalian, cara ini dapat kalian lakukan jika tombol Volume Down atau Power kalian bermasalah, langkahnya antara lain adalah :
1. Download dan Install dulu ADB Driver pada device kalian.
2. Silahkan buka Command Prompt (CMD) pada direktori driver ABD yang sudah kalian install.
3. Dalam keadaan smartphone menyala, koneksikan device kalian ke PC dengan USB.
4. Ketika perintah "adb devices", lalu setelah device kalian terbaca, masukan perintah "adb reboot bootloader", secara otomatis device kalian sudah masuk dalam mode Fastboot.

Ciri-ciri device kalian sudah masuk dalam mode Fastboot adalah dengan munculnya sebuah gambar kelinci yang memperbaiki robot Android dan di barengi di bawahnya tulisan Fastboot, sampai sini kalian sudah berhasil masuk mode Fastboot, langkah selanjutnya tinggal kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian, seperti apakah akan melakukan flash ulang atau bahkan menginstall TWRP, untuk cara keluar dari Fastboot mode Xiaomi ini juga sama gampangnya seperti cara memasuki mode tersebut.

Namun, sekali lagi ingat! bahwa mode Fastboot ini hanya akan berkerja jika device Xiaomi kalian sudah berada di kondisi Unlock Bootloader, dan hal ini berlaku pada semua jajaran smartphone Xioami setelah seri Xiaomi Mi4C keatas, di bawah periode tersebut, kalian masih bisa menggunakan mode Fastboot tersebut secara leluasa.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment