RILIS ARTIKEL TERBARU

TWRP Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL (X017D)

Merupakan variant termurah dari seri Asus Zenfone 5, membuat Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL tidak bisa di remehkan, meski memiliki design yang rata-rata saja, faktanya spesifikasi yang di berikan tidaklah main-main.

Sehingga jika kalian sedang ingin mencari sebuah smartphone yang handal, tetapi dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong, maka Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL adalah salah satu pilihannya, selain itu fitur utama yang paling di tonjolkan pada seri ini adalah kemampuan kameranya yang juga sangat baik.

Lalu hanya ada sedikit kekurangan dari smartphone satu ini, yaitu adalah dukungan dari komunitas yang tidak begitu tumbuh, tidak seperti seri reguler dan Pronya yaitu seri Zenfone 5 dan 5Z, yang komunitasnya tumbuh begitu besar sekarang.

Sayangnya di seri Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL nampaknya tidak begitu di minati oleh para developers pihak ke-3, sehingga penggunannya akan sedikit kesulitan untuk melakukan mencari tutorial dan hal lainny.

Disini kami akan membantu kalian para pengguna Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL, karena saat ini TWRP sudah bisa kalian pasangkan, hanya saja TWRP untuk seri Zenfone 5Q ini adalah versi Unofficial, yang artinya bisa jadi ada Bugs dan belum stabil.

Namun, tenang saja TWRP ini sudah bisa menjalankan sebagian besar tugasnya yaitu adalah sudah bisa untuk melakukan Flashing dan juga melakukan WIPE, sehingga jika kalian ingin melakukan ROOT, maka versi TWRP ini bisa untuk kalian andalkan.

Sebelum itu silahkan lengkapi persyaratannya terlebih dahulu :


# Unlock Bootloader


Karena pada kasus ini bersinggungan erat dengan Bootloader dan Fastboot, maka sudah pasti sebelum melakukan Metode ini, Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL kalian harus sudah dalam keadaan Unlock Bootloader, disini ada 2 buah cara melakukan Unlock Bootloader tersebut, silahkan ikuti Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL.


# File TWRP


Ini yang selanjutnya, memasang TWRP di Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL, berarti kalian harus punya TWRP itu sendiri, kalian bisa mendownload TWRP tersebut DISINI, kami ingatkan ini adalah versi Unofficial yang bisa jadi belum Stable.


# FASTBOOT Driver


Kalian memerlukan sebuah Driver pendukung untuk bisa memasangkan TWRP ke Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL, carannya adalah dengan menggunakan FASTBOOT Driver, maka silahkan Download Fastboot Driver versi terbaru.


# Kabel USB


Pemasangan TWRP ini membutugkan PC sebagai medianya, karena cara kerjanya adalah dengan menggunakan Command Prompt, jadi Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL kalian harus di hubungkan dulu ke PC dengan menggunakan kabel USB.


# Kapasitas Baterai Minimal 30%


Tidak harus memang, tetapi syarat ini untuk menghindari agar Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL kalian tidak mati ketika proses pemasangan TWRP sedang berlangsung, jika konksi terputus di tengah jalan, maka kami yakin Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL kalian akan Brick.


# File DM-Verity No Encryprt


File ini sangat penting keberadaannya, pastikan setelah kalian memasangkan TWRP, kalian langsung melakukan Flash terhadap File No Verity ini, File ini di buat agar tidak terjadi Bootloop setelah pemasangan TWRP, silahkan Download File DM-Verity No Encrypt (No-Verity) Terbaru, setelahnya langsung letakan di Internal Memory yang mudah untuk kalian temukan.

Jika Kalian sudah mengerti terkait Syarat yang sudah kami jelaskan di atas, maka langkah selanjutnya adalah memasangkan TWRP ke Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL, berikut adalah prosedur dan cara kerjanya.


# Cara Pasang TWRP di Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL


1. Silahkan Rename dulu File TWRP yang sudah kalian Download sebelumnya menjadi twrp.img.
2. Lalu letakan di dalam Direktori tempat Fastboot Driver berada, seperti ini :

TWRP Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL (X017D)

3. Dalam keadaan sudah masuk ke Mode Fastboot, silahkan koneksi Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL kalian ke PC dengan kabel USB.
4. Buka Command Prompt dan pastikan tertuju ke direktori Fastboot Driver, seperti ini :

TWRP Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL (X017D)

5. Selanjutnya silahkan coba cek koneksi apakah Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL kalian sudah terhubung ke PC dengan baik atau tidak, dengan memasukan perintah ini :

adb devices

Jika sudah terhubung, maka harusnya akan muncul contoh list seperti ini :

TWRP Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL (X017D)

6. Selanjutnya silahkan masuk Mode Bootloader (Fastboot) dengan memasukan Perintah ini :

adb reboot bootloader

TWRP Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL (X017D)

7. Tunggu hingga Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL kalian masuk kedalam Mode Fastboot.
8. Untuk memasangkan TWRP ke Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL silahkan masukan perintah ini :

fastboot flash recovery twrp.img

TWRP Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL (X017D)

Atau jika tidak berhasil kalian juga bisa memasukan perintah ini :

fastboot flash boot twrp.img

9. Jika sudah muncul pesan OKAY, berarti proses pemasangan TWRP sudah berhasil.
10. Silahkan lakukan Reboot dengan memasukan perintah ini :

fastboot reboot

11. Selanjutnya langsung saja masuk ke Mode TWRP, Jika TWRP tekunci maka solusinya ikuti CARA INI, dan jika Internal Storage tidak terbaca di TWRP, silahkan ikuiti CARA INI.
12. Jika sudah masuk ke dalam Mode TWRP, langsung Flash File DM-Verity Disabler No Encrypt (No-Verity) atau yang Versi MOD yang sudah kalian Download dan letakan di Internal Storage.
13. Jika sudah lakuakan Reboot, Booting pertama biasanya akan memakan waktu yang cukup lama.
14. Done.

Dengan demikian, harusnya saat ini TWRP sudah terpasang di Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL kalian, perlu kami ingatkan sekali lagi, jenis TWRP ini masih dalam tahap pengembangan dan terus di perbaharui setiap saatnya.

Tetapi, di masa depan dipastikan TWRP ini akan terus di Update hingga memiliki status Stable atau bisa jadi nantinya akan ada jenis TWRP Recovery yang berversi Official.

Namun, silahkan kunjungi Blog ini secara berkala, karena jika ada versi TWRP terbaru dari Asus Zenfone 5Q/Lite ZC600KL tersebut, maka pasti akan kami Update, semoga bermanfaat.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot


Post a Comment