Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 3 versi MediaTek atau Qualcomm Snapdragon


Dadroidrd.com, Perlu di ketahui kegiatan Unlock Bootloader pada smartphone Android dari Xiaomi terkhusus untuk seri Xiaomi Redmi Note 3 bermesin MediaTek dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro bermesin Qualcomm Snapdragon ini memang akan beresiko jika terjadi kesalahan yang di sengaja maupun tidak di sengaja, karena hal itu dari pihak Xiaomi sendiri tidak merekomendasikan method Unlock Bootloader ini, karena seperti yang mereka katakan bahwa dengan melakukan Unlock Bootloader security system pada device Xiaomi tidak akan kuat seperti saat kondisi Locked Bootloader dan kemungkinan akan mudah di susupi oleh Malware.

Tetapi dengan hal itu tetap saja lebih banyak pengguna yang melakukan Unlock dari pada di biarkan kedalam versi Locked saja, karena para pengguna sadar bahwa mereka akan mendapatkan manfaat yang besar jika sudah melakukan Unlock Bootloader ini ke device mereka.

Dan beberap keuntungan yang di dapat ketika sudah melakukan unlock bootloader adalah bahwa Xiaomi Redmi Note 3/Pro akan lebih fleksibel dalam di modifikasi secara system, karena jika sudah dalam keadaan unlock bootloader kalian dapat mudah memasangkan beberapa macam teknik modifikasi, memasangkan custom recovery seperti TWRP, memasangkan custom rom, melakukan ROOT dengan cara yang lebih mudah dan aman, dan yang terakhir kalian dapat lebih leluasa dalam memanfaatkan fitu serta kemampuan perintah dari fastboot, dan semua hal diatas adalah alasan mengapa banyak orang memilih melakukan unlock booloader ketimbang membiarkan devicenya dalam keadaan locked bootloader yang segala sesuatunya masih dibatasi.

Baca juga :
Cara cek status dan Relock Bootloader Xiaomi

Pada tutorial ini kedua jenis versi Redmi Note 3 versi mesin MediaTek dan Snapdragon cara melakukan Unlock Bootloadernya sama saja, dengan kata lain tutorial ini dapat bekerja dan akan sangat membantu untuk membimbing pengguna Redmi Note 3 untuk melakukan Unlock Bootloader hingga berhasil.

Syarat yang di butuhkan
1. PC atau Laptop (Rekomendasi versi windows 64 bit)
2. USB Cable yang masih berfungsi dengan baik
3. Tool Mi Flash Unlock, download DISINI
4. ROM Official MIUI Redmi Note 3 harus versi China baik versi Stable maupun Developers, download DISINI
5. Baterai Xiaomi Redmi Note 3 harus diatas 50%
6. Jika ingin 100% berhasil unlock bootloader dalam sekali jalan, gunakan triknya DISINI.

Cara pengerjaan :
1. Pastikan device Xiaomi Redmi Note 3 kalian sudah berada pada versi China bukan versi Global, karena yang paling baik dalam melakukan Unlock dan terbukti berhasil ialah pada ROM versi China baik yang Stable ataupun Developers.
2. Selanjutnya kalian harus request terlebih dahulu ke forum MIUI, bisa kunjungi DISINI.
3. Selanjutnya masuk pada Tab "Unlock" lalu kalian akan di bawa ke halaman baru, selanjutnya click pada button Unlock Now, hal pertama kalian harus Login dulu, kalau belum punya akun kalian bisa buat akun dengan cara daftar kan saja, dan untuk akun yang telah di buat atau sudah punya harus di samakan dengan akun yang kalian buat login di akun MIUI kalian pada via device Redmi Note 3 kalian.
4. Kemudian kalian harus mengisi informasi pengiriman kode unlock nantinya, pastikan nomor telepon kalian bisa di hubungi dengan baik dan jangan sampai salah, jika sudah yakin "centang" ketentuan dari Xiaomi yang berada di bawah, langkah selanjutnya tinggal click button "Apply Now".
5. Lalu kalian hanya perlu menunggu beberapa saat saja lagi untuk menunggu kedatangan kode unlocknya yang bisa mencapai waktu 2 minggu, proses pengiriman kode unlock akan melalui proses SMS, jadi pastikan nomor telepon yang kalian isi benar dan valid.

Ikuti video panduan tutorial ini agar kalian lebih cepat memahami cara melakukan request unlock bootloader untuk device Xiaomi kalian :

6. Jika SMS notifikasi kode Unlock sudah tiba, silahkan kunjungi lagi situs Unlocknya dan masukan kode Unlock yang sudah di terima melalui SMS sebelumnya.
7. Kemudian kalau sudah berhasil kalian akan di bawa pada halaman baru dan untuk mendownload tool Unlocknya yang kerap di sebuat Mi Flash Unlock, untuk versi bahasa inggrisnya download DISINI.
8. Setelah selesai install dan jalankan aplikasi Mi Flash Unlocknya dengan "Run As Administrator".
9. Lalu selanjutnya, akan muncul halaman ketentuan, pada opsi ini pilih Accept saja, selanjutya Login dengan akun yang sudah kalian miliki, sekali lagi untuk akun ini harus sama dengan akun yang kalian login kan via device Redmi Note 3 kalian, jika tidak ingin gagal dalam melakukan Unlock Bootloader.
10. Langkah terakhir, silahkan koneksikan device Xiaomi Redmi Note 3 kalian dalam keadaan Power Off ke PC dengan menekan berbarengan tombol Volume Down (-) dan Power ( Fastboot Mode), jika sudah terhubung dan terkoneksi dengan baik, selanjutnya tinggal tekan button "Unlock" dari jendela aplikasi Mi Flash Unlock yang muncul.

11. Selesai, silahkan reboot device Xiaomi Redmi Note 3 kalian.
12. Jika unlock bootloader gagal pada angka 50%, solusinya ikuti tutorialnya DISINI.

Beberapa isu dan pemecahan masalahnya :
1. Bisakah melakukan unlock bootloader tanpa perlu request unlock terlebih dahulu kepada pihak Xiaomi? bisa dengan teknik tertentu dan melibatkan modifikasi hardware, cara ini sangat tidak direkomendasikan kepada orang awam, tetapi jika ada yang lebih mudah kenapa harus yang sulit, untuk melakukan request unlock booltoader pun caranya tidak sulit kalian hanya perlu mengikuti instruksi diatas saja hingga request unlock kalian di penuhi.
2. Pemberitahuan request unlock bootloader belum di terima dan sudah memakan waktu sangat lama, perlu kalian ketahui pemberithahuan approval request unlock bootloader akan di kirimkan pada nomor telepon selular kalian melalui SMS, jadi pastika nomor yang kalian masukan benar dan dapat di hubungi, karena pihak Xiaomi hanya akan memberitahukan request kalian di terima hanya melalui SMS saja, dan untuk rentan waktunya bisa memakan waktu hingga satu bulan hingga SMS approval di terima pengguna, jadi bersabarlah.
3. Apakah Mi Account di device dan ketika request unlock bootloader harus sama? jawabannya iya dan harus, karena pihak Xiaomi akan membaca data kalian dari prilaku Mi Account kalian yang sudah terintegrasi dengan device Xiaomi yang ingin kalian unlock, dengan demikian informasi tentang type, build number hingga hal lainnya dapat di ketahui dari Mi Account tersebut, jadi dengan demikian ketika unlock booltoadar akun yang kalian gunakan saat request dan yang sudah terintegrasi di device Xiaomi kalian harus sama, jika tidak maka proses akan gagal.

Baca juga :
Cara fastboot xiaomi redmi note 3 Pro

Selanjutnya sebagai catatan khusus, usahakan dalam melakukan tutorial ini menggunakan windows pada PC atau Laptop yang ber versi 64 bit, karena sangat tinggi persentasi keberhasilan unlock bootloadernya di versi 64 bit tersebut, lakukan tutorial ini dengan hati-hati dan teliti, pastikan kalian mengikuti tutorial ini dengan benar tanpa tertinggal satu step pun.

Tutorial ini sudah kami coba dan berhasil dengan baik jadi jika kalian mengikuti semua prosedur yang sudah di sebutkan di atas maka di jamin tutorial ini akan berhasi secara 100%, selamat mencoba dan semoga berhasil.

56 comments: Leave Your Comments

  1. Replies
    1. Kalo rom distributor agan versi China, bisa aja langsung di unlock gan, kalau device agan Redmi Note 3 versi MediaTek maka agan langsung bisa unlock soalnya tidak ada versi Rom Global untuk device tersebut, tetapi kalau agan pakai reno3 versi Qaulcomm dengan rom Global maka agan harus ganti versi rom dulu gan ke China.

      Delete
  2. Kl punyaku berhenti di 50%, tuh gimana ya Gan. Tts mau nanya lg nih, ane kan udah nemu rom yg versi globalnya bisa ga ya instal langsung yg lewat update

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam beberapa kasus memang proses bisa berhenti pada 50% saja gan, tetapi jangan khwatir pada proses tersebut device agan sudah ter unlock bootloader, dan untuk pertanyaan kedua, iya bisa gan langsung di install via update, soalnya kalau device sudah ter unlock bootloader maka kemampuan recovery sudah di aktifkan gan, jadi agan bebas pasang ROM apa saja

      Delete
  3. Kalo lupa kata sandi gimana gan... Saya hard reset hanya tampilanya boot loop..berjam jam g bisa masuk ke root..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lupa kata sandi, cara yang paling ampuh tinggal factory reset atau wipe all data gan melalui recovery, tetapi itu device agan harus sudah terunlock bootloader kalau tidak maka fitur recovery tidak akan tersedia, dan ada cara lain yaitu di flash ulang tetapi itu juga mengharuskan unlock bootloader, dan untuk pertanyaan terakhir masuk root itu apa ya gan?

      Delete
  4. Gan numpang tanya, saya coba beberapa kali selalu gagal di posisi 50% gan, nah kata agan di posisi itu sudah unlock, gimana tau nya kalo sudah ter unlock gan..?

    ReplyDelete
  5. Gan numpang tanya, saya coba beberapa kali selalu gagal di posisi 50% gan, nah kata agan di posisi itu sudah unlock, gimana tau nya kalo sudah ter unlock gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan biasanya kalo udah 50% gagal biasanya devicenya udah ter unlock, untuk melakukan cek agan bisa lihat tutorialnya yg untuk cek bootloader xiaomi Mi5 gan yang ada di blog ini, cara dan fungsinya akan sama saja seperti reno3 gan

      Delete
  6. Cara pindah ke rom nya chinannya gimana ya saya masih distributor xiaomi redmi note 3 pro punya ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tutorial fastboot gan khusus untu Xiaomi Redmi Note 3 Pro, udah di tulis lengkap di blog ini :D

      Delete
  7. mau tanya gan, untuk dapetin sinyal 4G di Reno3 SD gmn ya?
    posisi sudah os. miui 8

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gan sudah saya buatkan artikelnya gan disini http://www.dadroidrd.com/2016/09/cara-mengembalikan-sinyal-4g-yang.html

      Delete
  8. Help me gan. Reno 3 pro saya pakai ROM global 8.0.5.0

    Ane udh dapet sms balasan dr xiaomi untuk unlock. Nah pas d unlock, saat di 50% langsung muncul "couldn't find devices" udh coba d ulang dengan cara logout akun mi dan login lagi, trs find devices via i.mi.com , pas mau d unlock tetep muncul lg couldn't find devices nya di 50%. Kenapa ya?? Bisa bantu? Atau karena saya masih pake ROM Global miui 8 (LHOMIDG)??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai saran coba unlock bootloader di kondisi ROM versi developers gan, biasanya persentasi keberhasilan akan lebih tinggi, terkait gagal di 50% coba agan periksa apakah unlock berhasil, bisa menggunakan script CMD dan sebagainya gan, karena dengan alasan ada beberapa kasus kondisi unlock berhasil padahal sewaktu proses unlock gagal pada setengah jalan

      Delete
  9. Gan saya baru aja ijin unlock trus baru 1 menit langsung dpet sms dpet ijin unlock,cpet banget yaah tapi orang laen kok pada lama yah dapet ijin nya bhkan smpe berminggu²,, pdahal saya 1 mnit langsung dpet ijin unlokbootloader.. Mantep deh

    ReplyDelete
  10. Gan saya baru aja ijin unlock trus baru 1 menit langsung dpet sms dpet ijin unlock,cpet banget yaah tapi orang laen kok pada lama yah dapet ijin nya bhkan smpe berminggu²,, pdahal saya 1 mnit langsung dpet ijin unlokbootloader.. Mantep deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beruntung banget tuh gan, kalau saya sendiri terakhir request unlock 3 hari baru dapet notif unlock udah di approve gan hehe, atau mungkin sekarang udah cepetan ya prosesnya?

      Delete
  11. gan device saya xiaomi redmi note 3 versi mediatek, trus rom nya rom abal2 alias distributor. Itu bisa langsung di unlock kah gan ? atau mesti ganti dulu ke rom china ? kalo mesti ganti tutorialnya ada gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung bisa di unlock itu gan, soalnya reno3 gak tersedia rom versi global gan adanya cuma china, dan rom distributor yang agan gunakan sekarang pasti masih bersumber pada jenis firmware china, jadi bisa langsung unlock gan

      Delete
    2. untuk rom china, bahasanya ada inggris kan gan ? apa hanya china saja ?

      Delete
    3. ada gan, biasanya pilihan bahasanya cuma 3 kalau tidak salah kalau rom versi china

      Delete
  12. kalau sebelumnya sudah di ROM global 8.0.6.0 gmn gan ?
    baru dapet sms nih utk unlock

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya pindah ke versi developers atau china stable gan, biasanya kalau versi ROM global gagal unlocknya gan (khusus untuk versi Reno3Pro) untuk MediaTek langsung aja gan bisa unlocknya

      Delete
  13. Gan reno3 saya posisi di Rom distributor 8.0.1.0.0 nah. Saya mau update Rom yg tertera di atas NI . Tp via update bisa g yhh terus saya jg sdh unlock bootloader tp stop di 50℅ doang.sprti agan2 di atas . Intinya, sya udh downloads Rom diatas dn mau flash via updater bisa g ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa gan, kalau ROM distributor di update via Updater biasanya muncul pesan error gan, unlock kasus unlock coba agan coba beberapa kali hingga waktu 3 hari gan biasanya unlocknya sukses dengan sendirinya gan, kalau mau cepat ada triknya tapi terkesan cukup rumit gan

      Delete
  14. kedua rom diatas sdah ada playstore sama bahsa indonesia nya blum gann.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua ada playstorenya gan, untuk Reno3 mesin MediaTek tidak tersedia bahasa indo sama Playstorenya gan, namun untuk Reno3pro mesin Qualcomm tersedia gan versi globalnya

      Delete
  15. Ohh. ia ni gan g bisa via updater trus ni pake hrus pke pc gan. oia klo mau cek mesim MTK sma Qualqom nya gimana ia. saya baru beli reno 3 mnggu yg lalau

    ReplyDelete
  16. skalian kasih link ttrtorialnya flash rom trsbut via pc gan. ni mau lngsung soalnya.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dengan melihat pada dus smartphone, dan bisa juga dengan aplikasi sejenis CPU Z gan, untuk tutorialnya menggunakan fastboot gan dan ini tutorial untuk reno3pro qualcomm http://www.dadroidrd.com/2016/06/cara-fastboot-xiaomi-redmi-note-3-pro.html, dan ini reno3 MediaTek http://www.dadroidrd.com/2015/12/cara-fastboot-xiaomi-redmi-note-3.html

      Delete
  17. Okk sipp. ni ane masih pantengin trus blog nt. nggu balasan.nnti klo ada kendala lg ane tanya lagii d sini ia gan. ? thkz..

    ReplyDelete
  18. ini hpnya harus keadaan unlock bootloader apa gan? wah lama lg z ia ni prosesnya.hrus unlock dulu. EDL lmyan ribet jg ia.. 😂

    ReplyDelete
  19. ini hpnya harus keadaan unlock bootloader apa gan? wah lama lg z ia ni prosesnya.hrus unlock dulu. EDL lmyan ribet jg ia.. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan kalau mau aman dan prosesnya gampang emang mesti unlock gan, namun jika mau sekarang juga metode EDL yang paling pas untuk di gunakan gan, namun jika agan mau menggunakan metode EDL lebih baik agan perhatikan tutorialnya dengan teliti dan juga harus di penuhi semua syaratnya gan biar sekali jalan langsung beres gan

      Delete
  20. mantap djiwa, ane tinggal nunggu sms gan. kira2 berapa menitan ya?

    http://rahmadmars.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung keberuntungan gan, kalau beruntung dalam hitungan menit akan dapat konfirmasi accepted kalau tidak beruntung bisa memakan waktu berhari-hari gan hehe

      Delete
  21. Gan sya diposisi Rom Global stabil 8.1.1.0 sya mau uclock bootloader, syaratx mesti pake rom china, knp pas mau saya ganti romx metode download mode gk bisa langsung msk ke logo mi, sy coba metode fastboot katax fastboot oem edl = device locked, apakh harus ubl dulu agar unlock, klo mesti UBL, tp rom sya global stabil, mohon gan pencerahannya..

    ReplyDelete
  22. Replies
    1. Coba masuk download modenya dari menekan volume up sama power gan di pencet bareng, kalau masih tidak bisa coba gunakan kabel DFC saat melakukan flashing gan

      Delete
  23. gan hp saya reno3 mediatek tapi ROM Global 8.0.6.0 (LHOMIDG) itu bisa langsung di unclok atau harus download ROM ver china ya?

    ReplyDelete
  24. gan hp saya reno3 mediatek tapi ROM Global 8.0.6.0 (LHOMIDG) itu bisa langsung di unclok atau harus download ROM ver china ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gan reno3 mediatek gak ada versi globalnya gan, kalau ada itupun pasti rom distributor gan, untuk itu lngsung unlock aj gak masalah gan soalnya rom defaultnya udah china

      Delete
  25. saya sudah unlock tapi sampai 50% aja,itu kira kira behasil gak ya?

    ReplyDelete
  26. mau tanya dong gan.
    saya pake xiaomi redmi note 3 qualcom snapdragon 650 dengan garansi resmi TAM dan ROM yang saya gunakan miui global 8.1 stabil 8.4.0(MHOMIDI) namun ko belum 4g yah gan.
    yang saya tanyakan apakah xiaomi tersebut sudah 4g atau belum karna pilihannya hanya ada 3g dan 2g?
    dan yang kedua,jika support 4g apakah harus di unlock terlebih dahulu bootloadernya untuk bisa downgrade miui nya?
    makasih sebelumnya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Redmi note 3 pro udah 100% support 4G gan, namun masalahnya fitur tersebut hanya bisa diaktifkan dengan cara khusus gan, untuk lebih jelasnya di blog ini udah saya buat artikelnya gan silahkan agan searching aja artikelnya dari blog ini gan, juga saya sendiri menggunakan cara yg sudah saya share gan di blog ini

      Delete
  27. Gan...punya sy reno3pro, sdh ubl versi rom cina stabil 8.1.1.0, misalx klu mau ganti rom global dev atw stabil tanpa kembali lock bootloaderx gmana gann..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pasang TWRP ZCX gan, namun saya sendiri belum mencobanya gan, soalnya di versi rom developers udah enak gan

      Delete
  28. gan pas login di miflashunlock.exe nya ko ane gagal trus ya, notifnya "too many attempts. wait for 15 min and try again" udah ane coba tunggu sampai 15 mnit masih sama gagal. id sama password udah bener, solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gitu gan terkadang servernya down gan atau bisa juga pengaruh dari modem atau koneksi internet agan, saran saya jika terus-terusan gagal agan bisa coba login dengan koneksi internet berbeda juga bisa agan loginkan dari jam 5 hingga 8 pagi gan, pengalaman saya selalu berhasil di jam yang sudah di sebutkan itu gan

      Delete
  29. udah bisa gan, iyaa ane coba brkali kali baru bisa nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp gan untunglah sudah bisa, semoga sukses gan unlocknya

      Delete
  30. gan cara cek hp kita udah di unlock bootloader atau belum gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa menggunakan cara ini gan http://www.dadroidrd.com/2016/05/cara-cek-status-dan-relock-bootloader.html

      Delete