RILIS ARTIKEL TERBARU :

Flash Redmi 8, Fastboot Redmi 8, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8, Flash Ginkgo, Fastboot Olive, Panduan Flash Redmi 8, Tutorial Flash Redmi 8, Bagaimana cara Flash Redmi 8, Download Firmware Redmi 8, Metode Flash Redmi 8, Proses Fastboot Redmi 8

Saat ini ditanah air kita tercinta ini, kita kedatangan sebuah Smartphone Android baru lagi yang tentu saja masuk secara resmi, hal ini tentu saja menjadi kabar yang sangat menggembirakan, karena seperti yang kalian ketahui, dimulai dari tahun 2020 nanti, kita tidak akan bisa lagi menggunakan Smartphone Android Illegal (non-resmi) karena tidak akan lagi mendapatkan Signal Selular.

Nah, keberadaan Smartphone Resmi yang masuk di Indonesia ini memang patut untuk kita apresiasi dan hebatnya lagi Smartphone ini berasal dari Brand Smartphone Android yang sebelumnya memang jarang mendisitribusikan Smartphone buatan mereka ke Indonesia.

Ya! siapa lagi kalau bukan Xiaomi, meski demikian Smartphone yang akan kita bahas kali ini bukanlah datang dari Brand Xiaomi, melainkan Sub-Brand nya yaitu adalah Redmi dan Samrtphone Android yang kami maksud sebelumnya yaitu adalah Redmi 8!

Seperti yang telah kalian ketahui, seri Brand Redmi ini memang tengah naik daun namanya di negeri kita ini, karena bukan Xiaomi namanya jika tidak bisa menghadirkan Smartphone Android sangar tetapi dijual dengan harga yang kompetitif.

Jika sebelumnya variant baru dari lini seri Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro hadir secara resmi di Indonesia dengan menyasar Segmentasi Pasar Kelas Menengah, maka berbeda dengan seri lini Redmi 8 tersebut.

Karena, Smartphone Android ini akan resmi dijual untuk menyasar kelas Entry-level dengan harga yang sangat bersaing, bahkan harga yang dirilis oleh pihak Xiaomi kepada Redmi 8 tersebut, tidak berbeda jauh dari seri sebelumnya, yaitu adalah Redmi 7.

Maka dengan demikian, jika kalian mencari Smartphone Android dengan harga kurang dari 2 juta rupiah, maka salah satu pilihan terbaik memanglah seri Redmi 8, karena Redmi 8 mampu hadir dengan Desain yang tidak pasaran dan tentu saja ditenagai dengan Spesifikasi yang sangat mumpuni, sehingga terasa akan sulit untuk disaingi, jika perspektif kalian adalah Spesifikasi tanpa memandang nama Brand.

Perlu kalian ketahui sebelumnya, meski kini Redmi telah berpisah dengan Xiaomi, tetapi pada kenyataannya yang berpisah itu hanya nama Brand-nya saja, untuk Support dan beragam Metode yang bisa dimanfaatkan untuk beragam tindakan tersebut, masih tetap sama saja seperti Smartphone Android Xiaomi kebanyakan.

Karena Redmi 8 juga masih tetap menggunakan ROM MIUI dan tentu saja, segala sesuatu terkait permasalahan Maintenance, Repairing dan Maintenance akan sama saja seperti Smartphone Xiaomi pada umumnya.

Tetapi, sebelum kalian mengikuti Tutorial yang akan kami jelaskan dibawah ini, disini kami hanya akan menekankan satu hal, agar kalian tidak salah dalam mengikuti Tutorial Flashing untuk Redmi 8 tersebut, yaitu adalah sebagai berikut.


Khusus untuk pengguna Redmi 8 (Olive)


Ya! artikel Tutorial yang akan kami tulis dibawah ini memang dikhususkan untuk pengguna Redmi 8 saja dan tidak bisa diikuti oleh Smartphone Android Xiaomi atau Redmi lainnya, karena ada perbedaan yang sangat jelas terkait bahan Firmware yang akan digunakan.

Selian itu pada faktanya, pihak Xiaomi melalui Sub-Brand mereka Redmi itu memang merilis 2 buah seri untuk Redmi 8 tersebut, yaitu adalah seri Reguler Redmi 8 yang akan kita bahas kali ini dan Redmi 8A yang menjadi seri paling bawah di tingkatan kasta pada lini seri Redmi 8 tersebut.

Nah, pada kasus ini harus kalian pastikan sebelumnya, bahwa kalian tidak boleh salah dalam melakukan Identifikasi jenis dan seri Smartphone Android Redmi 8 Series tersebut, jika kalian pengguna Redmi 8A, maka sudah jelas artikel yang kami tulis dibawah ini, peruntukannya bukan untuk kalian.

Melainkan, khusus untuk pengguna Redmi 8 dengan Codename Olive saja, agar kalian tidak bingung, mungkin kalian harus melihat Perbedaan dan Perbandingan dari Redmi 8 dan Redmi 8A yang sudah kami tulis dibawah ini :


Bagaimana? apakah kalian sudah bisa memastikan bahwa Smartphone Android yang kalian pakai saat ini adalah seri Redmi 8 (Olive)?

Jika iya, maka kalian sudah siap untuk bisa mengikuti Tutorial yang akan kami jelaskan dibawah ini, karena sifatnya yang sangat Teknis, pastikan semua hal dibawah ini bisa kalian ikuti semuanya dengan sama persis.

Lalu, tentu saja dalam pengerjaannya harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh ketelitian, karena jika salah dalam mengaplikasikan langkah yang telah kami jelaskan, maka konsekuensinya mungkin akan beras dan akan cenderung merugikan.

Mungkin banyak dari kalian (pengguna baru / awam) yang bingung terkait apa yang akan kita praktekan dibawah ini, maka mungkin sedikit Informasi dibawah ini bisa membantu kalian, apa sih Flash / Fastboot tersebut ?


Maksud Flash / Fastboot Redmi 8


Jika, kalian adalah seorang pengguna Smartphone Android Redmi 8 baru atau istilahnya itu awam, maka mungkin kalian harus mengerti terkait tindakan yang akan kita lakukan dibawah ini.

  1. Flash adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh pengguna Smartphone Android terkait untuk menginstall ulang OS yang digunakan untuk beragam keperluan dengan menggunakan sebuah metode dan file khusus.

Secara singkatnya, penjelasan terkait Flash tersebut bisa kalian pahami pada pengertian yang sudah kami jelaskan diatas, sebenarnya di Smartphone Xiaomi / Redmi, tindakan Flash itu bisa juga disebut dengan Fastboot.

Fastboot sendiri memang mengacu kepada tindakan Flash, sehingga jika sebenarnya Flash dan Fastboot itu tetap sama artinya, hanya saja berbeda dalam penyebutannya saja, paham?

Lalu, apa sih fungsi dari tindakan Flash tersebut untuk Redmi 8?


Fungsi Flash di Redmi 8


Nah, seperti yang sudah kami singgung diatas, tindakan Flash / Fastboot tersebut adalah tindakan untuk menginstall ulang OS pada Smartphone Android bersangkutan yang ditujukan untuk beragam keperluan.

Maka, disini akan kami perjelas pengertian tersebut dalam garis besar fungsi-fungsi yang bisa didapatkan ketika kalian melakukan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi 8, apa saja fungsi dari Flash tersebut?

  1. Untuk mengatasi beragam masalah yang muncul seperti BootloopBrickStuck dan lainnya
  2. Untuk meningkatkan versi OS MIUI yang digunakan (Upgrade)
  3. Untuk berpindah versi ROM MIUI, misal dari versi ROM China ke Global, ataupun sebaliknya
  4. Untuk menerapkan metode Clean Flash
  5. Bisa dimanfaatkan untuk mereset semua settingan dan file, hingga kembali ke settingan Standard dari OEM
  6. Bisa digunakan untuk solusi beragam masalah yang membutuhkan tindakan Fixing ataupun Repairing

Intinya, metode Flash / Fastboot yang akan kita bahas dibawah ini, merupakan sebuah hal yang sangat penting yang harus kalian ketahui dan dilakukan dengan benar, karena ada konsekuensinya, jika kalian tidak melakukannya sesuai Standard yang berlaku.

Apa saja yang tidak boleh kalian lakukan ketika ingin melakukan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi 8 tersebut?


Hal yang harus dihindari saat Flash / Fastboot Redmi 8


Menyambung dari pembahasan diatas, disini akan kami jelaskan dulu kondisi yang harus kalian hindari ketika ingin melakukan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi 8 tersebut, karena jika kalian lakukan, maka akibatnya akan fatal, yaitu bisa Brick parah dan akan sulit untuk diperbaiki.

Apa saja, hal yang harus dihindari tersebut?

  1. Downgrade, karena System Anti-rollback telah berlaku pada Firmware Redmi 8 tersebut.
  2. Flash menggunakan Firmware yang berbeda, misalnya disini kalian menggunakan Firmware Redmi 8A, jelas saja akan sangat berbahaya.
  3. Kalian melakukan Flash dengan sembarangan dan tidak mengikuti intruksi yang akan kami sampaikan dibawah ini dengan benar
  4. Jangan pernah melakukan Flash Firmware yang Corrupt, karena akan berakhir menjadi masalah yang serius
  5. Melakukan Flash di kondisi Smartphone masih Locked Bootloader

Jika, kalian melakukan hal yang sudah kami sebut diatas, maka akan kami pastikan bahwa Smartphone Android Redmi 8 yang kalian miliki, akan berakhir dengan kondisi yang berat permasalahannya.

Maka, pastikan kalian mengikuti tutorial yang akan kami sampaikan dibawah ini dengan benar dan pastikan semuanya sudah sesuai.

Karena, sebelum kalian melakukan tindakan Flash / Fastboot tersebut, disini kalian memerlukan beberapa persayaratan utama dan sifatnya itu harus kalian penuhi.

Apa saja persyaratan yang harus kalian penuhi tersebut? silahkan penuhi segala persiapan dan persyaratan Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive) dibawah ini :


Unlock Bootloader


Seperti yang sudah kami singgung sedikit diatas, bahwa kalian tidak bisa melakukan Flash / Fastboot tersebut ketika Smartphone Android Redmi 8 kalian masih dalam kondisi Locked Bootloader, maka untuk bisa melalukan tindakan Flash tersebut, kalian harus membuat Redmi 8 yang kalian miliki ke kondisi Unlock Bootloader.

Unlock Bootloader ini sangat dibutuhkan, karena pada metode Flash-nya disini menggunakan kemampuan dari fitur Fastboot yang memang sudah ada secara default pada semua Smartphone Android, sehingga untuk bisa menggunakan kemampuan dari fitur Fastboot tersebut, maka disini kalian harus melakukan Unlock Bootloader pada Smartphone Android Redmi 8 yang kalian miliki.

Jika, kalian tidak tahu cara dalam melakukan UBL pada Redmi 8 (Olive) tersebut, silahkan ikuti tutorial dibawah ini :


Apakah tidak ada cara dalam melakukan Flash di Redmi 8 tanpa Unlock Bootloader?

Mungkin, pertanyaan ini akan muncul dari beberapa pengguna Smartphone Android Redmi 8, maka jawabannya ada caranya, tetapi tidak akan kami bahas disini, karena cara tersebut terlalu berisiko dan akan sulit untuk di ikuti, apalagi jika kalian adalah seorang pengguna awam.

Cara yang kami maksud disini adalah cara dengan menggunakan Test Point, sekali lagi kami tidak akan menjelaskan cara tersebut disini.

Karena, disini kami hanya akan menggambarkan dan menjelaskan Tutorial Flash / Fastboot Redmi 8 dengan cara yang umum dan yang direkomendasikan oleh pihak Xiaomi / Redmi saja, paham?

Jika, kalian sudah mengerti, silahkan lanjutkan ke persyaratan selanjutnya.


Mi Flash Tool


Karena disini kita menggunakan Metode Flash / Fastboot di Redmi 8 dengan cara yang resmi, maka sudah jelas, berarti disini kita akan menggunakan sebuah alat (Software) resmi yang telah dirilis oleh pihak Xiaomi / Redmi yang bebas untuk kalian gunakan kapan saja.

Silahkan Download dulu aplikasi Mi Flash Tool terbaru dari halaman dibawah ini :


Atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi All in One Mi Flash Pro, tetapi dengan size yang sedikit lebih besar dari aplikasi Mi Flash Tool biasa :


Silahkan gunakan yang mana saja, karena pada dasarnya tampilan dan fitur yang ditawarkan akan sama saja, baik itu aplikasi Mi Flash Tool biasa, ataupun aplikasi Mi Flash Pro.

Setelah kalian mendownload salah satu dari 2 aplikasi Mi Flash yang sudah kami bagikan diatas, segera Install pada PC / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang.


Firmware Redmi 8


Ini adalah bagian terpenting dari artikel tutorial yang akan kita bahas dibawah ini, karena disini kalian memerlukan sebuah Firmware Fastboot spesifik untuk Redmi 8, yang nantinya akan di Flash / Fastboot kedalam Smartphone Android Redmi 8 dari metode yang akan kami jelaskan dibawah nantinya.

Silahkan Download dulu Firmware Redmi 8 versi terbaru, melalui halaman dibawah ini :


Pastikan kalian tidak salah memilih jenis Firmware, karena sekali lagi disini kalian hanya boleh menggunakan Firmware untuk seri Redmi 8 reguler saja, dan tidak bisa menggunakan Firmware Redmi 8A, agar lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Flash Redmi 8, Fastboot Redmi 8, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8, Flash Ginkgo, Fastboot Olive, Panduan Flash Redmi 8, Tutorial Flash Redmi 8, Bagaimana cara Flash Redmi 8, Download Firmware Redmi 8, Metode Flash Redmi 8, Proses Fastboot Redmi 8

Jangan khwatir, Firmware yang kami bagikan diatas adalah jenis Firmware resmi yang didistribusikan oleh pihak Xiaomi / Redmi, jadi dipastikan akan aman dalam penggunaannya.

Jika, kalian menggunakan Smartphone Android Redmi 8 versi resmi untuk Indonesia, kami sarankan gunakan saja Firmware Redmi 8 versi Indonesia, tetapi sebenarnya kalian masih tetap akan bisa menggunakan versi Firmware yang lain dengan tanpa adanya masalah tentunya.

Selanjutnya, setelah kalian Download, umumnya File Firmware akan ber-type (.tgz) maka silahkan kalian Extract Firmware tersebut dengan aplikasi sejenis WinRAR letakan ditempat yang mudah untuk kalian temukan, lalu pastikan kalian melakukan Extract sebanyak 2 kali, hingga muncul File didalam Folder Firmware seperti ini :

Flash Redmi 8, Fastboot Redmi 8, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8, Flash Ginkgo, Fastboot Olive, Panduan Flash Redmi 8, Tutorial Flash Redmi 8, Bagaimana cara Flash Redmi 8, Download Firmware Redmi 8, Metode Flash Redmi 8, Proses Fastboot Redmi 8

Jika, kalian mendownload File Firmware (Fastboot ROM) Redmi 8 dengan menggunakan IDM, tetapi tidak bisa di Download, maka silahkan ikuti Tutorial Fix Download Fastboot ROM Xiaomi / Redmi dengan menggunakan IDM, yang dapat kalian ikuti pada artikel dibawah ini :


Jika, sudah silahkan lanjutkan ke persyaratan setelahnya.


USB Driver


Ini adalah hal yang juga tidak kalah penting dari sebuah Firmware, yaitu adalah USB Driver, karena dengan tanpa adanya USB Driver ini, maka Smartphone Android Redmi 8 yang akan kalian hubungkan ke PC / Laptop Windows tersebut, tidak akan terbaca pada aplikasi Mi Flash Tool / Mi Flash Pro.

Sebenarnya, USB Driver ini hanya dibutuhkan ketika Smartphone Android Redmi 8 kalian tidak bisa terbaca di aplikasi Mi Flash Tool saja, karena bisa jadi dikarenakan OS Windows yang kalian gunakan bermasalah, maka disini kalian harus memasangkan ulang USB Driver tersebut pada OS Windows.

Jika, memang demikian, silahkan Download Xiaomi / Redmi USB Driver dibawah ini :


Selanjutnya, karena disini Smartphone Android Redmi 8 menggunakan Chipset dari Processor Qualcomm Snapdragon, maka alangkah baiknya, jika kalian juga menginstall USB Driver Qualcomm tersebut pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang.


Kalau saran dari kami, silahkan install saja dulu ke-2 buah USB Driver diatas, karena hal tersebut jelas sekali akan meminimalisir resiko yang akan muncul nantinya, maka akan sangat bijak untuk kalian pasang saja dulu pada OS Windows yang kalian gunakan, tanpa menunggu masalah Redmi 8 tidak bisa terkoneksi ke OS Windows muncul.


Mode Fastboot


Selanjutnya, karena disini kita akan menggunakan Metode Flash dengan kemampuan fitur dari Fastboot yang memang sudah ada secara default pada semua Smartphone Android, maka disni kalian perlu membuat Smartphone Android Redmi 8, masuk ke Mode Fastboot terlebih dahulu, agar nantinya bisa dilakukan tindakan Flash / Fastboot.

Jika, kalian tidak tahu caranya, silahkan ikuti cara dibawah ini :


Sampai disini, sebenarnya sudah selesai pembahasan terkait persyaratan yang akan dibutuhkan, tetapi kalau bisa kalian harus bisa memenuhi saran kami untuk Kondisi Ideal dalam melakukan Flash pada Redmi 8 tersebut.


Kondisi Ideal yang disarankan


Tujuannya, sudah jelas untuk meminimalisir resiko masalah yang akan terjadi nantinya, tetapi sebenarnya tujuan utama dari Kondisi Ideal yang akan kami sebutkan dibawah ini, ialah agar proses Flash yang kalian kerjakan bisa berjalan dengan baik dan berhasil.

Apa saja Kondisi Ideal yang kami maksud?

  1. Kapasitas Battery Redmi 8 minimal 50%.
  2. Menggunakan Kabel USB OEM (Bawaan) atau yang kualitasnya bagus.
  3. Memastikan Firmware yang di Download tidak Corrupt, karena Corrupt atau tidaknya Firmware akan ketahuan saat kalian sudah melakukan Extract File Firmware, seperti yang sudah kami jelaskan diatas.
  4. Pastikan Port USB pada PC / Laptop yang digunakan tidak bermasalah.
  5. Gunakan metode Disable Driver Signature Enforcement pada OS Windows, agar USB Driver bisa berjalan dengan semestinya.
  6. Kalau bisa gunakan OS Windows versi 64-bit, tetapi kalau tidak juga tidak masalah sebenarnya.

Sebisa mungkin, kalian pastikan bisa memenuhi Kriteria Kondisi Ideal yang sudah kami jelaskan diatas, karena umumnya, jika Kondisi Ideal diatas sudah bisa kalian penuhi, maka proses Flashing yang akan kalian lakukan akan terjamin keberhasilannya.

Nah, selesai sudah semua tahap persiapan dan persyaratan yang dibutuhkan dalam proses Flash / Fastboot untuk Redmi 8 tersebut.

Setelahnya, kini kita akan masuk pada pembahasan utama kita, yaitu adalah bagamaina sih, cara Flash Redmi 8? silahkan simak dengan teliti dan hati-hati.


Cara Flash Redmi 8 (Olive)


  1. Buka aplikasi Mi Flash Tool / Mi Flash Pro (Run as Administrator)
  2. Hubungkan Redmi 8 (Mode Fastboot) ke PC / Laptop dengan Kabel USB
  3. Selanjutnya, tekan Menu Refresh pada aplikasi Mi Flash Tool, hingga muncul List Device pada bagian ini :
Flash Redmi 8, Fastboot Redmi 8, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8, Flash Ginkgo, Fastboot Olive, Panduan Flash Redmi 8, Tutorial Flash Redmi 8, Bagaimana cara Flash Redmi 8, Download Firmware Redmi 8, Metode Flash Redmi 8, Proses Fastboot Redmi 8
  1. Pilih lokasi Firmware yang sudah kalian Extract sebelumnya dengan menekan Tombol Select.
Flash Redmi 8, Fastboot Redmi 8, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8, Flash Ginkgo, Fastboot Olive, Panduan Flash Redmi 8, Tutorial Flash Redmi 8, Bagaimana cara Flash Redmi 8, Download Firmware Redmi 8, Metode Flash Redmi 8, Proses Fastboot Redmi 8
  1. Jika, Firmware sudah berhasil ter-load.
  2. Selanjutnya pilih Script Flash, kalau kami sendiri menyarankan untuk menggunakan Script Clean All, dengan konsekuensi semua File pada Internal Memory Redmi 8 akan hilang.
Flash Redmi 8, Fastboot Redmi 8, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8, Flash Ginkgo, Fastboot Olive, Panduan Flash Redmi 8, Tutorial Flash Redmi 8, Bagaimana cara Flash Redmi 8, Download Firmware Redmi 8, Metode Flash Redmi 8, Proses Fastboot Redmi 8
  1. Jika, sudah silahkan lakukan Flashing, caranya adalah dengan menekan Tombol Flash.
Flash Redmi 8, Fastboot Redmi 8, Flash Fastboot Redmi 8, Cara Fastboot Flash Redmi 8, Flash Ginkgo, Fastboot Olive, Panduan Flash Redmi 8, Tutorial Flash Redmi 8, Bagaimana cara Flash Redmi 8, Download Firmware Redmi 8, Metode Flash Redmi 8, Proses Fastboot Redmi 8
  1. Tunggu hingga proses Flash / Fastboot selesai, umumnya bisa memakan waktu hingga 30 Menit.
  2. Jika, muncul pesan Success pada bagian Result, maka disini kalian sudah berhasil melakukan Flash pada Redmi 8.
  3. Setelahnya silahkan lakukan Reboot.
  4. Booting pertama membutuhkan waktu yang cukup lama, biasanya mencapai 15 hingga 20 Menit.
  5. Done!


Jika proses Flash / Fastboot gagal!


Nah, jika kalian menemukan kegagalan pada saat proses Flashing sudah berjalan, maka kami bisa bilang, bahwa kalian tidak mengikuti cara yang kami anjurkan diatas dengan benar sepenuhnya.

Karena semua persyaratan diatas, baik itu dalam Kondisi Ideal yang harus dicapai, semua hal tersebut akan menjamin tingkat keberhasilan dari proses Flash tersebut, maka silahkan ulangi membaca guide yang sudah kami sebutkan diatas, dan pastikan tidak ada yang tertinggal satu pun.

Hal tersebut dikarenakan, semua hal yang sudah kami jelaskan diatas adalah Standard Resmi yang harus dipenuhi, ketika kalian ingin melakukan tindakan Flash pada Smartphone Android Redmi 8 tersebut.

Dengan demikian, selesailah sudah Artikel Tutorial yang khusus membahas terkait permasalahan tindakan Flash untuk Redmi 8 (Olive) tersebut.

Seharunsya, jika sudah sesuai dengan apa yang kami gambarkan dan jelaskan diatas, maka umumnya Proses Flash Redmi 8 tersebut akan bisa berhasil sepenuhnya, tanpa adanya kendala apapun.

Maka dari itu, kunci keberhasilan dari Tutorial ini adalah terkait masalah Ketelitian, Kehati-hatian dan terpenuhinya Kondisi Ideal yang sudah kami jelaskan diatas, seharusnya jika kalian sudah mengikuti semua hal diatas, maka harusnya sekarang proses Flashing sudah bisa selesai / sukses dilakukan.

Hanya saja, kondisi tersebut mungkin hanya bisa tercapai, jika semua persyaratan yang kami jelaskan diatas bisa kalian penuhi. Namun, beda alat dan bahan, bisa jadi hasilnya akan berbeda juga.

Maka dari itu, jika kalian sudah merasa buntuk, silahkan hubungi kami dari alamat Email yang sudah kami berikan pada halaman contact, silahkan bertanya dengan etika yang baik, maka pasti akan kami bantu sebisa kami, jika memang tidak ada kesibukan yang tengah kami lakukan.

Sebenarnya, melakukan metode Flash / Fastboot di Redmi 8 itu mudah saja dilakukan, karena pada umumnya metode Flash-nya akan sama saja seperti Smartphone Android Xiaomi / Redmi kebanyakan.

Namun, hal ini mungkin akan sedikit membingungkan untuk para pengguna Smartphone Android baru atau awam, maka disinilah kami akan memberikan pencerahan dan bantuan kepada kalian.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot