RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara pasang TWRP, ROOT, UNROOT dan FASTBOOT Xiaomi Redmi 6 (MediaTek) terlengkap

Cara pasang TWRP, ROOT, UNROOT dan FASTBOOT Xiaomi Redmi 6 (MediaTek) terlengkap

Jika sebelumnya kita sudah membahas terkait tutorial melakukan Unlock Bootloader pada Xiaomi Redmi 6 (Cereus) maka yang akan kita bahas selanjutnya adalah bagaimana sih cara memasang TWRP selanjutnya melakukan ROOT terhadap device tersebut.

Lalu jika terjadi Bootloop dan Stuck maka kali ini kami juga menyertakan solusi dari masalah tersebut berupa tutorial Fastboot guna untuk melakukan Unbrick pada device tersebut, karena menggunakan seri processor MediaTek MT6762 Helio P22, maka cara pengerjaannya akan sedikit berbeda dengan device Xiaomi yang menggunakan mesin Qualcomm Snapdragon.


# CARA PASANG TWRP XIAOMI REDMI 6 (CEREUS)



Persyaratannya adalah sebagai berikut :

1. Unlock Bootloader
2. PC atau Laptop
3. USB Cable.
4. Driver ADB dan Fastboot
5. TWRP
6. Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0
7. BACKUP (ada potensi semua data kalian akan hilang di Internal Memory)

Cara Kerjanya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan kalian lengkapi dulu persyaratan di atas.
2. Jika sudah rename file recovery yang kalian download tadi menjadi twrp.img lalu copy atau pindahkan kedalam folder direktori Abd dan Fastboot di PC kalian.
3. Untuk file Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0, segera pindahkan ke Internal Memory device Xiaomi Redmi 6.
4. Silahkan masuk ke mode fastboot dengan cara menekan tombol volume down (-) dan power berbarengan saat device kalian sudah dalam kondisi power off.
5. Koneksikan device kalian ke PC dengan USB dan buka aplikasi Command Promt pada direktory driver ADB dan Fastboot kalian.
6. Masukan perintah ini :

fastboot devices

Jika sudah terkoneksi dengan baik silahkan masukan perintah ini ;

fastboot flash recovery twrp.img

lalu masukan lagi perintah ini

fastboot boot twrp.img

7. Tunggu hingga device kalian reboot dan masuk ke mode TWRP secara otomatis, jika sudah segera Flash file Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0 untuk menghindari bootloop setalah memasangkan TWRP tersebut.
8. Done, kalian sudah bisa melalukan reboot saat ini dan TWRP sudah terpasang pada device kalian, untuk bisa masuk ke mode TWRP kalian bisa menekan tombol volume up (+) dan Power berbarengan saat kondisi device Power Off atau kalian juga bisa masuk ke mode TWRP dengan perintah fastboot boot twrp.img melalui CMD.

Catatan ~ Jika saat kalian ingin melakukan Flasing file Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0 tetapi Internal Memory pada device kalian tidak bisa terbaca melalui TWRP, maka langkah yang bisa kalian lakukan adalah melakukan FORMAT pada Memory Internal Xiaomi Redmi 6 kalian via TWRP, jika kalian kurang mengerti berikut adalah langkahnya yang sudah kami tulis di artikel ini Cara mengatasi TWRP yang terkunci atau tidak bisa membaca Memory Internal


# CARA ROOT XIAOMI REDMI 6 (CEREUS)


Persyaratannya adalah sebagai berikut :

1. Unlock Bootloader
2. TWRP sudah terpasang
3. Magisk

Cara Kerjanya adalah sebagai berikut :

1. Setelah files Magisk di download dalam format .zip tersebut, segera copykan atau pindahkan files tersebut kedalam internal storage device kalian.
2. Lalu masuk ke menu TWRP recovery mode dengan cara menekan volume up (+) dan power secara berbarengan ketika device dalam keadaan mati sempurna, atau booting ke mode TWRP dengan menggunakan command ADB sebagai berikut :

adb reboot recovery

3. Jika sudah masuk ke dalam mode TWRP selanjutnya lakukan flash files Root Magisk yang sudah kalian pindahkan ke internal storage kalian sebelumnya.
4. Jika proses flashing sudah selesai, silahkan kalian reboot device kalian, dan secara otomatis aplikasi Magisk dan kemampuan Root sudah terpasang, untuk mengecek kondisi Rootnya, bisa menggunakan aplikasi sejenis Root Checker atau semacamnya.
5. Selesai!


# CARA UNROOT XIAOMI REDMI 6 (CEREUS)

1. Silahkan kalian download dulu Magisk Uninstaller DISINI.
2. Letakan pada Internal Memory Xiaomi Redmi 6 kalian.
3. Silahkan lakukan Booting ke Mode TWRP dengan menakan tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan saat device dalam keadaan Power Off.
4. Jika sudah masuk dalam mode TWRP, silahkan cari File Magisk Uninstaller yang telah kalian download sebelumnya, dan lakukan Flash terhadap file tersebut.
5. Reboot, harusnya saat ini device kalian sudah dalam kondisi UNROOT.


# CARA FASTBOOT XIAOMI REDMI 6 (CEREUS)

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, cara melakukan Flashing Firmware pada device Xiaomi Redmi 6 ini akan sedikit berbeda dari devic Xiaomi kebanyakan, hal ini di karenakan identitas Processor yang berbeda, dimana pada seri Xiaomi Redmi 6 tersebut menggunakan Processor MediaTek dan bukan Qualcomm Snapdragon.

Maka dari itu untuk melakukan Fastboot atau Unbrick kita tidak akan menggunakan aplikasi Mi Flash Tool, melainkan akan menggunakan aplikasi SP FLASH TOOL yang memang sudah sangat terkenal manjur untuk bisa melakukan Flashing pada device Android berbasis Processor MediaTek.

Persyaratannya adalah sebagai berikut :

2. USB cable
3. Vcom driver mediatek
4. SP flash tools
5. FASTBOOT ROOM dowload DISINI dan cari file FASTBOOT untuk Xiaomi Redmi 6, untuk variantnya gunakan versi Latest Global
6. Disable Driver Signature Enforcement

Cara Kerjanya adalah sebagai berikut :

1. Install Vcom driver dan SP falsh tools yang sudah di download tadi
2. Extract Fastboot Rom yang sudah di download tadi
3. Masuk kedalam aplikasi SP flash toolsnya dengan "run as adminstrator"
4. Masuk kedalam tab "Download" pada aplikasi SP tools tersebut
5. Pastikan dalam menu "Download-Agent" file bin nya bernama "MTK_AllInOne.bin", kalian dapat menemukan file ini pada folder aplikasi SP Flash tool yang sudah kalian extract.
6. Pada menu scatter-loading file, cari temukan file ini "MT6762_Android_scatter", untuk file scatter sendiri dapat kalian temukan pada hasil extract dari fastboot ROM yang sudah kalian download.
7. Sekarang Power Off (Matikan) device lalu koneksikan dengan PC kalian.
8. Tekan icon "Download" di SP flash tools, kemudian tekan Volume Down (-) pada Xiaomi Redmi 6 kalian atau bisa juga tekan Volume Down (-) dan Power hal agar device kalian terbaca oleh aplikasi SP flash tools tersebut.
9. Setelah device kalian terbaca dengan tanda model prossesor device kalian tampak pada SP flash tool, saat itu kalian sudah bisa berhenti menekan Volume Down(-).
10. Proses flash fastboot akan berjalan dan berhasil jika tampak Icon Conteng Hijau Besar pada aplikasi SP flash tool
11. Done, semua proses sudah selesai tinggal menunggu device kalian booting saja lagi.

Dengan demikian, sudah lengkap penjelasan yang kami berikan terkait tutorial cara memasang TWRP, lalu melakukan ROOT dan UNROOT hingga melakukan Flashing dengan aplikasi SP Flash Tool.

Mungkin kalian bertanya, kenapa tidak ada screenshot pengerjaan yang di sertakan? kami memang sengaja tidak menyertakannya, karena kami pikir metode diatas sudah sangat jelas isi dan bunyinya yang perlu kalian lakukan hanya mengikuti setiap bunyinya saja.

Jika memang ada kesalahan dalam penulisan tutorial di atas mohon di koreksi, karena mau bagaimanapun kita sama-sama belajar disini dan untuk tutorial di atas, sudah terbukti berhasil, jadi tidak perlu di ragukan lagi keampuhannya, semoga bermanfaat.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment