RILIS ARTIKEL TERBARU :

Flash Redmi Note 8, Fastboot Redmi Note 8, Cara Fastboot Flash Redmi Note 8, Flash Ginkgo, Fastboot Ginkgo, Panduan Flash Redmi Note 8, Tutorial Flash Redmi Note, Bagaimana cara Flash Redmi Note 8, Download Firmware Redmi Note 8, Metode Flash Redmi Note 8, Proses Fastboot Redmi Note 8

Lini Smartphone Android Redmi memang menjadi salah satu seri Smartphone Android yang memang mendapat banyak perhatian belakangan ini, kenapa tidak? karena mereka bisa berhasil membawa sebuah Smartphone Android bertenaga dengan spesifikasi yang tangguh, namun dilepas dengan harga jual yang masuk akal.

Jika, kalian belum tahu, Brand Redmi itu adalah bagian dari Sub-Brand Xiaomi, dulunya Redmi itu menjadi salah satu seri dari lini Smartphone Xiaomi, yaitu adalah Xiaomi Redmi Series, tetapi sekarang ini sudah tidak lagi, karena lini Redmi sekarang ini sudah menjadi sebuah Brand yang independen.

Meski demikian, untuk konfigurasi OS dan lainnya, variant Redmi memang sangat identik dengan Xiaomi, karena memang masih dalam satu perusahaan, yang berbeda hanyalah pada Brand-nya saja.

Sebelum ini, lini Smartphone Android Redmi bisa sangat sukses menarik perhatian pasar dengan merilis Smartphone debut mereka, yaitu adalah Redmi Note 7, sekarang ini pihak Redmi kembali merilis sebuah Smartphone suksesor dari Redmi Note 7 sebelumnya, dengan menghadirkan variant Redmi Note 8!

Ya! Smartphone ini membawa sejumlah upgrade dari pada seri sebelumnya, menariknya Smartphone Android seri Redmi Note 8 ini tetap dipasarkan pada level kelas menengah dengan harga jual yang tidak jauh berbeda dengan variant Redmi Note 7 sebelumnya.

Selanjutnya, hal yang paling menarik dari seri variant Redmi Note 8 ini adalah karena hadir dengan Desain yang lebih fresh dengan fitur unggulan 4 buah kamera utama, tentu saja dengan spesifikasi seperti ini, maka Redmi Note 8 akan mampu bersaing secara kompetitif dengan produk pesaing yang menyasar kelas yang sama.

Untuk kalian ketahui sebelumnya, pada dasarnya variant Redmi Note 8 ini hadir dengan 2 buah versi berbeda, salah satunya adalah versi Reguler yang akan menjadi pokok bahasan pada artikel ini dan satu lainnya adalah sebuah versi tertinggi dari seri Redmi Note 8 tersebut, yaitu adalah Redmi Note 8 Pro.

Agar lebih jelasnya, kalian bisa melakukan identifikasi terkait pada perbedaan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, pada halaman Perbandingan dibawah ini :


Sehingga, pastikan kalian tidak salah dalam mengikuti tutorial yang akan kita bahas dibawah ini, karena sejatinya, Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro itu sangat berbeda, dari jenis Spesifikasi ataupun Device Info-nya, sehingga cara yang akan kita bahas dibawah ini, jelas saja tidak bisa diterapkan pada seri Redmi Note 8 Pro.


Khusus untuk pengguna Redmi Note 8


Sekali lagi disini kami perjelas, agar tidak ada kesalahpahaman dalam mengikuti tutorial yang akan kami bahas dibawah ini.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada artikel Tutorial cara Flash Redmi Note 8 ini, kami hanya akan khusus membuatkan artikel tutorial untuk seri Reguler pada lini Redmi Note baru, yaitu adalah seri Redmi Note 8.

Agar mudah untuk kalian identifikasi, maka yang Smartphone Android yang akan kita bahas dibawah ini adalah seri Redmi Note 8 dengan Codename Ginkgo, untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada halaman Perbandingan dan Perbedaan yang sudah kami bagikan diatas.

Kenapa tidak bisa di ikuti oleh pengguna Redmi Note 8 Pro?

Karena, secara Spesifikasi itu sudah jelas berbeda, seperti yang sudah kami jelaskan diatas dan yang lebih penting lagi, bahwa bahan yang dibutuhkan pada artikel tutorial ini juga bersifat khusus hanya untuk seri Redmi Note 8 (Ginkgo) saja.

Sehingga, bahan yang akan digunakan dalam kasus ini adalah Firmware yang digunakan, memang khusus untuk seri Redmi Note 8 saja dan pastinya tidak bisa digunakan pada seri Redmi Note 8 Pro.

Selanjutnya, dalam metode Flash-nya pun juga berbeda, dimana pada Metode Flash untuk Redmi Note 8 (Ginkgo) ini kita akan menggunakan sebuah alat dan bahan serta metode resmi yang sudah direkomendasikan oleh pihak Xiaomi / Redmi.

Lalu, apa sih sebenarnya Flash tersebut?


Maksud Flash / Fastboot Redmi Note 8


Jika, kalian adalah seorang pengguna Smartphone Android Redmi Note 8 baru atau istilahnya itu awam, maka mungkin kalian harus mengerti terkait tindakan yang akan kita lakukan dibawah ini.

  1. Flash adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh pengguna Smartphone Android terkait untuk menginstall ulang OS yang digunakan untuk beragam keperluan dengan menggunakan sebuah metode dan file khusus.

Secara singkatnya, penjelasan terkait Flash tersebut bisa kalian pahami pada pengertian yang sudah kami jelaskan diatas, sebenarnya di Smartphone Xiaomi / Redmi, tindakan Flash itu bisa juga disebut dengan Fastboot.

Fastboot sendiri memang mengacu kepada tindakan Flash, sehingga jika sebenarnya Flash dan Fastboot itu tetap sama artinya, hanya saja berbeda dalam penyebutannya saja, paham?

Lalu, apa sih fungsi dari tindakan Flash tersebut untuk Redmi Note 8?


Fungsi Flash di Redmi Note 8


Nah, seperti yang sudah kami singgung diatas, tindakan Flash / Fastboot tersebut adalah tindakan untuk menginstall ulang OS pada Smartphone Android bersangkutan yang ditujukan untuk beragam keperluan.

Maka, disini akan kami perjelas pengertian tersebut dalam garis besar fungsi-fungsi yang bisa didapatkan ketika kalian melakukan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi Note 8, apa saja fungsi dari Flash tersebut?

  1. Untuk mengatasi beragam masalah yang muncul seperti Bootloop, Brick, Stuck dan lainnya
  2. Untuk meningkatkan versi OS MIUI yang digunakan (Upgrade)
  3. Untuk berpindah versi ROM MIUI, misal dari versi ROM China ke Global, ataupun sebaliknya
  4. Untuk menerapkan metode Clean Flash
  5. Bisa dimanfaatkan untuk mereset semua settingan dan file, hingga kembali ke settingan Standard dari OEM
  6. Bisa digunakan untuk solusi beragam masalah yang membutuhkan tindakan Fixing ataupun Repairing

Intinya, metode Flash / Fastboot yang akan kita bahas dibawah ini, merupakan sebuah hal yang sangat penting yang harus kalian ketahui dan dilakukan dengan benar, karena ada konsekuensinya, jika kalian tidak melakukannya sesuai Standard yang berlaku.

Apa saja yang tidak boleh kalian lakukan ketika ingin melakukan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut?


Hal yang harus dihindari saat Flash / Fastboot Redmi Note 8


Menyambung dari pembahasan diatas, disini akan kami jelaskan dulu kondisi yang harus kalian hindari ketika ingin melakukan Flash / Fastboot pada Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut, karena jika kalian lakukan, maka akibatnya akan fatal, yaitu bisa Brick parah dan akan sulit untuk diperbaiki.

Apa saja, hal yang harus dihindari tersebut?

  1. Downgrade, karena System Anti-rollback telah berlaku pada Firmware Redmi Note 8 tersebut.
  2. Flash menggunakan Firmware yang berbeda, misalnya disini kalian menggunakan Firmware Redmi Note 8 Pro, jelas saja akan sangat berbahaya.
  3. Kalian melakukan Flash dengan sembarangan dan tidak mengikuti intruksi yang akan kami sampaikan dibawah ini dengan benar
  4. Jangan pernah melakukan Flash Firmware yang Corrupt, karena akan berakhir menjadi masalah yang serius
  5. Melakukan Flash di kondisi Smartphone masih Locked Bootloader

Jika, kalian melakukan hal yang sudah kami sebut diatas, maka akan kami pastikan bahwa Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki, akan berakhir dengan kondisi yang berat permasalahannya.

Maka, pastikan kalian mengikuti tutorial yang akan kami sampaikan dibawah ini dengan benar dan pastikan semuanya sudah sesuai.

Karena, sebelum kalian melakukan tindakan Flash / Fastboot tersebut, disini kalian memerlukan beberapa persayaratan utama dan sifatnya itu harus kalian penuhi.

Apa saja persyaratan yang harus kalian penuhi tersebut? silahkan penuhi segala persiapan dan persyaratan Flash / Fastboot Redmi Note 8 (Ginkgo) dibawah ini :


Unlock Bootloader


Seperti yang sudah kami singgung sedikit diatas, bahwa kalian tidak bisa melakukan Flash / Fastboot tersebut ketika Smartphone Android Redmi Note 8 kalian masih dalam kondisi Locked Bootloader, maka untuk bisa melalukan tindakan Flash tersebut, kalian harus membuat Redmi Note 8 yang kalian miliki ke kondisi Unlock Bootloader.

Unlock Bootloader ini sangat dibutuhkan, karena pada metode Flash-nya disini menggunakan kemampuan dari fitur Fastboot yang memang sudah ada secara default pada semua Smartphone Android, sehingga untuk bisa menggunakan kemampuan dari fitur Fastboot tersebut, maka disini kalian harus melakukan Unlock Bootloader pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki.

Jika, kalian tidak tahu cara dalam melakukan UBL pada Redmi Note 8 (Ginkgo) tersebut, silahkan ikuti tutorial dibawah ini :


Apakah tidak ada cara dalam melakukan Flash di Redmi Note 8 tanpa Unlock Bootloader?

Mungkin, pertanyaan ini akan muncul dari beberapa pengguna Smartphone Android Redmi Note 8, maka jawabannya ada caranya, tetapi tidak akan kami bahas disini, karena cara tersebut terlalu berisiko dan akan sulit untuk di ikuti, apalagi jika kalian adalah seorang pengguna awam.

Cara yang kami maksud disini adalah cara dengan menggunakan Test Point, sekali lagi kami tidak akan menjelaskan cara tersebut disini.

Karena, disini kami hanya akan menggambarkan dan menjelaskan Tutorial Flash / Fastboot Redmi Note 8 dengan cara yang umum dan yang direkomendasikan oleh pihak Xiaomi / Redmi saja, paham?

Jika, kalian sudah mengerti, silahkan lanjutkan ke persyaratan selanjutnya.


Mi Flash Tool


Karena disini kita menggunakan Metode Flash / Fastboot di Redmi Note 8 dengan cara yang resmi, maka sudah jelas, berarti disini kita akan menggunakan sebuah alat (Software) resmi yang telah dirilis oleh pihak Xiaomi / Redmi yang bebas untuk kalian gunakan kapan saja.

Silahkan Download dulu aplikasi Mi Flash Tool terbaru dari halaman dibawah ini :


Atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi All in One Mi Flash Pro, tetapi dengan size yang sedikit lebih besar dari aplikasi Mi Flash Tool biasa :


Silahkan gunakan yang mana saja, karena pada dasarnya tampilan dan fitur yang ditawarkan akan sama saja, baik itu aplikasi Mi Flash Tool biasa, ataupun aplikasi Mi Flash Pro.

Setelah kalian mendownload salah satu dari 2 aplikasi Mi Flash yang sudah kami bagikan diatas, segera Install pada PC / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang.


Firmware Redmi Note 8


Ini adalah bagian terpenting dari artikel tutorial yang akan kita bahas dibawah ini, karena disini kalian memerlukan sebuah Firmware Fastboot spesifik untuk Redmi Note 8, yang nantinya akan di Flash / Fastboot kedalam Smartphone Android Redmi Note 8 dari metode yang akan kami jelaskan dibawah nantinya.

Silahkan Download dulu Firmware Redmi Note 8 versi terbaru, melalui halaman dibawah ini :


Pastikan kalian tidak salah memilih jenis Firmware, karena sekali lagi disini kalian hanya boleh menggunakan Firmware untuk seri Redmi Note 8 reguler saja, dan tidak bisa menggunakan Firmware Redmi Note 8 Pro, agar lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Flash Redmi Note 8, Fastboot Redmi Note 8, Cara Fastboot Flash Redmi Note 8, Flash Ginkgo, Fastboot Ginkgo, Panduan Flash Redmi Note 8, Tutorial Flash Redmi Note, Bagaimana cara Flash Redmi Note 8, Download Firmware Redmi Note 8, Metode Flash Redmi Note 8, Proses Fastboot Redmi Note 8

Jangan khwatir, Firmware yang kami bagikan diatas adalah jenis Firmware resmi yang didistribusikan oleh pihak Xiaomi / Redmi, jadi dipastikan akan aman dalam penggunaannya.

Selanjutnya, setelah kalian Download, umumnya File Firmware akan ber-type (.tgz) maka silahkan kalian Extract Firmware tersebut dengan aplikasi sejenis WinRAR letakan ditempat yang mudah untuk kalian temukan, lalu pastikan kalian melakukan Extract sebanyak 2 kali, hingga muncul File didalam Folder Firmware seperti ini :

Flash Redmi Note 8, Fastboot Redmi Note 8, Cara Fastboot Flash Redmi Note 8, Flash Ginkgo, Fastboot Ginkgo, Panduan Flash Redmi Note 8, Tutorial Flash Redmi Note, Bagaimana cara Flash Redmi Note 8, Download Firmware Redmi Note 8, Metode Flash Redmi Note 8, Proses Fastboot Redmi Note 8

Jika, kalian mendownload File Firmware (Fastboot ROM) Redmi Note 8 dengan menggunakan IDM, tetapi tidak bisa di Download, maka silahkan ikuti Tutorial Fix Download Fastboot ROM Xiaomi / Redmi dengan menggunakan IDM, yang dapat kalian ikuti pada artikel dibawah ini :


Jika, sudah silahkan lanjutkan ke persyaratan setelahnya.


USB Driver


Ini adalah hal yang juga tidak kalah penting dari sebuah Firmware, yaitu adalah USB Driver, karena dengan tanpa adanya USB Driver ini, maka Smartphone Android Redmi Note 8 yang akan kalian hubungkan ke PC / Laptop Windows tersebut, tidak akan terbaca pada aplikasi Mi Flash Tool / Mi Flash Pro.

Sebenarnya, USB Driver ini hanya dibutuhkan ketika Smartphone Android Redmi Note 8 kalian tidak bisa terbaca di aplikasi Mi Flash Tool saja, karena bisa jadi dikarenakan OS Windows yang kalian gunakan bermasalah, maka disini kalian harus memasangkan ulang USB Driver tersebut pada OS Windows.

Jika, memang demikian, silahkan Download Xiaomi / Redmi USB Driver dibawah ini :


Selanjutnya, karena disini Smartphone Android Redmi Note 8 menggunakan Chipset dari Processor Qualcomm Snapdragon, maka alangkah baiknya, jika kalian juga menginstall USB Driver Qualcomm tersebut pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang.


Kalau saran dari kami, silahkan install saja dulu ke-2 buah USB Driver diatas, karena hal tersebut jelas sekali akan meminimalisir resiko yang akan muncul nantinya, maka akan sangat bijak untuk kalian pasang saja dulu pada OS Windows yang kalian gunakan, tanpa menunggu masalah Redmi Note 8 tidak bisa terkoneksi ke OS Windows muncul.


Mode Fastboot


Selanjutnya, karena disini kita akan menggunakan Metode Flash dengan kemampuan fitur dari Fastboot yang memang sudah ada secara default pada semua Smartphone Android, maka disni kalian perlu membuat Smartphone Android Redmi Note 8, masuk ke Mode Fastboot terlebih dahulu, agar nantinya bisa dilakukan tindakan Flash / Fastboot.

Jika, kalian tidak tahu caranya, silahkan ikuti cara dibawah ini :


Sampai disini, sebenarnya sudah selesai pembahasan terkait persyaratan yang akan dibutuhkan, tetapi kalau bisa kalian harus bisa memenuhi saran kami untuk Kondisi Ideal dalam melakukan Flash pada Redmi Note 8 tersebut.


Kondisi Ideal yang disarankan


Tujuannya, sudah jelas untuk meminimalisir resiko masalah yang akan terjadi nantinya, tetapi sebenarnya tujuan utama dari Kondisi Ideal yang akan kami sebutkan dibawah ini, ialah agar proses Flash yang kalian kerjakan bisa berjalan dengan baik dan berhasil.

Apa saja Kondisi Ideal yang kami maksud?

  1. Kapasitas Battery Redmi Note 8 minimal 50%.
  2. Menggunakan Kabel USB OEM (Bawaan) atau yang kualitasnya bagus.
  3. Memastikan Firmware yang di Download tidak Corrupt, karena Corrupt atau tidaknya Firmware akan ketahuan saat kalian sudah melakukan Extract File Firmware, seperti yang sudah kami jelaskan diatas.
  4. Pastikan Port USB pada PC / Laptop yang digunakan tidak bermasalah.
  5. Gunakan metode Disable Driver Signature Enforcement pada OS Windows, agar USB Driver bisa berjalan dengan semestinya.
  6. Kalau bisa gunakan OS Windows versi 64-bit, tetapi kalau tidak juga tidak masalah sebenarnya.

Sebisa mungkin, kalian pastikan bisa memenuhi Kriteria Kondisi Ideal yang sudah kami jelaskan diatas, karena umumnya, jika Kondisi Ideal diatas sudah bisa kalian penuhi, maka proses Flashing yang akan kalian lakukan akan terjamin keberhasilannya.

Nah, selesai sudah semua tahap persiapan dan persyaratan yang dibutuhkan dalam proses Flash / Fastboot untuk Redmi Note 8 tersebut.

Setelahnya, kini kita akan masuk pada pembahasan utama kita, yaitu adalah bagamaina sih, cara Flash Redmi Note 8? silahkan simak dengan teliti dan hati-hati.


Cara Flash Redmi Note 8 (Ginkgo)


  1. Buka aplikasi Mi Flash Tool / Mi Flash Pro (Run as Administrator)
  2. Hubungkan Redmi Note 8 (Mode Fastboot) ke PC / Laptop dengan Kabel USB
  3. Selanjutnya, tekan Menu Refresh pada aplikasi Mi Flash Tool, hingga muncul List Device pada bagian ini :
Flash Redmi Note 8, Fastboot Redmi Note 8, Cara Fastboot Flash Redmi Note 8, Flash Ginkgo, Fastboot Ginkgo, Panduan Flash Redmi Note 8, Tutorial Flash Redmi Note, Bagaimana cara Flash Redmi Note 8, Download Firmware Redmi Note 8, Metode Flash Redmi Note 8, Proses Fastboot Redmi Note 8
  1. Pilih lokasi Firmware yang sudah kalian Extract sebelumnya dengan menekan Tombol Select.
Flash Redmi Note 8, Fastboot Redmi Note 8, Cara Fastboot Flash Redmi Note 8, Flash Ginkgo, Fastboot Ginkgo, Panduan Flash Redmi Note 8, Tutorial Flash Redmi Note, Bagaimana cara Flash Redmi Note 8, Download Firmware Redmi Note 8, Metode Flash Redmi Note 8, Proses Fastboot Redmi Note 8
  1. Jika, Firmware sudah berhasil ter-load.
  2. Selanjutnya pilih Script Flash, kalau kami sendiri menyarankan untuk menggunakan Script Clean All, dengan konsekuensi semua File pada Internal Memory Redmi Note 8 akan hilang.
Flash Redmi Note 8, Fastboot Redmi Note 8, Cara Fastboot Flash Redmi Note 8, Flash Ginkgo, Fastboot Ginkgo, Panduan Flash Redmi Note 8, Tutorial Flash Redmi Note, Bagaimana cara Flash Redmi Note 8, Download Firmware Redmi Note 8, Metode Flash Redmi Note 8, Proses Fastboot Redmi Note 8
  1. Jika, sudah silahkan lakukan Flashing, caranya adalah dengan menekan Tombol Flash.
Flash Redmi Note 8, Fastboot Redmi Note 8, Cara Fastboot Flash Redmi Note 8, Flash Ginkgo, Fastboot Ginkgo, Panduan Flash Redmi Note 8, Tutorial Flash Redmi Note, Bagaimana cara Flash Redmi Note 8, Download Firmware Redmi Note 8, Metode Flash Redmi Note 8, Proses Fastboot Redmi Note 8
  1. Tunggu hingga proses Flash / Fastboot selesai, umumnya bisa memakan waktu hingga 30 Menit.
  2. Jika, muncul pesan Success pada bagian Result, maka disini kalian sudah berhasil melakukan Flash pada Redmi Note 8.
  3. Setelahnya silahkan lakukan Reboot.
  4. Booting pertama membutuhkan waktu yang cukup lama, biasanya mencapai 15 hingga 20 Menit.
  5. Done!


Jika proses Flash / Fastboot gagal!


Nah, jika kalian menemukan kegagalan pada saat proses Flashing sudah berjalan, maka kami bisa bilang, bahwa kalian tidak mengikuti cara yang kami anjurkan diatas dengan benar sepenuhnya.

Karena semua persyaratan diatas, baik itu dalam Kondisi Ideal yang harus dicapai, semua hal tersebut akan menjamin tingkat keberhasilan dari proses Flash tersebut, maka silahkan ulangi membaca guide yang sudah kami sebutkan diatas, dan pastikan tidak ada yang tertinggal satu pun.

Hal tersebut dikarenakan, semua hal yang sudah kami jelaskan diatas adalah Standard Resmi yang harus dipenuhi, ketika kalian ingin melakukan tindakan Flash pada Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, kami harap kalian bisa mengikuti tutorial yang sudah kami jelaskan diatas secara benar dan menyeluruh dan semoga masalah yang kalian hadapi sekarang bisa cepat terselesaikan.

Umumnya, jika tidak ada masalah pada Firmware Redmi Note 8 yang telah kalian Download dan kalian juga sudah memenuhi semua Persyaratan dan Kondisi Ideal yang diperlukan, maka kalian tidak perlu takut akan gagalnya proses Flash / Fastboot tersebut.

Karena, disini kami berani menjamin kesukseskan dari Metode diatas, asalkan semuanya sudah sesuai seperti yang sudah kami jelaskan secara rinci dan jelas pada artikel Tutorial ini.

Akhir kata, semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk kalian, semoga kalian beruntung dan berhasil. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot