RILIS ARTIKEL TERBARU :


Jika kalian membutuhkan sebuah Smartphone Android kelas menengah dengan spesifikasi yang mantap dan dengan harga yang ramah, maka salah satu jawabannya adalah Redmi Note 8 Pro! seperti yang kalian ketahui, saat ini pihak Xiaomi, melalui Sub-Brand mereka Redmi, telah merilis suksesor dari Smartphone pendahulu yang sudah sangat sukses yaitu Redmi Note 7.

Redmi Note 8 Pro, memang menjadi sebuah Smartphone Android Anti-Mainstream, karena jika kita lihat dari spesifikasi dan fitur yang dibawa, sudah jelas Redmi Note 8 Pro ini masuk Top Best 3 Smartphone Android untuk kelas menengah yang ada sekarang ini.

Betapa, tidak Redmi Note 8 Pro itu hadir dengan Chipset Processor yang cepat dan dijamin performanya, selanjutnya Smartphone ini juga hadir dengan Desain dan Material Premium dan yang menjadi hal yang paling penting adalah, Smartphone Android ini sudah Support NFC dan menggunakan Kamera Utama Resolusi 64MP pertama yang masuk ke pasar Indonesia.

Melihat dari Spesifikasi tersebut, sudah jelas Redmi Note 8 Pro akan menjadi salah satu Smartphone Android Idola yang datang dari kelas menengah sekarang ini, terlebih lagi seperti yang sudah kami singgung sebelumnya.

Redmi itu merupakan sebuah Sub-Brand Independen dari Xiaomi, sehingga semua kebutuhan terkait masalah Maintenance ataupun Repairing, sudah jelas Smartphone Android Redmi Note 8 Pro ini, akan sama kasta dan perlakuannya, seperti Smartphone Android Xiaomi lainnya.

Tetapi, disini ada hal yang perlu kalian ketahui, karena disini Smartphone Android yang akan menjadi pembahasan pokok kali ini adalah seri Redmi Note 8 Pro saja.

Seperti yang kalian ketahui, lini seri Redmi Note terbaru ini, hadir dalam 2 buah versi berbeda, yaitu adalah seri Reguler yaitu Redmi Note 8 dan seri Superior yang di beri nama Redmi Note 8 Pro.

Sehingga, dari spesifikasi sudah jelas berbeda, dimana seri Reguler Redmi Note 8 itu menggunakan Chipset Processor Qualcomm Snapdragon 665 dan Redmi Note 8 Pro itu menggunakan Chipset Processor MediaTek Helio G90T.

Maka, dengan demikian, pada pembahasan kita kali ini, kami hanya akan khusus membuatkan Tutorial terkait Cara UBL di Smartphone Redmi Note 8 Pro saja, karena tutorial untuk seri Regulernya sudah kami buat pada artikel sebelumnya.

Supaya kalian mudah untuk mengeidentifikasi terkait 2 buah jenis Smartphone Redmi Note 8 terbaru ini, kalian harus mempelajari terkait Perbedaan dan Perbandingan dari Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, yang bisa kalian lihat pada halaman dibawah ini :


Hal, ini memang harus kami tekankan lebih awal, karena dari pengalaman yang sudah-sudah, banyak pengguna dari Smartphone Android Redmi itu yang salah dalam mengikuti artikel tutorial yang sudah kami buat.

Kalau menurut kami, hal itu wajar saja, mengingat seri lini pada Smartphone Android Redmi itu memang cukup mirip, perbedaanya memang hanya terletak pada embel-embel versinya saja, seperti Pro atau S, maka akan lebih baik jika kalian langsung melihat perbedaan dari Spesifikasi dari 2 Smartphone tersebut, yang sudah kami bagikan pada halaman diatas.


Khusus untuk pengguna Redmi Note 8 Pro (Begonia)


Agar kalian bisa mudah untuk melakukan Identifikasi terhadap Smartphone Android Redmi Note 8 Pro ini, agar tidak salah, maka Redmi Note 8 Pro ini memiliki Codename Begonia dan Redmi Note 8 (Reguler) memiliki Codename Ginkgo.

Disini, kami hanya akan menegaskan sekali lagi, bahwa Tutorial ini kami buat memang khusus untuk pengguna Redmi Note 8 Pro saja, meski demikian sebenarnya dalam Metode Unlockingnya itu sama saja, bahkan sama persis untuk metode cara UBL untuk semua Smartphone Redmi bahkan Xiaomi.

Hanya, saja karena disini ada beberapa informasi tambahan yang memang hanya khusus untuk seri Redmi Note 8 Pro saja, maka disini kami akan membuat sebuah artikel tutorial khusus untuk produk Smartphone spesifik saja.

Tujuannya, agar kalian mudah untuk mengikuti tutorial ini dan kalian bisa dengan mudah mendapatkan referensi tambahan yang memang hanya khusus untuk variant seri Redmi Note 8 Pro.

Sehingga, yang akan kita bahas kali ini ialah hanya untuk Smartphone Android seri Redmi Note 8 Pro (Begonia) saja.


Maksud Unlock Bootloader


Pertama ada hal yang harus kalian ketahui yaitu adalah semua Smartphone Android Redmi itu, tidak terkecuali seri Redmi Note 8 Pro itu dijual dan didistribusikan secara resmi dengan kondisi Locked Bootloader, karena sudah menjadi Standard OEM.

Sehingga, kalian ingin mengubah Settingan Bootloader dari OEM tersebut, maka kalian harus melakukan UBL (Unlock Bootloader) dengan cara resmi yang sudah direkomendasikan oleh pihak Xiaomi / Redmi.

  1. Unlock Bootloader sendiri memiliki maksud terkait dengan tindakan pengguna dalam membuka kunci pada Bootloader, agar bisa dicustom dan agar tidak terbatas hanya kepada Standard Settings dari OEM saja.


Sehingga, Unlock Bootloader itu sangat terkait pada masalah Untung dan Rugi dalam melakukannya, untuk memhami hal tersebut, silahkan pelajari hal dasarnya dibawah ini.


Untung & Rugi UBL Redmi Note 8 Pro


Melanjutnya dari pembahasan diatas, disini kami akan menjelaskan sedikit terkait keuntungan jika kalian melakukan UBL pada Redmi Note 8 Pro tersebut, yang sudah kami rangkum pada beberapa Point dibawah ini :

  1. Untuk mengaktifkan fitur Fastboot
  2. Untuk mendapatkan akses ROOT
  3. Agar bisa menggunakan Custom ROMKernelRecovery (TWRP)
  4. Agar bisa merubah Settingan Standard dari OEM
  5. Agar bisa menggunakan beragam Mod dan Tweak untuk menunjang Performa secara Custom
  6. Penggunaan Smartphone Redmi Note 8 Pro akan lebih Flexible, karena tidak dibatasi lagi
  7. Kalian bisa melakukan Repairing, seperti Flashing secara Individual


Terlihat dari Kelebihan terhadap Keuntungan dalam melakukan UBL pada Redmi Note 8 Pro diatas, tentu saja kalian akan banyak mendapatkan hal yang positif jika melakukan Unlock Bootloader tersebut.

Tetapi, pada dasarnya tetap ada Kekurangan yang bisa kalian temui, jika melakukan UBL tersebut dan ini sudah menjadi Konsekuensinya, apa saja Kekurangan UBL Redmi Note 8 Pro? berikut adalah Pointnya :

  1. Garansi Distributor / Resmi hilang
  2. System Keamanan pada OS akan sedikit lebih longgar
  3. Berisiko rusak, jika penggunaan tidak benar dan hati-hati


Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, pada faktanya melakukan UBL pada Redmi Note 8 Pro tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi kalau kami sendiri, maka kami akan memilih kondisi Unlock Bootloader.

Karena, dari kondisi memang akan sangat kami perlukan, lalu bagaimanakan dengan kalian?

Jika, kalian sudah menentukan untuk melakukan Unlock Bootloader pada Redmi Note 8 Pro, maka silahkan ikuti Guide (Panduan) dibawah ini.

Karena disini akan kami jelaskan secara lengkap dan rinci, terkait Persyaratan dan Cara kerja untuk melakukan UBL pada Redmi Note 8 Pro tersebut, baiklah mari kita mulai pembahasan yang menjadi topik utama kita sekarang ini.

Pastikan semua, hal yang akan kami jelaskan dibawah ini, bisa kalian ikuti sepenuhnya, seperti Persyaratan Utama yang diperlukan dan Kondisi Ideal yang harus digunakan, karena faktor inilah sangat krusial untuk menentukan apakah kalian akan berhasil melakukan UBL pada Redmi Note 8 Pro atau tidak.

Selanjutnya, jika memang setelahnya terdapat sebuah masalah, katakanlah Error, pada bagian bawah artikel ini, kami juga telah menyediakan referensi solusi dari beragam masalah yang mungkin nantinya akan kalian temui.

Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita masuk kedalam pokok pembahasan utama kita sekarang ini.


Buat Mi Account


Hal, pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan membuat Mi Account, melalui Smartphone Android Redmi Note 8 Pro kalian terlebih dahulu, untuk membuatnya mudah sekali, kalian hanya perlu masuk ke Menu Settings >> Account dan buat Mi Account baru.

Jika, kalian sudah punya Mi Account, silahkan lanjutkan ke tahap yang selanjutnya.


Integrasi Mi Account


Disini, Point utama dalam melakukan Unlock Bootloader pada Redmi Note 8 Pro adalah terkait masalah Integrasi Mi Acoount yang telah kalian miliki, karena kalian baru akan bisa melakukan UBL pada Redmi Note 8 Pro, jika Mi Account kalian sudah terintegrasi pada System MIUI.

Maka, berikut adalah langak dalam melakukan Integrasi Mi Account tersebut :

  1. Masuk pada alamat situs ini https://en.miui.com/unlock/ ,kemudian pilih atau tekan Button Unlock, seperti ini :
Panduan UBL Redmi Note 8 Pro, UBL Redmi Note 8 Pro,  Cara UBL Redmi Note 8 Pro, Bootloader Redmi Note 8 Pro, Maksud UBL Redmi Note 8 Pro Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 Pro, Tutorial UBL Redmi Note 8 Pro
  1. Setelahnya silahkan Login dengan menggunakan Mi Account yang telah kalian miliki, pastikan Mi Account tersebut sama dengan yang sudah Login pada System Redmi Note 8 Pro.
Panduan UBL Redmi Note 8 Pro, UBL Redmi Note 8 Pro,  Cara UBL Redmi Note 8 Pro, Bootloader Redmi Note 8 Pro, Maksud UBL Redmi Note 8 Pro Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 Pro, Tutorial UBL Redmi Note 8 Pro
  1. Jika, sudah Login, silahkan keluar saja dari Halaman situs tersebut dan lanjutkan tahap Integrasi selanjutnya.
  2. Selanjutnya, silahkan aktifkan Fitur Mode Developers dulu pada Redmi Note 8 Pro yang kalian miliki dengan mengikuti panduan dibawah ini :
  1. Setelahnya, silahkan masuk ke aplikasi Settings dan cari menu Mode Pengembang (Developer Options)
  2. Silahkan centang / aktifkan dulu opsi Developer OptionsUSB Debugging dan OEM Unlock (Jika ada).
  3. Selanjutnya, silahkan masuk pada Menu Mi Unlock Status dan tekan Add Account and Device, jika berhasil terintegrasi, maka akan muncul pemberitahuan seperti ini :
Panduan UBL Redmi Note 8 Pro, UBL Redmi Note 8 Pro,  Cara UBL Redmi Note 8 Pro, Bootloader Redmi Note 8 Pro, Maksud UBL Redmi Note 8 Pro Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 Pro, Tutorial UBL Redmi Note 8 Pro
  1. Jika, belum berhasil terasosiasi, silahkan coba terus, umumnya bisa memakan waktu hingga 48 Jam agar bisa terintegrasi.
  2. Setelah, berhasil melakukan Integrasi Mi Account, maka selanjutnya silahkan lengkapi kebutuhan dalam Metode UBL dibawah ini.


Download Mi Flash Unlock


Perlu kami tekankan disini, metode ini membutuhkan sebuah Perangkat Komputer dalam kasus ini adalah Komputer dengan OS Windows, sehingga pastikan kalian punya Media ini, karena tanpa adanya PC / Laptop, maka mustahil metode Unlock Bootloader ini akan bisa dijalankan.

Disini, kita perlu sebuah aplikasi khusus dan resmi yang telah dibuat oleh pihak Xiaomi / Redmi dalam untuk melakukan tindakan UBL tersebut, aplikasi tersebut bernama Mi Flash Unlock.

Silahkan Download dan gunakan aplikasi Mi Flash Unlock versi terbaru, dari halaman dibawah ini :


Setelahnya, langsung Install saja di PC / Laptop Windows yang kalian miliki.


Redmi USB Driver


Nah, agar Smartphone Android Redmi Note 8 Pro kalian bisa terhubung ke PC / Komputer Windows, maka disini kalian memerlukan sebuah USB Driver khusus untuk Smartphone Redmi tersebut.

Sebenarnya, langkah ini Optional saja, tetapi untuk meminimalisir resiko kegagalan UBL, lebih baik kalian pasang saja dulu USB Driver Redmi tersebut, silahkan Download melalui halaman dibawah ini :



Fastboot Mode


Dalam metodenya, disini kalian memerlukan Mode Fastboot untuk bisa melakukan Unlock Bootloader tersebut dan ini sudah menjadi salah satu Syarat Utamanya, jika kalian bingung bagaimana cara Masuk ke Mode Fastboot pada Redmi Note 8 Pro yang kalian miliki, silahkan ikuti tutorial dibawah ini :



Kondisi yang harus kalian penuhi


Sebenarnya, persyaratan utama dalam melakukan UBL pada Redmi Note 8 Pro sudah selesai kami bahas diatas, tetapi hanya untuk memperjelas saja, bahwa kalian juga harus mengikuti kondisi Ideal dalam melakukan Unlock Bootloader tersebut, agar terhindar dari faktor resiko yang merugikan.

Sehingga, silahkan sebisa mungkin ikuti Rekomendasi Kondisi Ideal dibawah ini :

  1. Kapasitas Battery minimal 50%
  2. Menggunakan Kabel USB bawaan atau yang memiliki Kualitas yang baik
  3. Memiliki Koneksi Internet yang baik dan stabil
  4. Melakukan Disable Driver Signature Enforcement
  5. Pastikan Port USB pada Komputer / Laptop kalian tidak bermasalah
  6. Disarankan menggunakan OS Windows 64-bit (Optional)
  7. Pastikan semua Syarat diatas sudah terpenuhi


Stop sampai sini dulu! pastikan semua hal diatas sudah benar dan pastikan sudah kalian lakukan seperti yang sudah kami sebutkan dan jelaskan diatas, karena pada tahap akhir ini, kami tidak akan menjelaskan secara rinci lagi.

Karena kami hanya akan langsung pada Pointnya saja, sehingga jika kalian ingin mengikuti tutorial ini, tetapi kalian masih awam dalam melakukannya, pastikan kalian baca dulu semua Panduan yang sudah kami sebutkan dan jelaskan di awal tulisan artikel ini.

Jika, kalian sudah siap untuk melakukan Unlock Bootloader pada Redmi Note 8 Pro, silahkan ikuti panduannya dibawah ini :


Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 Pro (Begonia)


  1. Buka aplikasi Mi Flash Unlock (Run as Administator).
  2. Silahkan Login dengan Mi Account yang kalian miliki, pastikan Login dengan Mi Account yang sudah kalian Integrasikan pada tahap sebelumnya.
Panduan UBL Redmi Note 8 Pro, UBL Redmi Note 8 Pro,  Cara UBL Redmi Note 8 Pro, Bootloader Redmi Note 8 Pro, Maksud UBL Redmi Note 8 Pro Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 Pro, Tutorial UBL Redmi Note 8 Pro
  1. Buat Redmi Note 8 Pro kalian, masuk kedalam Mode Fastboot.
  2. Setelahnya, hubungkan Redmi Note 8 Pro kalian ke PC / Laptop Windows dengan Kabel USB.
  3. Jika, Redmi Note 8 Pro kalian sudah terbaca koneksinya di aplikasi Mi Flash Unlock.
  4. Silahkan lakukan UBL dengan menekan Tombol Unlock.
Panduan UBL Redmi Note 8 Pro, UBL Redmi Note 8 Pro,  Cara UBL Redmi Note 8 Pro, Bootloader Redmi Note 8 Pro, Maksud UBL Redmi Note 8 Pro Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 Pro, Tutorial UBL Redmi Note 8 Pro
  1. Tunggu hingga proses selesai.
  2. Jika, sudah sukses melakukan UBL dengan aplikasi Mi Flash Unlock.
  3. Silahkan Reboot, Redmi Note 8 Pro kalian.
  4. Booting pertama mungkin akan memakan waktu yang cukup lama.
  5. Done!


Proses Unlock Bootloader Gagal!


Jika, kalian menemukan masalah seperti ini, tidak perlu khwatir, karena biasanya memang sangat jarang ditemukan proses Unlock Bootloader pada Smartphone Xiaomi / Redmi, berhasil dalam 1 kali percobaan saja.

Sebenarnya hal ini wajar saja, karena System MIUI memerlukan beberapa waktu untuk mengalokasikan Data dari Smartphone Redmi Note 8 Pro yang sudah kalian Integrasikan sebelumnya, sehingga waktu Ideal dari System MIUI ini untuk membaca dan melakukan Integrasi Mi Account kalian adalah berkiasar antara 36 Jam72 Jam360 Jam dan bahkan 720 Jam!

Sehingga, sabar saja dulu, biasanya masalah seperti ini memunculkan Status Error "Binding time too short, less than ...... ", jika menemukan Error Logs seperti ini, maka kalian hanya perlu menunggu saja hingga waktu Binding selesai. Setelahnya, dipastikan kalian sudah bisa melakukan Unlock Bootloader dengan kondisi seharusnya.

Tetapi, jika yang muncul bukan Error Binding Time? berarti terdapat masalah Teknis yang harus kalian perbaiki dulu.

Silahkan baca referensi untuk mengatasi Gagal Unlock Bootloader Smartphone Android Xiaomi / Redmi, pada halaman dibawah ini :


Silahkan, pelajari hal diatas, jika kalian menemukan beragam Error terkait metode Unlock Bootloader pada Smartphone Android Redmi Note 8 Pro tersebut.

Seharusnya, artikel Referensi yang sudah kami bagikan diatas, itu sudah lebih dari cukup untuk mengatasi beragam masalah yang terjadi pada saat melakukan UBL pada Redmi Note 8 Pro.


Cara Cek Status Unlock Bootloader


Setelah kalian sukses melakukan metode Unlock Bootloader diatas, seharusnya sekarang ini Redmi Note 8 Pro kalian sudah dalam kondisi Unlock Bootloader, tetapi jika kalian masih ingin memastikan Kondisi Bootloader pada Smartphone Android Redmi Note 8 Pro yang kalian miliki.

Kalian bisa saja mengetahui Informasi dari Bootloader Redmi Note 8 Pro dengan cara masuk pada aplikasi Settings, lalu masuk ke dalam Opsi Developer Options (Opsi Pengembang), setelahnya silahkan buka menu Mi Unlock Status.

Jika, pada menu tersebut bertuliskan This device is Unlocked, berarti kondisi Bootloader pada Redmi Note 8 Pro kalian, memang sudah berkondisi Unlock Bootloader.

Selanjutnya, silahkan gunakan kondisi Unlock Bootloader ini dengan sebaik mungkin, seperti apakah kalian ingin memasang Custom Recovery (TWRP), melakukan ROOT atau melakukan tindakan Upgrade atau Flash, semua hal tersebut sudah bisa kalian lakukan dengan mudah melalui kondisi Unlock Bootloader tersebut.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, kami kira penjelasan yang sudah kami tulis secara sederhana diatas, sudah sangat jelas dan sudah bisa dipahami, meski kalian adalah seorang pengguna yang awam.

Selanjutnya, seperti yang sudah kami singgung diatas, jika kalian mengalami masalah kegagalan dalam melakukan UBL pada Redmi Note 8 Pro tersebut, tidak usah khwatir, karena memang jarang ada yang langsung berhasil dalam satu kali percobaan.

Sehingga, pada umumnya melakukan UBL pada Redmi Note 8 Pro ini bisa memakan waktu yang cukup lama, karena Idealnya itu paling tidak bisa dilakukan setelah 3 hari ketika pertama kalian sukses dalam melakukan Integrasi Akun, seperti yang sudah kami gambarkan diatas.

Sekali lagi, silahkan ikuti tutorial ini dengan sebaik dan sebenar mungkin, karena disini kalian perlu ketelitian, memang tidak ada resiko yang berarti jika metode UBL yang dijalankan diatas gagal, hanya saja demi mencapai keberhasilan UBL tersebut.

Maka, kami sangat menyarankan kepada kalian, agar mengikuti semua arahan yang telah kami buat diatas, dengan sama persis, sehingga kami akan bisa menjamin keberhasilan dalam melakukan UBL tersebut.

Akhir kata, semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk kalian, semoga kalian beruntung dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot